18
Jun
10

Sebenarnya Harga Honda PCX Rp32 Juta Itu Mahal Ato Gak Sih ??? Berikut Uraiannya Dari Penulis

Akhir2 ini banyak blog, forum, milis dsb yang rame membicarakan hadirnya Honda PCX yang diimpor CBU oleh PT. Astra Honda Motor (AHM). Desainnya yang oke punya & fitur yang diusungnya membuat skutik premium ini mendapat acungan jempol dari pemerhati otomotif khususnya kalangan bikers. Akan tetapi skutik yang dibanderol Rp32 juta ini dianggap kelewat mahal oleh kebanyakan orang. Nah kali ini penulis mencoba mengulas apakah skutik ini dijual masuk kategori wajar ato kelewat mahal. Kalo ada tanggapan, monggo share disini🙂

  1. CBU, sudah pasti produk yang diimpor dari negara lain dalam keadaan utuh akan dikenakan pajak yang tinggi.
  2. Fitur2 yang diusungnya cukup canggih, hampir semua orang pasti setuju. Berpendingin radiator, injeksi (PGM-FI = Programmable Fuel Injection), rem CBS (Combi Brake System) seperti Honda Vario CBS Techno hingga fitur Idling Stop System dimana mesin akan berhenti sejenak dalam waktu beberapa saat, untuk menghidupkannya lagi tinggal putar gas. Semakin canggih motornya akan berpengaruh ke harga jual.
  3. Honda PCX adalah produk global. Yang namanya produk global artinya produk tersebut banyak dijual di negara2 lain.  Supaya bisa masuk ke negara2 lain tentu ada persyartan2 yang harus dipenuhi. Salah satu persyaratannya yaitu aturan ketat dalam hal emisi gas buang. Negara2 maju di Eropa seperti Inggris, Jepang & sebagian negara bagian Amerika Serikat sangat ketat untuk urusan yang satu ini. Dengan aturan yang sangat ketat tersebut maka tak heran jika PCX ini dilengkapi sistem injeksi PGM-FI (Programmable Fuel Injection) plus catalytic converter yang mumpuni. Otak komputer ECU-nya juga canggih, sehingga tak heran jika skutik ini diklaim sudah lolos Euro 4 !!! Jangan disamakan dengan injeksinya motor yang beredar disini kayak Vixion ato SupraX125, penulis jamin jauh lebih modern punyanya PCX :) Untuk membuat motor ramah lingkungan tentu membutuhkan riset yang lebih dalam sehingga ujung2nya akan berpengaruh juga ke harga motor. 
  4. Dengan harga di kisaran Rp30 juta-an, Honda PCX diadu dengan Honda CBR150 (Rp32 juta), Kawasaki Ninja 150RR (Rp31,5 juta) & Yamaha R15 (Rp38 juta) ??? kenceng, canggih belum lagi R15 yang sudah injeksi tapi…..apakah motor2 sport tsb bisa dijual di negara lain ??? belum tentu. Disini emisi gas buang memegang peranan penting sekali.

Ngunduh lagi dari blognya Bennythegreat...

Nah setelah membaca uraian di atas, dengan kecanggihan teknologinya & jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan motor2 yang ada disini, apakah Honda PCX wajar dijual Rp32 juta ??? bagaimana menurut bro2 semua ???🙂


77 Responses to “Sebenarnya Harga Honda PCX Rp32 Juta Itu Mahal Ato Gak Sih ??? Berikut Uraiannya Dari Penulis”


  1. 18 Juni 2010 pukul 3:36 am

    mahal banget!!! teknologi canggih pasti berimbas pada biaya perawatan (servis rutin) yang mahal.

  2. 2 Vega rider
    18 Juni 2010 pukul 4:08 am

    Pertamaxx

  3. 4 Vega rider
    18 Juni 2010 pukul 4:09 am

    32 jt?? Muahal..bagi saya. Murah bagi yg uangnya dah berlebih.

  4. 18 Juni 2010 pukul 4:28 am

    nah kalo mo beli yg versi murah…beli aja vario CBS..udah ada radiatornya, ada CBSnya….tinggal modif ke Injeksi + tambahan Idling stop System…harganya ane rasa ngk nyampe 32 Juta….minat??

  5. 18 Juni 2010 pukul 6:07 am

    32 juta? wajar lah…

    *kesengsem pcx:mrgreen:

  6. 10 hadi
    18 Juni 2010 pukul 6:44 am

    sebenarnya harga 32jt murah kalo punya uang 60 milyar…….
    tp berhubung cuma punya 60rebu jd aja mahal dan ga kebeli…..

  7. 13 widnug
    18 Juni 2010 pukul 4:54 pm

    32 Juta? Sedeng….Mengingat tehnologi yg di bawa mah Wokeh…dr tampangnya, system Injeksi sampai Idling stopnya, cbs dan gw yakin Ride handlingnya enak banget mungkin mirip Skutik-skutiknya Piaggio…Yg laen jelas lom punya…..BTW kenapa juga AHM kudu nurunin spek ECMnya biar bisa pake premium, jadi sama donk kek Supra PGM-Fi or Vixion??…..Motor 32 juta kok masih di kasih bensin subsidi????

  8. 15 toke
    19 Juni 2010 pukul 3:58 am

    kita orang indonesia ko mau di bodohi dengan hrga mtr yang mahal seperti itu,,dengan iming2 dpt teknologi yang lebh canggih lg…duh-duh, sebenernya kalo kita mau berusaha dan berfikir, itu motor bisa jauh lebih murah!! bahkan dengan motor yang sudah beredar di indonesia skrng jg bisa mengikuti standart emisi gas buang yang di buat wong bule itu (Euro…) dan segala macam teknologi yang di tawarkan oleh motor tersebut.. Pesen saya bagi orang-orang yg memiliki uang lebih janganlah menghambur-hamburkan uang anda hanya untuk membeli mtr tersebut, anda hanya akan memperkaya orang yang sudah kaya (importir), lebih baik anda berbagi kepada sesama yang lebih membutuhkan dan kurang mampu, uluran tangan anda sangat di tunggu oleh mereka, INGAT sebagian dari harta dan rizki anda adalah milik mereka juga.

    • 16 teko
      12 Oktober 2010 pukul 2:44 pm

      sotoy geeelllaaa lo……!!

    • 17 vino
      20 September 2011 pukul 7:04 pm

      ya ini orang berpikiran sempit ckckck -.-

    • 18 Darren
      4 Mei 2012 pukul 8:29 am

      kalo ga ada uang ya uis jgn beli…. gitu aja koq repott….

    • 19 iss rider
      6 November 2013 pukul 8:24 pm

      sama aja kayak handphone makin canggih ya makin mahal walaupun bentuk fisiknya sama semua antara yang biasa-biasa saja dengan yang canggih, gitu bro, masalah perawatan barang yang canggih ya tergantung kemampuan budget nya yang beli, misalnya gini: ada orang yang hanya punya 33juta doang terus maksain beli honda pck ya pasti biaya perawatan akan jadi terasa berat karena uang nya sudah habis untuk beli motor nya, beda dengan orang yang punya uang 100juta lebih kalau dia beli honda pcx biaya perawatannya akan terasa ringan karena dia masih punya sisa uang yang banyak untuk biaya perawat honda pcx nya. Jadi solusinya belilah motor sesuai kemampuan budget masing-masing dan pikirkan pula biaya perawatan yang akan timbul di masa akan datang. Ada tiga biaya yang pasti ada saat mempunyai kendaraan, yaitu:
      -biaya pembelian (berupa biaya untuk menebus motor di dealer)

      • 20 iss rider
        6 November 2013 pukul 8:33 pm

        -biaya perawatan (semisal biaya ganti oli, ganti hampas rem, dll )
        -biaya administrasi (semisal biaya pajak tahunan

    • 21 andika
      20 November 2014 pukul 7:26 am

      betul betul betul

  9. 22 Rainandra
    22 Juni 2010 pukul 1:21 am

    dari pemposisian PCX sebagai sekuter premium, Harga 32 juta cukup lumayan lah. ketimbang beli di IU.. namun yang pasti kudu diingat, perlakuannya pasti berbeda dengan mesin konvensional..?

    hikhikhik.. sok tau euy.. padahal baru aja dibeliin motor ama bokap..

  10. 24 chekers
    22 Juni 2010 pukul 3:39 am

    mungkin bs lbh murah kalo di CKD atau diproduksi disini..

  11. 25 Kodok Ijo
    23 Juni 2010 pukul 7:14 am

    Untuk hrg sih relatif ya, bisa dibilang murah dan bisa dibilang mahal, tergantung dari sisi mana kita melihatnya, termasuk yg melihat, hehehe…
    Orang yg lbh mapan secara ekonomi pasti menilai tdk mahal. Malah bisa dibilang, “Aji mumpung nih, dgn hrg segitu pasti nih motor gak bakal jadi motor sejuta umat, yg pasti prestis-nya lbh terjaga, gua jadi gak malu pake nih motor”.
    Orang yg di bawah rata2 perekonomiannya sudah pasti bilang nih motor keterlaluan mahalnya. Buat apa tuh EURO4, programmable fuel injection, combi brake, idling stop system, dll segala, gak ada gunanya, yg penting murah-meriah sdh bisa ngacir ke mana2, ya toh?
    Konsumen kita lebih cenderung memilih motor yg murah semurah2nya, makanya beberapa thn yg lalu sempet booming mocin, krn ya murahnya itu.
    Malah yg aye amatin, kadang banyak yg memilih motor itu gak sesuai dgn kegunaannya. Aye sering lht tuh di jalan yamaha mio dipake utk berempat bahkan berlima, laki-bini & anak 2-3. Bininya lumayan gede, anak2nya jg udah lumayan gede2, kasian amat tuh mio. Harusnya orang itu pilih suzuki skywave, seperti aye, krn aye jg anaknya 3. Memang waktu pas mau beli motor matic tuh aye dah perhitungin semua itu, termasuk shock belakang yg double, biar kuat nahan beban berat. Jangan kyk matic yg lain yg pake single shock, tapi dipake buat bonceng banyak orang & beban berat2, akibatnya tuh motor buntutnya miring ke kanan, coba perhatiin deh… hehehe….

    • 26 jongos pinter
      2 November 2011 pukul 9:43 am

      klo anak 3 bini atu, y mustinya jgn pake motor Bro. kn bisa membahayakan keselamatan anak istri dan anda jg.ingat max. penumpang ingat max beban

  12. 18 Juli 2010 pukul 10:48 am

    sudah saatnya kita manjakan diri dg hal baru n berbeda dg yg laen, saran gw sich klo bs dijual kredit, bebas uang muka, angsuran bunga 0%, angsuran dibawah 500rb…please..

  13. 28 eka
    14 Agustus 2010 pukul 1:23 pm

    mnrt gw , teknologi si oke, bs matiin msin dlm wkt 3 dtk, tp ap gag bkin snewen kalo lg di jln yg muaced ? en hrg 32 jt kya’y masi sush di cerna buad masy, mliat di kota ku beat yg mura aja di blg mahal ,, techno CBS pun jg ga laku2 amat di sini. palagi kalo pcx ? dr segi desain pcx pun kya ny jg rada2 jadul gt .. (buat ukurn mtor dgn segmen bgitu).

  14. 29 agus sudharmono
    19 September 2010 pukul 5:06 pm

    gue naksir juga sih…….sekarang dah ada belum di dealer honda gan, tp harganya itu apa engga dibawah 30an ya

  15. 30 numino
    13 Desember 2010 pukul 4:26 am

    Saya kurang tau banyak tentang kelebihan tekologi canggihya pcx yg dikondisikan equal to harga 32jt….., tapi masyarakat indonesia melihatnya bukan dari fitur dulu, melainkan kapasitas mesin dan casingnya…., so…kalo msh 125cc dgn casing + fitur tsb sepertinya kisaran max 25jt…, gw jual skywave nambah pcx deh….hehehe

    Btw…, modelnya hi end mantaffff gan…!!

  16. 31 Yoza Oktavenus
    14 Januari 2011 pukul 11:30 am

    Mahal untuk saya seperti beli kacang rebus untuk Gayus Tambunan….Paaaaaaarrrrrrrrraaaaaaaaahhhhhhhhh Tuh Manusia…. ;p

  17. 32 freakz
    14 Januari 2011 pukul 4:34 pm

    mahal banget,
    mending gw beli mobil sekalian kalo harga na segitu mah,ga ke panasan dan ke ujanan.

  18. 31 Januari 2011 pukul 2:03 pm

    mahalx ai…………………. mending naek becak….

  19. 3 Februari 2011 pukul 7:00 am

    Weleh, kayak phant0m, gak bisa dikredit :s

  20. 35 Bhalanx
    6 Februari 2011 pukul 2:24 pm

    Kemahalan Banget!!!! Di jamin kaga laku, paling 1-2 orang yang terlalu memaksakan diri… kayak gitu doangmah kisaran 15 – 20 jt… Honda Kagak Tau Orang Indonesia,…

  21. 36 christian
    8 Februari 2011 pukul 8:59 am

    untuk harga segitu seh memang agak mahal.. harus nya 20-25jt oke lah..
    model keseluruhan jg oke.. tapi buntut nya jelek.. agak jadul.. hehe..
    bagasi luas.. tapi sayang untuk roda ukurannya hanya 14″… 16″ pliss.. >.<
    cc nya juga agak kecil.. AHM buat yg 150cc dunk.. hahaha..

  22. 37 WOW
    11 Februari 2011 pukul 8:13 am

    Pantasnya Dengan Jual 22 jt. kecuali klo CC nya nambah jd 200cc. baru ane brani 32jt. Jangan beli – Jangan beli – Jangan beli… kemahalan. tdk sesuai.

  23. 38 sosa ramadhan
    16 Februari 2011 pukul 11:51 am

    buat touring nyaman ga ya atau kuat ga ya buat jakarta jogja pp

  24. 40 six
    18 Februari 2011 pukul 6:32 pm

    saya pikir harganya pas pas aja. . Dn menurut saya hrga sgtu udah dikndisikn dgn segmen pasarnya. .
    Untk yg merasa kemahalan juga msh ada produk2 yg dbwhnya. .
    Jadi ngikutin kantong masing2. .

  25. 41 ius
    14 Maret 2011 pukul 7:51 pm

    Mahal di import!

  26. 42 Dipo
    16 Maret 2011 pukul 11:00 am

    Harga sudah pas sesuai dengan kantong koruptor . . . seperti gw.

  27. 43 rorimendut
    9 April 2011 pukul 10:16 am

    hm…..pwrnah lihat sekali di jalan.. and langsung pandangan gw terpaku ama ni motor. Langsung jatuh cinta gw. Ampe-ampe gw buntutin di belakang, samping and sengaja gw salip sedikit amu lihat depannya..wuiiihh….top ni design and pas buat yang berbadan besar, kayak gw. Lihat harganya dengan kecanggihan spt itu sih gw rela harganya mahal. Tapi yang bikin gw ga rela adalah harga pajak masuk Indonesia tercinta ini besar sekali…. and jadi maless bayanginnya lagi dah,.

  28. 44 nene..
    7 Mei 2011 pukul 12:29 pm

    klo untuk cwe sesuai ga ya? soalnya kan cwe g banyak tau soal mesin n kapan mesti diservice?
    coz kudu cash kah? aku kan bisanya creditzzzz…..gmn donk?
    please dibales pengen tau nie….

  29. 46 egy
    31 Mei 2011 pukul 9:07 am

    Mahal banget sh om??????…..

  30. 47 funny
    4 Agustus 2011 pukul 9:31 pm

    Harusnya hrg segitu minimal 150cc-200cc

  31. 48 Baru Punya PCX White
    10 Agustus 2011 pukul 1:02 pm

    sekarang banyak yg bilang kemahalan tp tunggu nanti aja… Banyak aja yg pake, Inget pertama Ninja 250 keluar, banyak yg bilang motor mahal, tp buktinya laku bgt. tp buat gw dari pada beli NINJA 250 mending beli PCX dipakenya nyaman.. ngga bikin sakit punggung. cocok dipakai dijakarta yg macet mulu. masalah cc mah Relatif bro… lagian motor kenceng diJKT kapan bisa ngebut sih… paling pas Lebaran Doank,, Klo Masalah Harga sesuai dengan kwalitas.

  32. 6 Oktober 2011 pukul 11:51 am

    32 mAHAL BANGET,,,MENDING PAKE CBR KALO SEGITU!!!

  33. 50 rofie rini s
    6 Oktober 2011 pukul 9:59 pm

    harganya si mahal, tapi kalo liat body n fiturnya jadi se imbang gan…..

  34. 51 Ibnu Mustari
    7 Oktober 2011 pukul 3:47 pm

    murahhh…. bisa dikredit pake DP 500rebu, cicilan 300ribu kali 20 tahun

  35. 53 feira
    15 Oktober 2011 pukul 8:50 am

    pengen bnget pnx mtor kyk gtu, msalah.nx BBM.nx yg kagak dkung.. masak motor gede kyk gtu d isi bensin?? klo ada kucing lewat bisa2 di ketawa’n itu… hahahaha… :*😀

  36. 19 Oktober 2011 pukul 11:56 pm

    yang nggak sanggup beli,, Melting doang,,

    menurutku wajar harganya
    orang jawa bilang,
    “rego nggowo Rupa”..

  37. 55 rickren
    19 November 2011 pukul 10:34 am

    kalo menurut saya harga segitu cukup koq. dibanding beli CBR 150cc, PCX lebih cocok utk jalan d indonesia yg biasa macet. 125cc? beda bgt sama motor” lain yg ber-cc sama. cobain dulu baru berkomentar. yg bikin saya terkesan, suara pas pertama stater, gak ada bunyi “cetrak” sama sekali. mulus abis…
    ayo yg ngjelek”in PCX… biasanya sih gara” blom nyoba ato gak mampu beli… hehehe… salam PeeCee…

  38. 57 proccgede
    28 November 2011 pukul 5:43 pm

    Kalo cc dinaikin 250cc dan harga jadi 40jt baru pas.. Harga mahal untuk cc segitu

  39. 58 abu akmal
    26 Desember 2011 pukul 1:53 pm

    wah boleh juga nih. di bekasi utara dealer terdekat dmn gan?

  40. 60 redy
    28 Desember 2011 pukul 10:01 pm

    memang r15 ada di indonesia dgn hrga 38 juta?

  41. 3 Januari 2012 pukul 12:11 am

    R15 operpres bener yee….ampe 38 juta….

    BTW, harga PCX memang sedikit kemahalan……memang fitur2nya mewah dan canggih, tapi untuk harga 30 jutaan, mungkin orang mengharapkan sesuatu yang lebih

  42. 62 edy
    4 Januari 2012 pukul 7:56 pm

    wah penulis kayaknya kurang info terkait lingkungan hidup…coba sekali-kali browsing tentang negara di dunia sebagai penyumbang polusi (pencemar) dunia…..amerika eropa…bos…dan mereka enggan meratifikasi konvensi pembatasan/pengurangan emisi karbon….mereka menekan negara berkembang untuk menjaga hutannya…tapi mereka terus asik meningkatkan mesin2 industrinya yg merusak lingkungan….

  43. 63 aris jamaan
    6 Januari 2012 pukul 10:56 am

    mauuuuuuuuuuuu….. tp bg PNS kemahalan, kpn kira2 harganya turun ??? dan apakah semua dealer siap utk servisnya

  44. 64 masruri
    20 Februari 2012 pukul 11:58 am

    emangnya naik motor sampe luar negri, keliling negri sendiri aja blom kesampaian mau beli motor yg harganya selangit….mendingan buat bli mobil yg 30jtan….panas g kepanasan ujan jg g keujanan….
    seberapapun mahalnya motor,panas,ujan tetep aja kena heheheh piss……….
    mendingan buat modal tu duit bli motor yg biasa aja biar perekonomian masyarakat semakin maju….

  45. 65 Bali
    6 Maret 2012 pukul 8:59 am

    Muahalll banget ………..padahal cuman tambah vitur tak seberapa
    coba lihat produk HP tinggal tambah fitur tv
    tambah camera, tambah ini itu toh harganya tidak selisih jauh
    yang jelas produk otomotif yang dijual di indonesia OVER PRICE !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    liat aja vario tecno n xeon apa kagak over price??????????

  46. 66 taufik
    9 Maret 2012 pukul 6:56 pm

    mhal jga ea pdhal mtor matic, tpi dah trlnjur jtuh cinta.
    he…he.
    kira2 utk pmesanan d diler brng`a susah d dpt or g?

  47. 67 aldi
    13 Maret 2012 pukul 8:26 am

    sayangg kgak bisa kebut .. dan mengalahkan motor yang seharga dengan nya……

  48. 68 alfian
    1 April 2012 pukul 1:05 pm

    ga mahal sih wajar tapi jadi mahal kalo astra ga tanggung jawab dng sperpartnya.seperti honda phantom.

  49. 69 jhonatan
    2 April 2012 pukul 8:49 am

    Gan nanya harga bwt pcx yang 150 CC dong sama keunggulannya apaan aja makasih gan

  50. 70 desdy
    5 April 2012 pukul 5:50 pm

    32 juta? ? duh,, kalo dibeliin motor biasa udah bisa dapet 2 tuh… motor biasa juga bisa jalan dan tahan selama 5-10 tahun (tergantung perawatan), nyampe juga tuh ke tempat tujuan… sisannya bisa buat modif…

  51. 71 asdasd
    15 Juni 2012 pukul 4:24 pm

    tooooooooooooot

  52. 72 manrohad
    23 Juli 2012 pukul 9:16 am

    aciik gw dah beli satu…. mantaop banget banyak orag yg melirik he he he he

  53. 73 goend
    4 Agustus 2012 pukul 3:40 pm

    whueeeleeeek motornya mendingan ninja

  54. 74 ermac
    13 November 2012 pukul 1:03 am

    aneh MENGATAS NAMAKAN “SUDAH DI JUAL DI NEGARA LAIN” terus mahal.. PEDULI amat dengan emisi bla bla ,… BOROS UANG, Hanya untuk Skuter… !! kalo CBR masuk di akal…

  55. 75 Ardichan
    16 Desember 2012 pukul 12:54 am

    Di Thailand, negara yang memproduksi produk ini, dan kebetulan Indonesia juga import dari sana, harganya cuman THB 69,800, atau sekitar Rp 20.940.000 (DUAPULUH JUTA SEMBILAN RATUS EMPAT PULUH RIBU RUPIAH), off road. Pas saya tanya harga OTR-nya di dealer terdekat, harganya menjadi THB 72,000 atau sekitar Rp 21.600.000 (DUAPULUH SATU JUTA ENAM RATUS RIBU). Gak percaya? cek disini: http://www.motorcycle.in.th/staticpages/index.php/Honda_Motorcycle_Price_List

    Masih mau bilang pantas? atau mau mengakui kita dibohongin? (kalau bukan dibodohin). Sekedar info, hampir setiap hari saya naik OJEK di Bangkok yang motornya HONDA PCX 150.

  56. 76 siip
    26 Mei 2013 pukul 11:43 am

    Gak mahal tu…coz gue udh punya….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Juni 2010
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,474,292 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 376 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: