25
Mei
10

Honda CBX 6 Silinder

Saat ini salah satu motor yang mengadopsi silinder banyak yaitu Honda Goldwing berkapasitas 1800 cc dengan jumlah 6 silinder. Tapi tahukah anda bahwa doeloe-nya Honda juga pernah membuat mesin motor dengan jumlah silinder serupa tepatnya pada tahun 1978. Diolah dari berbagai sumber ketika itu Soichiro Honda bersama timnya kelar mengembangkan 3 buah motor yaitu motor 1000 cc 4 silinder, 1200 cc 4 silinder & 1047 cc 6 silinder. Akhirnya dipilihlah mesin 6 silinder berkapasitas 1047 cc untuk dijual masal. Jadilah (saat itu) mesin motor pertama di dunia yang memiliki silinder dalam jumlah banyak.

Honda CBX itulah nama yang diberikan. Sebelum dibuat masal, motor ini sempat mengalami perubahan desain knalpot karena pada versi protipenya suara yang dihasilkan sangat berisik. Tuntas masalah tersebut mulailah diproduksi pada akhir 1978. Mengusung mesin dengan spek diameter x langkah 64,5 mm x 53,4 mm, volume 1047 cc, 6 silinder, DOHC, 24 katup, perbandingan kompresi mencapai 9,3:1  menghasilkan tenaga sebesar 105 hp @ 9000 RPM.

saking lebarnya tuh mesin ampe diberi pelindung 🙂

Motor yang diproduksi antara tahun 1978-1982 ini dibekali dengan girboks 5 tingkat kecepatan, ban depan berukuran 19 inch & belakang 18 inch ini hanya butuh 11,5 detik untuk nge-drag 402 m. Mengagumkan !!! Pada tahun 1981 Honda melakukan perubahan pada CBX-nya dengan merubah sistem dual shock menjadi monoshock, penambahan fairing & saddlebags hingga motor ini bertipe sport touring.    

Iklan

16 Tanggapan to “Honda CBX 6 Silinder”


  1. 1 alrozzzi
    25 Mei 2010 pukul 10:37 am

    whuiss… keren2… pak Mitra, apa njenengan tahu pengkodean mesin pada motor Honda? seumpama tahu, mohon di share ya pak…
    misalnya; kode GL kan untuk touring, misalnya Gold Wing dan GL series di Indonesia
    kode CB kan untuk puree sport, seperti CBR, CBX, dll..

    apa tahu yang lain> terimakasih sebelumnya… :mrgreen:

  2. 4 daris
    25 Mei 2010 pukul 12:34 pm

    lebar banget mesinnya

  3. 25 Mei 2010 pukul 1:42 pm

    coba kalo punya 1…bisa deh buat nampang…asli keren yg ada fairingnya :mrgreen:

  4. 25 Mei 2010 pukul 4:13 pm

    mesin besar seperti ini gak pake pendingin air/radiator ???? msk cmn pake oil cooler.pasti sering overheat nih.

  5. 26 Mei 2010 pukul 7:03 am

    wah tampang atasnya (jangan lihat mesin) biasa-biasa saja
    begitu lihat silindernya RUARRRR BIAZAAAAAAAAAA

  6. 11 Anto
    28 Mei 2010 pukul 5:07 pm

    Honda CBX yg skr…hmmm cuma satu cylinder mit 250 cc? Liat ajah di webnya Honda Brasil…xixixixixxii

  7. 20 Januari 2011 pukul 3:26 pm

    Pancen apik tenan! 😯

  8. 13 Pomo
    5 Mei 2012 pukul 9:53 am

    Diindonesia ada yang jual ga ya untuk CBX 1000 1978? Kalo ada pasaran harga brp gan?

  9. 12 Juni 2013 pukul 9:29 pm

    Ada yang jual ngk gan CBx1000 ? Kalo ada bales via facebook aja Eko sii bieber

  10. 15 wahyutomoo
    17 Januari 2017 pukul 2:44 am

    kalo yang jual dikit ya? dan untuk harga brp ya?

  11. 16 Bunyamin
    9 Juli 2017 pukul 5:12 pm

    Minat deh klo ada yg mau nglepas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Mei 2010
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 8.474.220 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 391 pengikut lainnya

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: