23
Jul
10

Premium Jelek, Banyak Fuel Pump Mobil Modar, Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Mengganti Pompa Bensin ??? Berikut Tipsnya…

Nggak mobil lawas, nggak mobil baru, kelar ngisi BBM Premium gak lama kemudian mobil ngadat alias mogok. Gak mau distarter akhirnya terpaksa diderek ke bengkel terdekat. Setelah di cek sana sini ternyata fuel pump alias pompa bensin modar akibat menenggak Premium berkualitas rendah. Ribuan mobil jadi korban. Itulah yang terjadi di ibukota & beberapa kota lain di pulau Jawa. Tudingan pun mengarah ke Pertamina. Saat ini beberapa pihak sedang mengkaji dugaan Premium berkualitas jelek.  

Apakah dari rekan2 pembaca ada yang mengalami kejadian pompa bensin rusak ??? kalo iya & sudah mengganti pompa bensin bukan berarti masalah sudah selesai. Bawa mobil anda ke bengkel jika sebelumnya pihak bengkel tidak melakukan kegiatan ritual seperti di bawah ini :

  1. Kuraslah tangki bensin mobil anda. Hal ini bertujuan mengeluarkan kotoran2 seperti endapan lumpur, kerak, air dsb yang timbul akibat dari buruknya kualitas Premium. Menggunakan cairan water remover bisa saja dilakukan tetapi hasilnya kurang maksimal.
  2. Bersihkan filter bensin. Jika udah waktunya ganti, segera ganti.
  3. Bersihkan throttle body / injektor. Sudah pasti bensin berkualitas bensin akan menimbulkan kerak di seputar throttle body. Pihak bengkel biasanya akan melakukan ritual menyemprotkan cairan/foam ke dalam lubang throttle body.
  4. Periksa kondisi busi. BBM berkualitas jelek akan menimbulkan kerak di busi akibat dari pembakaran yang tidak sempurna.
  5. Kalibrasi injektor. Dengan menggunakan getaran ultrasonic, alat ini akan membersihkan kerak2 yang nempel nosel injektor. Nosel injektor ini sangat kecil banget ukurannya, andaikan terkena BBM jelek nosel akan berkerak & mampet. Sudah pasti mobil akan pincang. Di samping melakukan pembersihan, alat ini juga mengkalibrasi debit semprotan bahan bakar agar sesuai/seimbang.

Nih alat yang namanya kalibrasi injekor.

Demikian tips dari penulis, semoga bermanfaat bagi rekan2 semua.


3 Responses to “Premium Jelek, Banyak Fuel Pump Mobil Modar, Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Mengganti Pompa Bensin ??? Berikut Tipsnya…”


  1. 24 Juli 2010 pukul 1:59 am

    Makanya pake PertamaX biar ngga jebol tu fuel pumpnya😀

  2. 2 abhanx
    2 Agustus 2010 pukul 7:40 am

    Di jkt dimana ada ultrasonic injector cleaner??
    Kalo pake pertamax apakah jaminan fuel pump awet??
    Sebenanya usia fuel pump tuch brp km??
    kalau tanpa nguras melainkan langsung saja di camppur pertamax bgmn??
    sori nech bozz banyak nanya, abis penasaran & khawatir melihat kondisi skr ttg fuel pump
    Thanks B4

    • 2 Agustus 2010 pukul 8:02 am

      Garden Speed – Jaksel, Yanto Motor – Jaktim, Rev Engineering – Jakbar & beberapa bengkel resmi besar. Fuel pump bisa awet asalkan kualitas BBM nya bagus. Premium pun kalo kualitasnya bagus fuel pump bakalan awet. Usia fuel pump tidak bisa diprediksi. Rata2 sih bisa sampe 10 thn. Tanpa nguras bisa koq langsung campur dgn pertamax.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Juli 2010
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,474,292 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 376 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: