09
Nov
10

Dari Dekat Honda RC212V vs Yamaha YZR-M1

Kalo di pameran Pekan Raya Jakarta kemaren cuman pabrikan Yamaha saja yang menampilkan motor replika Rossi & Loranzo. Di acara Jakarta Motorcycle Show 2010 ini ATPM Honda & Yamaha menampilkan sosok replika tunggangannya Dovizioso & sang juara dunia 2010 Lorenzo. Langsung aja cekidot…

Maap cuman bisa ngambil dari sisi kanan saja, harap maklum 🙂

sasis aluminium twin tube deltabox, multiadjustable steering geometry/wheelbase/ride height.

sasis aluminium twin tube

suspensi Ohlins, velg Marchesini ring 16,5 inch, cakram karbon Brembo 320 mm

velg 16,5 inch, suspensi Showa (hhhmmm....berarti ini yg versi 2009, yg versi 2010 pake Ohlins)

in-line, 4-cylinder, 4-stroke with 16-valve DOHC

mesin V4 DOHC

Braced aluminium swingarm with single Öhlins shock and rising-rate linkage

Pro link rear suspension

Iklan

24 Tanggapan to “Dari Dekat Honda RC212V vs Yamaha YZR-M1”


  1. 1 ardhinugros
    9 November 2010 pukul 1:29 am

    Mungkin biar RC212V bisa lebih kompetitif melawan YZR-M1, konfigurasi mesinnya harus diubah dari V4 ke inline 4 cylinder :mrgreen:

    • 2 gagank uyuh
      11 November 2010 pukul 7:06 am

      Loh, kan lbh kencang V4 daripada Inline 4 … M1 tu bukan inline-nya yg bagus tapi rangka dan sasis-nya yg bikin pembalap pede buat ngebut. M1 jelek di start tp bagus di long run. Crossplane crankshaft membuat karakter M1 mirip V4 yg memakai big bang. Hampir tiap pabrikan pasti memilih V4 jika harus membuat mesin dari nol.

  2. 9 November 2010 pukul 1:51 am

    @ardhinugros.
    Motor udah selevel. Malah V4 lebih kencang. Masalahnya di racernya.
    Tahun 2012 balik ke 1000 cc. V4 lebih unggul.

  3. 9 November 2010 pukul 2:45 am

    @ mitra
    jgn lupa, M1 pake crossplane crankshaft juga 😀

    V4 lawan inline4, kalo di dunia nyata, contohnya aprilia RSV4 vs yamaha R1 sih menang RSV4 nya :mrgreen:
    kalo di motogp, V4 nya honda kalah di chassis n rider tuh!

  4. 9 November 2010 pukul 2:48 am

    maksud ane V4 vs inline4 yamaha yg pake crossplane crankshaft :mrgreen:

  5. 9 Widnug
    9 November 2010 pukul 6:27 am

    Rpmnya tinggian Honda Mit :-p

  6. 10 daris
    9 November 2010 pukul 6:48 am

    M1 knalpotnya pake termignoni, RC212 pake apa?

    RC212 motornya liar karena pake mesin screamer, sedangkan M1 pake bigbang

    • 9 November 2010 pukul 1:03 pm

      Kayaknya sih buatannya HRC sendiri.

    • 12 gagank uyuh
      11 November 2010 pukul 7:20 am

      rc212 pake big bang, yzr m1 pake crossplane crankshaft. yg pernah pake screamer cuma ducati desmosedici 07 (dan kawasaki) yg dipake oleh stoner th 2007, sesudahnya kembali pake big bang. kawasaki pernah 1 kali pake screamer tp ga berhasil krn karakter screamer membuat motor sulit dikendalikan krn liarnya tenaga yg dihasilkan.

  7. 9 November 2010 pukul 9:47 am

    infonya manteb, Mbaca aja, rung pinter masalah mesin soale…

  8. 10 November 2010 pukul 4:50 am

    bannya mengkilat gitu pengen digetok

  9. 10 November 2010 pukul 5:41 am

    itu boleh di pegan ngk??…jgn2 takut lecet tuh motor :mrgreen:

  10. 17 tzuka
    10 November 2010 pukul 5:44 am

    untuk desain motor motogp sekarang yg paling saya suka adalah yamaha M1 dari pertengahan tahun 2004 sampe sekarang bentuknya rada mirip. hehehehehe.. kayaknya dari tahun 2008 meniru fairing ducati yg terlihat klasik. tp motor motogp yg paling keren menurut saya adalah honda RC211V cantik n sporty banget…

    • 18 Logan
      3 April 2014 pukul 9:50 pm

      RC211V emang keren… Bagian kepala ama ekornya kliatan manteb… Menurut sumber yang tidak bisa dipercaya, desain body RC211V emang cocok buat Cornering karena dari sisi Mesin udah bisa maksimal meraih Top Speed (desain Kawasaki saat itu juga banyak lekukan & cocok buat Corner)…

      Beda ama YZR M1 versi Biaggi & Ducati versi Capirossi yang cenderung membulat, lebih cocok buat ngejar Top Speed / Trek Lurus… Buat nikung?? Ga enak…

      Kelemahan RC211V (trutama versi awal 2002-2003) cuma saat hujan, gara2 Power berlebihan bikin mudah ngesot saat nikung… Sedangkan Kawasaki lebih Smooth…

      Penilaian (1 = Worst : 2 = Ok : 3 = Good : 4 = Excellent)
      1. Trek Kering (Trek Lurus + Tikungan)
      – RC211V = Wusss (4 + 4)
      – YZR M1 = Huek cuh (1 + 1)
      – Ducati = Hehehe (4 + 1)
      – Kawasaki = Sip (2 + 4)
      – Suzuki = Haduh (1 + 2)
      – Aprilia = ?? (? + ?)

      2. Trek Basah
      – RC211V = Gubrak (4 + 1)
      – YZR M1 = Wah (1 + 3)
      – Ducati = Ok (4 + 2)
      – Kawasaki = Yeah (3 + 4)
      – Suzuki = Engng (1 + 2)
      – Aprilia = ?? (? + ?)

  11. 19 prast
    10 November 2010 pukul 7:23 am

    Kopling (Clutch) M1 pake Exedy..pabriknya dikawasan industri pulogadung tuh…xixxixi 😀

  12. 11 November 2010 pukul 11:26 am

    Cocoknya buat pajangan di rumah :mrgreen:

  13. 22 Bocahangon
    17 November 2010 pukul 2:22 am

    Liat aja Honda n Stoner. Motor hebat n pembalap tangguh. Yamaha n Ducati semakin di belakaaaaaaang.

  14. 24 aray
    15 Mei 2011 pukul 2:00 pm

    wah pada jago soal motor, kalo ada triliuner indonesia yg baik hati liat ni blog, pasti langsung biqin motor made in indonesia, trs berlaga di motogp, amieeeennnnnn,..,.,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
November 2010
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 8.491.944 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabung dengan 391 pelanggan lain

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: