02
Nov
10

Knalpot Racing, Pilih Tenaga Ato Torsi ???

Salah satu cara yang paling simpel untuk mendongkrak kemampuan tunggangan adalah ganti saluran gas buang dengan produk aftermarket. Beragam knalpot racing membanjiri pasaran mulai dari produk impor hingga lokal. Nah…saking banyaknya merek yang ditawarkan banyak membuat konsumen kebingungan dalam menentukan pilihannya. Kira2 knalpot apa yah yang pas buat motor ini ??? kira2 seperti itulah ungkapan2 mereka.

Kita ambil contoh sebuah motor dalam keadaan standar mengeluarkan tenaga 20 dk @ 8.500 RPM & torsi di angka 20,28 Nm @ 6.200 RPM. Kemudian ada 2 pilihan knalpot racing yang ditawarkan yaitu berlabel A dan B. Setelah diukur hasil sebagai berikut :

  • Merek A, tenaga 22,27 dk/8.497 RPM, torsi 20,36 Nm/6.952 RPM
  • Merek B, tenaga 21,39 dk/8.483 RPM, torsi 20,69 Nm/6.663 RPM

Kalo diperhatikan secara seksama kedua merek punya keunggulan masing2. Label A unggul di tenaga sedangkan merek B unggul di torsi. Bingung milih mana ??? tenaga ato torsi ??? nah biar gak bingung, saya coba jelaskan berikut ini :

Kendaraan bisa bergerak karena adanya proses pembakaran di ruang bakar. Ledakan yang ditimbulkan oleh campuran bahan bakar + udara & percikan bunga api dari busi ini mendorong piston untuk bergerak dan memutar kruk as (crankshaft). Putaran kruk-as inilah yang dinamakan torsi mesin. Torsi mesin diibaratkan kemampuan puntir sebuah mesin. Gambarannya seperti ketika kita habis mencuci pakaian & kemudian akan mengeringkannya. Makin kuat kita memuntir, pakaian menjadi lebih kering.

Torsi dibutuhkan pada saat RPM rendah, kecepatan rendah, akselerasi ato pada saat kendaraan bergerak dari diam dibandingkan dengan jika kendaraan sudah bergerak. Saat tunggangan sudah bergerak kita hanya perlu sedikit torsi tapi butuh lebih banyak tenaga untuk mendapatkan dan mencapai kecepatan yang lebih tinggi.

Nah berdasarkan penjelasan di atas, buat yang doyan turing ato ngebut pilihlah knalpot bermerek A yang mempunyai tenaga melimpah. Sedangkan jika lebih banyak bermain diperkotaan yang bertipikal stop & go, knalpot merek B adalah pilihan yang pas.

Nah, udah gak bingung lagi kan… 🙂 Sekian sedikit pencerahan dari saya, kalo ada masukan ato koreksi, monggo dikomentari 🙂

Iklan

17 Tanggapan to “Knalpot Racing, Pilih Tenaga Ato Torsi ???”


  1. 2 sekopati
    2 November 2010 pukul 8:32 am

    biasanya type 1. silincernya lebih panjang dari yg type kedua.

  2. 2 November 2010 pukul 8:41 am

    Saya mending pilih yg A mas,trus yg penting gak terlalu cempreng cukup ngebass aja suaranya.

  3. 2 November 2010 pukul 11:13 am

    asal gak bikin budek telinga yang di belakangnya saja.

  4. 2 November 2010 pukul 2:40 pm

    pilih yang getarannya kecil…memperpendek usia conecting-rod kalo frekuensi alami mesin=frekuensi suara kenalpot!!!

  5. 7 Widnug
    2 November 2010 pukul 3:09 pm

    Tergantung ruang bakar juga Mit…Ga bisa Kawasaki Ninja 250 di kasih knalpot pendek kek bebek

  6. 2 November 2010 pukul 4:13 pm

    pilih yang suaranya kecil tapi larinya banter

  7. 9 BULETIN
    2 November 2010 pukul 5:51 pm

    Sama kayak bro bonsai, pilih yg suaranya gak keras tapi larine kenceng.

  8. 10 adhi
    2 November 2010 pukul 5:53 pm

    dilema nganggo knalpot racing siap2 disemprit pak pulisi

  9. 3 November 2010 pukul 2:03 am

    ngk milih dua2nya..coz bakaln kena tilang ama polkis2 rese :mrgreen:

  10. 13 Farid21
    4 November 2010 pukul 5:48 am

    wah,yang cocok buat blade apa ya?

  11. 14 benedict87
    4 November 2010 pukul 7:38 am

    asal gak ditilang aja mas bro, skrg byk knalpot racing yg kena tilang krn knalpot racing itu peruntukannya utk di sirkuit, biasanya pas kita beli knalpot ada tulisannya tuh … :mrgreen:

  12. 16 NanaRedPro.
    25 November 2010 pukul 11:40 am

    pngen pake,tpi biar dah pke db killer,polkis dijalan lebih killer lagi

  13. 17 diki
    23 Juni 2012 pukul 3:22 pm

    ciri2 bentuk yg jelas dan perbedaan A dan B apa?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
November 2010
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 8.491.350 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabung dengan 391 pelanggan lain

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: