11
Feb
13

Mengenal Lebih Dekat Fungsi Sensor2 Yang Ada Di Mesin Injeksi…!!!

Engine Cut Honda Beat FI

Perkembangan teknologi motor makin canggih, hal ini ditandai dengan maraknya penggunaan fuel injection menggantikan karburator. Agar mesin berjalan dengan semestinya kini si kuda besi dilengkapi dengan ECU. Ibarat otak, ECU akan bekerja berdasarkan masukan dari sensor2 yang ada. Banyak sekali sensor2 yang hadir pada kendaraan, namun saya coba kupas secara garis besarnya saja. 

Engine Cut kanan Honda Beat FI

ECU menerima sinyal dari sensor dan melakukan pengolahan data untuk mengirimkan sinyal perintah pasokan bahan bakar, udara, menentukan waktu pengapian, mematikannya, mengontrol idle (langsam) hingga untuk mendiagnosa kesalahan2 yang ada.

Kondisi Mesin

Throttle Position (TP) Sensor

TP sensor mendeteksi derajat/sudut bukaan throttle valve, kemudian mengkonversinya menjadi sinyal listrik yang dikirim ke ECU. Informasi dari sensor TP digunakan untuk menghitung jumlah bahan bakar yang akan diinjeksikan untuk kerja beban tinggi.

Manifold Absolute Pressure (MAP) sensor

MAP sensor akan mendeteksi perubahan tekanan vakum di dalam intake manifold dan mengubah tekanan tersebut menjadi sinyal listrik yang dikirim ke ECU. Berdasarkan informasi ini, ECU akan menghitung aliran udara intake. Informasi dari MAP sensor terutama digunakan untuk menghitung jumlah bahan bakar yang akan diinjeksikan untuk operasi beban rendah.

Intake Air Temperature (IAT) sensor

IAT sensor mendeteksi suhu udara yang melewati throttle body dan mengubah suhu menjadi sinyal listrik yang dikirim ke ECU. IAT sensor dipasang untuk memperbaiki udara/bahan bakar sesuai rasio perubahan suhu udara intake. Berdasarkan informasi dari IAT sensor, ECU akan mengkoreksi jumlah bahan bakar yang akan diinjeksikan sehingga selalu pada tingkat optimal.

Engine Coolant Temperature (ECT) sensor

ECT sensor ini letaknya di pompa air (kalo motor menganut pendingin radiator). Jumlah bahan bakar yang optimal untuk diinjeksikan tergantung pada suhu mesin.

Crankshaft Position (CKP) sensor

CKP sensor mendeteksi posisi crankshaft saat ini dan mengirim sinyal ke ECU. Dengan adanya CKP sensor, maka ECU akan mengatur waktu terjadinya penyemprotan bahan bakar, menentukan lama penyemprotan, menghentikan pasokan bahan bakar pada waktu deselerasi & menentukan waktu pengapian.

O2 sensor

O2 sensor dipasang untuk mengurangi zat-zat beracun dalam gas buang & mendeteksi kondisi pembakaran mesin. Sensor ini akan mendeteksi jumlah oksigen dalam gas buang dan mengkonversinya menjadi sinyal listrik yang dikirim ke ECU & selanjutnya ECU akan meningkatkan & menurunkan jumlah bahan bakar yang diinjeksikan sesuai dengan kondisi pembakaran.

Koneksi Ke Komputer

Fungsi Pendiagnosaan Sendiri

Kegagalan suatu sensor dalam bekerja ditandai dengan berkedipnya lampu check engine pada panel indikator.  Kedipan yang muncul pada check engine berbeda2 tergantung dari kerusakan sensornya. Untuk mengetahui sensor apa yang bermasalah, maka bisa dideteksi menggunakan diagnostic tool. Ada beberapa penyebab sehingga sensor menjadi error yakni :

  • tegangan arus listrik (voltase) yang tidak sesuai standar
  • kontak ato soket longgar/kotor
  • kerusakan pada rangkaian/sirkuit sensor

Pada beberapa kasus sensor gagal bekerja mesin motor masih beroperasi normal. Namun ada juga yang membuat mesin menjadi abnormal seperti ECT sensor yang membuat mesin susah distarter, TP sensor membuat akselerasi motor tidak responsif, CKP sensor malah efeknya mesin tidak bisa dihidupkan.

About these ads

20 Responses to “Mengenal Lebih Dekat Fungsi Sensor2 Yang Ada Di Mesin Injeksi…!!!”


  1. 11 Februari 2013 pukul 2:49 pm

    sensor2 yg ajib n sarat teknologi :D

  2. 3 debu biru
    12 Februari 2013 pukul 3:16 pm

    berarti keoptimalan pembakaran tidak bergantung pada O2 sensor saja ya?

    keidealan AFR juga tidak tergantung O2 sensor saja juga ya?

  3. 15 Februari 2013 pukul 12:57 pm

    pengen punya injeksi…
    kira2 kapan di indonesia motor wajib injeksi?

  4. 8 Brodjo
    27 Februari 2013 pukul 8:09 pm

    Artikelnyaaaaa baguss.. muantapp nambah pengetahuan saya nih :D

  5. 9 Tina Latief
    4 Maret 2013 pukul 8:45 pm

    wah ini nih dunia cowok…
    hehehe, kalau saya cuma jadi pengguna saja kok mas. Masalah onderdil nanti urusan bengkel. Meski sebenarnya ngga baik kalau punya kendaraan tapi ngga bisa merawat, tapi ya mau bagaimana lagi kalau ngga suka ngotak-atik. Salam kenal :)

  6. 5 Maret 2013 pukul 11:16 am

    nunggu injeksi bandel dan terjangkau

  7. 12 jeons
    8 Maret 2013 pukul 6:54 am

    mntor injek emang agak rawan

  8. 1 April 2013 pukul 2:52 pm

    injeksi kalo servis bawa ke bengkel umum masih lum bisa ya, trouble kalo lagi touring ke daerah pinggiran donk

  9. 14 April 2013 pukul 9:37 am

    Wow, langsung goreng ya cak… hehehe..

    “Dihadapan Blogger, AHM Pastikan Garansi 5 Tahun untuk Teknologi Injeksi PGM-FI”

    http://otomotoblog.com/2013/04/14/dihadapan-blogger-ahm-pastikan-garansi-5-tahun-untuk-teknologi-injeksi-pgm-fi/

    Salam

  10. 15 April 2013 pukul 3:49 pm

    ke kopdar obiwan gak mau
    kopdar ahm mau

    *mitra banget

  11. 19 Abiemanyu@yahoo.co.id
    1 Juni 2013 pukul 4:43 am

    trus keguna’an lmpu yg ad d kilo mtr itu , pungsi yh ap mas, ‘kata yh klw mau on tnggu si lmpu yh mati dulu, bru stater, klw dlm ke’ada’an msih nyala udah d stater dampak yh knpa?
    ksih pnjelasan dong……..
    ‘tank’s.

  12. 16 Juli 2013 pukul 11:54 pm

    apa fungsi fungsi 3 kabel yg ad d soket cuil avanza.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Februari 2013
S S R K J S M
« Jan   Mei »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 3,918,292 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 269 pengikut lainnya.

Blog ini mendukung


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 269 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: