Puaaasss…!!! Itulah yang saya rasakan pada hari Sabtu, 13 November 2010. Bersama rekan2 blogger, saya datang ke Astra Honda Training Center (AHTC) untuk memenuhi undangan PT. Astra Honda Motor (AHM). Kali ini AHM mengundang para blogger untuk mengikut Workshop Mesin Honda PCX !!! Kesempatan ini tentu saja tidak boleh saya lewatkan begitu saja. Apalagi dulu2nya saya melewatkan kesempatan test ride Honda PCX & New Megapro karena suatu hal yang tidak bisa saya tinggalkan.
AHTC terletak di Jl. Agung Timur IX Sunter, Jakarta Utara. Lokasinya terbilang agak sulit dijumpai meski sudah minta bantuan Google Maps. Untung ada penjaga warung sehingga saya gak nyasar kejauhan 😀 Nyasar & kebablasan gak hanya menimpa diri saya saja tetapi juga temen2 blogger lainnya.
Jam 9.30 saya tiba di tempat. Pas banget acara dimulai. Sampai di tempat saya & rekan2 disambut hangat oleh Bapak I.G. Nyoman Kesawa. Bapak Handy Hariko selaku Senior Manager AHTC membuka kata sambutan kemudian dilanjutkan oleh perwakilan blogger yang diwakili oleh bro Stephen Langitan. Setelah bro Stephen memberikan kata sambutan kemudian dilanjutkan ibu Istiyani Susriyati selaku pimpinan Honda Customer Care Center Division Head.
Dalam acara pelatihan ini tidak hanya para blogger yang diundang tetapi juga ada perwakilan dari Asosiasi Honda Jakarta (AHJ). Saya berpendapat workshop ini penting banget mengingat perkembangan teknologi sepeda motor secara perlahan & pasti akan berkembang maju. Dengan adanya acara ini diharapkan kita semua lebih melek terhadap teknologi. Salut deh buat AHM !!! Sesi pelatihan ini para peserta mendapat pencerahan dari para instruktur berpengalaman AHTC. Ada 5 topik yang dibahas dalam acara ini yakni idling stop system, alternator starter, alarm, combi brake system & PGM-FI. Yuk kita simak satu per satu skutik yang hadir dengan beragam teknologi baru, dimulai dari alternator starter.
Alternator Starter
Tidak seperti motor2 pada umumnya dimana komponen alternator & motor starter dibuat secara terpisah. Pada Honda PCX fungsi motor starter & alternator menjadi satu. Oleh karena itu dinamakan alternator starter. Ketika mesin sudah menyala maka alternator starter bertugas mengisi aki. Kemudian sistem pengisian listrik Honda PCX sudah menggunakan 3 fase. Komponen carbon brush yang biasa nemplok di motor starter sudah tidak digunakan lagi disini. Salah satu keunggulan penggunaan alternator starter adalah mesin lebih ringkas, jumlah komponen tidak banyak & ujung2nya bisa mengurangi ongkos produksi. Mantafff…!!! Penampakan komponennya seperti di bawah ini.
Bersambung…
sangar pak compact alternatornya… wuih… diundang mirip bloger papan atas 😀 aku kapan ya? selamat dech … 😀
Hehehe…saya blogger biasa koq mas, masih junior juga.
http://azizyhoree.wordpress.com/2010/11/15/gadget-ringan-pendukung-touring-2/
Mantab neh..Ini baru tehnologi….Gimana mit? Beli donk…
Situ aja deh yg beli, ntar ane pinjam 😀