Dua tahun lebih pake Vixion akhirnya minggu lalu saya ganti aki juga. Sebelum ganti, sudah ada gejala kalo aki udah waktunya diganti mulai dari elektrik starter yang kurang tokcer hingga jarum RPM tiba2 ngedrop yang diikuti dengan nyalanya indikator check engine ketika motor dalam keadaan idle/langsam. Tampak sekali bahwa kinerja ECU terganggu mengingat perangkat ECU membutuhkan suplai daya listrik yang bagus. Oh ya, harga akinya Rp165rb.
Dan ini bonusnya !!!
Bonusnya ra nguati, tapi bener hebat deh 2tak konsumsi bbm sampai segitu, vespa pts ku aja kalah 😀
Wah bonuse kui nang tempatQ msh byk bersliweran,badak tenan kui tiap hari nggo ngaret damen. Murah juga akinya, kyknya lo punyane H g dpt sgtu.
165rb beli dimana bro,??
Mahal bngt, soal ny dulu beli cuma 105rb nawar dpt 100 pas.
Bengkel resmi Yamaha Jakpus, akinya MF (maintenance free), harganya emang segitu. Kalo ada aki MF harganya 100rb, boleh juga tuh…. 🙂
kalo mau lebih manyoss lagi akinya ganti aja sekalian sama aki MF GS astra yang gtz7 6 ampere..
dijamin ga kekurangan listrik lagi mas vixinya….
Wuih gede bener ampere-nya, aki buat Vixi ampere-nya kecil cuman 3,5 😦 hiksss….
ane ngk dibeliin sekalian Om??..xixixi
Akinya kekecilan, pake aki mobil aja bro, dijamin mak nyusss…. 😀
bonusnya si mbahnya Vixion…
akinya mahal amat gan?
Aki MF (maintenance free) standar Vixi, harganya emang mencekik dompet…
mencekik dompet??
tp awetnya lebih bagus mana bro drpd aki biasa??
Lebih bagus aki MF. Gak perlu pake ritual ngisi2 air aki. Utk masalah keawetan relatir, ada banyak faktor seperti kondisi kelistrikan kendaraan, pemakaian asesoris dsb.
Iya bro MF.
Long’s beli di daerah kalideres peta selatan buat supra sif nama bengkel ny “budi 88” samping supermarket hari-hari.
Oke, thanks atas infonya bro… 🙂
bonusna mantab euyyy..
hampir setara dengan honda beat..cuma kalah 1 km aja…
wew…itu si auto-lube memang jos…bakul2 ditempatku, dulu kalo ngisi BBM pake minyak tanah lho..trus pengapian platina disetel mundur….bau kenalpotnya khas….soale oli samping pake oli tap2an…motor jaman dulu emang jos…semua teori yang bikin mesin jebol terbantahkan semua….
begawan “ngeyel” dari Koboys! 😆
odometernya udah nunjukin berapa ribu km ya? kok udah waktunya ganti aki 😀
21rb-an 🙂
Kecil banget mit amperenya…Kenapa ga beli punya Satria FU ajah?
Mau pake ampere gede yah percuma aja, lah wong sistem kelistrikan Vixion cuman ampe 3,5 ampere.
ane pny vixi kluaran prtm 07, ampe skrg blm prnh ganti aki krn msh tokceerr..
km sdh hmpir 60rb gt..
spy awet aki kl ngidupi wkt pagi atw prtm pkai dsarankn jgn pake starter. dikick aja.. trus skring ganti pny mobil. yg sm amper ny buatan jerman. hrgny skitar 20 rb sebiji..
yakin bro itu akinya mesti diganti?
vixion gue pernah gejala kaya gitu juga,
masalahnya bukan aki yang drop,
tapi gara2 shocket2-nya karatan. maklum musim hujan.
sama orang bengkel disemprotin semua shocket2-nya pake WD.
Alhamdulillah masih bagus sampe sekarang udah 27rb-an.
temen kantor juga pernah kaya gitu.
trus gue kasih saran yang sama.
tokcer juga tuh.
NB:
kayanya beli aki di beres kemahalan ya… gue juga pernah bandingin harga di beres sama di luar beda jauh. padahal merk-nya sama. Masa Aki RX king di beres 124k gue beli diluar cuma 70k. sebelumnya beli ditempat lain Non Beres juga cuma 60k.
parah selisihnya.
Yup, pas di cek ama beres akinya emang udah waktunya ganti (udah lemah). Mungkin aki di Vixi ane kebetulan dari sononya pas dapet yg kurang bagus. Namanya juga produksi masal 🙂 Ok bro, thanks atas infonya.
pak de ijin copas bonusnya buat ilustrasi artikelku
Silakan pak 🙂
Memang aki elemen penting buat motor injeksi kaya vixion.
Aki yg dro bikin kerja ecu terganggu.
Gejalanya mesin tiba2 mati, RPM mendadak drop, susah distater, engine indikator kedip2,dll.
Aki yg drop bikin suplai listrik ke koil berkurang. Akibatnya busi ga kuat nyala…akhirnya vixion ga bs distater.
bro…low mo gnti aki sndiri ada cra2 kusus nya kagag?
trus low gnti amper lbh gdhe resikonya apa?
Gak ada cara2 khusus seperti biasa aja koq. Bisa aja sih pake ampere yang lebih gede tapi percuma, kan pengisian kelistrikan Vixion cuman sanggup 3,5 ampere.
ok bro,kmrin akire ak jg gnti aki,uda 4 thun an,… dsolo g mhl2 bnget, TT 135,.. amper tetep sama,…
wah, dah ganti accu, temen ane nekat viskon tanpa aki
waouewwhh ntu aki pixy klo ga salah pan cuman 3.5 AH yah ? harganya lebih mahal dari GS Astra Onta.. 😯
Amperenya emang kecil mas bro…
aki emang Pnting Bngt Untk Kelistrikan Si Vixion, Semakin tinggi ampere aki akan semakin baik dlm supply & nyimpen listrik.efeknya tentu aki akan lebih awet,yg Pntng diprhatikn adlh karat2 pada Sambungan kabel harus rutin dibersihkn, karna karat dapt menyebabkn hilangnya arus listrik secara perlahan. Tp ingt ,jngn Voltasenya yg digedein y!
Sippp…
eits jangan salah mas kelistrikan di vixi udah menganut fullwave 3phasa yg banyak diterapkan di moge/motorsport, output spul & kiproknya aj bisa mencapai krg lbh 20 ampere jd klo pun pake aki lebih dari 9 ampere vixi jg masih sanggup ,ini sebabny motor yg berkelistrikan fw 3phasa biasanya memakai ukuran aki kecil , sebenarnya yg menghandle kelistrikan waktu motor jalan itu dari output spul dan kiprok, nah saat output spul & kiprok = aki maka aki yg akan menghandle sementara beban itu nah klo pas jalan aki jg sbg beban kelistrikan karena proses charging terjadi…
oiya sambil meluruskan tentang aki 3,5 AH bkn berarti cuma bisa menghasilkan arus 3,5 ampere saja tetapi aki dapat bertahan dalam waktu 1 jam ketika mengeluarkan arus 3,5 ampere, dpt bertahan selama 30mnt ketika mengeluarkan arus 7ampere , & bertahan slm 1 menit ketika mengekuarkan arus 180ampere…
klo ada yg salah tolong dikoreksi yak..
setuju… pada keterangan bagian atas… saya pernah iseng2 coba sendiri ngidupin vixion tanpa aki sama sekali (aki dilepas) dan dihidupin dengan kick starter… ternyata bisa, plus dengan kondisi lampu depan (utama) nyala semua, bonus lampu sein juga nyala… ternyata ga ada masalah.. lampu utama juga menyala stabil… padahal itu kondisi mesin jalan idle (alias tidak di gas)… ternyata memang hasil listrik dari spul memang besar.
dengan begitu memang tidak perlu khawatir mesin tiba2 mati saat melaju kencang gara2 aki yg drop…
bro motor vixion ane di starter gak kuat, itu karena aki y ya,,,,,,,,,?
Bisa jadi mas bro. Busi juga dicek,sapa tau sudah hampir mati.
broo,
vixi ane koq klistrikanny uda mulai ngdrop ya?
Dn pmakaian bru 2 tahunnan..
Itu krna accu ny ap krna ap ya ?
Tlong dbantu ya..
punya ku dh 4 th dan sudah mati…tpi masih kuat mpe ke jawa..
ane setuju blanja spare-part g di Beres Vixi… aq sih curiga selisih yg 3X harga di toko onderdil buat ngidupin orang-orang yg ada di Beres…. gitu. cuma buat temen agar bisa memilih bengkel onderdil yg layak dipercaya…
Okeee…. Jaya buat kita semua.
mas broo saya mau nanya.???
saya mau beli aki batre vixion buat motor saya…
nah saya binggung mau di beli dimana yg murah dan berkualitas dan terjamin…
jika saya beli aki nya di bengkel yamaha resmi pasti kemahalan tapi terjamin kualitasnya…
jika saya beli di bengkel2 biasa pasti murah tapi kulitasnya kurang terjamin…
blzz broo… kasih solusi buat saya……
Lokasi ada dmn mas bro ??? kalo di Jkt bisa mampir ke kawasan onderdil Kebon Jeruk III (orang biasa nyebut Bonjer) di kawasan Harmoni,Jakpus. Pas ada disana,coba mampir ke toko Ramayana Motor.
di bengkel resmi ada ya gan ?