06
Jun
10

Test Ride Honda Scoopy

Waktu acara perkenalan Honda Scoopy di parkiran Senayan hari Sabtu, 5 Juni 2010 kemaren para blogger diberi kesempatan untuk menjajal Honda Scoopy. Sayang sekali trek yang disediakan terbatas sehingga penulis tidak bisa maksimal mengeksplorasi si Scoopy ini. Kudunya sih test ride tour misalnya keliling kota😀 (ngarep mode : ON). Sebelum melakukan test ride pihak PT. Astra Honda Motor (AHM) membekali beberapa piranti keselamatan berkendara kepada para tester seperti helm berstandar SNI, sarung tangan, pelindung lutut & siku. Sip deh… sesuai dengan klaim AHM sebagai ATPM pelopor safety riding di Indonesia.

Seperti biasa supaya mesin hidup naikin standar samping sambil tarik tuas kiri baru kemudian pencet tombol starter. Brummm… Langsung aja penulis tes akselerasi….hmmm….cukup responsif….wah baru sebentar pelintir gas di depan sudah kudu belok patah ke kiri, yo wis langsung aja ngerem….cukup pakem. Habis belok kiri langsung disuguhi trek belok2 dengan sudut agak sempit. Motor pun diajak berzig zag…..wowww….cukup lincah. Sip deh…!!! Awalnya penulis sempet ragu, nih motor bisa diajak menari gak yah mengingat bodinya yang cukup besar, ternyata lancar2 wae. Selidik punya selidik ternyata jarak sumbu roda Scoopy persis dengan Honda Beat (1.240 mm). Mesinnya pun sama plek dengan Beat. Hanya si Scoopy ini lebih berat hampir 5 kg dibandingkan dengan Beat. Kelar muter2in trek sebanyak 3 lap dapat diambil kesimpulan si Scoopy ini sensasi berkendaranya gak beda jauh ama Beat.

Spesifikasi Honda Scoopy

  • Panjang x lebar x tinggi = 1.844 x 699 x 1.070 mm
  • Jarak sumbu roda = 1.240 mm
  • Jarak terendah ke tanah = 150 mm
  • Berat kosong = 94 kg
  • Ukuran ban depan = 80/90-14
  • Ukuran ban belakang = 90/90-14
  • Kapasitas tangki = 3,5 liter
  • Mesin = 4 langkah, SOHC
  • Sistem pendingin = udara
  • Diameter x langkah = 50 x 55 mm
  • Volume = 108 cc
  • Perbandingan kompresi = 9,2 : 1
  • Daya maksimum = 8,2 dk @ 8.000 RPM
  • Torsi maksimum = 8,32 Nm @ 5.500 RPM
  • Kopling = otomatis, sentrifugal, tipe kering
  • Transmisi = otomatis, V-matic
  • Sistem pengapian = DC – CDI
  • Karburator = VK22
  • Lampu depan = 32 watt
  • Lampu senja = 5 watt

Trek kurang leluasa buat ngetest Scoopy

Speedometer unik khas retro


9 Responses to “Test Ride Honda Scoopy”


  1. 6 Juni 2010 pukul 6:21 pm

    blog2 semuanya pada moto spidometer..ngebahas performa… bagasi yang bagian penting malah pada di lupain…

    • 7 Juni 2010 pukul 1:51 am

      Betul bro, ane aja kelupaan, baru ngeh pas liat2 hasil jepretan di rmh…. ternyata bagasi belum difoto. Mungkin karena bentuknya yg retro itu kali yah jd fokusnya motret tampang luar. Kalo dilihat dari mesin, jarak sumbu roda & kapasitas tangki yang sama dengan Honda Beat, menurut ane kapasitas bagasinya gak jauh beda ama Honda Beat. Thanks atas kritikannya.

  2. 7 Juni 2010 pukul 1:53 am

    nah ente ngetes pakai helm retro ngk om??….xixiix btw tuh kun kok amburadul semua yak??….apa habis diterjang badai??….xixiixix:mrgreen:

  3. 23 Juni 2010 pukul 8:37 am

    FOTO kurang komplit-plit…..blog sebelah ada tuh yang lebih komplit fotonya….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Juni 2010
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,486,930 hits

Twitter

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: