14
Nov
10

Bedah Honda PCX : Alternator Starter…

Puaaasss…!!! Itulah yang saya rasakan pada hari Sabtu, 13 November 2010. Bersama rekan2 blogger, saya datang ke Astra Honda Training Center (AHTC) untuk memenuhi undangan PT. Astra Honda Motor (AHM). Kali ini AHM mengundang para blogger untuk mengikut Workshop Mesin Honda PCX !!! Kesempatan ini tentu saja tidak boleh saya lewatkan begitu saja. Apalagi dulu2nya saya melewatkan kesempatan test ride Honda PCX & New Megapro karena suatu hal yang tidak bisa saya tinggalkan.  

AHTC terletak di Jl. Agung Timur IX Sunter, Jakarta Utara. Lokasinya terbilang agak sulit dijumpai meski sudah minta bantuan Google Maps. Untung ada penjaga warung sehingga saya gak nyasar kejauhan :D Nyasar & kebablasan gak hanya menimpa diri saya saja tetapi juga temen2 blogger lainnya.

Bpk. Handy Hariko

Jam 9.30 saya tiba di tempat. Pas banget acara dimulai. Sampai di tempat saya & rekan2 disambut hangat oleh Bapak I.G. Nyoman Kesawa. Bapak Handy Hariko selaku Senior Manager AHTC membuka kata sambutan kemudian dilanjutkan oleh perwakilan blogger yang diwakili oleh bro Stephen Langitan. Setelah bro Stephen memberikan kata sambutan kemudian dilanjutkan ibu Istiyani Susriyati selaku pimpinan Honda Customer Care Center Division Head.

Dalam acara pelatihan ini tidak hanya para blogger yang diundang tetapi juga ada perwakilan dari Asosiasi Honda Jakarta (AHJ). Saya berpendapat workshop ini penting banget mengingat perkembangan teknologi sepeda motor secara perlahan & pasti akan berkembang maju. Dengan adanya acara ini diharapkan kita semua lebih melek terhadap teknologi. Salut deh buat AHM !!! Sesi pelatihan ini para peserta mendapat pencerahan dari para instruktur berpengalaman AHTC. Ada 5 topik yang dibahas dalam acara ini yakni idling stop system, alternator starter, alarm, combi brake system & PGM-FI. Yuk kita simak satu per satu skutik yang hadir dengan beragam teknologi baru, dimulai dari alternator starter.

Alternator Starter

Tidak seperti motor2 pada umumnya dimana komponen alternator & motor starter dibuat secara terpisah. Pada Honda PCX fungsi motor starter & alternator menjadi satu. Oleh karena itu dinamakan alternator starter. Ketika mesin sudah menyala maka alternator starter bertugas mengisi aki. Kemudian sistem pengisian listrik Honda PCX sudah menggunakan 3 fase. Komponen carbon brush yang biasa nemplok di motor starter sudah tidak digunakan lagi disini. Salah satu keunggulan penggunaan alternator starter adalah mesin lebih ringkas, jumlah komponen tidak banyak & ujung2nya bisa mengurangi ongkos produksi. Mantafff…!!! Penampakan komponennya seperti di bawah ini.

Tuh yang ada kumparannya, tempatnya bersebelahan dengan radiator

Bersambung…


5 Responses to “Bedah Honda PCX : Alternator Starter…”


  1. 15 November 2010 pukul 2:43 am

    sangar pak compact alternatornya… wuih… diundang mirip bloger papan atas😀 aku kapan ya? selamat dech …😀

  2. 4 Widnug
    15 November 2010 pukul 4:26 am

    Mantab neh..Ini baru tehnologi….Gimana mit? Beli donk…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
November 2010
S S R K J S M
« Okt   Des »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,479,167 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 377 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: