04
Okt
10

Ritual Pasca Mudik : Spooring & Balancing Ban…

Sebelum pulang mudik pada umumnya para pengguna kendaraan akan melakukan general check up / service agar tunggangan tetap sehat, nyaman & terhindar dari gangguan teknis dalam perjalanan. Namun perlu diingat bahwa ada baiknya juga kita mengecek kondisi kendaraan setelah pulang mudik. Apalagi jika rutenya cukup jauh seperti yang saya lakukan yakni menempuh perjalanan hampir mencapai 2500 km. 

Salah satu ritual yang saya lakukan pasca mudik adalah spooring / balancing. Mengapa saya lakukan itu ??? karena jalan raya yang saya lalui aspalnya tidak selalu mulus. Mulai dari tambalan aspal yang tidak rata, jalan berlubang hingga jalan bergelombang. Belum lagi gerobak saya sering menghajar lubang pada kecepatan tinggi.

Seringnya melewatin jalan jelek berakibat pada kurang nyamannya gerobak saya. Pas pulang ke ibukota & melintasi jalan Tol Cikampek pada kecepatan antara 90-100 km/h, gerobak saya ada gejala stir terasa ke kiri & ke kanan. Belum lagi ada getaran yang terasa hingga ke stir. Tentu saja hal ini cukup mengganggu.

Dari gejala2 tersebut di atas, minggu kemaren gerobak saya bawa ke bengkel untuk melakukan spooring & balancingSpooring bertujuan untuk menyelaraskan kembali posisi antara roda kiri & kanan. Salah satu gejala mobil perlu di-spooring adalah laju mobil limbung ke kiri ato ke kanan. Dalam proses spooring, mobil akan diangkat menggunakan hidrolik & pada setiap roda akan ditaruh semacam alat untuk mengukur kepresisiannya agar sesuai dengan standar/spek kendaraan tersebut. Hasilnya akan terlihat di layar monitor. Jika didapat hasil yang kurang tepat, mekanik biasanya akan mengutak atik kaki2 mobil.   

Spooring 3D menggunakan infra red, lebih akurat & presisi

Sedangkan balancing bertujuan untuk menyeimbangkan putaran roda di tiap sisi. Ciri2 tunggangan perlu di-balancing yaitu getaran ban terasa hingga ke stir. Pada balancing keempat roda akan dilepas kemudian akan dites oleh alat balancer. Pada layar alat balancer akan menampilkan titik2 dimana terjadi ketidakseimbangan distribusi bobot. Agar bobot seimbang pada velg akan ditambahkan lempengan timah yang beratnya beragam mulai dari 5 gram, 10 gram & 15 gram (tergantung kebutuhan).

Proses balancing...ban yang tidak bulat sempurna akan terlihat disini.

Finish balancing, roda tetap dipasang & akan diputar. Ritual ini dipake jika getaran ban masih timbul jika mobil dipacu dalam kecepatan tinggi seperti di jalan tol

Beberapa manfaat jika kita melakukan spooring & balancing adalah :

  1. Komponen kaki2 menjadi lebih awet.
  2. Keausan ban lebih merata di setiap sisi.
  3. Pengendalian mobil lebih stabil.

Menurut pihak bengkel, ritual ini sebaiknya dilakukan tiap 6 bulan sekali ato 10.000 km. Biaya untuk spooring berkisar antara Rp150rb-Rp250rb sedangkan untuk balancing antara Rp20rb/ban – Rp35rb/ban.


13 Responses to “Ritual Pasca Mudik : Spooring & Balancing Ban…”


  1. 4 Oktober 2010 pukul 2:29 pm

    hyundai tahun berapa kie? (nebak moncong mobil secara ngawur)

  2. 24 Mei 2011 pukul 7:27 am

    om gimana cara spooring dan balancing

  3. 24 Mei 2011 pukul 7:30 am

    OM gimana cara spooring & balancing

    • 8 Jhoni
      11 Juni 2011 pukul 7:47 pm

      Untuk balancing, ya pakai mesin, sedangkan spooring bisa dikerjakan sendiri dengan mengukur kesejajaran kedua roda depan, apabila tidak sejajar, tinggal atur saja baut yg tersambung ke tierod.

  4. 10 September 2011 pukul 2:46 pm

    wah ubek2 gugel tentang sporing menu neng warunge pak mit hehehe

  5. 10 Pamiarsa tea
    10 Juni 2014 pukul 12:33 pm

    Kuda tua ane ban depannya kok habisnya gak rata ya om, luar masih tebal tapi dalam kok sudah mulai gundul, kalo di Spooring balancing kira2 ketemu gak penyakit nya om, maaf nubie..

  6. 11 rahyono
    30 September 2015 pukul 5:12 pm

    Bang xenia sya pas ganti kampas rem depn ko bunyi ngung ngung padahal seblm ganti kampas ga bunyi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Oktober 2010
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,486,930 hits

Twitter

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: