23
Sep
10

Adu 3 Pemain SPBU Swasta, Sapa Yang Unggul ???

Selain Pertamina, di seputaran Jabodetabek telah hadir SPBU2 swasta seperti Shell, Petronas & Total. Hadirnya pemain2 baru yang menjual BBM non subsidi berkualitas tersebut membuat persaingan diantara mereka semakin ketat. Yang diuntungkan tentu saja konsumen karena tinggal memilih BBM mana yang diinginkan. Terus diantara ketiganya sapa sih yang paling unggul ???

Diantara ketiga pemain swasta tersebut, Shell merupakan pemain yang terlebih dahulu hadir di Indonesia, disusul kemudian oleh Petronas & terakhir Total. Dalam jumlah SPBU, Shell memiliki 45 SPBU, Petronas dengan 19 SPBU & terakhir Total baru memiliki 5 SPBU (data dari Media Indonesia).

Bagaimana dalam hal pelayanan ??? sudah pasti ketiganya memberikan pelayanan yang terbaik buat konsumen. Para petugas SPBU berpakaian rapi & ramah menyambut kedatangan konsumen. Fasilitas yang disediakan oleh SPBU terbilang lengkap mulai dari tempat isi angin ban & air radiator yang diberikan secara cuma2, mini market yang menjual makanan, minuman hingga oli, toilet, ATM hingga pembayaran yang bisa menggunakan kartu debit atopun kartu kredit.

Dari sisi harga ketiganya cukup bersaing dimana harga jual BBM Pertamina menjadi patokan mereka. Petronas, Shell & Total silih berganti menawarkan dengan harga bersaing.

Nah yang menarik sapa sih yang terbaik ??? kalo saya disuruh memilih, saya akan menunjuk Shell sebagai juara I kemudian runner up diraih oleh Total & terakhir Petronas. Penilaian ini merupakan pendapat pribadi  berdasarkan pengalaman & pengamatan saya.

Mengapa saya memilih Shell ??? Shell tak hanya pelayanannya yang cukup baik tetapi juga memberikan layanan lebih kepada konsumen (yang tidak terdapat di Total maupun Petronas). Buat pengendara mobil ada layanan yakni membersihkan kaca depan secara gratis. Untuk pengendara roda dua, Shell menerapkan standar keselamatan buat biker yakni apapun motornya ketika mengisi bensin pemilik motor wajib turun dari tunggangan (artikel berkaitan monggo baca disini).

Total sebenarnya cukup bagus seperti petugasnya yang ramah & informatif. Sayang belum ada layanan lebih seperti yang diberikan oleh Shell. Di samping itu jumlah SPBU kurang banyak.

Yang terakhir Petronas, pelayanannya agak mirip2 dengan Pertamina Pasti Pas. Petugas SPBU-nya ramah cuman kurang banyak berkomunikasi dengan konsumen. Hanya sapaan sekedarnya saja yang meluncur seperti “Selamat pagi/siang/malam” ato “Terima Kasih”. Berbeda dengan Shell ato Total ada ucapan lain seperti sapaan “Hati2 di jalan pak/bu” , “Silakan isi angin ban ato air radiator gratis”, “Kalo butuh oli mesin bapak/ibu bisa mampir ke minimarket kita” dsb.

Bagaimana dengan pengalaman bro2 semua ??? monggo di-share🙂


18 Responses to “Adu 3 Pemain SPBU Swasta, Sapa Yang Unggul ???”


  1. 23 September 2010 pukul 3:36 am

    sayang didaerah belum ada jadi ga bisa kasih penilaian🙂

  2. 2 r'dee
    23 September 2010 pukul 4:20 am

    sependapat soal ranking SPBU” asing ini….

    beberapa kali ke SPBU Total & merasa agak kecewa dgn pelayanannya karena para petugasnya gak begitu paham soal produk pelumas Total & rada lebay soal produk BBMnya. mereka klaim konsumsi BBM motor akan lebih irit daripada kalo pake BBM saingannya “Kerang Kuning” tapi setelah aku coba, masih kalah irit & nyaris sama borosnya kalo pake Premium.

    Shell emg paling top soal pelayanan & pengetahuan petugas”nya soal produk yg dijual.

    soal konsumsi BBM, Shell Super paling irit menurutku. soal performa, Pertamax Plua paling top. Paling ekonomis, Premium lah….

    sayang, beban hidup bulanan makin berat jadi skrg gak pernah mampir ke SPBU” asing ini lagi…. terpaksa minta subsidi dari uang para pembayar pajak. maaf ya… toh aku juga bayar pajak🙂

  3. 23 September 2010 pukul 4:29 am

    Di tpt saya sudah ada ketiganya, tp qo blm pernah dapet stikernya satupun ya….😦
    Padahal langganan Shell …😦
    Baru pernah isi TOTAL dan SHELL, blm pernah ke PETRONAS …:mrgreen:

  4. 23 September 2010 pukul 6:44 am

    sama2 base-materialnya beli di plumpang….haihihihihihi………

  5. 23 September 2010 pukul 8:08 am

    di daerah masi jarang bro.. cuman Pertamina. harus terima nasib BBM apa adanya, nggak bisa milih.

  6. 23 September 2010 pukul 8:19 am

    tapi masih sepi-sepi aja semua yang asing ini

  7. 9 tafridefraaz
    23 September 2010 pukul 8:30 am

    no comment gan, d BMS belum ada.
    pertamina masukin aja tuh:mrgreen:

  8. 23 September 2010 pukul 9:57 pm

    Sama, saya juga pilih SHELL…. tapi kalo da PERTAMINA yak pilih doi aja….

    http://cbr250r.wordpress.com/2010/09/23/new-scorpio-z-ternyata-dari-india/

  9. 11 Fr1z
    24 September 2010 pukul 1:23 am

    setuju dengan pendapatnya bro….

    pelayanan shell memang paling baik.. ditambah kualitas bbm nya yang terjaga…
    sampai saat ini saya masih setia menggunakan shell, dulu saya pakai pertamax plus , tapi setelah sekian lama saya gunakan saya menemukan fakta menarik, yaitu pewarna yang digunakan pada pertamax plus mengendap pada ruang bakar maotor ane, setelah mesin dibongkar terlihat warna merah yang berbeda dengan warna merah bata tanda pembakaran sempurna….

    dikarenakan sebab inilah saya berhenti menggunakan pertamax plus dan beralih ke shell supex..
    dan sampai saat ini tidak ada masalah seperti itu lagi, performa motor sedikit lebih baik dibanding menggunakan pertamina… tapi untuk produk pertamina saya rekomendasikan pertamax, lebih murah dibanding produk sejenis dengan kualitas yang masih terjaga…

    semoga kedepannya pertamina bisa lebih memperhatikan rakyat indonesia, jangan maunya ngeruk untung yg sebesar-besarnya dengan mengorbankan rakyat indonesia… jangan sampai slogannya berubah jadi

    “pertamina untung, rakyat buntung”

  10. 13 bubrah
    24 September 2010 pukul 3:23 am

    tau kah anda ? (dr sisi usaha explorasi)

    oil producer terbesar di indonesia : chevron
    gas producer terbesar di indonesia : total

    smoga pertamina bisa menyusul menjadi tuan di negerinya sendiri !


    shell udah lama hengkang explore di indonesia, terdekat dia bermain di malay n brunei..

  11. 24 September 2010 pukul 10:41 pm

    kalo dilihat2 emang Shell lebih rame, Petronas ama Total sepi
    Eh aku kok baru lihat total di Buncit

  12. 16 gadjah
    27 September 2010 pukul 1:28 am

    berhubung di surabaya cuma ada shell dan pertamax doank. saya lebih sering isi di shell. salah satu alasannya, numpang nambah angin ban. kalo yg di pertamax, kebanyakan pompa anginnya khusus untuk mobil, jadi kalo untuk motor pasti lama.

    untuk pelayanan, memang jauh. lebih baik shell, dan kembalian pasti pas.

    kalo untuk ke iritan antara pertamax dan super belom pernah bandingkan. tapi kemaren nyoba kok hasilnya iritan pertamax.

  13. 10 November 2010 pukul 4:40 am

    klw gue mending milih ke TOTAL.kwalitasnya itu..irit mesin juga enteng banget..pas buat tunggangan gue….

  14. 18 DT Achmad
    27 Desember 2010 pukul 9:53 am

    wah, saya Setuju dengan penilaian 1 dan 2…
    tp untuk nomor 3 g setuju ah, masih mending pertamina dech…
    ane pernah diajak ribut sama petugas petronas gara2 hal sangat sepele, pake bawa preman segala lg, untung di kandang dia, kalo disini ane sambit bata dech gan..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
September 2010
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,479,167 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 377 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: