31
Mei
10

Tips : Supaya Fuel Pump Gak Modar

Hadirnya fitur injeksi yang dianut oleh Yamaha Vixion, Honda Supra X 125 PGM-FI, Suzuki Shogun 125 FI & Kawasaki KLX250 memudahkan kita dalam melakukan perawatan motor. Meski minim perawatan bukan berarti bebas dari kerusakan. Kerusakan bisa timbul karena salah perlakuan dari pemilik motor. Salah satunya adalah fuel pump alias pompa bahan bakar. Kalo fuel pump ampe ngadat, wah…..siap2 dorong tuh motor ke bengkel. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan fuel pump bisa mati ???

  1. Mengisi BBM dengan kualitas rendah. Boleh dibilang mesin injeksi itu alergi terhadap BBM kualitas rendah. Isilah BBM di SPBU yang terpercaya. Kalo SPBU Pertamina pilihlah yang sudah berlogo Pasti Pas.
  2. Begitu kontak diposisi ON, jangan langsung hidupkan mesin. Tunggu beberapa saat sampai indikator lampu check engine mati. Mengapa bisa begitu ??? ketika kunci pada posisi ON, sensor2 akan bekerja untuk mengecek keseluruhan sistem manajemen mesin. Kalau langsung dinyalakan ibaratnya ECU belum selesai ngecek sensor tapi sudah langsung disuruh bekerja. Lama kelamaan bisa timbul kerusakan, salah satunya yang rawan adalah fuel pump ini. Oh ya, untuk Supra X 125 PGM-FI, Shogun 125 FI ama KLX250 penulis belum mengetahui apakah indikator check engine akan padam ato tidak setelah kunci kontak dalam posisi ON. Kalo gak padam (seperti yang ada di mobil Toyota), tunggu waktu sekitar 5 detik baru kemudian nyalakan mesin.  
  3. Hindari kebiasaan ngisi bensin ketika indikator bensin sudah menunjukkan huruf E (Empty). Kalo indikator bensin menunjukkan 1/4 segeralah isi bensin. Kenapa bisa begitu ??? Disinyalir di dasar tangki bensin terdapat air, kerak, gram2/kotoran2 yang bisa membuat kerja fuel pump menjadi berat. 

Demikian tips dari penulis, semoga bermanfaat 🙂

Iklan

19 Tanggapan to “Tips : Supaya Fuel Pump Gak Modar”


  1. 31 Mei 2010 pukul 12:57 pm

    memang perlu edukasi tentang pemakaian motor injeksi bro! karena fitur ini tergolong hal baru di Indonesia yang sejak jaman c70 dijual disini selalu pake karburator. baru mulai supra X 125 fitur ini diperkenalkan pada konsumen sepeda motor di Indonesia, Tips yang bermanfaat! 😉

  2. 4 icaq`s
    31 Mei 2010 pukul 2:39 pm

    makasih bro…tipsnya. jadi lebih ati ati sama vixiku.

  3. 31 Mei 2010 pukul 4:27 pm

    nice info mas Bos…

  4. 31 Mei 2010 pukul 5:56 pm

    Pengalaman saya dengan Fuel injeksi Mobil…. kalo kendaraan kita biasa minum pertamax, Fuell pump jadi awet… namun terkadang kalo agak ngadat jangan ganti pumpnya dulu.. check filternya pompa… kalo ternyata filter tidak kotor baru check pompa….
    Setuju dengan “Begitu kontak diposisi ON, jangan langsung hidupkan mesin. Tunggu beberapa saat sampai indikator lampu check engine mati. Mengapa bisa begitu ??? ketika kunci pada posisi ON, sensor2 akan bekerja untuk mengecek keseluruhan sistem manajemen mesin”
    Sistem bahan bakar injeksi bekerjanya sangat tergantung dari pompa, jadi beri kesempatan pompa untuk running sejenak baru mesin dihidupkan…. ini yang biasanya dilupakan oleh pemilik kendaraan yang menggunakan fuell injection…

  5. 9 mercon C
    1 Juni 2010 pukul 5:39 am

    salam kenal bro…

    emang cuma motor injeksi doanl yach yang punya fuel pump?

  6. 1 Juni 2010 pukul 10:57 am

    ah pakai karbu aja deh…lebih irit perawatannya…xixixi :mrgreen:

  7. 2 Juni 2010 pukul 6:10 am

    jangan ampe dorong 10km pokok-nya…….sering kuras tangki (diberes ada alatnya)
    bener tuh..elektronik perlu waktu..kayak hape baru di idupin nunggu loading dulu baru jalan

  8. 4 Oktober 2011 pukul 10:16 am

    bos berapa harga fuel pump motor supra x 125 pgm fi….

  9. 19 putra
    8 Maret 2015 pukul 2:02 pm

    dunia teknologi tak ad habisnya untuk di pelajari


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Mei 2010
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 8.474.225 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 391 pengikut lainnya

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: