19
Jul
11

Anatomoto Mesin Suzuki Thunder 125…Minim Getar & Lebih Bertenaga…

Ketika berkunjung ke Suzuki Training Center, mas Harsoyo selaku instruktur tak lupa menerangkan mesin Suzuki Thunder 125. Menurutnya mesin Thunder 125 yang anyar berbeda dengan yang terdahulu. Ruang bakar misalnya desain kubahnya berbeda. Perubahan juga terjadi pada crankcase & letak dinamo starter. Menurut mas yang mengaku berbobot 100 kg ini :mrgreen: ketika test ride tenaga si petir anyar lebih garang dibandingkan yang lawas. Yah lebih baik lagi sih kalo kapasitas mesinnya dinaikin :) Kemudian getarannya juga minim berkat penempatan engine balancer. Monggo dilihat anatomotonya…

Desain kubah ruang bakar berbeda...

Engine balancer

About these ads

42 Responses to “Anatomoto Mesin Suzuki Thunder 125…Minim Getar & Lebih Bertenaga…”


  1. 19 Juli 2011 pukul 7:15 am

    saya yang awam masih bingung dengan klaim tenaga meningkat di thunder 125 baru ini. spek di kertas tenaganya 11,2 kalah dari tenaga thunder lama 11,5. bobot thunder baru ini juga jadi 130 kg berbanding 127 kg untuk thunder lama.

  2. 3 bejo
    19 Juli 2011 pukul 7:37 am

    sayang body masih kek gitu:sad:

  3. 19 Juli 2011 pukul 8:18 am

    Thunder ini kayaknya sengaja dipertahankan utk mengisi jajaran sport klasik.
    Tinggal nunggu adiknya brojol dg design futuristik

  4. 19 Juli 2011 pukul 8:42 am

    Thunder 125, motor laki seharga bebek…worthed lahhh untuk bikers kalangan menengah bawah

  5. 6 raya
    19 Juli 2011 pukul 9:01 am

    kurang mantep, gak ada engine cutting..

  6. 19 Juli 2011 pukul 9:23 am

    mesinku jadi keliatan jadul! :cry:
    tapi it’s ok! motor boleh biasa tapi kebersihannya harus luar biasa! (sambil bawa lap) :mrgreen:

  7. 19 Juli 2011 pukul 1:38 pm

    sayang body gak dirubah signifikan
    SALAM KARET BUNDAR

  8. 19 Juli 2011 pukul 5:37 pm

    piston thunder 125 banyak dikanibal buat pulsar 135 om,
    bore sama tapi stroke thunder lebih pendek , itu yang jadi sasaran para penggila pulsar135

    jemuran

    https://sabdho.wordpress.com/2011/07/19/pulsar-220-ikut-ikutan-inden-apakah-bukti-barang-indihe-sudah-bisa-diterima/

    keep brotherhood,

    salam,

  9. 13 akj
    21 Juli 2011 pukul 11:50 pm

    blok mesin sebelah kiri thunder lama kurang sreg,kaya setrikaan,lancip kedepan,gk tau yang baru berubah gk

  10. 14 Indra
    26 Juli 2011 pukul 2:42 pm

    Gw punya thunder 2008, lari sangat oke, cuma ganti gear belakang pake punya King, karburator karet vakumnya ganti yang 2o rebuan saja,pilot jet pakai punya Scorpio, saringan dibuka tutupnya saja tapi filternya masih terpasang tapi terdengar suara ‘ngook 2xx’ tarikannya jadi spontan . Thunder baru ini ternyata mesinnya lebih bagus yah bro ? kalau thundi gw bisa diganti blok mesin samping kirinya yang mirip kue pastel bisa nggak yah ?

  11. 16 Edisam
    12 Agustus 2011 pukul 1:12 pm

    Q pny thunder’07 lari kenceng,ampe 125-135 mesin&karbu masih standar tpi napa mesin tiba2 mati lok di pake touring?

  12. 16 Agustus 2011 pukul 6:01 am

    gue pria 65kg. kalo naik new thunder 125 boncengan dengan 1orang 60 kg kira-kira lari max berapa kph ya? dan akselerasinya gimana?

    • 2 Desember 2011 pukul 12:36 pm

      untuk akselerasi maksimal harus gas pol tiap-tiap gigi, top speed paling 90 kpj

    • 21 octa
      10 Oktober 2012 pukul 7:52 am

      thundi sy taon 2004(keluarn pertama) warna hitam tapi sampai sekrang masi bisa lari 110 kpj( berat saya 92) kondisi mesin standar pabrik cuma buka tutup filter udara n setelan udara d karbu 3,25 x 360 busi standar copot ringnya
      moga bermanfaat

  13. 14 Oktober 2011 pukul 4:38 pm

    mas mesin saya bunyi berisik solusi y apa ya mas,trus setelan kelif yang pas gimana ya mas?

  14. 23 nurul
    23 Oktober 2011 pukul 5:02 pm

    mas mesin saya bunyi berisik untuk setelan katup kelip yang pas berapa?

  15. 27 Oktober 2011 pukul 7:58 am

    bawa ajah ke bengkel gan masalah setel gituan, sekalian servis gitu

  16. 27 jhon era
    1 November 2011 pukul 10:31 pm

    bos,kok mesin thunderku kalau buat nanjak cemen bangen,tolong kasih solusi biar motorku bertenaga and dapat melibas stiap tanjakan???.

  17. 31 ibang jaelani
    30 Desember 2011 pukul 2:46 pm

    mas,, thunder sy tenaganya kurang penyebabnya apa ya, karbu bagus, coupling baru 6 bln, stater tokcer, knalpot ga keluar asap tapi basah dengan oli, trims mas !

  18. 32 rahmat31
    24 Februari 2012 pukul 7:15 pm

    gambar engine balancer kok batang kruk as dan mur-nya…hadeh

  19. 13 Maret 2012 pukul 4:15 pm

    mantep honda banyak inofasinya

  20. 34 Muchlas
    10 Juni 2012 pukul 10:51 am

    mas sya pux thunder 08′ knpa ya stater tnganx ga berfungsi,
    bsa ksih tau ap pnyebabx???

  21. 35 Tri
    15 Juni 2012 pukul 9:24 pm

    saya ingin tanya kenapa motor thunder saya klo di bawa kencang tiba suka mati sendiri dan saya harus tarik cuk dlu baru bisa jalan agak normal…. tenaganya pun terasa berkurang

    • 36 RoeKay
      22 Januari 2013 pukul 9:28 pm

      Problem saya Thunder 2008(dua bulan terakhir ) suka mati klo tarik gas habis di parkir ato lagi jalan tiba2 gas drop mati ; distater nyala tarik gas (4000 rpm ) mati ; apa penyebabnya;Thunder 2008 mesin semua masih ori terakhir ganti karet vakum SGP ; km 44ribuan ; ganti oli setiap 2000km ;

      • 37 maturisi
        25 Januari 2013 pukul 6:31 am

        kuras tangki dan bersihkan dari kerak….kalo problem berlanjut brarti udah saatnya ganti karet skep vakum,, harga sekitar 300rb

      • 8 April 2014 pukul 11:14 pm

        ventilasi udara pada penutup tangki bisa saja tersumbat, filter bensin yg kotor, pilot jet mampet (intinya terjadi karena bensin gak turun), kalo memang sehabis parkir dan parkiran itu kena terik matahari yg menyengat bisa saja permasalahan di lubang ventilasi tutup tangki motor, kalo memang terjadi coba buka sebentar tutup tangki agar terjadi sirkulasi udaranya

  22. 39 sotoy
    31 Juli 2012 pukul 1:01 pm

    produksi satria f 125, satria f 150 ganti body jadi fxr injeksi, thunder naikin 150 cc body ganti

  23. 40 Slow_down
    16 Agustus 2013 pukul 8:57 am

    Thunder 125 ntu mesin dasarnya mesin trail suzuki DR-Z 125, harusnya akserelasinya spontan didukung lagi dengan karakter mesin Overborenya yg ukuran pistonnya lebih besar dari langkahnya, karakter alami thunder seharusnya kencang.
    cuma ni mesin dicekek abis dengan porting yg sangat sempit, kem dengan dudukan model leher babu, karbu vakum Bs26ss diisi spuyer kecil(dijamin kering), perpembalik pada klep buang(tetap irit pada putaran tinggi tapi tenaga terhambat, cdi model TCI dngan limit rendah, didukung dengan bobot yg berat. dijamin larinya ngos-ngosan.

    tapi dengan sedikit penyempurnaan ane jamin ni thunder larinya bakal kenceng.

  24. 42 wan bagus
    6 April 2014 pukul 6:19 pm

    harga mesinya berapa gay


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Juli 2011
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 3,909,157 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 267 pengikut lainnya.

Blog ini mendukung


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 267 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: