07
Mar
10

Kalibrasi Injektor, Apakah Itu ???

Bagi pemilik mobil service rutin alias tune up sudah merupakan keharusan jika tunggangan ingin selalu dalam keadaan sehat. Ritual tune up mulai dari ganti oli, stel klep, stel pengapian, bersih2 busi, filter oli/bensin/udara (kalo perlu ganti jika udah waktunya) hingga bersih2 karburator ato throttle body (mesin injeksi) dengan menggunakan cairan/foam adalah hal lazim yang dilakukan oleh bengkel resmi maupun non resmi. 

Seiring dengan kemajuan jaman, teknologi mesin mobil semakin lama semakin canggih. Mau tidak mau pihak bengkel pun harus sigap dengan perkembangan mobil masa kini. Salah satunya adalah alat yang bernama kalibrasi injektor. Alat ini berguna untuk mengkalibrasi kinerja injektor agar bekerja secara optimal. Kemampuan injektor untuk menyemprotkan BBM semakin lama semakin turun seiring dengan bertambahnya usia kendaraan. Hal ini menyebabkan performa kendaraan akan menurun. Nah dengan alat ini, injektor akan dikalibrasi kembali kemampuannya mendekati seperti mobil yang baru keluar dari pabrik.

Menurut pihak bengkel yang menyediakan alat ini, langkah menyemprotkan cairan/foam ke lubang throttle body ketika mobil di-tune up masih kurang efektif hasilnya karena kerak2 yang terdapat di lubang injektor tidak ikut rontok. Penyebabnya adalah lubang injektor yang sangat kecil.

Gimana cara kerja alat tersebut ? ketika mobil diservis, injektor akan dilepas kemudian ditaruh di alat itu. Misal mobil anda 4 silinder berarti ada 4 injektor yang dicopot. Pada kalibrasi injektor terdapat bensin plus cairan kimia yang berguna untuk merontokkan kerak. Tahap awal nosel injektor dibersihkan dibantu dengan getaran ultrasonic. Setelah itu kinerja injektor dites dengan cara injektor menyemprotkan semburan bensin ke dalam tabung gelas bening (1 injektor=1 tabung gelas). Pada tahap ini pengetesan dimulai dari beberapa mode penyemprotan misalnya mulai dari debit semburan hingga pengabutan. Nah setelah tabung gelas terisi bensin dilakukan pengukuran volume bensin dilihat dengan cara melihat volume mililiter (ml) yang ada dalam tabung gelas ato bisa juga dengan mengukur ketinggian masing2 tabung gelas. Jika hasilnya volume tiap injektor berbeda2, dilakukan ritual ulang mulai tahap awal lagi selanjutnya uji penyemprotan. Andai volume masih berbeda juga, akan dilakukan tindakan yang sama seperti sebelumnya. Kalo volume masih belum sama juga (meski sudah dilakukan berulang2) berarti kinerja injektor sudah tidak sempurna. Biasanya kasus yang terjadi dari ke-4 injektor yg dites, salah satu injektor volumenya berbeda, artinya injektor tersebut perlu waktunya ganti. Jika masing2 injektor hasil tesnya berbeda2 artinya kinerja ke-4 injektor sudah tidak bagus lagi (karena umur komponen & kerak yang sudah mengeras sehingga sulit dibersihkan) kudu ganti semua injektor ama yang baru.

Trus kapan sebaiknya melakukan kalibrasi injektor ? tidak ada patokan pasti (tergantung kebutuhan) tapi ada pendapat yang mengatakan sebaiknya tiap 20rb KM ato 1 tahun sekali & dibarengi dengan ganti filter bensin supaya kinerja injektor optimal. Apa sih yang menyebabkan injektor kotor ? penyebab utamanya adalah kualitas bensin yang buruk. Isilah bensin mobil anda di SPBU yang berkualitas misalnya mobil yang minum Premium isi bensinnya di SPBU yang ada logo Pasti Pas. Syukur2 jika mobil anda diisi BBM beroktan 92 ato lebih macam Shell, Petronas ato Total, nosel injektor dijamin lebih bersih. Di samping itu kebiasaan ngisi bensin nunggu kalo indikator bensinnya hampir menyentuh huruf E (empty) juga mempercepat timbulnya kerak di nosel injektor.

Sudah melakukan tune up tapi tarikan koq masih kurang mak nyus ? mungkin saja nosel injektor sudah mampet penyebabnya. Penulis sudah 2 kali melakukan ritual kalibrasi injektor yang dibarengi dgn tune up supaya kerja mesin maksimal, hasilnya tarikan mobil terasa enteng & BBM lebih irit. Tertarik untuk mencobanya ? sayangnya tak banyak bengkel yang mempunyai alat ini, khusus bengkel resmi tak ada salahnya anda untuk bertanya dahulu via telpon. Untuk bengkel non resmi silakan meluncur ke Garden Speed (Cilandak), Sigma Speed (Pancoran), Rev Engineering (Arteri Kedoya), Yans Speed (Pondok Bambu) dsb.


29 Responses to “Kalibrasi Injektor, Apakah Itu ???”


  1. 1 Widnug
    19 Maret 2010 pukul 5:27 pm

    “H” miring udah di kalibrasi????

  2. 2 dani
    26 Juni 2010 pukul 10:38 am

    maaf mas, bukankah sistem kalibrasi injektor itu cuma adanya di diesel yang pake solar bukan bensin, dimana solar dikabutkan dan dipres sampai terbakar. sedankan Bensin sistem pembakarannya pakai busi. trims maaf kalau saya keliru.

  3. 17 Februari 2011 pukul 8:45 am

    Terimakasih a/ info mengenai kalibrasi injector

  4. 6 Ibrahim
    23 April 2011 pukul 8:45 am

    Terima kasih pak atas infonya, sangat berguna sekali. Sampai2 saya bookmark blog bapak yg satu ini… 😀

  5. 31 Mei 2011 pukul 11:44 pm

    kalo di kota palembang dimana ya? ada yang tau gak?

  6. 10 Firdaus
    23 Juni 2011 pukul 3:43 pm

    Corolla great gw ndut-dutan saat akselerasi. Padahal injektor udah dibersihin manual di bengkel rumahan, gw pengen mbl gw diperiksa lg secara detail (bersihin fuel pump, fuel filter, injektor, dll) sekalian setting pengapian (setting gap pulser CDI, busi) kira2 bisa gak? Berapa biayanya? Alamat dimana?

  7. 12 Adhitia Yudisthira
    4 Juli 2011 pukul 7:09 am

    kalo kalibrasi di bandung dimana ya mas??
    hatur nuhun
    adhit

  8. 12 Juli 2011 pukul 8:42 pm

    oh y mas saya mau naya neh, gimana cara mengetahui kerusak kan kalibirasi injektor pada mesin, apa tanda2 nya kalaw kalibirasi injektor mobil rusak,,,?????

  9. 14 yayat ruhiyat
    12 Juni 2012 pukul 12:30 am

    mas.. salam kenal, greco all new saya kalau mesin sudah dingin distater membrebet dan nembak-nembak. kira-kira apanya yang rusak, kalau sudah panas mobil biasa lancar dan tidak mogok

    • 12 Juni 2012 pukul 7:42 pm

      Nembak2 berarti waktu pengapiannya tidak tepat ato ada kerak yang menumpuk.Di tuneup dulu pak seperti bersihkan filter udara,cek busi,bersihkan filter bensin,bersihkan throttle bodi dsb.

  10. 16 jede
    6 Juni 2013 pukul 11:46 pm

    bos salam kenal, ane john dari padang, klo pas nyalain mesin asap masuk kedalam kiira2 apa ya, penutup dari ruang mesin sudah rapet

    • 12 Juni 2013 pukul 9:43 am

      Asap masuk biasanya ada celah di dalam interior mobil sehingga udara dari luar nyusup ke dalam. Tahap awal bisa dilihat di dinding mesin (firewall) selanjutnya periksa juga dek dasar lantai penumpang,bisa jadi ada lubang (karena karat).

  11. 18 andry
    27 Juli 2013 pukul 10:10 pm

    Gan trims atas infonya dikira coma diesel yg cuma di kalibrasi ternyata Bensin jg harus Toh…? tolong gan Info bengkel Kalibrasi di Cirebon JaBar… Help Gan Trims… GBU>>

  12. 19 havist
    17 Agustus 2013 pukul 11:29 am

    boz mobil ane gret 93
    mobil ane klo d ajak ngebut pas ngerem injek kopling suka mati knp yaa kira n cara menanggulanginya gmn

  13. 7 November 2013 pukul 6:31 pm

    Bos,saya punya escudo 20i kalau injectornya saya ganti pake apv bisa ngak ya? Ada pengaruh ke komponen lain? Thanks

    • 11 November 2013 pukul 5:31 pm

      Emang kenapa om sampe diganti injektornya ??? injektor APV blom tentu cocok diaplikasikan ke Escudo.Injector punya spesifikasi sendiri2 misalnya daya semprot dsb. Escudo yang cc-nya 2000 tentu butuh daya semprot yang lebih besar ketimbang APV yang cc-nya hanya 1500.

  14. 22 Aros
    20 Maret 2014 pukul 8:02 pm

    Itu alat injector cleaner

  15. 25 Juni 2014 pukul 7:41 pm

    pak saya mau beli alat kalibrasib injektor buat motor, skalian mau di ajarin cara kegunaan nya, bisa nga pak….? cp.085250236888

  16. 24 firna
    27 Juni 2014 pukul 12:10 pm

    pak klw bengkel yang bisa kalibrasi injeksi pump dimakassar dimana yah

  17. 4 Oktober 2014 pukul 3:48 pm

    kami UNTUNG DIESEL CENTER menerima kalibrasi injector Nozzle, Injection pump dll
    baik yg manual maupun elektrik

    berpengalaman lebih dari 30 tahun

    kami berpusat di Jakarta dengan cabang di Balikpapan dan Banjarmasin

    untuk informasi lebih lanjut bisa ditemukan di website kami
    http://www.untungdiesel.com atau
    email ke udc.fip@untungdiesel.com
    atau hubungi kami di 021-6530 8000

    terima kasih

  18. 26 y
    29 Juni 2015 pukul 11:21 am

    ass. mas sy pny greco 93..kondisi udah ngasep putih halus dan pedas..,kt bengkel langanan..itu harus di skir klep trus ganti packing set dan ring piston 0,50 kena biaya 3,5 juta yang saya mau tanyakan 1 set packing itu berapa klw yang original toyota dan harga ring piston 0,50 itu harganya berapa?dan kira2 jasa bengkel berapa?terimakasih…mohon pencerahanya mas…

  19. 28 Cekak Aos
    15 November 2016 pukul 6:14 pm

    Mobil sy innova 2004. Kemarin asep item, kasar. Sy ganti busi dan pompa minyak (bensin) mula2 enak. Sy bw plg, kira2 5 km kambuh lg. Kata bengkel minta di kalibrasi. Pendapat anda?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Maret 2010
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 8.396.924 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 390 pengikut lainnya

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: