22
Jan
12

Beli Mobil Bekas…Jangan Lupa Cek Timing Belt…!!!

sumber : autorepairservice.wordpress.com

Kejadian gak mengenakkan menimpa teman saya. Doi barusan ngambil mobil bekas Suzuki Futura tahun 2000, sekitar awal Desember 2011. Acara tahun baruan kemaren yang harusnya penuh senyum ceria berubah menjadi bencana. Yup… mobilnya mogok di jalan tol Jagorawi. Mesin gak bisa distarter. Pas dicek petugas tol ternyata ohhh…ternyata… timing belt-nya putus…!!! Mau gak mau kendaraan kudu di derek ke bengkel yang dekat dengan pintu keluar tol.

Menurutnya sebelum dipake jalan2 ama keluarga, mobilnya sempet di bawa ke bengkel untuk tune up seperti ganti oli, ganti filter oli, cek busi, bersihkan karburator hingga filter udara. Yah namanya juga tune up pemeriksaannya tidak sampai mendetail ke hal2 yang lainnya seperti timing belt.

Di buku manual kendaraan biasanya tertulis timing belt disarankan untuk diganti tiap 50.000 km. Namun beberapa mekanik ada yang menyarankan untuk kondisi kota Jakarta yang sering macet penggantian timing belt dipercepat misalnya tiap 40.000 km. Belt yang terbuat dari karet bisa putus tiba2 tanpa ada pemberitahuan ato gejala sebelumnya. Ingin mengetahui kondisi timing belt paling simpel adalah menanyakan ke pemilik kapan terakhir ganti timing belt sebelum kita meminang mobil bekas. Cara kedua adalah melihat langsung kondisi belt. Belt yang sudah berumur biasanya sifatnya getas & ada retakan2 kecil.

Bagaimana kalo penjualnya gak ngerti (misalnya pas di showroom), track record service-nya juga gak ada trus pas dicek kondisinya belt-nya masih bagus ??? saran saya sebaiknya tetep ganti timing belt daripada ntar kenapa2 pas apes di jalan.

Timing belt putus bisa menyebabkan klep bengkok karena kehajar piston. Belum lagi komponen2 yang lain. Udah kebayang kan besarnya biaya turun mesin yang harus dikeluarkan. Nah… kalo udah meminang mobil bekas, jangan sekedar tune up aja tapi juga lakukan ritual cek kondisi yang lain2nya seperti timing belt.

Semoga bermanfaat…

15 Responses to “Beli Mobil Bekas…Jangan Lupa Cek Timing Belt…!!!”


  1. 22 Januari 2012 pukul 1:35 pm

    selain timing belt apalagi Cak ? yang wajib tepat guna

    • 22 Januari 2012 pukul 8:04 pm

      Sistem pendingin mesin…cek kondisi radiator hingga slang2nya. Jangan sampe radiator bocor ato slang2 pecah pas di jalan misalnya diluar kota di tengah hutan pula, bisa berabe tuh…

  2. 22 Januari 2012 pukul 9:21 pm

    Info berguna….bangettttttt…
    Ini fungsinya kayak keteng ya

  3. 7 yo2k
    24 Januari 2012 pukul 7:33 am

    Di setiap beli mobkas coba cek di kap mesin bagian dalam, dinding body bagian dalam mesin, atau bagian dashboard yg tertutup dortrim pintu kanann depan, karena setiap pembelian timming belt selalu disertai sticker yg siapp diisi oleh mekanik pada km berapa timming belt harus diganti (kadang mekanik jg lupa mencantumkan). Tetapi alangkah baiknya klo ada sisa dana, setiap beli mobkas timming belt langsung diganti saja walaupun yg jual bilang baru ganti (hari gini, susah cari/ nemuin org yg bsa dipercaya)

  4. 1 Februari 2012 pukul 8:50 pm

    wah kalo di indonesia…diusia 30ribu KM timing belt…udah bisa dipastikan retak2…soalnya orang2 biasa pake mobil kalo sabtu-minggu aja..harian pada pake motor..ato kalo yang tiap hari dipake, mobil sering kena macet..jadi baru 30ribu KM dah gak layak jalan!!….
    kalo beli mobil seken oli rem, oli kopling, oli power steering, oli mesin, oli gearbox, air radiator dan saringan bensin/solar, saringan oli sebaiknya diganti meski bertahap!! ganti aki , kampas rem dan ban bakal nyusul tuh….

  5. 10 manto
    8 Oktober 2012 pukul 8:00 pm

    ngecek timing belt harus bongkar mesin ga ya ? bs ga di intip aja ?

  6. 12 koplo cross
    9 Mei 2013 pukul 2:51 am

    Yuupp betul sekali.. kejadian serupa belum lama saya alami, ceritanya ane beli mobil buntut civic wonder 4 pintu th 85 pas tu mobil jatuh ke tangan ane, langsung deh ritual ganti oli, filter oli dan gak lupa oli presneleng (transmisi) ane ganti semua/ service karburator biar tarikan oke, ganti plat kopling dan poles sana sini biar body kinclong.. total biaya sekitar 1jutaan biar mobil enak buat jalan.. tp kesalahan fatal yg terlupakan adalah tidak mengganti Timing belt waktu itu di cek bengkel belt masih dalam keadaan baik.. 5 bulan ane pake tu boil gak ada masalah berarti ane bawa jogja – brebes 3x lancar jaya,
    Sampai suatu hari pas ane jalan ma bini muter jogja tepatnya di jalan gejayan mobil tiba2 mogok terdengar suara dari kap depan DEBBB!! gak begitu keras tapi saat itu ane yakin klo ini bukan hal sepele alias mogok biasa.. cukup panik dan bikin deg2an karena mobil di posisi tengah jalan dan rada melintang, ampuuun terpaksa dengan susah payah ane dorong tu boil menepi.. langsung ane buka kap mesin cek di bagian mesin gak kerusakan yg tampak oleh mata, ane coba starter wueiitz ternyata ngelos dan enteng banget saat mesin di start. gak kebayang kan siang hari bolong, panas minta ampun, mobil mogok, ndorong, diliatin banyak orang hehheee gak banget deh..

    Akhirnya dihampiri tukang parkir dan di tunjukin bengkel terdekat, langsung deh mekanik bengkel ane bawa ke tkp.. dan benar dengan dugaan ane semula timing belt putus. mobil di derek ke bengkel, cilinder head di bongkar dan ngelus dada 6 klep bengkok kehajar piston tepatnya 4 klep Ex dan 2 klep in yg bengkok.. stelah ngobrol2 si empunya bengkel langsung buat daftar belanjaan part2 yg mesti di ganti, 4 klep ex ( yg kepalanya lebar) 2 klep in, Timing belt tentunya, packing head perpak intake, perpak exaust seal klep 12 biji ( 6 in 6 ex ) selang2 by pas + klem ( karena pas di bongkar robek dah getas) segera ane ke toko Sarinah jln Mgl deket tvri.. tu toko onderdil katanya paling lengkap se jogja.. 700 Ribu keluar dari dompet untuk nebus barang2 tadi..

    Ane balik ke bengkel dan kasihkan semua part yg ane beli ke pemilik bengkel, dengan muka kalem si empunya bengkel yg seinget ane orangnya rada gemuk gak tinggi dan kepala rada botak hehhee..bilang klo mobil mo langsung di garap besok sore sudah jadi.. oke makasih pak besok saya kasini lagi..

    Sehari berselang ane dateng ke bengkel yg lokasinya berdampingan dengan kampus uny. sambil mikir perkiraan biaya yg mesti di siapin buat ongkos kerja.. ‘mobilnya sudah jadi mas’ kata pemilik bengkel.. oke pak sambil liat2 jeroan kap mesin memastikan semuanya sudah terpasang dengan baik.. langsung ane tanya habis berapa pak biayanya?? dan si Boss” bengkel tadi bilang 750 ribu mas.. gludakk rada diem dan mikir kog ongkos kerjanya sebesar itu secara cuma bongkar head atas masang klep dan skur klep dan ganti packing2 tadi kan sekalian bongkar? .. hhmmm padahal perkiraan di angan2 cuma sekitar 300ribu lah.. ya sudahlah gpp ane bayar ( kamprettt dalam hati mbatin di bengkel lain di jogja rata2 untuk ongkos kerja seperti itu cuma 250- 300 ribuan) akhirnya ane jabat tangan dengan si boss empunya bengkel dan pulang
    Jadi total biaya yg mesti ane keluarin 700 rb spare part + 750 ribu ongkos bengkel = Rp 1.450.000 waww!! harga yg cukup mahal untuk kelalaian tidak mengganti timing belt ketika beli mobil second.. padahal harga timing belt cuma 100ribu non ori dan 250 ribu original honda..

    Semoga pengalaman Saya dan Ts bisa jadi pelajaran buat pembaca yg baru aja beli mobil 2nd.. :D


Tinggalkan Balasan

Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Januari 2012
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 3,990,064 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 273 pengikut lainnya.

Blog ini mendukung


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 273 pengikut lainnya.

