Coba kita simak ada berapa banyak motor berfitur injeksi yang dijual disini ??? dari kubu Suzuki ada New Shogun 125 FI, Yamaha diwakili oleh Vixion, Kawasaki hadir lewat motor dual purpose KLX berkubikasi 250 cc & terakhir Honda dengan 3 varian produknya yakni SupraX125 PGM-FI, Revo AT & PCX. Dari 4 pabrikan tersebut,terlihat pabrikan Honda paling banyak menelorkan motor injeksi. Makin tambah banyak lagi di tahun 2011 dengan rencana hadirnya motor sport injeksi CBR150 & CBR250.
Dalam acara workshop di AHTC kemaren, tampak sekali bahwa para peserta antusias mendengarkan penjelasan tentang fitur injeksi. Kabar yang beredar mengatakan kalo nantinya di tahun 2013 semua motor baru yang dijual di Indonesia sudah harus lulus Euro 3 !!! Untuk bisa lulus Euro 3, mau gak mau kudu berfitur injeksi yang lebih ramah lingkungan. “Seperti yang ada di Thailand, ambang batas yang begitu ketat membuat semua motor disana menggunakan injeksi,” ujar salah satu instruktur kepada para undangan.
“Kita harus siap sejak awal menghadapi era injeksi agar tidak kaget ketika aturan tersebut nantinya diterapkan,” kata pak instruktur kepada saya disela2 rehat coffee break. Mantafff…!!!
Ramah lingkungan, irit BBM & njelimet merupakan anggapan sebagian besar masyarakat kita ketika ditanya tentang mesin injeksi. Berbagai macam sensor nemplok disana sini. Padahal dengan sensor2 itulah yang memudahkan mekanik untuk mengetahui kerusakan yang ada. Ujung2nya waktu service bisa dipersingkat. Tinggal colok alat diagnostic tool. Di layar langsung nongol komponen mana yang mengalami kerusakan. Gampang kan … 😉
Bagaimana dengan pabrikan lain ??? di blognya Pak Arif Setiawan dikatakan kalo pabrikan garpu tala alias Yamaha akan menghadirkan bebek & skutik injeksi di tahun 2011. Apakah itu ??? qta tunggu aja tahun depan penampakannya hehehe… Kawasaki ??? Suzuki ??? Bajaj ??? TVS ??? sampe saat ini belum dapat beritanya.
Gimana tanggapan mas bro semua ???
pertambangannn maxxxmurrr, pertamax
pokokna ntar karbu ga laku
Teknologi ok, Indonesia semakin maju, polusi semakin berkurang, emang Honda yang sudah well prepared..:)
Kalo udah wajib injecsi berarti bensin tidak perlu di subsidi karna musti pake pertamax itu artinya bisa menaikkan anggaran pemerintah
wah robotku bakal ketingalan kudu ganti pcx kali ya.
Apalagi robotku ketinggalan jauh bro? Kayak jakarta ma semarang, amat jauh kan?
wah klo soal teknologi dan fitur sih honda selalu terdepan.
yg ngaku semakin didepan mana nih?
masak cuma jd follower terus???
Nitip kaos Gan http://triyantobanyumasan.wordpress.com/2010/11/19/kaos-koboys-akhirnya/
Gimana ya nasib Kawasaki Ninja 150?
Suntik mati aja? 👿
Ninja 150 akan diskontinu, bisa saja nantinya akan hadir Ninja 150 versi 4 tak 🙂
lama..selak kiamat ki..xixiixix
lebih milih karbu,bisa diset sendiri,injeksi hrus ke bengkel tertentu,ribet abisss
waaaah…Honda memang kereen laagh!! selalu jd pelopor inovasi teknologi canggih, pokoknya motor Honda udah ga diragukan lg kualitasnya dari dulu pantes aja motor Honda banyak nyabet gelar motor terbaik 2010..hidup Honda!!
Berbagai macam sensor nemplok disana sini. Padahal dengan sensor2 itulah yang memudahkan mekanik untuk mengetahui kerusakan yang ada. Ujung2nya waktu service bisa dipersingkat. Tinggal colok alat diagnostic tool. Di layar langsung nongol komponen mana yang mengalami kerusakan. Gampang kan … 😉
==========================================================================
lama2 mekanik seperti pengguna komputer…sangat2 bergantung pada alat…nilai art/filosofi orang2 mesin akan hilang….ironi dari sebuah kapitalisasi!! konsumen menjadi sangat lemah…tidak punya bargaining position!! itu efek buruknya….praktis tapi harus ditukar biaya perawatan yang mahal….kalo ada yang bilang murah, itu kalo 3tahyn pertama…sesuai masa garansi…lewat dari itu pasti merong-rong…contoh nyata ya mobil…yang injeksi + matic kalo over haul mahal banget!! hehehehe (sisi lain teknologi)
wah,wah,,antara injeksi dan karbu dari tiap atpm semisal honda,emg qta tau paling banyak main injeksi,bukannya injeksi cuma di sistem pengabutan aja?masalah mesin kan mekanik masih mumpuni,so tenang wae urusan pake injeksi semua,justru perawatan berkala kan lebih menguntungkan mekanik,untuk karbu juga oke,toh karbu juga kalo buat mekanik yang oke,jurusnya uda diluar kepala bro,,hehehe
siiiiiiiiiiiiiiiip deh!
maju Terusss,untuk hari depan yang lebih baik!
woo ternyata efek era injeksi bukan ramah lingkungan aja, tapi mempersingkat waktu servis.. boleh juga tuh.. salut buat Honda yang udah ngadain workshop.. keep up de good work!
berapa harganya tuh mas bro HiDS starniucs nya..
Waktu acara workshop dengan Honda alat itu buatan Bandung dijual sekitar 3jt-4jt.