Di era tahun 1990-an, perseteruan motor 2 tak antara Yamaha & Suzuki cukup seru. Jika rekan2 biker inget, ketika itu motor bebek 2 tak bikinan garpu tala ama logo S bertarung di kapasitas mesin 100 cc & 110 cc. Di kelas 100 cc terjadi pertarungan antara Yamaha Alfa/Champ/Sigma dengan Suzuki RC100/Bravo/TornadoGX100 sedangkan di kelas 110 cc antara Yamaha Force1/F1Z/F1ZR vs Suzuki Crystal/Tornado GS110.
Di segmen 110 cc, kehadiran Yamaha Force1 & F1Z cukup diterima konsumen apalagi varian F1Z hadir dengan fitur disc brake & knalpot racing yang cukup menggoda. Maklum motor bebek dengan rem cakram masih barang baru waktu itu. Tak ayal, hal itu membuat kubu Suzuki was2. Bebek andalan Suzuki Crystal sudah saatnya dipensiunkan & digantikan produk baru guna membungkam F1Z.
Suzuki RG Sports 110 adalah jawabannya. Motor ini sudah nongol duluan di Malaysia. Unitnya pun sempat di-test oleh salah satu tabloid terkemuka. Uji di trek lurus sirkuit Sentul Suzuki RG Sports dapat menggapai top speed 140 km/h. Cukup kenceng untuk ukuran bebek dalam kondisi standar 🙂 Pujian pun datang dari berbagai kalangan yah maklum sajalah mesinnya tegak, 110 cc, 5 speed, rem depan cakram, monoshock serta rangka mirip kakaknya Suzuki RGR150. Teknologi motor bebek yang cukup maju di zaman itu. Kehadirannya dinanti2kan terutama oleh penggemar kecepatan (termasuk penulis hehehe…..).
Hari demi hari, waktu demi waktu terus berjalan. Calon konsumen RG Sports 110 sudah mulai gusar kapan nih motor muncul. Setelah ditunggu2 akhirnya nongol juga pengganti Suzuki Crystal. Namanya Suzuki Tornado GS110. Ketika diperhatikan dengan seksama loh koq shockbreaker belakangnya dobel, trus rangkanya yang mirip RGR150 koq gak keliatan dsb. Tampang depan, samping ama belakang mirip ama Suzuki RG Sport tetapi mesin ama rangka basisnya sama dengan Suzuki Crystal. Istilahnya cuman ganti baju doank plus ditambahi rem cakram depan. Banyak yang kecewa atas produk yang diluncurkan oleh ATPM Suzuki. Yup menurut analisis penulis Suzuki RG Sports 110 tidak jadi diluncurkan karena harga jual yang nantinya kelewat mahal. Untungnya saja image Suzuki Tornado GS110 terdongkrak lewat performa apik pembalap Asep Hendro (juragan AHRS) yang merajai road race waktu itu.
Gambar Suzuki RG Sports 110 yang laen, agak susah juga nyari gambar nih motor di internet
Monggo dilihat speknya, cukup sangar euy 🙂
Gw pernah punya Satria RU 120…emang mantap banget tuw motor…akselerasinya maknyussssss
Podium lmayan ..sepi ..
Ane demen bget dah ma satria120..
Gan tulis artikel ttg satria dong.. :beer:
w punya satria thn 2000 standar blm gnti seher cm modif kaki2 doang di trek di tes dapet top speed 150km/jam v di gigi6 y lama naek………kl aksel no 1 dech…….
maaf om.kayakna gak mungkin dah bisa tembus top speed 150 km/jam.di pakai logika aja motor ccnya udah 120.gak mungkin bisa lebih dari itu kecuali naik seher dan di strooke bwt kejar ccnya.mungkin speedo meternya ngaco kali…namanya juga motor berumur
betul bro speedometer gak bisa di andalin, tp emang bisa, coba aja tes bro klo gak biasa mau ngompol di celana…wkwkkw
terbukti kok…. rata2 member club satria jaman lom ada yg 4 tak, satrianya bs tembus 150… apalagi yg satria non kopling 5 speed, klo yg bawa kejam, 170 tembus… kondisi mesin standar n sehat..
betul speedo meter ga bisa dijadikan patokan , tapi kata mas cepi motor ccnya udah 120.gak mungkin bisa lebih dari itu kecuali naik seher dan di strooke bwt kejar ccnya, itu teori motor 4 tak mas, memank di 4 tak top speed susah melewati cc motor , beda di 2 tak top speed bisa melebihi speedometer dan itu hal yg biasa ga aneh, contoh ninja 150cc bisa 170 kpj, nsr 150cc bisa 200 kpj, tzm 150 cc bisa 190 kpj ,rs 125 ,125cc bisa 170 kpj , nova dash 125 cc bisa 150 kpj, tapi tetap jangan jadikan top speed sebuah patokan, karena speedometer ga semuanya akurat apa lagi type analog
aq punya suzuki smash,,,,,, gmn carany biar ngbut,,,,???????? dan dmn sy hrs tmptkn motor saya…????
Yg jelas kondisi mesin kudu prima. Cara praktis buat dongkrak tenaga yaitu ganti knalpot racing.
naekin keatas kereta argobromo.. hehehehehe piss..
engine swap ama gsx 600
:ngacir
aneh juga ya,rg sport selisih nga beda jauh dengan satria 120,tp tenaga kurang lebih juga apa pengaruh kompresi dan bobot
Gw juga pernah pakai versi manual thn 2000. Mantap bro…ampe sekarang tetap jadi bebek favorit gua. Emang unit baru nya masih ada yang jual apa gak ya ?
satria hiu 2004 mank mak nyuss…
coba beli n rasain,standar aj kenceng,coba korek harian aja yg punya,motor laki habis smua..
jgn lupa naik seher, karbu Mikuni Ijo kotak 24, TurboCyclone, koil + CDI + membran V-Force py RM-125, dijamin gigi 5 msh bs standing klo make gear standar!
k2 qw dah mtr satria 110………….
qw ne ada keluha pada koplingnya…….
lw leh tau to di sebabpi lh po>>>>>.
keluhan pada koplngnya k2…
susah pas masukin gigi nya and nguranggi giginy jga/……..
itu di sebabpin kjrna apa nya k2..
loe coba ganti olinya dgn castrol magnetic…
Malam, saya ikutan nimbrung..
saya punya satria 120R 2000, all STD. Baru jalan 28rb kilo, ban depan pun masih asli dari dealer.
Akselerasi Ok, top speed mantab, ergonomi nyaman (bwt postur saya). cm asepnya ko lmyn byk ya?Pk oli Shell Advance SX2. Lalu lampu depan ko kurang terang ya? Ap ada saran?? Thks before
Ps: Saya sayang bgt ma ni motor, lagian kalo dijual paling cm 2-3jt doang..
VIVA 2 STROKE!!!!
Setelan oli sampingnya coba dicek, utk Satria 120 saya kurang tahu letaknya ada dimana. Lampu depan kurang terang mungkin kabel2nya sdh berumur. Kabel yg sdh berumur (mulai getas) tahanannya tinggi sehingga lampu kurang terang. Sebaiknya sih diganti dgn yg baru.
ganti kiprok pasti oke terangnya….
untuk mslh asap coba loe stel pompa olinya kebenkel yg berpengalaman,dan loe hrs pake oli tipe Low smoue.contoh;Castrol 2T low smoke
betul sampe sekarang gue masih pake satria hiu 2004. cuma gigi1 dan 2 nafasnya pendek, tp putaran atasnya nggak ada yang ngalahin dah…udah gitu diajak ngebut tetap stabil aja
Aq pux f1zr emank lbh kencnk satria tp lau udah di balap nga mau kalah juga
abis ganty kandalpot lary.x tp kencank
g mana yah supaya tp kencank !?
mas2,,ak jg nunggang satria 120,,
knalpot mw ganti racing..
tlg dikasih tw dong mcm merk kalpot racing+harganya
kaloo pesen knalpot yang bagus di jogja di daerah mana ya?? dan jgn lupa harganya
maaf byk tanya, maklum msh awam..
Waduh, aku gak ngerti bengkel knalpot nang Jogja. Agak sulit mencari knalpot racing buat Satria 120 kecuali pesen khusus ke ahli knalpot (custom).
ma’af nimbrung, knalpot satria ru banyak koq, ada merk AHM, gw beli d Pontianak Kalbar.. kuereeen.., bunyinya garing, aq jg pake untuk hiu putih ku
untuk pesan knalpot RU 120 mending dateng langsung ke bengkel tmen ane bos di ABENK knalpot. Lokasi di daerah Ngampilan.Jogja. Depan halte Transjogja Ngabean.
jangan lupa bawa motornya skalian ya..
Bisa seperti satria 2003 ane gan…
sbnr’x klo mslh knalpot lbh oke pake yg std, loe cuma bermodal ganti slincer racing doang dan paerut’x d bedah,abisin penyekat d dlm perut’x
gw dah lama make satria 120 thn 2002, mpe skrng masih kliling kota biarpun dah OS 200 ..!!
head gw papas abis dibuat lingkaran baru n squash 8,5mm tp sayang’y exhaust lum dgedein. awal gw pake power gede bnget mpe pas nyeting angin ntu mtr lari2 mpe gw pegangin lari pasti knceng …
bjalan 4 bln masalah dtng pas rpm tinggi mtor sering ngjammed kayak tekor bensin padahal dah pke spuyer 125 mainjet 30. .
tolong donk yg da solusi, tolongin gw pa jgn2 masalah pengapian gw da yg ga beres …
thanks, brooo ….
q jg prnh ngalamin hal sprti xg loe katakan td… itu bkn mslh dr bahan bakar tp dr pengapian… mungkin cdi loe sdh ada YG
rusak sebagian komponennya..coz q prnh nyoba cdi milik tmn,ga ada lg tuh mesin ky tekor bensin… lebih oke pake CDI BRT HEPER BAND
bos gw lagi betulin mtr satria 2002 masalah pengapian nya itu kecil padahal gw udah gati sepul kiprok nyab tapi setrum nya itu ga bisa masuk kuil nya padahal kuilnya juga baru…kira2 apanya ya tolong dong bantu gw?
bisa karena oli 2T telat, kualitas jelek, celah piston dengan liner terlalu rapat, karburator kekurangan suplai bensin(solusi ganti spuyer bensin atao bisa juga atur tinggi pelampung), kualitas piston dibawah standar, pengapian juga pengaruh(coba periksa sambungan2/soket2).. kalo mau periksa CDI mending ke suzuki aja soale multi meter bengkel resmi bisa beda nunjukin nilainya dengan multi meter bengkel umum. tapi kalo setel2 oli dan yang lain seh oke2 aja di bengkel umum.
RU saiya taun 97.. beli dari baru km udah 48ribuan(lagi) hehehehe… 😀
hello guys! i need manual for yamaha f1z-r or yamaha f1z if any1 can send me pls send it XD thanks alote!
speknya salah om,itu diameter x lgkah satria 56x40mm hrusnya 56x49mm
Wah salah yah ??? oke, thanks atas infonya bro…
Mas, satria sy kalo pagi2 diidupin mesinnya, asep yg keluar dr knalpot tu banyak bgt, blm lagi kalo diajak ngebut asepnya kaya fogging gitu.. apa itu normal?? padahal pompa oli samping udah disetting irit..
Kalo pompa oli sudah disetel harusnya asapnya gak kaya fogging. Saran saya coba deh pake oli samping 2T tipe low smoke.
Misi mas,
Tau tempat jual mika/kap lampu rem satria 120R di Bandung?
Susah juga nyari tuh barang,
Thanks
assalamualaikum para satria
ane py satria th 2003 gan. masih standar abis tapi mesin dah kasar kletek2 maklum dah empat kali ngancing gara2 kehabisan oli samping.tapi wlopun gt lari masih kenceng gan kayak masih baru aja.top speed 110 lebih gan mesin aman2 aja gk overheat.klo boros seh itu tergantung pemakaian klo ngebut ya boros tapi klo kalem ya sebelas duabelaslah ma mio.veleg ane slep mpe meling gan kadang terawat kadang gk tapi klo skali dirawat cilong lagi gan.klo cat asli pabrik terjaga masih meling gan warna hitam oranye gk gk kalah nyanding ma motor baru gan cuman stripping ane lepas jadi polos abis rame banget seh hehehe. salam 2 tak!!!
wa’alaikumsalam bro 😀
satria(RU120) saya warna merah dari taun 97 hehehe… maseh 5speed koplingnya maseh yang dobel(tanpa koling tangan).
nasibnya pun serupa…striping saiya kletek soale nggak suka seh(agak2 kampungan gitu). hehehe..
toss 2 tak 😀
ada yang tau harga transmisi satria RU120 nggak??? rencananya seh RU saya yang 5speed mau saya jadiken 6 speed… kira2 apa aja yang perlu diganti ya??
qw jg punya satria (RU120) sama dengan 5 speed warna hitam ….mesin saya jg bunyi kletek2 gara stang seher / stang piston kena gara2 cekat karna kehabisan oli samping…..klo stang dah kena….psti ring piston ujung2 jga kena…….
jadi saran saya…klo mesin satria dah bunyi kya gtu cepet2 d ganti stang ma ringnya….biar kompresinya padat lagi……klo kompresi longgar…..tarikan lambat……klo munk lom bisa beli…..jngan pake laju dulu tu motor …
paling maksimal 100 lah d rpm….n inget ….jngan sampe kehabisan oli samping lagi…..klo habis lgi terpaksa musti d ganti…soal na dah parah bgt……
klo mslah mesin motor saya msalah na d situ sdah …….v tarikan masih oke lah…gigi 1 sampe 3 msih standing..
mesin dah saya korek harian…..pengapian d besarkan….koil blue thunder….busi….tdr racing…klo CDI msih standar….soal na lom da duit beli masih……..kecepatan mesin saya dah saya coba ….mencapai 160 rpm….
melebihi kecepatan motor yamaha vixion…..
dah teruji klinis…..
Nice gan !
banyak yang butuh info ini apalagi gambar spek satria
sip sip 😀
saya pengen beli motor satria 120r yang keluaran baru,kira” 2002 atau 2004,warnanya itu biru putih,saya lihat di pejeng mulu di daerah situ,masih mulus,standar,ckep deh.
itu sbnrnya ya,rata-rata atau biasanya satria yg saya maksud itu harganya brp ya?
tlong ksih saya jwbn yang pasti dan OK !!
mantap spidfrik satria hiu keluar semua.. mang joss dah satria
Bravo satria 2 tak
😀
motorku satria RU120 2000…jarang kepake’ soalnya udah bosan kebut2an ntar dikira alay wkwkwk….specknya standar semua blum prnah kolter…coba2 gnti main jet dr 95 ke 110 …tanpa filter alias los-losan….wahhhh ternyata manteb abis tuh motor…gk tau larinya berapa …yg jelas tiger temen ane gk bisa ngejar…padahal sama2 betot…cmn masalahnya pd wktu top speed mesin kyk kering…macem kurang bensin gt…jd tkut jebol akhirnya alay jadi lelet….apa ya kira2 masalahnya?
masssss brooo
SANGAR PISAN BOOOOZZZZZZ….
gmn carae gan pasang piston RG ksatria ane,ane bingung hrs pakek stang apa?pkek stang RG kpnjangan, pkek orinya pennya beda? (*,*)””’
stria ane msh STD,cuma porting polis ma custom kampas kopling aja gan, tp og mch bert bgt ea tarikannya apa membran gue ato knalpot ane gan yg kurg oyi
Mantap lah buat suzuki satria R YG TELAH MEMBAWA SAYA KE PUDIUM KEJUARAAN ROAD RACE PEKANBARU tAPI UNTUK KEDEPAN HARUS MENUTUP IMPIAN KARNA KELAS NYA TIDAK ADA Lgi di ajang bAlAP motor nasional (road race)
kulo nuwuuun. saya orang jogja bro. aku punya satria tahun 2003 kilometer udh sampai 48 ribuan. udh keliling indonesia bagian jawa dan sumatra.sumpah ni satria kenceng bgt,pernah adu balap dengan ninja 150 r (bukan drag) tetep menang walaupun tipis.sekarang posisi motor ada di tanjung pinang. waktu demi waktu muncul problem di karburatornya waktu tarikan awal kayak berat & ga responsive. apakah itu pengaruh krn mash pake karburator vakum??????. mtr ini masih terawat sampai sekarang.
Melihat km udah hampir 50rb km, mungkin kerak sudah menumpuk sehingga tarikan motor loyo.Pertama2 cek filter udara, cek busi, cek silinder plus mesin.Kemudian kampas kopling yang sudah menipis juga bisa jadi penyebab.Katup buluh / reed valve kalo orang bengkel biasanya disebut membran mungkin udah gak lentur lagi.Semoga bisa membantu dab.
klu karbu enakan yg std mas bro.cm main jetnya aja naikin ke 22.std 17,5
Masih update gk nih??
aq mau tanya soal part” satria hiu (piston,ring,stang seher, laher, pin dll… pkok a 1 set) over size 0,50 . Kira” beli d dealer suzuki/ bengkel umum, pokok a yg ori/ racing skalian. kira” masih ada gk ea?
Kalo mas bro tinggal di jabodetabek bisa mampir ke toko Ramayana Motor di Jl Kebon Jeruk III Jakpus. Toko itu jual spare part Suzuki.
klo d dealer sdh gk ada lg ea mas.. soale aq tinggal d kalimantan selatan.
Teman2 ada yang bisa bantu?
masih ada,,
setang ori = 310ribu
seher +ring ori= 160ribu
bearing kruk as ori=70ribu
seal kruk as set ori = 15ribu
packing full set biasa=20ribu
berapa speed standard satria 120 RU? Mhon djawab . Thx gan
Dlm kondisi sehat bisa dapet 140 km/h.
gan, ane ada rencana mau beli gledekan . Satria ru. . . Kira2 pendapat agan2 skalian gmana? Rugi gak gw beli tu mtor? Mengingat borose mtor .
yg bilang satria boros itu cm org2 yg sentimen sm satria aja
aku pnya satria hiu thn 2006 untuk jrk tempuh hmpir 200 km konsumsi bahan bakarnya isi 20rb gk habis
Satria R memang nggak boros2 amat, saya punya Satria R 2003 aja isi full tank 1 Minggu baru habis, padahal saya bawa sekolah yang jaraknya cukup jau dari rumah. Belum lagi buat war-wer beli makanan atau yang lain.
guys tolong kasih gw solusi buat benerin pengapian motor satria thn 2002
lam knl mas bro….’saya punya satria 6 sped.rencana mau saya buat reseng…..?kira2 brapa mas bro anggaran yg perlu di keluwarkan….?ok.trim’s
Salam kenal bro, Satria yg mana 2 tak ato 4 tak ??? masalah anggaran, tergantung kebutuhan utk harian ato balapan. Di bengkel ada istilah kohar (korek harian) yakni modif mesin tapi motor masih enak dipake buat harian.Biasanya komponen yg diganti yakni knalpot,CDI plus setting karburator.
Buat mas yg di atas… Bener mungkin penilaian teman kita memang g percaya motor yg ccnya 120 bisa lari lebih dari 120kpj. yang perlu diingat performa mesin 2T jangan disamakan dengan performa mesin 4T. Pernah tahu ngga… Honda NSR yang ccnya 149 bulatnya 150 dapat mencapai top speed 200kpj dan kuat lagi artikel di atas menjelaskan RG 110 yg ccnya hanya segitu dapat mencapai top speed 140kpj. jadi penilai jngan asal logika sekarang karena sekarang jamanya motor msn 4T. bukti nyata jamanya raja jalanan yaitu RX King sipa yang g kenal dengan motor ini motor yang luar biasa garang tarikanya dasyat. banyak kaum remaja dijamanya mengakui jika Drag Rx King dengan Satria jika jarak pendek memang Satria g ada apa-apanya tapi jangan tanya jika Drag panjang yaitu lebih dari 800m RX king diasepi.
emang Satria R120 jauh lebih manteb n lebih gagah daripada Satria FU150, menurut ane setelah satria bertransformasi jadi 4 tak, koq kesan nya kayak jadi motor alay sih yah, menurut ane jadi merusak image motor model ayam jago.. padahal dulu nunggang model ayam jago tu keren bgt loh, jaman2 yamaha tiara, suzuki rk cool, honda nova sonic, rasanya tu beda bgt ama ngeliat satria FU150 kaya sekarang.. apalagi versi satria hiu yang serem abis, gagah banget ngga kayak satria FU yang kepanjangan jadi aneh body nya, uda kurus panjang pula.. jadi kangen jaman 2tak berjaya dulu.. btw sebenernya ane lebih demen F1ZR daripada Satria R, menurut ane tampang F1ZR lebih manis diliat daripada satria R, rasanya tarikan bawahnya juga manteb’an F1ZR kalo sama2 standar 🙂
Mantap bro! Tp nek saiki shogun pake mesin satria tp 125 yo jelas laku keras
gan standar pengapidn suzuki pos1 berapa ea…?
Salam kenal pencinta Satria. 🙂 Mau share foto Satria Hiu ane.
http://postimg.org/image/memp864qt/
aku juga pecinta satria hiu 2 tak
Gue punya satria Hiu 2004 masih standart
Top speed lumayan lah 145kpj
Vixion,,Satria Fu,,Bison,,CBR pernah gue Asepin LEWAT semua
Bravo Satria 2tak
Gue punya satria Hiu 2004 masih standart
Top speed lumayan lah 145kpj
Vixion,,Satria Fu,,Bison,,CBR pernah gue Asepin LEWAT semua
Bravo Satria 2tak…..
Gw punya satria hiu 2004 kondisi standart blom diapa-apain
Top speed lumayan lah 145kpj
Pernah ngasepin Satria Fu Bison Vixion CBR
Sampe skrg ttep gw jaga biar top speed nya ttep ok
Bravo satria 120ers