Saat ini salah satu motor yang mengadopsi silinder banyak yaitu Honda Goldwing berkapasitas 1800 cc dengan jumlah 6 silinder. Tapi tahukah anda bahwa doeloe-nya Honda juga pernah membuat mesin motor dengan jumlah silinder serupa tepatnya pada tahun 1978. Diolah dari berbagai sumber ketika itu Soichiro Honda bersama timnya kelar mengembangkan 3 buah motor yaitu motor 1000 cc 4 silinder, 1200 cc 4 silinder & 1047 cc 6 silinder. Akhirnya dipilihlah mesin 6 silinder berkapasitas 1047 cc untuk dijual masal. Jadilah (saat itu) mesin motor pertama di dunia yang memiliki silinder dalam jumlah banyak.
Honda CBX itulah nama yang diberikan. Sebelum dibuat masal, motor ini sempat mengalami perubahan desain knalpot karena pada versi protipenya suara yang dihasilkan sangat berisik. Tuntas masalah tersebut mulailah diproduksi pada akhir 1978. Mengusung mesin dengan spek diameter x langkah 64,5 mm x 53,4 mm, volume 1047 cc, 6 silinder, DOHC, 24 katup, perbandingan kompresi mencapai 9,3:1 menghasilkan tenaga sebesar 105 hp @ 9000 RPM.
Motor yang diproduksi antara tahun 1978-1982 ini dibekali dengan girboks 5 tingkat kecepatan, ban depan berukuran 19 inch & belakang 18 inch ini hanya butuh 11,5 detik untuk nge-drag 402 m. Mengagumkan !!! Pada tahun 1981 Honda melakukan perubahan pada CBX-nya dengan merubah sistem dual shock menjadi monoshock, penambahan fairing & saddlebags hingga motor ini bertipe sport touring.
whuiss… keren2… pak Mitra, apa njenengan tahu pengkodean mesin pada motor Honda? seumpama tahu, mohon di share ya pak…
misalnya; kode GL kan untuk touring, misalnya Gold Wing dan GL series di Indonesia
kode CB kan untuk puree sport, seperti CBR, CBX, dll..
apa tahu yang lain> terimakasih sebelumnya…
Ngumpulin bahan2nya dulu yak, ntar kalo dah lengkap, ane tongolin di blog 🙂
nuwun, Pak… 😛
lebar banget mesinnya
coba kalo punya 1…bisa deh buat nampang…asli keren yg ada fairingnya
mesin besar seperti ini gak pake pendingin air/radiator ???? msk cmn pake oil cooler.pasti sering overheat nih.
Ada sirip di blok mesinnya guna mengalirkan udara, jd mesin tdk overheat. Mirip seperti yg ada di mesin Tiger, Megapro, Scorpio hingga varian HD.
buat drag kyk nya mantep ya nih gan ?
Mantep bgt bro, mesin gak usah diapa2in tinggal pake aja hehehe…..
wah tampang atasnya (jangan lihat mesin) biasa-biasa saja
begitu lihat silindernya RUARRRR BIAZAAAAAAAAAA
Honda CBX yg skr…hmmm cuma satu cylinder mit 250 cc? Liat ajah di webnya Honda Brasil…xixixixixxii
Pancen apik tenan! 😯
Diindonesia ada yang jual ga ya untuk CBX 1000 1978? Kalo ada pasaran harga brp gan?
Ada yang jual ngk gan CBx1000 ? Kalo ada bales via facebook aja Eko sii bieber
kalo yang jual dikit ya? dan untuk harga brp ya?
Minat deh klo ada yg mau nglepas