15
Nov
10

Bedah Honda PCX : PGM-FI…

 

Wujud PCX setelah dibedah...

Kalo artikel sebelumnya saya ngupas sedikit tentang alternator starter, pelajaran selanjutnya adalah suplai bahan bakar bernama injeksi. Pada jajaran produk Honda dikenal dengan nama PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Sistem PGM-FI yang tertanam pada Honda PCX lebih canggih dibandingkan dengan PGM-FI sebelumnya seperti yang dipake oleh Supra X125.

Lagi serius menyimak pelajaran dari pak instruktur😀 hehehe... (thanks to bro Ardy atas jepretannya)

Konfigurasi sistem PGM-FI pada Honda PCX terdiri dari unit ECM (Engine Control Module) ato bahasa awamnya ECU, sensor2, fuel pump, injektor, IACV (Idle Air Control Valve) & FI (Fuel Injection) indikator ato indikator check engine.  

ECM ato ECU letaknya di bawah, disarankan untuk tidak menerjang genangan air di atas 30 cm !!!

Sudah pasti yang namanya motor injeksi ada beberapa sensor yang terpasang di beberapa lokasi untuk mendeteksi perubahan2 yang terjadi pada kuda besi. Ada 6 sensor yang hadir di PCX yakni :

  1. MAP (Manifold Absolute Pressure) sensor. Informasi dari MAP akan diolah oleh ECM untuk menghitung jumlah bahan bakar & udara yang akan diinjeksikan untuk beban kerja rendah. 
  2. TP (Throttle Position) sensor. Mirip dengan MAP tetapi untuk kerja beban tinggi.
  3. IAT (Intake Air Temperature) sensor. Merupakan sensor untuk mendeteksi perubahan suhu udara. Berdasarkan informasi dari IAT, ECM akan mengoreksi rasio udara & bahan bakar.
  4. ECT (Engine Coolant Temperature) sensor. Sensor ini terletak di water pump / pompa air. Jumlah bakar yang optimal untuk disemprot ke dalam ruang bakar tergantung dari suhu mesin. Contohnya pada waktu pagi hari ketika manasin mesin. Berhubung suhu mesin masih dingin maka ECM akan memerintahkan untuk mensuplai bahan bakar lebih banyak agar mesin bisa mencapai suhu optimum.
  5. CKP (Crankshaft Position) sensor. Berfungsi untuk mendeteksi kecepatan mesin & posisi kruk as yang nantinya ECM akan menghitung jumlah debit bensin yang akan diinjeksikan dan menentukan waktu pengapian yang pas.
  6. Oxygen (O2) sensor. Sensor yang memiliki tabung dilapisi platinum ini dipasang untuk mengurangi zat2 beracun sisa gas buang. Gak heran, si PCX ini lulus Euro 3.

O2 sensor (tanda panah), letaknya di bawah busi. Bentuknya mirip banget, kalo gak ngeh bisa mengira nih motor businya ada 2🙂

Catalytic converter, tuh keliatan kan sarang tawonnya, buat menangkap partikel2 gas beracun. Nah sarang tawon ini alergi ama bensin yang masih mengandung timbal...lama kelamaan bisa mampet.

Selain pompa bahan bakar & injektor, ada lagi yang namanya IACV (Idle Air Control Valve). IACV adalah katup yang mengontrol kecepatan langsam mesin. Katup ini mengatur jumlah udara yang mengalir sehingga putaran mesin dijaga pada 1.700 RPM plus minus 100 RPM.

Bersambung…


10 Responses to “Bedah Honda PCX : PGM-FI…”


  1. 15 November 2010 pukul 10:09 am

    Wah, ternyata dalemannya segitu complicated ya, cucuk karo regane. Bengkel non AHASS pasti termehek mehek.

  2. 2 az147r
    15 November 2010 pukul 11:23 am

    lalu sistem pgm-fi hsx 125 sendiri apa juga dah lulus EURO3 spt punya honda pcx ini?

  3. 15 November 2010 pukul 1:04 pm

    Mesti serius mbacanya biar mudeng..

  4. 15 November 2010 pukul 3:23 pm

    njlimet tenan teknologine .
    pantesan gak sembarang bengkel sangup.

  5. 6 Tafridefreez
    15 November 2010 pukul 9:28 pm

    Ow jadi gitu, hem…Gk beda2 amat sama yang di supra.
    Kalo sama injection vixi canggih mana om?🙂

  6. 8 Deni Suhendi23
    5 Februari 2011 pukul 7:31 pm

    Kalo honda jangan ditanya lgi pasti canggihlah. Go for honda pokonya. O y add fb w di denisuhendi23@yahoo.com ok…!! W racing mania.

  7. 19 Oktober 2012 pukul 10:20 am

    keren sumpah … gua rencana beli nih motor elegan abis, tinggal kasih ban Lebar … !!! lampu depan di semuk ..

  8. 10 Dny
    20 Agustus 2013 pukul 10:36 am

    agan2 yth… ada yang tahu cara ganti fuel pump honda vario 125 pgm fi gak? klo ada mohon tutorialnya dunk tks….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
November 2010
S S R K J S M
« Okt   Des »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,469,619 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 376 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: