20
Jan
13

Lebih Dekat Dengan Kopi Luwak…!!!

Luwak

Indonesia mendadak menjadi perhatian dunia ketika Oprah Winfrey memperkenalkannya kopi luwak dalam Talk Show yang ditonton oleh jutaan orang. Kopi luwak merupakan olahan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran hewan bernama luwak yang tampangnya mirip musang. Luwak mempunyai keunikan sebagai hewan yang doyan makan biji kopi. Namun tak sembarang biji kopi langsung ditelan mentah2, si luwak akan memilah2 lebih dahulu biji kopi mana yang sudah matang & cukup baik. Banyak yang mengira bahwa biji kopi adalah makanan utama luwak padahal itu salah. Biji kopi hanya sebagai camilan saja, sedangkan menu utamanya adalah buah2an seperti pisang, pepaya serta belut. Luwak2

Dengan indera penciumannya yang peka, luwak akan memilih buah kopi yang betul-betul matang optimal sebagai makanannya. Buah kopi yang dikonsumsi diproses melalui sistem pencernaan dan tidak tercerna karena masih berkulit keras (kulit tanduk) namun mengalami proses fermentasi dalam saluran cerna, kemudian dikeluarkan dalam bentuk kotoran berupa gumpalan biji kopi utuh bercampur lendir. Biji kopi luwak tersebut dibersihkan dengan metode double washer sehingga bebas najis. Terdapat perubahan warna menjadi lebih kuning dan memiliki aroma khas berbeda dibandingkan dengan kopi non fermentasi. Selanjutnya mengalami proses sebagaimana pengolahan biji kopi lainnya. Oh ya, jenis kopi yang dimakan oleh luwak adalah kopi arabika.

Setelah melakukan kajian, MUI menemukan bahwa hewan luwak hanya memakan kulit luar buah kopi dan menyisakan kulit tanduk buah kopi. Biji kopi luwak harus melalui pencucian terlebih dahulu sebelum dapat dikatakan halal.

Kotoran Luwak

Bijih Kopi Luwak

Kopi luwak sendiri sebenarnya sudah ada sejak zaman VOC…!!! gile udah lama bener yak :)  Ceritanya waktu itu zaman tanam paksa. Para petani disuruh nanam kopi ama wong2 londo namun para petani gak boleh mencicipi kopi sedikitpun. Kopi hanya bisa dikonsumsi oleh orang Belanda ato untuk dijual di eropa. Suatu ketika ada beberapa petani yang memperhatikan bahwa ada binatang yang doyan makan biji kopi & kotorannya dibuang beserta biji kopinya. Penasaran dengan rasa kopi itu kayak apa, petani2 tersebut kemudian membersihkan biji kopi, diproses hingga kemudian diseduh dengan air panas. Kebiasaan petani memungut kopi dari kotoran luwak & kemudian meminumnya lama kelamaan ketahuan ama wong londo. Wong londo pun penasaran, mengapa petani2 itu doyan minum kopi dari kotoran hewan. “J*nc*k…rasa kopi kalian lebih enak ketimbang yang ane minum,” mungkin begitulah kira2 ungkapan wong londo ketika itu :mrgreen:

Hewan luwak tak banyak populasinya di Indonesia. Alhasil masih belom banyak kopi luwak yang dihasilkan. Selain itu untuk menghasilkan kopi luwak yang berkualitas, luwak harus sehat & makanannya gizinya cukup baik yang tentunya butuh biaya perawatan yang cukup tinggi. Hal inilah yang membuat harga kopi luwak membumbung tinggi. Gimana rasanya kopi luwak ??? aroma harum & khas serta rasa kopi luwak memang terasa spesial. Lebih muanteeeppp lagi jika gula yang dipake adalah gula jawa (merah)…!!! Mak nyuuuzzz…!!! Ini benar2 kopi luwak, bukan kopi luwak2an seperti yang sering nongol di tipi itu :mrgreen:

Kopi Luwak

Di kafe2 harga secangkir kopi luwak bisa ratusan ribu rupiah, kalo di tempat petani cukup Rp25rb saja he3x…

About these ads

14 Responses to “Lebih Dekat Dengan Kopi Luwak…!!!”


  1. 20 Januari 2013 pukul 8:28 pm

    mahalllllllllll, dan kopi luwak bukan obat ngantuk :D

  2. 20 Januari 2013 pukul 9:13 pm

    hihi, lucu liat pup-nya…

  3. 21 Januari 2013 pukul 7:42 am

    woh ajib iki,… bagi donk :D

  4. 7 debu biru
    21 Januari 2013 pukul 12:14 pm

    kopi e’ek :mrgreen:

    emang cuma luwak ya yg doyan makan kopi? siapa tahu entar ada lagi kopi trenggiling, kopi badak, kopi tekek, dsb

  5. 21 Januari 2013 pukul 2:10 pm

    jos tenan…
    aku cukup luwak white coffe yg murah meriah :D

  6. 9 Eddie Prasetyo
    21 Januari 2013 pukul 7:30 pm

    blm pernah ngerasain

  7. 11 jnakawara
    14 Februari 2013 pukul 9:36 am

    jadi pengin njajal …

    ada rekomendasi kopi luwak mas???

  8. 14 Maret 2013 pukul 8:49 am

    nih hewan yang heboh diberitain kucing berkepala tikus

  9. 26 April 2013 pukul 1:58 pm

    wah brati ini cara pengolahan kopi yang emang asli Indonesia yah..? koyo ngopo seh rasane?


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Januari 2013
S S R K J S M
« Des   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 4,116,265 hits

Twitter

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 282 pengikut lainnya.

Blog ini mendukung


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 282 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: