22
Okt
10

Cerita Si Penjual Tahu…

Udara di suatu pegunungan cukup dingin. Jam masih menunjukkan pukul 5.00 pagi. Dalam keadaan masih mengantuk, seorang pemuda disuruh ayahnya untuk mengantar tahu pesanan konsumen. Jalanan sepi & berliku dilalui dengan mulus. Tak terasa dari hari ke hari waktu tempuh dari desa ke kota semakin singkat. Kemampuan & skill berkendara dengan menggunakan Toyota Corolla AE86 Trueno membuat si pedagang tahu mendadak menjadi kondang di kalangan penggemar kecepatan.  

Yup, itulah sedikit gambaran tentang film Initial-D. Sebuah film yang sempat diputar di bioskop sini namun tidak sesukses Fast&Furious Tokyo Drift. Boleh dikata saat ini Indonesia lagi demam drifting. Untuk bulan ini saja sebuah kejuaraan drifting digelar di JIExpo Kemayoran. Kebetulan blogger bro Stephen Langitan meliput acara tersebut, monggo di klik disini.

Drifting merupakan seni ketrampilan teknik menyetir mobil. Pada kecepatan tinggi, sang driver akan mengontrol mobil dan berusaha untuk semaksimal mungkin agar tunggangan meluncur / ngepot selama mungkin. Dalam perlombaan drifting yang dinilai adalah keindahan gerakan mobil. Berbeda dengan olahraga ngepot lainnya seperti slalom mobil dimana yang dinilai adalah waktu tercepat. Di samping itu trek slalom pendek2 berbeda dengan drifting yang membutuhkan trek khusus.

gambar : worlddrifting.com

Kunimitsu Takahashi adalah bapak pelopor drifting. Dalam kejuaraan All Japan Touring Car Championship era 1970-an, Kunimitsu menikung dengan kecepatan tinggi hingga menimbulkan kepulan asap ban. Namun raja drifting diberikan Keiichi Tsuchiya karena menjadi orang pertama yang mendalami ilmu drifting & menemukan teknik2 ngepot dengan sudut yang sempurna. Itu sebabnya Keiichi mendapat julukan Dorikin ato Drift King.

Jika Kunimitsu lebih menonjol di trek sirkuit, maka Keiichi berlatih di pegunungan dengan jalan yang berkelok2. Enaknya di negeri Jepang pihak berwenang memberi kelonggaran kepada para drifter untuk berlatih di pegunungan dengan diizinkan untuk memblokir jalanan. Kalo disini bisa gak yah diterapin di kawasan Puncak ??? :D 

Agar tarian mobil menjadi indah, mobil berpenggerak roda belakang menjadi favorit. Meskipun begitu bukan berarti gerak roda depan tidak bisa dipake buat menari. Piranti LSD (limited slip differential) sudah menjadi kewajiban agar tunggangan nyaman diajak ngepot. LSD adalah alat yang berfungsi untuk memantau agar tenaga mesin tidak hanya tersalurkan ke satu roda saja. Di samping piranti LSD, sektor lain yang perlu diperhatikan adalah mesin & kaki2. Pada umumnya mobil yang dipake buat nge-drift minimal berdaya 200 hp supaya bisa meliuk2 di tikungan. Namun kesemuanya itu juga harus didukung oleh drifter yang andal.

Saat ini sudah banyak kejuaraan drifting berskala internasional seperti D1GP & Formula Drift. Pingin tahu aksi2 nge-drift dalam perlombaan resmi hingga yang liar di jalan raya ??? tinggal sambangin aja youtube trus ketik drifting. Met menikmati🙂


19 Responses to “Cerita Si Penjual Tahu…”


  1. 1 ardhinugros
    22 Oktober 2010 pukul 5:52 am

    initial D emang film yang sip..😀

  2. 2 lekdjie
    22 Oktober 2010 pukul 7:25 am

    kartunnya dulu pernah nungul di indosiar,keren..pake nissan ya?jadul bentuknya tapi mantap.

  3. 22 Oktober 2010 pukul 8:30 am

    mas..kalo ngedift pake vw kodok piye?? hehehe…
    ngeblok puncak?? mending ngeblok ketep ajah..hayo sapa mo ngedrift ditempate mak lampir? wekeke…

  4. 22 Oktober 2010 pukul 8:36 am

    animenya ane dah khatam😀
    dari season 1 sampe 4, ditambah sama movie2nya…emang mantaff ni Initial D..bikin ane ngimpi numpak “Hachiroku”..
    sayang, movienya kurang bagus..selain kerna dibikin sama orang China (aslinya Jepang), ceritanya juag ada yg diubah…

  5. 7 daris
    22 Oktober 2010 pukul 8:57 am

    ane animanya juga udah nonton, emang versi movie nya ceritanya jelek

    kasian keiichi tsuchiya sim nya dicabut, ketahuan balapan dipegunungan
    kalau mau nonton drift yang mantab nonton aja D1 di youtube. kejuaran drift di jepang😀

  6. 22 Oktober 2010 pukul 12:38 pm

    wah kurang mengetahui dunia film

  7. 9 Widnug
    22 Oktober 2010 pukul 2:11 pm

    Jiiiaaahhhhh….dia baru nonton

  8. 23 Oktober 2010 pukul 1:37 am

    wehh…emng manteppp oi..bikin ane kesengsem berat ama Corollanya..ck..ck..ck..:mrgreen:

  9. 23 Oktober 2010 pukul 1:51 am

    Mobil favorit buat drifter sasis panjang apa pendek ya mas?

  10. 14 BULETIN
    23 Oktober 2010 pukul 2:29 am

    Wah jaringan internetku lambat maklum wong ndeso, jd kalau liat youtube malas karena bentar2 berhenti! Jd gak sabar aja!

  11. 23 Oktober 2010 pukul 2:30 am

    saya tiap hari nge-drift pake matic di jalanan bukit patuk gunungkidul:mrgreen:

  12. 23 Oktober 2010 pukul 6:51 pm

    Akhir2 ini aq jg lg kesengsem ama drift, initial d, tokyo drift, drift 1-2, dan beauty battle dah aq tonton (kabarnya ada 7 seri film ini, lg hunting)…maen game nfs carbon yg drift…

  13. 17 novi
    24 Oktober 2010 pukul 2:06 pm

    wakakaka…
    kayanya gue pernah nonton nih
    dasar jiwa pembalap dari ayah turun ke anak.
    nganter tahu juga tetep jadi sembalap😛

  14. 18 tiyo 2010
    24 Oktober 2010 pukul 9:41 pm

    kalo aku sukanya nonton film science fiction, kalo film beginian alur ceritanya gampang di tebak sih…..

  15. 19 aditninjamaniac
    18 Januari 2011 pukul 8:46 am

    kalo ngeliat mobil beneran ngedrift blm pernah..tapi aku pernah liat RC drift mas..ga kalah keren loh..

    nitip kios ya mas..
    http://aditninjamaniac.wordpress.com/2011/01/17/si-ijo-modifikasi-ringan-lagi/
    http://aditninjamaniac.wordpress.com/2011/01/16/new-cbr-250r-plus-minusnya-terhadap-ninja-250r/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Oktober 2010
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,471,177 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 376 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: