04
Sep
10

Tips Persiapan Mudik Menggunakan Roda Empat

Insya Allah dalam lebaran kali ini penulis akan mudik ke kampung halaman di sebuah kota sejuk yang berada di Jawa Timur. Silakan tebak kotanya🙂 Kalo pada tahun2 sebelumnya penulis mudik pake moda transportasi pesawat, kali ini pake jalan darat saja tepatnya pake mobil. Itung2 sekalian ngajak jalan2 si gerobak keliling Jawa, maklumlah si gerobak ini termasuk jarang dipake (kecuali pas weekend) karena sehari2 penulis beraktivitas menggunakan kuda besi. Maklum Jakarta macet euy…Bahkan saking jarangnya dipake dalam setahun terakhir si gerobak belum pernah ganti oli mesin😀

Yup, mudik menggunakan roda empat tentunya membutuhkan persiapan lebih. Tentu kita tidak ingin tunggangan kita mendadak trouble di tengah jalan, udah gitu pas berada di luar kota terpencil, tengah malam & jauh dari bengkel & penduduk. Hiii…serem…Apa saja sih yang perlu dilakukan & diperhatikan ketika akan mudik menggunakan mobil ???

  1. Tune up, dengan melakukan ritual tune up  performa kendaraan akan kembali ke semula sehingga nyaman dikendarai jarak jauh. Gantilah oli mesin, oli matik, oli transmisi meski waktu penggantiannya masih kurang 1.000 km lagi. Cek juga busi, filter udara, filter bensin dsb. 
  2. General check up, selain tune up mintalah pihak bengkel untuk ngecek semua kondisi kendaraan mulai seperti aki (air aki), kaki2 (shockbreaker, tie rod, bushing dsb), rem (minyak rem, ketebalan kampas rem), radiator (air radiator, tutup radiator, thermostat, tabung reservoir), AC (freon, dryer, evaporator), ban (kondisi telapak ban, tekanan angin ban), lampu (lampu utama, sein, rem), wiper dsb.
  3. Satu set toolkit, dalam kondisi standar biasanya mobil hanya dibekali dengan segitiga pengaman, dongkrak, kunci roda, obeng & kunci pas/ring. Ada baiknya sediakan juga toolkit yang berisi berbagai macam perkakas lengkap. Gunanya buat jaga2 seandainya kendaraan ada masalah di jalan (mudah2an jangan sampe deh). Kalo belum punya, bisa pinjem ke temen, tetangga ato sodara yang gak mudik ato mudiknya gak pake mobil. Kalo gak ada mau gak mau kudu beli, bisa mampir ke hypermarket ato toko2 onderdil. Oh ya, jangan lupa senter plus baterai cadangan.
  4. Part cadangan, suku cadang yang bisa dibawa antara lain sekring berbagai macam ukuran Ampere, bohlam lampu depan, botol air mineral tidak hanya buat diminium tetapi juga bisa buat ngisi air radiator jika kurang ato buat ngisi air wiper dsb.
  5. Obat2an, jangan lupa bawa obat2an seperti obat mabok darat, flu, pusing, diare, obat merah, kapas, pembalut dsb.
  6. Peta mudik, kalo belum punya sistem navigasi GPS bisa memanfaatkan peta mudik. Pada peta mudik terdapat info2 penting seperti nomer telpon polisi, nomor telpon RS, lokasi bengkel, SPBU, ATM, rute alternatif dsb. Kalo gak punya peta, bisa diunduh disini.

Demikian sedikit tips dari penulis semoga bermanfaat bagi bro2 semua. Kalo ada yang mo nambahin monggo ditambahin🙂

Met mudik, titi dj & safety first !!!


9 Responses to “Tips Persiapan Mudik Menggunakan Roda Empat”


  1. 4 September 2010 pukul 10:34 am

    wah titi dj juga pak. Lwt mana nih? Pantura apa selatan

  2. 4 September 2010 pukul 3:01 pm

    ditunggu di jogja bro!😉
    abis lebaran rencana koboi jogja mo silaturahmi ke solo lho!

  3. 5 lekdjie
    4 September 2010 pukul 3:03 pm

    berdasarkan pengamatan,yg pake mobil kebanyakan ndak mau kalah srunthulan dg pemakai bebek..jadinya banyak bemper yg remek dan bodi belakang yg peyok,jadi disarankan lebih hati2 dan lebih banyak membawa dana taktis..

  4. 5 September 2010 pukul 7:12 am

    kapan mampir ke ungaran om??..xixi:mrgreen:

  5. 5 September 2010 pukul 2:24 pm

    selamat menempuh perjalanan panjang, tapi enak ya pakai mobil.
    sebagian pemudik harus rela berdesakan dengan angkutan umum,
    sebagian pemudik lainnya harus berjuang dengan sepeda motor,
    semua demi bisa merayakan lebaran bersama keluarga dan sanak famili,
    yang penting tetep waspada dan hati-hati selama dalam perjalanan…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
September 2010
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,474,292 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 376 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: