31
Mei
12

Beberapa Penyebab Mesin Overheating…!!!

Tunggangan yang sudah menggunakan radiator memang menyenangkan, pengguna gak perlu khawatir lagi mesin kegerahan. Disamping itu tenaga mesin tetap terjaga alias gak ngedrop. Meskipun begitu sistem pendingin mesin perlu diperhatikan alias dirawat, jika terabaikan momok temperatur mesin menjadi tinggi (overheating) siap datang kapan saja. Overheating bisa menyebabkan kendaraan mogok di jalan. Kalo parah kepala silinder bisa melengkung…!!! Ongkos perbaikannya pun tak murah…!!!

Pastikan air di tabung reservoir takarannya pas (tidak berlebihan & tidak kurang)

Biasanya overheating terjadi karana ada sistem pendingin mesin tidak berfungsi dengan baik. Yuk kita kenali penyebab mesin overheating

  1. Radiator kotor, radiator yang kotor disebabkan oleh adanya endapan ato lumpur sehingga sirkulasi air di dalam radiator tidak bekerja dengan baik. Untuk mencegahnya rajinlah menguras air radiator setiap 12.000 km ato setahun sekali. Lebih baik lagi jika menggunakan cairan khusus buat radiator (radiator coolant).
  2. Selang radiator, seiring berjalannya umur selang radiator biasanya akan timbul retak2. Jika sudah timbul retak, air radiator lama kelamaan akan berkurang & bisa habis…!!! Gejala yang lazim ditemui adalah air radiator sering berkurang.
  3. Waterpump, pompa yang sudah melemah membuat sirkulasi air tidak berjalan optimal. Ini berkaitan dengan usia pakai, gak bisa diprediksi.
  4. Kipas radiator, biasanya yang terjadi adalah kipasnya mati ato putarannya lemah. Jika kipasnya mati mungkin ada kabel yang terlepas. Sensor temperatur mesin yang tidak bekerja juga bisa jadi penyebab. Motor yang sudah lemah membuat kipas radiator berputar tidak semestinya.
  5. Tutup radiator, tugasnya sebagai penjaga tekanan di dalam ruang sirkulasi air & sebagai pengatur aliran air dari dan menuju tabung reservoir. Kalo kondisinya sudah rusak ato berkarat sebaiknya diganti. Tutup radiator sudah pernah saya ulas disini.

Ada lagi yang mau menambahkan ??? monggo… :) semoga bermanfaat…

About these ads

37 Responses to “Beberapa Penyebab Mesin Overheating…!!!”


  1. 31 Mei 2012 pukul 10:10 pm

    wis lawas ra ngrumat mobil *mantan tehnisi mobil parade :D

  2. 1 Juni 2012 pukul 12:10 am

    pernah punya kasus, minerva radiatornya soax, dibersihin tetep bikin oli gak naek. Dan piston, silinder, rocker arm serta cam rusak parah.
    solusi ringan radiator oli dibuang dan sistem dilangsungkan. :)
    aman…

  3. 1 Juni 2012 pukul 7:55 am

    joss..radiator butuh perawatan..kalo bukan tipe perawat yang pendingin udara aja.. :D

  4. 7 Juni 2012 pukul 2:06 pm

    jangan lupa, biasakan setiap pagi sebelum dipanasin cek radiator, reservoir, reservoir wiper dan oli.. sempatkan barang 5 menit. #kadang2 klo tergesa-gesa sy juga lering llupa.

  5. 10 ijal nasution
    20 Oktober 2012 pukul 12:37 pm

    saya punya masalah di pompa radiator pada toyota twincam SE Limited 1990
    berisik di saat mesin hidup
    tapi temperatur panas stabil, kecuali saya gunakan AC, naik dibawah 1/2.
    yang ingin saya tanyakan,
    1. apa penyebab pompa radiator tersebut bunyi kasar begitu?
    2. jika saya biarkan (karena menurut saya tidak mengganggu kecuali suaranya yg berisik), apakah mempengaruhi yang lainnya?
    3. klau saya mau perbaiki (ganti) pompa yang aslinya ada gk ya Gan.
    4. terima kasih

    • 22 Oktober 2012 pukul 11:36 am

      1. Mungkin kipas radiatornya yang berisik pak.Penyebab karena umur komponen.
      2. Sebaiknya diganti pak.Jangan sampe kipasnya rusak ato motornya lemah sehingga proses pendinginan mesin terganggu.
      3. Yang ori & kw ada.Sebaiknya pilih yg ori biar awet.

  6. 17 Desember 2012 pukul 10:08 pm

    gan, mobil ane greco ’92. mesin sering overheating..pernah ane coba sampai keluar uap dari radiatornya. trus tanki reserve abis tumpah.. setelah ane cek ternyata kipas radiator mati/alias ga fungsi..itu knp ya gan, padahal brsn tune up..apa waktunya ganti kipasnya? msh newby soal mesin..thanks gan..

  7. 28 Desember 2012 pukul 11:30 pm

    Mobil sy Genio ’94. engine lamp nyala terus> dl pernah bgtu krn spedo meter mati. setelah di ganti normal lg. tp ko sekarang nyala lagi. apa penyebabnya??
    Apa krn kipas Radiator mati ya..??? kipas di cek bagus. sekreng ga ada yg mati. di langsungin nyala. apa krn detector panas yg tdk berfungsi..??? kl rusak apa penyebabnya…//

    mohon sarannya

  8. 16 cahyo
    25 Februari 2013 pukul 3:12 am

    kalo buat motor kayak vega r apa gan? apa bisa dari oli juga gan?
    mohon pencerahannya

  9. 18 jialink
    11 April 2013 pukul 10:22 am

    gan saya punya new vixion tapi baru jalan 3km mesin udah over heat/panas….dan lampu indikator nyala.saya cekan kesalah satu bengkel resmi malah blum diapa2in katanya nunggu direkturnya atau apa,padahal buku servis saya untuk gratisanya diambil eh servisnya cuman cek pakai tool box itu doank g dicek radiat0rnya,filternya,huft ngeselin pokoknya dech….dan hari ini motor saya jga masih kayak kemarin baru jalan bentar mesin panas padahl air radiator penuh di bok infus raditor penuh.oli mesin baru diganti ada apa masalahnya ya gan?

    • 13 April 2013 pukul 7:04 pm

      Wah bengkel resminya gak jago tuh bro.Penyebab mesin overheat bisa jadi kipas radiator tidak bekerja ketika mesin panas. Coba deh bro bawa Vixi-nya ke bengkel resmi di tempat yg lain.

  10. 20 fradinata
    11 September 2013 pukul 1:56 pm

    jupiter mx gw juga bermasalah nih….. blm 5km aj dah nyala lampu indikator merah di spidometer…. trus kipas radiator nya muter terus,… walaupn mesin mati.. kunci kedaan on… mohon penerangan ny ya gan…..
    horas… medan

  11. 7 Oktober 2013 pukul 9:21 pm

    kenapa motor jupiter mx saya bunyi mesin nya kasar klitik klitik hampir sama dengan knalpot suara nya apa penyebab nya itu mas…

  12. 25 adi
    1 November 2013 pukul 2:55 pm

    mas jupiter mx q air dalam radiator sering brkurang turun ke reservoir dan kadang nyemprot keluar lwt lbng reservoir klo dah pnuh?kira2 apane ya?klo tutup radiator bru saya gnti mungkin apane ya?

    • 4 November 2013 pukul 5:25 pm

      Sepertinya tutup radiatornya sudah oblak,per pembuka penutupnya sudah tidak berfungsi dengan baik.Tapi jangan lupa cek juga sistem pendingin mesin seperti slang2 & kipas radiator.

      • 27 adi
        12 November 2013 pukul 3:58 pm

        tutupnya br saya ganti trus slang juga,thermo sensor juga,apa mungkin waterpumpnya atau thermostat yg rusak ya?klo bag. tsb kira2 apa efek nya sama juga?.

  13. 19 November 2013 pukul 10:10 pm

    permisi gan numpang nnya jupiter z thun 2011 spesifikasi :
    karbulator pwl 28, noken as
    bubutan,head silinder porting
    polish, kopling manual… gjala yg
    timbul ssudah 2 bln… transmisi
    mw ke gigi 4.. mtor ny mlAh
    mati… tp klu di tahan gas
    mrebet sprti abis bensin… tp klo
    lg posisi netral di gas pol gx da
    kendala… gigi 1,2,3 enak gx da
    kndala… paz mw gigi 4 aj mulai
    bermasalah… kira2 msalah ny
    dmna ea

  14. 19 November 2013 pukul 10:12 pm

    jupiter z thun 2011 spesifikasi :
    karbulator pwl 28, noken as
    bubutan,head silinder porting
    polish, kopling manual… gjala yg
    timbul ssudah 2 bln… transmisi
    mw ke gigi 4.. mtor ny mlAh
    mati… tp klu di tahan gas
    mrebet sprti abis bensin… tp klo
    lg posisi netral di gas pol gx da
    kendala… gigi 1,2,3 enak gx da
    kndala… paz mw gigi 4 aj mulai
    bermasalah… kira2 msalah ny
    dmna ea…

  15. 30 Cucu priadi
    1 Januari 2014 pukul 3:00 pm

    Maaf saya punya keluhan denga mobil optra Automaitix 2005….semenjak ganti penampung air radiator di ganti…saya mendapatkan masalah overheat…trus saya bawa kebengkel kalau dilihat dari air sangat kotor trus kami fluhing…setelah flahing masih juga overheat..katanya ganti tutup radiator setelah diganti…setelah 1 hari masih juga overheat…bengkel bilang coba cek dengan komputer..hasilnya Knock sensor low voltage…apakah sensor ini ada hubungannya dengan overheat radiator.. terima kasih

    • 5 Januari 2014 pukul 9:01 pm

      Knock sensor kaitannya dgn bahan bakar, misalnya mobil bpk rekomendasi pabriknya adalah bensin pertamax sedangkan bpk ngisinya premium maka hasilnya mesin menjadi ngelitik.Namun mesin ngelitik ini bisa dikurangi gejalanya dengan adanya knock sensor. Kalo knock sensornya problem analisa saya mesin akan ngelitik & bahan bakar menjadi boros.
      Utk masalah overheat coba dicek kipas radiatornya apakah masih berfungsi dengan baik ato tidak, jika putarannya lemah maka mesin akan cepat panas. Selain itu cek jg tutup radiatornya, apakah tekanan bar-nya sudah sesuai rekomendasi pabrik dsb.

  16. 32 Cucu priadi
    7 Januari 2014 pukul 11:53 am

    terima kasih atas jawabanya…Masalah overheat sudah saya temukan..ECTnya gak berfungsi dengan sepurna…saya ganti sekarang tidak lagi overheat….masih ada lagi kendala blm saya selesaikan…kalau pagi2..mobil saya start mesin tidak langsung jalan akan tetapi mati sampe tiga kali…menurut bengkel diganti aja Idle air valve sensor…pada saat dibuka memang sensornya kotor sekali trus kami gantui allhamdullilah sekarang kalau bisa normal, tapi masih ada yang ragukan kadang masih suka mesin gak stabil, apakah boleh saya bersihkan lubang IAC ini disemprot dengan Carburator cleaning langsung kelubang daripada IAC sensor dicaburator… teriman kasih

  17. 33 herzilo
    23 Februari 2014 pukul 10:07 am

    sorry gan..boleh nambahi gan…gak kalah penting bagian thermostat…bila macet dijamin overheat tu mesin…

  18. 34 ragil
    24 Februari 2014 pukul 9:21 am

    gan mx saya sering bunyi kliti. . .klitik padahal oli.a sudah pke 10w-40 knapa ea gadm

  19. 35 ragil
    7 Maret 2014 pukul 3:00 pm

    tlat blz.a gw dh tau skrng pnyebab pnylt mtor gw n skrng tmbh ngebut smpx2 new vixion aj di lalap

  20. 19 September 2014 pukul 12:52 pm

    Bro,, numpang tanya ne. rumah lampu utama mx gw tu sering hangus, kyak kebakar gtu d sekitar bola lampunya. da gnti 2x rumah lampux. trus knapa y air radiator mx gw tu cpat kering. n pengaruh g kl air radiatorx pake air mineral????

  21. 19 September 2014 pukul 12:53 pm

    tiap pagi kl mw panasin mtor, di gas tinggi, bnyak asap yg kluar dr knalpot. tu pengaruhx apa? n solusix bgmna?


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Mei 2012
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 4,109,992 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 281 pengikut lainnya.

Blog ini mendukung


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 281 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: