01
Des
10

Tahun 2013, Indonesia Menuju Era Injeksi, Gimana Nasib Bengkel Umum Pinggir Jalan ???

Seperti yang sudah saya kemukakan di artikel sebelumnya kalo ntar tahun 2013 dunia permotoran kita akan memasuki era baru. Yup, era injeksi. Penerapan ambang batas Euro 3 membuat motor2 bersuplai bahan bakar karburator tak sanggup lagi memenuhi kriteria tsb. Hanya fitur injeksilah yang sanggup mengatasinya seperti yang terjadi di Thailand. Pokoknya motor keluaran baru dari pabrik sudah harus berstandar Euro 3.  Sebuah keputusan Pemerintah yang kudu dipenuhi oleh para pabrikan motor apalagi ini menyangkut masalah lingkungan. Jadi jangan kaget yah kalo nantinya Kawasaki Ninja 150 2tak gak diproduksi lagi ato muncul Vega ZR, Revo, Mio dsb berfitur injeksi… :)  

Nah yang menjadi pertanyaan, bagaimana nasib bengkel umum di pinggir jalan ??? mari qta tengok kembali ke era 90-an. Ketika itu mobil2 baru sudah mulai meninggalkan karburator & menggunakan injeksi. Perubahan sistem suplai bahan bakar dari konvensional ke elektronik membuat banyak bengkel umum kelabakan. Tapi apakah mereka berdiam diri saja ??? ternyata tidak, mereka secara perlahan2 belajar hingga akhirnya saat ini kita mudah menjumpai bengkel umum yang bisa menangani mesin injeksi. Kalo gak belajar & ngikuti perkembangan teknologi nantinya kan akan ketinggalan jaman. Ujung2nya warung makin sepi, dapur gak ngebul lagi…tul gak ???

Selain kudu belajar, menurut pendapat saya lebih afdol lagi jika pihak pabrikan motor sering mengadakan sosialisasi tentang mesin injeksi kepada masyarakat luas. Contohnya seperti yang dilakukan oleh AHM beberapa waktu yang lalu dengan mengundang para blogger & komunitas roda dua untuk ikutan pelatihan (workshop) Honda PCX. Langkah yang dilakukan oleh AHM ini sudah sepatutnya ditiru oleh para pabrikan lain. Hal ini cukup penting mengingat masih banyak anggapan yang mengatakan injeksi itu ribet, susah betulinnya dsb. Yah itung2 para ATPM melakukan program CSR-nya (Corporate Social Responsibility). Setuju ???🙂


25 Responses to “Tahun 2013, Indonesia Menuju Era Injeksi, Gimana Nasib Bengkel Umum Pinggir Jalan ???”


  1. 1 Desember 2010 pukul 2:49 am

    coba pertamax…
    tapi kayakya bukan cuma bengkel aja sih yang perlu dibenahi,,,
    tapi dunia balap juga, kan kalo injeksi katanya lebih susah dipake balapan??

    • 1 Desember 2010 pukul 8:37 am

      Susah dipake balapan karena saat ini qta terbiasa nyetting karbu. Nantinya kalo versi injeksi sdh banyak yg hadir, mekanik qta lama2 akan terbiasa koq🙂 waktu akan berbicara (katanya juragan rondo hehehe…)

  2. 1 Desember 2010 pukul 2:51 am

    asem kesalip ditikungan terakhir:mrgreen:

  3. 1 Desember 2010 pukul 2:53 am

    semua itu adawaktunya…walaupun pabrikan udah meluncurkan motor injeksi..tapi motor2 karbu masih banyak yg berkeliaran kok..apalagi yg klasik2..contoh aja pada mobil..masih bejibun tuh mobil yg pakai injeksi yg keliaran….padahal hampir semua pabrikan mobil mengeluarkan injeksi:mrgreen:

  4. 1 Desember 2010 pukul 3:36 am

    Berarti motorku bentar lagi jd motor klasik… krn masih karbu.

  5. 1 Desember 2010 pukul 8:49 am

    2013 motor injeksi? lah yang karbu masih bejibun… gak bisa punah, nah ini tetep “jatahnya” bengkel pinggir jalan…lagian aku yakin orang Indonesia pinter2 dah, adaptasi teknologi…

  6. 13 Spies
    1 Desember 2010 pukul 12:16 pm

    Oh no…
    Ninja 150 bakal jadi sejarah…

  7. 1 Desember 2010 pukul 12:17 pm

    setahuku teknologi injeksi udah ada sejak indonesia merdeka (bahkan sebelum indonesia merdeka dah ada motor R.E injeksi dan ngaspal di indonesia)…soalnya injeksi bukanlah dominasi mesin bensin!! sejak diciptakan mesin diesel telah injeksi….lha..truk dan bis2 kuno itu yang setting injeksinya sopo??? so..kalo cuma masalah injeksi/karbu bukanlah soal serius…..kalo saya pribadi leih condong ke valuenya…..worthed gak sih teknologi ijeksi nempel di motor…jangan2 harga bekas motor cuma 3juta…eh setting injektornya habis 700ribu??!!! Kan KOYA jadinya…….

    • 1 Desember 2010 pukul 2:29 pm

      Kalo gak salah awalnya mesin diesel menganut indirect injection, kemudian direct injection hingga yg baru common rail. Yah begitulah konsekuensinya kalo kudu menyesuaikan lingkungan. Kalo gak diikuti qta akan dicibir ama negara2 lain sebagai negara yang tidak peduli dengan lingkungan (polusi). Masalah biaya service, kalo populasi motor injeksi sudah bejibun nantinya akan turun dengan sendirinya.

  8. 18 dhimaz
    1 Desember 2010 pukul 2:37 pm

    setuju dgn injeksi.
    biar bumi lebih seger bro…!!

  9. 1 Desember 2010 pukul 4:48 pm

    orang indonesia kreatif2 kok mas bro.. lama lama juga akan menguasai.. tp emang sih biar nyervisnya nggak salah kaprah atpm bisa kasih semacam workshop..

  10. 20 Boombox Walker
    2 Desember 2010 pukul 3:52 pm

    itu tantangan buat bengkel umum. teknologi berkembang dah sangat pesat. jadi, mereka juga harus bergerak cepat untuk menyesuaikan. tp, klo ane tetep ke bengkel resmi aja lah. lebih safe…..

  11. 3 Desember 2010 pukul 6:31 am

    hmm saya masih belum pake bengkel umum sih

  12. 4 Desember 2010 pukul 1:13 am

    Era Injeksi sudah dimulai…..:mrgreen:

  13. 23 meet_hana
    5 Desember 2010 pukul 4:17 am

    iyap betul, era injeksi ini bakal membuat konsumen jadi akan selalu ke beRes..
    setuju, suka banget sama ide AHM untuk edukasi melalui berbagai elemen soal teknologi-teknologi motornya.. Mungkin edukasi ke mekanik-mekanik bengkelumum juga bisa dilakukan..

  14. 24 widnug
    8 Desember 2010 pukul 4:53 am

    Gw sih masih pake motor berkarbu Mit…tp mau donk beli yang pakai Injeksi…Mulai skr kita sdh harus mikirin segarnya udara bumi tercinta untuk anak cucu kita nanti

  15. 26 Juni 2013 pukul 10:03 am

    Motor udah pada injeksi pabrik kabarnya gimana ya????


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Desember 2010
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,486,930 hits

Twitter

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: