Kabar rencana pabrikan AHM akan menelorkan 2 kuda besi batangan New CBR150R & CBR250R tahun depan membuat gempar dunia permotoran. Khususnya untuk kelas 150 cc nantinya bakal terjadi persaingan seru. New Megapro tidak akan sendirian lagi menghadapi duet maut YMKI Vixion & Byson. Sebagai penguasa segmen 150 cc dapat dipastikan pabrikan garpu tala tidak akan tinggal diam. Nah melihat gelagat akan hadirnya New CBR150R, akankah YMKI gak mau ketinggalan juga dengan menghadirkan R15 ??? apalagi basic Vixion gak beda jauh dengan R15. Nah….kalo New CBR150R & R15 hadir disini, bro2 semua akan pilih yang mana ??? 🙂
Berikut komparasi keduanya :
Nah…terlihat kedua mesin motor tersebut mempunyai karakter berbeda. R15 menganut diameter & langkah piston yang hampir sama, karakter ini putaran bawah menengah hingga atas porsinya merata. Berbeda dengan New CBR150R yang mana langkah pistonnya lebih kecil dibandingkan dengan diameternya. Karakter ini udah pasti membuat New CBR150R beringas di putaran atas. Sayang sekali di spek New CBR150R tidak disebutkan tenaga & torsi yang dikeluarkan. Kalo dicermati mesin New CBR150R mirip dengan CBR150R dimana output mencapai 17 hp @ 10.500 RPM & torsi 14 Nm @ 8.500 RPM. Berhubung New CBR150R udah pake injeksi PGM-FI tentunya akan ada peningkatan tenaga dibandingkan versi sebelumnya.
Jelas pilih New CBR lah Mit…Chasis ma Sistem Monoshocknya beda sama pendahulunya
Menang CBR lah Mit…Buat apa dl balap??Balap Sentul dan Thailand sudah membuktikan padahal masih yang Karbu….BTW, salah spek tuw elu….CBR tenaganya 17,1 PS..yg artinya sekitaran 18 HP…Data..liat blog gw donk…wkwkwkwkwkwk
Yang baru gw juga lagi cari datanya….gw rasa naik tenaga sama torsi sih pasti Mit…
Tenaga 17,1 PS kalo pake unit converter nilainya sama dengan 16,87 HP…
Siap mit…bener…Gw update deh..itu Hp buat yg versi 2003-2005
sekedar info neh bro,,,new cbr tenaganya di kisaran 19,6hp.
keduax?
koreksi pak 17 ps itu versi prtama (2003-2004) yg chasis silver, nah 2005keatas hampir mendekati 20 dkan …….. satu lagi peak powernya di rpm 10500, meskipun masih bisadibejek sampe redline 13000 rpm (asal bbm pertamax-pertamax+)
salam brotherhood from warung dohc 😀
Wah ane baru tahu kalo versi pertama ama versi 2005 ke atas tenaganya beda. Thanks atas infonya bro….Oh ya, satuan PS ama DK/HP itu berbeda pak. Kalo 17 PS kalo kita konversikan itu nilainya sama dengan 16,87 HP.
salam brotherhood juga 🙂
yakan memang saya nulisnya beda ps,,,,dn,,,,hp 😀
sebenarnya asal muasal istilah ps . hp itu hanya beda bahasa, ps=power de scraft(dalam bahasa prancis >daya kuda)
sedangkan hp=horse power,… nah kenapa beda saya juga heran, apakah terjadi salah kaprah?
kecuali nulisnya antara kw dgn hp, jelas beda satuan gay yg digunakan cmiiw
diatas kertas…speknya menang CBR..jauh!!!
se-7 poolll 😀
wah udah jelas menang Honda..bagaimanapun Honda lebih unggul..keculai R-15 yg naik Rossi…xixixiixix
sepertinya ga mungkin YMKI ngeluarin R15, bentuknya culun gitu
masa mau lawan cbr 150.
lebih bagus bodi r125 mesin vixi yg overbore, baru bisa bersaing 😀
@ Azi :
Eh iya…maaf sampe lupa..Yak betul sekitaran 19, sekian…Trims atas koreksinya
iya pak wid… salam kenal 😀 juga 😀
tampang depannya sich cakep yamamah..
nitip jemuran juga
http://motoradul.wordpress.com/2010/10/21/unicam-memang-unick/
R15-nya kelihatan jadul yah… warnanya ga menarik..
tp masih gedean HP mesin FXR bookk!!!skitar 21 HP (sumber: bikez.com)
pada prakteknya fxr kalah tipis (setengah ban/roda)
sumber,…. rekan2 yang hoby ngetrack di sentul (mereka ga pernah bermusuhan meski motor berbeda)
dan 1 pertanyaan,apa sudah pernah fxr menjuarai sport 150cc open atau bahkan FFA 250 nantangin si ninja 😀
keep brother hood , saya pernah bongkar daleman FXR sampai habis lho mas…..(mantan mekanik magang suzuki) 😀 cmiiw
wah….mantab mas Azi…Saia juga pernah piara FXR biar cm setahun….iya bener, klo masalah top speed masih CBR..Tapi memang botom to mid endnya menang FXR
pak widnug= biker mapan 😀 heheheh, mampir ke warung ku juga pak 😀
Wah jgn ditanya lg pak, om Widnug ini memang biker sejati 🙂
kalo yang SE, R 15 terlihat lebih OK lho…
R15 jadi kelihatan culun banget kalau disandingin dgn New CBR150R.
apalagi R15 masih SOHC sedangkan CBR150R udah DOCH.
dari sini aja udah ketahuan mana yg unggul.
hai bung tapi cbr kan harus minum pertamax, klw gak pertamax cpet rusak alias modar, klw vixi atw r 15 msih bsa nenggak premium cman kompensasinya biar tenaga kyak ke pertamax cukup pke kop busi non resistor, nh buktiny gwe awalnya pke pertamax karena duit karena kebutuhan mkin bnyak akhirnya beralih pke premium dan itu sdah terjadi slama 1 tahun lebih, gak lupa bersihin injeksi sendiri per 3-4 bulan sma daleman mesin dngan cara buka businya pke crab cleaner, jadi bisa berhemat tpi msih bsa rasain motor tetep kenceng
YAA memang harga yang harus dibayar mas, untuk sebuah engine yang compression nya 11:1 + combustion chamber nya padat
yaa tergantung dari mana compare nya, untuk value dan ekonomis, punya sampean jelas lebih megang cmiiw 😀
salam brotherhood from warung DOHC
Itulah hebatnya Vixie mas…bisa minum bensin oktan rendah…YMKI memang sudah menset ECUnya biar bisa minum premium..Tapi lain lo mas sama R15…Itu motor juga harus minum pertamax secara kompresi lbh tinggi sedikit plus Mapping ECUnya khan ga munkin bisa minum Premium…minimum oktan 92.
supra fit gue juga hebat donk bisa neggak bensin oktan rendah juga.
😆 😆
Bak langit dan bumi, daripada masukin R15 dimari mending masukin R125 dimari dan tentunya dirakit juga dimari agar harga bisa kompetitif bersaing dengan CBR…
R15 itu motor harian pak Mit
lha wong cuma Vixion di upgrade gitu.
kalo CBR emang spec racing
secara teknologi ya jauuuuuuh
yaaaah kayak F1ZR vs RG Sport/Tena/Stella gitu
CBR juga bisa dipake buat harian koq pakde 🙂
setuju 😀 asal pertamax minimal masih iklash untuk diminumkan 😀
syukur2 shell /pertamax plus cmiw….
Ya sama Satria/Tena/Stella juga bisa buat harian…
tapi sangat menunjang untuk balap, high performance engine
Setuju mit…loe liat khan gw dulu santai ajah ikut macet2xan…bedanya sama motor elu kalo ketemu jalan lowong ajah…heheheh
awal mula lihar R15… takjub…
setelah itu liat R125… tambah takjub…
habis itu naik N250R… bertambah takjub…
➡ lihat gambar CBR 150R Fi… DAHSYATTTT!!!!!!
megang all new CBR 150Fi, mas bro…
❓ kalau besok tanggal 23 ada waktu, mohon disempatkan nggeh? makasih juga sudah berpartisipasi via FB 🙂
Insya Allah saya akan mampir, ntar saya kabari 🙂
opo iki? kok begawan DOHC ga diajak? curang ki sang peneliti
bukannya delta box kang itu CBR nya?
Dari gambarnya kayak delta box
betul tih pak mitra, correct, twin spar bukan twin tube diamond, twin tube=pipa bulat, diamond= model megapro 😀 maap, kebanyakan correct
sip3x…. thanks 🙂
Dari tampilan CBR jelas lebih fres, memang baru rilis. Dari speknya, kalihatan sedikit unggul CBR. Kalau harga sesuai, ya CBR lah.
masih imajiner, dua-duanya belum ada, wehehehe tapi sayangnya spek cbr belum lengkap jadi comprenya kurang detail
Betul pak, lebih asik lagi kalo keduanya dikompare secara nyata 🙂
wehehe..kalo spek didetailin..penjelasannya…wooo ada yang minder dab!!
Halah Mit… melihat mesinnya sama,AP Honda paling ngerubah sudut squishnya sedikit dan hebatnya tetep berkompresi 11:1+ jadinya paling2x beda Torsi ma Hp plus jauh lbh irit krn Injeksi…Nah ratio gearbox + final drivenya yang kudu di cermati
semoga cepet mengaspal di marih dua=duanya
wkwkwkwkwk..

perasaan kemaren R15 keliatan ganteng…eh pas ada New CBR ini jadi keliatan culun
emang bener peribahasa, “sesuatu keliatan jelek kalo ada yg ganteng disampingnya”
Menurut ane lho ya… Fairing ala moge YZF series yang nempel pada R15 tuh sedikit ga harmonis dgn bodi sport biasa ala vixion… Jadi kesimpulannya R15 emang keren diliat dari depan, tapi pas diliat dari samping tetep aja keliatan bak vixion dimodif pasang fairing… Dan rasanya agak gak nyambung aja antara bodi depan ama belakang.. Hehehe…. Mending pake bodi R125 sekalian yang desain keseluruhan sudah ala YZF series. Dijamin bikin CBR 150 jadi keliatan culun..
Masasi mas? La wong CBR FI ini ajah lom tampil kok….heheheh…R125 emang keren, tapi kek kegedean body dan itu untuk pasar Eropa mas….Klo mau liat Yamaha produksi di asia yg baru aja, larinya ya ke Yamaha India, kek klo Honda ke Thailand
dulu waktu lihat R15 memang kelihatan keren.
Begitu sekarang brojol New CBR150R, R15 jadi kelihatan culun banget!!
😆 😆
Mit…..Di update tuw datanya..
Dah keluar tuw HP ma Torsinya : Nih gw kasih
Displacement:149.4cc
Engine: 4-stroke, single cylinder, 4 valve, PGM-FI, DOHC, Liquid Cooled
Bore: 63.5 mm
Stroke: 47.2 mm
Maximum Power: 19.5bhp@10500rpm
Maximum Torque: 17NM@8500rpm
Gears: 6 speed manual
Clutch: Wet Multiple Disk
Lubrication: Wet sump
tapi apa bener untuk cbr .. ecu nya programable… wuih bisa di kotak-katik dunk kalo gitu… ga usah beli lagi ecu aftermarket yang programmable….
bener ga ??
Hhhhmmm….mungkin maksudnya di remapping yah ??? wah kalo yg ini ane kurang tahu, mungkin rekan2 brothers yg lain ada yg tau ???
Jiaaahh si Mitra ga bisa jawab? Piye iki penulis
PGM itu bukan programable…Tapi Programmed (termapping), jadi sudah fix…Klo mau di upgrade…ya harus mapping ulang, rechipping, or pasang Piggy Back.
Klo Honda mah tenang ajah..bentar lagi HRC juga pasti bikinin kok ECU/ECM stand alonenya.
hehehe… oooo itu toh maksudnya 🙂 ayo buruan beli New CBR, lewat IU aja, udah waktunya ente naik kelas 🙂
Kira2 hargany brapa ya,mas hargany?
Bulan kmrn tnya ke hrc di sbya blum ada,klo lwt iu gmn prosedurny mas?
Dah bosen pake tigy revo09 ma megy06 mas,,bkan bosen ma mtorny krna aq pecinta keadaan standart pabrik,mas,,tp ga trtarik kelain hati alias ttp one heart 🙂
dlu aq prnh pnya,mas,,cbr 150r sp 08 red maron,,top speed 170kpj,,sayang sgt disayang,,dibawa lari maling,mas… ;-(
yg new ini ada brapa varian,mas?
Kalo lewat importir umum bisa aja mas bro, cuman harganya saya kurang tahu. Thn dpn rencananya akan dijual disini lewat ATPM AHM, harga perkiraan jg belum ketahuan karena AHM ada kemungkinan akan meng-CKD-kan New CBR150.
Wah brarti tenaga cbr bsa sekitar 20 hp dund klo dr bhp d konversikan ke hp
kalo di liat harga R 15 hampir 25-30 jt dan klo CBR sekitar 40 an ke atas di liat dr spec nya
teman2 saya mau tanya nih, sejak isu CBR 150R bakal di CKD oleh AHM, kira2 penjualan motor secara umum mengalami penurunan nggak ya? soalnya temen2 saya yg tdnya mau beli vixi ato tiger pada nunda menunggu kepastian AHM, di thailand CBR 150 (22jutaan rupiah), AHM udahan dong nyari untung dari bebek ama matic nya, moto aja one hart, tapi ko rasanya ga satu hati yah….
jelaz cbr lah…….. yg unggul atas r15
yang jelas yamaha sekarang udah gak keren lagi,kalau tampangnya sih sangar,tapi kalau soal kecepatan tetep menang honda,suzuki,kawasaki,KTM,bajaj.