27
Jun
10

Cikal Bakal VTEC Sudah Dimulai Pada Honda CBR400F

Bagi yang gemar otomotif melihat tulisan VTEC pasti akan tertuju pada pabrikan Honda. Yup betul, VTEC identik dengan Honda mirip ama Vanos pada BMW ato VVT pada Toyota. Semua produk Honda yang dijual disini sudah mengadopsi teknologi VTEC malahan lebih canggih lagi yaitu i-VTEC. Hasil penelusuran di dunia maya menunjukkan bahwa teknologi VTEC ternyata tidak hanya diaplikasikan di mesin mobil saja tetapi juga motor. Trus motor apa sih yang pertama kali menggunakan teknologi VTEC ???

Kuda besi thn 1983 tetapi sudah hi-tech 🙂

Jawabannya adalah Honda CBR400F (NC17) buatan tahun 1983 !!! Kuda besi ini diluncurkan pada tanggal 20 Desember 1983 & hanya dijual di Jepang saja alias JDM (Japanese Domestic Market). Mesin yang diusungnya berkapasitas 399 cc, 4 silinder, DOHC menghasilkan keluaran tenaga sebesar 57 hp @ 12.300 RPM & torsi 35,3 Nm @ 11.000 RPM. Salah satu keunggulan motor ini yaitu menggunakan teknologi yang dinamakan REV (Revolution Modulated Valve Control) yang merupakan cikal bakal VTEC.

VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control) diciptakan oleh seorang insinyur R&D Honda yang bernama Ikuo Kajitani. Inovasi Honda ini terletak pada mekanisme pergerakan katup masuk (intake valve) dimana katup masuk ini bekerja tidak berbarengan dengan katup masuk yang lain. Gambarannya begini sebuah mesin 4 silinder mempunyai 16 katup berarti masing2 silinder punya 4 katup yang terdiri dari 2 katup masuk & 2 katup keluar. Pada mesin VTEC, kedua katup masuk tak selalu bekerja berbarengan. Di putaran rendah hanya ada satu katup masuk yang membuka penuh. Bukaannya pun relatif kecil karena karakter camshaft yang menonjok katup ini cocok buat putaran rendah. Kondisi ini dinilai pas untuk mesin karena pada putaran rendah tak perlu

VTEC yang terdapat pada jajaran Type R digemari para fanatik normally aspirated...

suplai udara banyak. Selain itu, bisa terjadi turbulensi udara untuk membantu mencampur bahan bakar. Mesin jadi irit, efisien, juga ramah lingkungan. Seiring naiknya putaran mesin, kebutuhan suplai udara juga meningkat. Langsung dijawab dengan katup kedua. Bukaannya lebih besar karena nok chamshaft punya karakter derajat lebih tinggi. Hebatnya lagi katup pertama tadi ikut membuka lebih lebar. Hal ini disebabkan ada pin yang menghubungkan rocker arm dan mendorong pin. Otomatis pin tadi akan mengunci kedua rocker arm karena rocker arm kedua digerakkan oleh nok camshaft yang berdurasi lebih tinggi, gerakan katup pertama jadi mengikuti.

Honda VFR 800 tahun 2002

Bagaimana dengan Honda CBR400F ini ??? semua katup masuk terbuka penuh pada RPM 8500. Karakter ini mirip sekali dengan sistem VTEC yang terdapat pada mobil dimana cenderung bekerja pada RPM menengah ke atas. Seiring perkembangan waktu, teknologi VTEC pada motor terus disempurnakan hingga diterapkan pada Honda VFR800 tahun 2002 dimana katup terbuka dengan penuh pada kitiran mesin 6800 RPM.

Sumber : Wikipedia dsb

Iklan

14 Tanggapan to “Cikal Bakal VTEC Sudah Dimulai Pada Honda CBR400F”


  1. 1 alrozzzi coolrider 2
    27 Juni 2010 pukul 3:48 pm

    ➡ sorry mas bro, rada roaming… singkatnya; VTEC itu diberlakukan pada motor multisilinder yak? kalau CRF series atau CBR150 gitu gak pake? hehe
    #rada bingung

  2. 27 Juni 2010 pukul 11:36 pm

    Oooo begitu yah yang namanya VTEC punya Honda
    kalo teknologi VVTi punya Toyota besok2 juga dibawas

  3. 6 Komengtator
    28 Juni 2010 pukul 2:37 am

    Mobil Honda pertama yang mengaplikasi teknologi VTEC adalah supercar Honda/Acura NSX di awal 90’an…
    Gak nyangka kalo cikal bakal teknologi ini malah dari motornya Honda..

  4. 8 arieprawira
    28 Juni 2010 pukul 6:20 am

    jadi yang pake cuma yang bersilinder sengan kapasitas besar ya, ini gak nanya CBR doang tapu umum hehehe.
    http://ipbnj.wordpress.com/

  5. 28 Juni 2010 pukul 9:26 am

    eh sbenernya Honda pernah pasang VTec di mesin berkapasitas kecil ngk sih om??? :mrgreen:

  6. 11 FIFers
    28 Juni 2010 pukul 10:03 am

    produk motor honda yg pake teknologi ini apa ya bos????pantas VFR 800 susah banget nyarinya….Teope bget teknologinya

  7. 12 kilaubiru™
    29 Juni 2010 pukul 7:23 am

    kalo saya bongkar vtec sendiri pasti ga bisa masang lagi :mrgreen:

  8. 13 ashley
    2 Juli 2010 pukul 3:27 am

    vitec……keren lah…..kapan yah dimotor 110-125cc…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Juni 2010
S S R K J S M
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 8.491.948 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabung dengan 391 pelanggan lain

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: