19
Jul
10

Sedikit Mengenal Indikator2 Pada Dashboard Mobil

Yup artikel kali ini akan membahas seputaran dashboard mobil. Dari tahun ke tahun dashboard mobil dipenuhi dengan beragam indikator. Nah supaya gak bingung seperti yang dialami oleh sodara penulis ketika salah satu indikatornya menyala, berikut ini penulis sedikit memberi gambaran maksud dari indikator2 tersebut. Lihat gambar di bawah ini. Kita mulai dari kiri ke kanan yak….

  • Air Bag alias kantung udara. Pada umumnya piranti keselamatan ini terdapat pada setir mobil guna melindungi pengemudi. Seiring dengan perkembangannya air bag juga tersedia buat penumpang depan & penumpang belakang. Gimana air bag bekerja ??? balon akan mengembang ketika terjadi benturan/tabrakan. Sensor2 yang terdapat pada bumper akan mengirim sinyal kepada ECU untuk meniup kantung udara ketika terjadi benturan. Biasanya sih benturan pada kecepatan 40 km/h kantong udara akan mengembang dalam waktu kurang dari 1/2 detik !!! Ketika air bag ini mengembangkan diwajibkan pengemudi/penumpang dalam keadaan menggunakan sabuk pengaman. Jika tidak, bisa menjadi senjata makan tuan !!! Nah andaikata indikator air bag ini menyala terus dapat dipastikan ada trouble di sistem kantung udara ato sensor2nya. Bawa ke bengkel secepatnya. 
  • ABS = Antilock Brake System, merupakan salah satu fitur keamanan yang berguna untuk mencegah rem terkunci ketika dilakukan pengereman secara mendadak. Gimana caranya untuk mengetahui rem ABS bekerja ato tidak ??? ketika mobil dijalankan kemudian di rem mendadak maka pedal rem akan bergetar. Lah koq bergetar ??? remnya rusak ??? salah bro, gejala pedal rem bergetar justru ABS lagi bekerja. Disini ECU bekerja dengan mengurangi tekanan oli pada rem sehingga roda tidak terkunci & mobil dapat dikendalikan dengan aman. Ternyata hal ini masih banyak yang keliru loh, banyak pengemudi yang buru2 angkat pedal rem ketika pedal bergetar. Kalo indikator ABS menyala terus berarti ada masalah di sistem pengereman. Segeralah bawa ke bengkel.
  • OD off ato overdrive off. Fitur ini hanya terdapat pada mobil bertransmisi matik. Overdrive ini terletak pada tuas matik, biasanya ada tombol / kenop disampingnya. Tombol ini berguna ketika hendak menyalip kendaraan di depannya misalnya di jalan tol. Ketika tombol ini dipencet yang ditandai dengan indikator OD off menyala maka jarum petunjuk RPM akan bergerak naik sehingga mobil dapat menyalip dengan mudah.
  • High beam ato lampu jauh.
  • Pintu mobil, jika indikator ini menyala berarti ada pintu yang terbuka ato kurang menutup rapat.
  • Brake alias rem. Kalo indikator ini nyala berarti ada 2 maksud yaitu rem parkir masih bekerja ato minyak rem dalam tabung kurang. Nah yang terakhir ini kudu jadi perhatian, segera isi minyak rem jika kurang. Isi dengan DOT sesuai anjuran pabrik.
  • Aki. Kalo indikator masih nyala meski mobil sudah distarter berarti ada masalah pada aki ato sistem pengisiannya. Bawalah mobil ke bengkel.
  • Oli. Mirip dengan indikator aki. Jika nyala terus meski mobil sudah jalan berarti oli-nya kurang. Segera isi oli mesin sesuai standar pabrik.
  • Dispenser BBM. Pada umumnya jika tangki bensin tinggal 5 liter, indikator ini nyala. Untuk itu segeralah isi bensin. Oh ya, hilangkan kebiasaan setiap indikator ini menyala baru ngisi bensin. Diyakini endapan kotoran pada tangki BBM akan tersedot sehingga lama kelamaan fuel pump / pompa bensin akan cepat kotor & jebol.
About these ads

5 Responses to “Sedikit Mengenal Indikator2 Pada Dashboard Mobil”


  1. 19 Juli 2010 pukul 5:11 am

    belum bisa beli mobil jadi hanya plonga-plongo kalo ngelihat informasi seperti ini :-) tapi gpp lah udah dapat informasi berharga :-)
    http://dwinugros.wordpress.com/2010/07/19/kalo-ngga-dibeliin-satria-f150-aku-ngga-mau-masuk-sekolah/

  2. 19 Juli 2010 pukul 10:54 am

    absen ketigaxxx aja dah :mrgreen:

  3. 20 Juni 2012 pukul 10:52 am

    Yang penting pengalaman punya mobilnya ya gan!. itu yang paling berharga.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Juli 2010
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 3,442,943 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 231 pengikut lainnya.

Blog ini mendukung


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 231 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: