19
Agu
10

Motor Balap Para Legenda Pembalap Yamaha

Yup, semua orang sudah tahu kalo musim depan Valentino Rossi akan menunggangi Ducati. Bagi para fans Yamaha berita ini merupakan duka. Empat gelar juara dunia telah dia persembahkan kepada pabrikan garpu tala. Toh Rossi tetaplah Rossi. Dia butuh tantangan baru sebelum memasuki pensiun mengingat umurnya sudah tidak muda lagi. Menjadi juara dunia bersama Ducati bisa jadi keinginan yang ingin digapai oleh The Doctor seperti halnya ketika bersama Aprilia. Andaikata itu benar terjadi maka sebuah perpaduan sempurna di puncak karirnya. Pembalap Itali, pake motor Itali, helm dari Itali hingga baju balapnya pun buatan Itali🙂

Bagi Yamaha, Valentino Rossi sudah menjadi legenda. Kalo dirunut ke belakang berarti saat ini Yamaha memiliki 4 pembalap legenda yang telah memberikan banyak gelar mulai dari Kenny Roberts (1978-1980), Eddie Lawson (1984,1986, 1988), Wayne Rainey (1990-1992) & terakhir sapa lagi kalo bukan Valentino Rossi. Sukses tersebut tentu tak lepas dari motor tunggangan mereka yakni Yamaha YZR500 (era 2 tak) & Yamaha YZR M1 (era 4 tak). Kayak apa sih bentuk motornya, monggo dinikmati🙂

Tunggangan Kenny Roberts, YZR500 berkode OW48R tahun 1980 menggunakan sasis aluminium & teknologi YPVS (Yamaha Power Valve System)

Motor yang dipake Eddie Lawson, YZR500 berkode OW76 tahun 1984, mesin berkonfigurasi V4 & dibekali fitur crankcase reed valve system

Motornya Wayne Rainey YZR500 berkode OWE0 tahun 1992, menerapkan teknologi Big Bang versi Yamaha guna mengimbangi Big Bang-nya Honda NSR500 & screamer-nya Suzuki RGV500. Kemudian dilengkapi dengan electronic control rear suspension.

Teknologi cross plane crankshaft, motor from zero to hero....

Yup, Yamaha YZR M1, kuda besi dibalik suksesnya Valentino Rossi. Berkat campur tangan The Doctor, YZR M1 menjelma menjadi sebuah motor yang begitu disegani lawan2nya. Kencang, stabil di tikungan & mudah dikendarai. Boleh dibilang saat ini YZR M1 menjadi impian para pembalap. Apa sih resepnya YZR M1 sehingga menjadi momok menakutkan ??? monggo dilihat gambar2 berikut :

Mesin 800 cc, 4 silinder, cross plane crankshaft

Pengembangan YZR M1, coba perhatikan titik pusat gravitasinya, amazing...!!!

Perpaduan sempurna antara mesin, sasis & EMS (engine management system)

Perubahan sasis membuat YZR M1 lebih stabil & melesat cepat keluar tikungan. Hasilnya Rossi juara dunia 2008 & 2009.


17 Responses to “Motor Balap Para Legenda Pembalap Yamaha”


  1. 19 Agustus 2010 pukul 2:44 am

    ini to rahasianya! :shick:
    emang sangar M1 saat ini, dari sisi akselerasi mungkin masih kalah sama yang lain, tapi masalah stabilitas, durabilitas melebihi merk yang lain!
    sudah sepantasnya Yamaha berterima kasih sama Rossi dan Burgess! kalo gak ada mereka Yamaha Global mungkin udah bangkrut dan YMKI gak laku di Indonesia:mrgreen:

  2. 19 Agustus 2010 pukul 3:04 am

    metamorfosis sempurna sepeda motor yamaha dikancah moto gp…tapi kalo denger2 berita akhir2 ini tentang perlakuannya kesang maestro Rossi…jadi bikin kecewa para fans’nya, terutama para FB’nya si Rossi😦

  3. 19 Agustus 2010 pukul 3:20 am

    hmm…motor yg paling stabil..toh ngk bakalan bisa top kalo ngk dibantu ama Rossi, Burgess dan Colin Edwards:mrgreen:

  4. 19 Agustus 2010 pukul 3:44 am

    kalo secara tampang, M1 adalah motor ter ganteng di grid MotoGP…menurut saya😀

  5. 6 sandal jepit
    19 Agustus 2010 pukul 4:22 am

    pasca kepergian rois, bgm ya nasib yamaha???

  6. 7 Ponidi
    20 Agustus 2010 pukul 2:49 am

    Gb paling atas,
    Kenny R. Sr. menang karena kalo pas balap dia pengin cepet2 finish, soale kagak tahan pahanya keslomot panasnya mufler

    Gb bawahnya,
    Mbah Eddie Lawson juga gitu, cuman kali ini pantatnya yg kepanasan

  7. 20 Agustus 2010 pukul 8:05 am

    wih lengkap ulasannya, dari mulai jaman jadul hingga yang paling modern yang menjadi impian para pembalap

  8. 20 Agustus 2010 pukul 9:11 am

    eeng..nganu..

    cross plane crankshaft itu apa ya…bisa dijelaskan?

  9. 11 Ardhi
    20 Agustus 2010 pukul 2:18 pm

    Giacomo Agostini nggak dibahas, Pak?:mrgreen: Secara.. mbah Ago kan pernah membela panji Yamaha dan juara dunia ’75 nyemplak YZR500 (meski lebih sering juara dunia pas nyemplak MV Agusta sih😀 )

  10. 12 ROLLERMAN
    24 Agustus 2010 pukul 5:47 am

    thanx atas artikelnya…ini dia yg saya cari..gambar mesin YZR M1

    artikelnya mantap bro…..UPDATE TRUS YA!!!

  11. 9 September 2010 pukul 3:57 pm

    I am waiting that Valentino Rossi’s return from last crash in good shape. Go Rossi!

  12. 26 Maret 2012 pukul 3:05 pm

    ooohhh ini toh mesin YZR M1
    dya make 4 piston ya?
    baru tau gua…….

  13. 16 andi gokiel
    29 Juni 2012 pukul 9:06 pm

    waw,,,,
    yamaha tetap semakin d depan…
    gag boleh d belakang..
    #maju terus


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Agustus 2010
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,488,226 hits

Twitter

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: