05
Jan
12

Memahami Karakter Kepemimpinan Joko Widodo Lewat Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani……

Ketika menyebut Raden Mas Suwardi Surjaningrat mungkin banyak orang yang gak tahu. Tapi begitu mengucapkan nama Ki Hajar Dewantara… dari anak kecil ampe orang dewasa pasti mengenalinya. Raden Mas Suwardi Surjaningrat adalah nama lain dari Ki Hajar Dewantara. Nggak tau deh sejak kapan & alasan apa beliau mengubah namanya. Sosok Ki Hajar Dewantara sangat lekat dengan dunia pendidikan dimana salah satu masterpiece-nya adalah Taman Siswa. Tak hanya Taman Siswa saja yang didirikan oleh Ki Hajar Dewantara tapi beliau juga memperkenalkan konsep ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karso, tut wuri handayani. Ajaran yang ditemukan beliau ini untuk keperluan mendidik kiranya cukup aktual untuk diterapkan dalam kepemimpinan.

Kita baru saja melihat gebrakan Walikota Solo Pak Joko Widodo (Jokowi) yang meminang mobil buatan dalam negeri (artikelnya disini). Sebelumnya Jokowi juga menolak pembangunan tempat perbelanjaan di kotanya. Sepak terjang Jokowi dalam memimpin sebuah daerah boleh dikata melawan arus dengan apa yang lumrah dilakukan oleh pejabat2 lain yang doyan makan duit negara.

Slogan yang diciptakan oleh Ki Hajar Dewantara di atas, saya kira pas banget dengan karakter kepemimpinan Jokowi. Mari qta telaah satu persatu…

Ing Ngarsa Sung Tulada, Ngarsa artinya di depan sedangkan Tulada maknanya contoh. Secara keseluruhan maknanya adalah bahwa seorang pemimpin seyogyanya mampu memberi contoh yang baik.

Ing Madya Mangun Karsa, Madya artinya tengah, Mangun artinya membentuk sesuai keperluan sedangkan Karsa artinya kehendak. Maknanya seorang pemimpin harus bertindak konsisten. Sebagai pemimpin jika ingin berhasil dianjurkan untuk dapat memperhatikan, memelihara dan menjaga kehendak orang2 disekitarnya secara seimbang.

Tut Wuri Handayani. Tut Wuri artinya di belakang sedangkan Handayani artinya kekuatan. Sebagai pemimpin harus mampu mengasuh rakyatnya dengan baik dengan memberikan arahan & rasa aman.

Nah… ketiga ajaran di atas sudah dilakukan oleh Jokowi.Kepemimpinan adalah perpaduan yang unik antara pemimpin, sahabat & guru. Untuk menegakkan kepercayaan, pemimpin harus mampu menunjukkan bahwa ia mempunyai kelebihan dibandingkan yang lain. Jokowi sudah memiliki ke semua unsur tadi, tinggal melangkah lebih maju lagi… sapa tau nantinya akan menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah menggantikan Bibit Waluyo seorang jenderal ora mutu blas. Syukur2 jadi Menteri ato Presiden :) Biarlah waktu yang akan menjawabnya…

Referensi : Buku Beyond Leadership, Djokosantoso Moeljono

About these ads

15 Responses to “Memahami Karakter Kepemimpinan Joko Widodo Lewat Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani……”


  1. 5 Januari 2012 pukul 2:43 pm

    Nah, ini baru penempatan makna kata “BELIAU” yang tepat :-)

  2. 5 Risang Sargo
    5 Januari 2012 pukul 3:29 pm

    Angkat topi buat Pak Jokowi..
    #respect

  3. 7 Tulus Budi
    6 Januari 2012 pukul 9:18 am

    pak Jokowi Mantabssss….. membuat ‘SOLO’ kotaku jadi mantabsss……

  4. 6 Januari 2012 pukul 11:47 am

    membaca apa yg mas Jokowi buat untuk Solo memancing saya utk berlibur ke kota Solo.

  5. 9 125cc paling pas
    6 Januari 2012 pukul 3:40 pm

    cuma baru terlihat ada 2 Manusia di Indonesia saat ini yg pantas jadi CAPRES & CAWAPRES 2014………pasangan “Dahlan Iskan & Joko Widodo”….kita dukung “DIS-KO” :)

  6. 11 mas BEI
    7 Januari 2012 pukul 3:15 pm

    Anjing mengonggong kafilah tetap berlalu…..maju terus…..pak jokowi….pantang menyerah.

  7. 7 Januari 2012 pukul 10:04 pm

    Siiip…deh. Kita memang butuh orang-orang seperti pak Jokowi yang mudah-mudahan bisa menjadi pemimpin masa depan di negeri ini.

  8. 14 ulfah
    9 Januari 2012 pukul 10:22 am

    mudah”an joko wi selain mengayomi rakyt dia juga bisa membasmi tikus tikus kantor berdasi… sehingga bener” mengemban tugasnya dengan baik dan membuat negara ini maju dan rakyat sejahtera..

  9. 12 Januari 2012 pukul 7:40 pm

    pokoke Jokowi mmg cocok buat next presiden


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Januari 2012
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 4,108,486 hits

Twitter

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 281 pengikut lainnya.

Blog ini mendukung


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 281 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: