10
Apr
10

Tips Kelar Steam Mobil

Kalo artikel sebelumnya telah penulis beberkan tips ketika kelar steam motor, kali ini giliran mobil. Tipsnya gak banyak koq tapi buat rekan2 yang ingin menambahi, dipersilakan loh ūüôā

Sehabis steam mobil sudah pasti tunggangan tampak segar kembali. Ban sudah disemir, karpet dibersihkan, interior divakum dsb seolah2 semuanya sudah beres, tinggal pakai saja. Padahal kalo diperhatikan masih ada hal2 yang perlu diperhatikan apalagi sekarang ini lagi musim hujan.

Kanker karat bisa timbul dari tempat2 terpencil

Musim hujan artinya rawan timbulnya karat. Karat bisa timbul karena kotoran tidak segera dibersihkan ato terlewatkan karena lokasinya terpencil ketika mobil di steam. Bagian2 yang rawan karat salah satunya adalah engsel pintu ama lubang kunci pintu/bagasi. Semprotlah dengan cairan penetran di bagian2 tersebut untuk mencegah timbulnya karat. Di bagian ini penulis menggunakan penetran WD40.

Biar jendela tidak seret naik turunnya

Selanjutnya adalah karet jendela. Cuaca yang berubah2 dari terik matahari tiba2 berubah menjadi dingin karena hujan membuat elastisitas karet lama kelamaan menjadi berkurang. Penyakit karet getas pun siap menghampiri. Gejalanya jendela seret ketika dijalankan naik turun. Nah untuk bagian ini penulis menggunakan Silicon Spray. Cairan ini memang dikhususkan buat bahan2 yang terbuat dari karet. Bisa juga digunakan untuk menghilangkan bunyi decit dari belt2 mesin seperti timing belt. Semoga tips ringan ini bermanfaat bagi rekan2 semua.


3 Tanggapan to “Tips Kelar Steam Mobil”


  1. 12 April 2010 pukul 1:07 am

    Koreksi,
    Setahu saya cairan silicon spray tidak boleh digunakan pada belt2 pada mesin dan timing belt. Karena akan membuat belt menjadi licin dan puli belt kehilangan putaran.
    CMIIW…

    • 12 April 2010 pukul 3:11 am

      Di produknya Silicon Spray ditulis bisa digunakan utk melumasi belt2. Setahu saya sih nyemprotnya gak boleh terlalu banyak/berlebihan karena akan terjadi seperti yg mas sebutkan. Mungkin dari rekan2 pembaca ada pendapat lain ?

  2. 12 April 2010 pukul 4:49 am

    wah belum punya mobil bro, jadi menyimak aja lah


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
April 2010
S S R K J S M
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 8.464.109 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 391 pengikut lainnya

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: