Ketika saya mengulas artikel tentang Honda New CBR150R vs Yamaha YZF-R15 (baca disini) di kolom komentar terjadi diskusi mengenai satuan tenaga. Kalo kita menyimak brosur entah mobil atopun motor tentu kita akan menjumpai tenaga mesin beserta satuannya. Satuan tenaga mesin yang tertera disitu bervariasi ada yang bertuliskan HP, DK, PS, KW hingga BHP. Koq bisa beda2 yah ??? Mana yang bener ??? Bingung ??? biar gak bingung mari kita kupas tuntas satu per satu 🙂
Awalnya satuan pengukuran tenaga adalah HP alias horse power. Namun seiring perkembangan zaman muncul juga satuan2 yang lain seperti PS (Pferdestarke= Bahasa Jerman), PK (Paarden Kracht=Bahasa Belanda), KW (Kilo Watt) & DK (Daya Kuda). Satuan PS & PK banyak digunakan di negara Eropa, Amerika Selatan, India dsb. Sedangkan satuan HP banyak dipake di negara seperti Amrik, Inggris dsb. Kalo DK udah pasti Indonesia 😀
Satuan2 yang saya sebut di atas semuanya adalah benar alias gak ada yang salah. Tiap2 negara punya metode sendiri dalam pengukuran tenaga. Nah hasilnya seperti ini :
- 1 HP = 0,735 KW
- 1 KW = 1,34 HP
- 1 PS / PK = 0,98 HP
- 1 PS / PK = 0,74 KW
- 1 KW = 1,36 PS
- 1 HP = 1,01 PS
Nah khusus untuk satuan PS/PK berbeda dikit dengan HP. Banyak yang salah kaprah menyebut satuan PS/PK itu sama dengan HP.
Selanjutnya ada juga satuan yang bertuliskan BHP alias brake horse power. BHP ini pengukurannya berbeda dengan satuan2 HP, PS, KW. Dimana perbedaannya ??? kalo HP, PS, KW itu mengukurnya di putaran roda sedangkan BHP diukur pada mesin ato kruk as. Dengan BHP kita akan mengetahui tenaga murni sebuah mesin tanpa loss power karena kerugian gesekan ban, girboks transmisi dsb.
Selain tenaga mesin, di brosur2 kita jumpai juga torsi mesin. Satuan2 torsi yang lazim kita temui yaitu Nm, Kgf.m & lbf.ft.
- 1 Nm = 0,74 lbf.ft
- 1 Nm = 0,1 Kgf.m
- 1 lbf.ft = 0,14 Kgf.m
- 1 Kgf.m = 7,23 lbf.ft
Demikian pencerahan dari saya, semoga bermanfaat. Kalo ada yang mau nambahin ato koreksi, monggo dikomentari 🙂
Oh ya, ada sedikit bonus dari saya 🙂
nice artikel pak, aku blm ngeh sama sama satuan ini, btw bonusnya koran juadul euy
terima kasih pak 🙂
info yang menarik…
izin nyimak ya…
di tunggu kunjungan baliknya…
by auto loan refinancing
nice info gan 😀
Terima kasih bro 🙂
info yg mantaps sekali 😀
ane ada beberapa pertanyaan nih,
kira2 selisih BHP sama HP itu seberapa banyak ya, ato seberapa persen?
trus biasanya klo ditest sendiri ternyata ga sampe angka yg di brosur, rata2 begitu kan… apa itu mutlak karena settingan n kualitas BBM aja?
atau memang beda kualitas produk
lalu kenapa mesin dynotest itu juga resultnya beda2, berarti beda standar HP nya dong ya?
Tx
Setahu saya selisihnya bisa ampe 20%. Kondisi mesin & kualitas BBM berpengaruh terhadap hasil test. Yup, betul, hasil angka yg tertera di dynotest yg satu dgn yg lain biasanya terdapat selisih. Alat yg sudah lama tdk dikalibrasi bisa menyebabkan hasil pengukuran tidak akurat.
Satuan hp adl hasil pengukuran tenaga murni, yaitu tenaga yg diukur pada kruk as. Sedangkan bhp diukur pada roda. Dyno test yg ada di bengkel2 mengukur tenaga yg ada pada roda, makanya lebih rendah dr klaim pabrikan karena ada tenaga yg digunakan utk menggerakkan roda, rantai dan gearbox. #cmiiw
*sudah mulai genit bonus*
wehh…satuan yg baru ane tahu perbandingannya
Sip..teruskan sharing artikel berisi seperti ini Pak, VERY LIKE THIS 😉
Terima kasih cak 🙂
salam kenal ya mas,
telat banget ya , padahal udah ketemu.
kalau kita cermati sering kali tenaga mesin yang di klaim pabrikan dengan fakta bila di lakukan dyno test kok beda ya mas?
keep brotherhood,
salam,
Salam kenal juga bro 🙂
Betul. Perbedaan hasil test salah satunya dipengaruhi oleh settingan mesin. Kemudian BBM yang digunakan juga turut berpengaruh. Bahkan dalam menjalankan beberapa kali dyno (run) di mesin yang sama hasilnya belum tentu sama. Biasanya yang diambil adalah hasil yang terbaik. Selanjutnya mesin dynotest juga turut mempengaruhi. Mesin dynotest yg tdk pernah dikalibrasi (bahasa umumnya diservice) oleh pihak bengkel membuat hasil tes tdk akurat.
Salam brotherhood…
nambah ilmu lagi..
catet..
suka bonusnya om jodoel punya
dk sama hp gimana mas bro
dk (daya kuda) sama hp sami mawon pak 🙂
Om Mitra, tulisannya tak publish di FB sy yah (http://www.facebook.com/notes/adhy-permana/jangan-bingung-melihat-satuan-hp-ps-kw-bhp-dsb/445277496047). Lengkap dengan address blog-nya om Mitra. Thanks yah, bagus tulisannya…
silakan pak 🙂
kalo jepang yang nganut std jis lebih prefer ke PS…karena basic ilmu mereka emang diserap dari negri om hitler ini (satuan Din)
kalo amrik suka HP ato BHP..nganut std ASTM
kalo indonesia kok daya kuda yak?? itu kuda poni ato kuda sumbawa??? wekekekeke
api, nais inpo
Info bagus untuk referensi.
Sumbernya kok ndak dicantumkan ya….
Sumbernya Wikipedia sama Yahoo Answer pak 🙂
koreksi dikiit,, lebih detailnya 0,746 kW
halah susah amat kl gw pake satuan BH aja biar gampang ukurnya 36b, 38b….
wah Amazing ! akhirnya aku ngerti juga, aku kira HP= KW = PS . . . =))))
woalah seep banget Infoh nya !
ada yg kebalik pak, seharusnya 1 hp = 0,746 KW , 1 ps = 0,735 KW … cmiiw
yaaa benar mas rudi
isi artikel kok sama dg yg disini ya…mana yg asli y???
http://taufiqurrokhman.com/2012/03/05/jangan-bingung-melihat-satuan-hp-ps-dk-kw-bhp-dll/
gpp yg penting kontennya…
Kal0 satuan PK apa ya? Biasa digunakan pada mesin kapal?
Ini nih yang saya cari cari tentang konversi satuan .. Salam Pemgemar Mesin Diesel.
pembahasan yang bagus. salam kenal aku dadang
pemilik kursus mekanik motor terapan di jogja http://www.auto-champion.blogspot.com
Baru tau saya.. Ribet juga ya ada banyak istilah-istilah gituan.. Kok gak dibikin lebih simpel aja biar kita yang awam bisa lebih ngerti? #persoalan
Perlu pemahaman memang, maklum otak sudah tua, lupa pelajaran SMA dulu,
Makasih gan artikelnya…sangat membantu , saya seorang mekanik di malaysia kadang bingung ..cos di sini bnyak banget engine dari eropa & amerika, satuanya beda2..
Sangat bermanfaat. Trim
Sangat bermanfaat.
thanks pak atas penjelasannya
Reblogged this on Hanya berbagi.
wah kayaknya agan faham bener maslah mesin..ane mo nanya gan, kalo torsi 1 ;30 itu maksudnya apa yah..? trus saya punya pompa air dengan daya 125 watt, pengennya mampu menggangkat beban 15 kg, jadi jenis torsi pada gearbox itu yang berapa gan ?
Hai… Enginer Yg Mengulas tentang satuan HP..Bhp..dll
Mohon Penjelasan lebih detail, sbb:
Jadi bagaimana kita mengkonversi dari HP ( Horse Power ) dengan Bhp (Break Horse Power )…???
Sedang perhitungan berbeda acuannya…
Mohon bantuan Juragan
demikian terima kasih
ada yang bilang 1 hp = 746 watt….mana yang benar ya?
yang disebutkan di tas adalah hp to kw untuk electrik….
kalo untuk mesin yg benar 1 hp = 745, sekian sekian watt.
di bulatkan jadi 746 watt.
gan,..
saya mau tanya,..
untuk menggerakkan beban 1 ton dengan motor 1450 rpm dengan rasio gear box 1 : 20
saya memerlukan hp brp ya,….
mohon infonya
Mau tanya.. jika contoh sebuah tenaga 1000 BHP, trus klo mw dirubah ke KW.. kira2 hasilnya gmn & rumusnya spt ap. Thnx
Bisa buka google, ketik converter BHP to KW, nanti akan ketahuan hasilnya.
gan mw tanya donk ,,,q masih bingung kw sma HP ?
Nice inpoh
Like this
Sungguh menarik sekali artikelnya pak. terimakasih sudah membuat artikel yang menarik