12
Mei
11

Sang Legenda,Kijang Super…Generasi Emas Toyota…!!!

Toyota Kijang pertama kali mbrojol di tahun 1977, yang jelas waktu itu saya belum lahir hehehe… Kijang generasi perdana awalnya didesain untuk angkut barang (pick-up). Saingan terdekat waktu itu adalah Mitsubishi Colt. Kehadiran Kijang sebagai mobil serbaguna yang mudah perawatannya membuat permintaan terus meningkat. Kapasitas mesin pun meningkat dari mulanya 1.200 cc naik jadi 1.300 cc & kemudian 1.500 cc. Seiring berjalannya waktu, Kijang mendulang masa keemasan khususnya untuk Kijang generasi ketiga yang dibuat di rentang periode 1986-1996. Pada generasi ini Kijang yang sebelumnya dikenal sebagai kendaraan angkut mulai bergeser menjadi kendaraan penumpang. Kijang generasi ketiga terdiri dari 2 tipe yakni Kijang Super (1986-1996) & Kijang Grand (1992-1996).

Kijang generasi ini dibekali dengan 2 tipe mesin yakni tipe 5K (1.500 cc) & 7K (1.800 cc). Transmisinya tersedia 2 macam juga yaitu 4 & 5 tingkat percepatan. Salah satu teknologi terkini di masa itu yang dipersembahkan oleh Toyota adalah teknologi full pressed body & Toyota Original Body dimana proses pembuatan bodi mobil menggunakan sistem press, metode las titik & pengecatan yang bebas dempul.

Varian Kijang ini cukup banyak mulai dari LX, LSX, LGX, SX, SSX, SGX dsb. Yang awalan L menandakan Long = sasis panjang & yang awalannya S artinya Short = sasis pendek. Kijang yang fiturnya sederhana ada di LX & SX. Sedangkan yang paling mewah ada di LGX & SGX dimana udah dibekali dengan AC double blower, power window, tachometer, power steering, central door lock dsb. 

Oh ya, selama 10 tahun beredar, MPV yang ber-tagline “Kijang Memang Tiada Duanya” ini sanggup terjual hingga lebih dari 509.687 unit !!! Tak salah jika banyak kalangan yang berpendapat bahwa Kijang Super adalah generasi tersukses yang pernah dicapai Toyota. Tertarik ingin meminangnya ??? sedikit gambaran dari saya pas minjem mobil tetangga :mrgreen: kalo mesin 7K bensinnya rada boros sedangkan mesin 5K tenaganya kurang ngejoss. Tinggal pilih mau yang boros tapi bisa ngacir ato yang irit tapi tenaga pas2an :mrgreen:

Sejarah : wikipedia


66 Tanggapan to “Sang Legenda,Kijang Super…Generasi Emas Toyota…!!!”


  1. 1 zaqlutv
    12 Mei 2011 pukul 7:10 am

    salah satu mobil tangguh yang sampe sekarang masih diburu..
    btw sebelum berangkat kerja, om mitra posting artikel dulu.. 🙂

  2. 12 Mei 2011 pukul 7:37 am

    Naksir generasi terakhir sebelum berubah jadi Innova, sekene sih larang Pak Mit…

  3. 4 aditya
    12 Mei 2011 pukul 8:02 am

    tapi sayangnya sudah tidak dibuat lagi

  4. 12 Mei 2011 pukul 8:20 am

    Kijang Super punya Bapakku keluaran tahun 1990 baru dijual tahun lalu dengan harga 53 juta, untung banget ngejual harga segitu, belinya tahun 1998 seharga 25 jutaan plus perapihan diperkirakan habis 10 juta, total 35 juta, ehhh dipake 12 tahun dijual masih tinggi, valuenya apik

  5. 12 Mei 2011 pukul 8:53 am

    mobil muahall…
    htp://maskurblog.wordpress.com/2011/05/12/fazer-250-yakin/

  6. 9 goyobod
    12 Mei 2011 pukul 8:57 am

    Salah satu mobil yang harga sekennya ‘tidak masuk akal’ 😀
    Pak Mit, tolong diulas tentang varian daihatsu charade dan classy dong…

  7. 11 1001nickname
    12 Mei 2011 pukul 10:28 am

    saya juga belum lahir
    *) clingak clinguk ndole’i maskur…
    😆

  8. 12 Mei 2011 pukul 12:21 pm

    pilih yang joss tp irit..hehe

  9. 12 Mei 2011 pukul 3:49 pm

    tuh mbaknya grillnya berfungsi baik..memasukkan hawa segar ke dalam..xixiixix :mrgreen:
    ati2 di colek Om Mitra :mrgreen:

  10. 14 yudibatang
    12 Mei 2011 pukul 10:49 pm

    kalo kijang kotak, generasi tahun brp gan?

  11. 16 ben piss
    13 Mei 2011 pukul 4:44 am

    @13. asmarantaka,
    Buahahahahaha…
    Bener – bener nih bro yang satu ini.
    Saking ng%r#snya, kaca mata digantung di baju, dia pikir “grill” depan… 🙂 🙂 🙂

  12. 13 Mei 2011 pukul 5:41 am

    Haha…. Ampe skrng papa sayah masih setia ama kijang

  13. 13 Mei 2011 pukul 8:24 am

    wes..kijang manteb low maintenance…di rumah om ada tuh kijang super 89 dari baru ampe sekarang masih dipekerjakan..sekedar buat kulakan dipasar…bemper penyok2 karna sengaja buat nyruduk angkot yang ngeyel….

  14. 13 Mei 2011 pukul 9:17 am

    Keluargaku dulu punya kijang Super LX th’90, pada tahun 2004 lalu terjual 40 juta.

  15. 13 Mei 2011 pukul 11:59 am

    yang LGX, di mari, harga pasaran masih 85 jutaan loh…

  16. 22 Rollerman
    13 Mei 2011 pukul 12:46 pm

    yaa krn mobil ini pke karburator,jdnya boros

    yg paling mending tuh gnerasi Kijang Kapsul & Krista 1.8 ,hemat banget BBMnya (yaa lumayan buat jalan2 dkota macet)

  17. 23 hadi
    13 Mei 2011 pukul 3:46 pm

    di bandung aje kijang super thn 1990 msh sekitar 35-40jtaan…..btw ada yg mo jual ga ya?
    ada temen nanyain kijang super thn 1989/1990….tp sekitar bdg area.

  18. 14 Mei 2011 pukul 9:45 am

    ouchhhh…sally marcelina ex bomb sex perfilman indonesia

  19. 14 Mei 2011 pukul 8:06 pm

    daftar harga mobil sekennya sekalian dong bro…

  20. 15 Mei 2011 pukul 9:23 pm

    5K tuh lebih enak dioprek daripada 7K hehe tapi asal jangan P3K aja 😀

  21. 29 Kampret Bodong
    19 September 2011 pukul 7:24 pm

    Gan knp org pada gk suka sama kijang rover ya? Pdhl mesinnya sama….

  22. 31 henny
    29 Oktober 2011 pukul 4:55 pm

    kalau kijang jantan eksekutif tahun 1991 punya kelebihan dan kekurangan apa? lalu gampang ga cari onderdilnya

    • 30 Oktober 2011 pukul 11:56 am

      Kijang onderdilnya banyak (melimpah) mulai dari yang original hingga KW. Yang agak susah itu cari part bodi kijang keluaran karoseri.

      • 27 Agustus 2012 pukul 1:18 pm

        betul nih part nya sangat banyak/ mdh didapat dan terjangkau (ga perlu ragu deh )….. ane sempet punya super 94 dapet hasil lelangan skitar 15 juta, di renov skitar 15 juta dan saya jual skitar januari 12, Rp 47 juta….. amazing kan ?!

  23. 34 icang
    6 Desember 2011 pukul 7:18 am

    saya mau beli yang kijang super LX tahun 1996 kelebihan dan kekuranganya apa PAK DE tolong komenya

    • 6 Desember 2011 pukul 3:13 pm

      Gak punya Kijang pak…kalo nyetir punya orang sering 🙂 kelebihannya udah pasti daya angkut banyak, spare part mudah & murah, perawatan juga simpel. Kekurangannya sih bensinnya agak boros.

      • 36 Teguh orang Jepara Jateng
        17 September 2013 pukul 6:28 pm

        Gag Boros mas Brooo, itu perasaan aja kale, bukan nge belain, tp saya dah pake ToKi tahun 1995, masih terasa maknyusss dan BBM juga ga boros koq, hehehehehe (BukaN pROMO LOH….)

  24. 37 omd
    11 Desember 2011 pukul 11:56 am

    pak mit,kalo bemper belakang kijang rover ada yg jual kagak?trims..

  25. 40 najudin
    3 Maret 2012 pukul 9:44 pm

    sebetulnya boros atau iritnya bbm kijang super atau grand banyak faktor diantaranya 1, kijang akselarasinya tidak bisa sepontan walaupun injak gas full ga bisa langsung mendingan di ayun biar hemat bbm,
    2. gigi nanas gardan kijang bervariasi ada yang7,8, 9, 10, 11 semakin banyak semakin lelet manufer.
    3. venturi pada karburator bagian bensin lebih besar wajar ajah kalo rada nyropot.

    • 41 Tono
      28 Oktober 2012 pukul 2:24 pm

      betul banget boros itu karna kijang masih pake teknologi OHV/Pushroad macam mesin2 diesel atau truk.
      disamping itu body kijang yang tergolong berat, beda ama Carry, walau 1000 cc body enteng + teknologi sdah SOHC.

      maka dari itu kalo dipaksa gas dalem-dalem malah bikin drop tenaga mesin & boros.

      cara pakai mobil kijang memang lebih baik di ayun, salah2 putaran mesin malah buat bensin boros & gak bertenaga.

      tapi menurut saya karna kekurangan tenaganya itu merupakan suatu kelebihan.

      – karna tenaganya yg kurang, maka lebih mudah dikendarai oleh orang yang baru belajar mobil(Pemula).

      – karakter mesin OHV(putaran rendah) yg cocok untuk beban berat, merupakan kelebihan kijang ketika mengangkut muatan lebih.

      tapi sayang gigi 1 nya terlalu singkat yg bikin kagok pengendara, mungkin ini juga yg bikin kijang boros karna gigi 1 terlalu singkat yg buat pengendara memaksa putaran tinggi.

  26. 42 setu legi
    13 Maret 2012 pukul 6:33 am

    gan mau nanya nih,,,harga power steering n kira2 berapa ya 2nd na,,,,n ada yg jual nggak nih,,,makasih,,

  27. 43 amizar
    24 Maret 2012 pukul 7:04 pm

    kijang ku tahun 88 rakitan karoseri laku 41 juta ..

  28. 44 nuryamin
    12 September 2012 pukul 7:54 pm

    assalamualaikum kawan2 pendatang baru ni. numpang tanya ni kok ada iklan di internet tentang alat penghemat bbm betul tidak itu.

  29. 26 Oktober 2012 pukul 3:32 pm

    yang irit tpi ngacir ada nggak gan??

  30. 28 November 2012 pukul 5:09 pm

    jelang lebaran kemaren nglepas toki 92 comando ssx, 48,5, kondisi mesin sekarat tapi body yahud,ganti GL metic,2 bulan lego lagi,bener deh,untuk pemakaian segala medan,kijang tiada duanya,mobil keluaran terbaru ringkih semua,lagi nyari kijang lagi neh..

  31. 11 Desember 2012 pukul 6:23 pm

    coba kijang generasi ke3 dibuat lagi dengan model facelift kayak suzuki jimny yg diproduksi lagi sama suzuki “suzuki jimny 2013″….

  32. 49 Udin Silalahi
    19 Januari 2013 pukul 12:39 am

    mobilnya Mario Teguh tuh. Kijang “SUPER”

  33. 50 Udin Silalahi
    23 Februari 2013 pukul 8:42 pm

    sampe skrng ane suka bnget tampilan kijang.

    walaupun itu kijang generasi ke 3 yg cenderung kotak. tpi bentuknya gagak macam mobil jeep yg dibuat minibus.

  34. 51 ardy
    28 Mei 2013 pukul 2:48 pm

    punya kijang super 95…. bandelnya minta ampun.. kalo tipe lain mungkin sdh keok.. tapi istri pengen dituker yang city car… ya pisah ranjang dah sama kijang…

  35. 52 erik
    1 Agustus 2013 pukul 9:59 pm

    mohon info mas bro aku lg cari gardan kijang yg gigi 9 dmn ya mas bro,karna gardan punyaku udh kayak bunyi pesawat mohon info y mksh

  36. 53 safril
    30 Oktober 2013 pukul 2:48 am

    punya kijang super 88 body udah grang mesin sehat ac dingin pasaran skrg berapa yah? udah ga ada garasi jd mau jual aja kasian kehujanan/kpanasan. bingung kasih harga takut nkmahaln/kmurahan om

  37. 55 komang rendy
    21 November 2013 pukul 3:16 pm

    bos saya mau tanya kijang LSX 98 saya boros makan bensisiny 1:4 mohon d bantu
    agar jadi lebi irirt thanku

  38. 58 bowo
    4 Maret 2014 pukul 1:34 pm

    mobil bekas yang harganya diluar akal sehat..

  39. 59 Slow_down
    3 Juni 2014 pukul 12:06 pm

    ini kijang difoto bentuk grillnya bener-bener retro. & gagah macam Jeep.
    sayangnya banyak yg memodifikasi dengan model kijang G.

  40. 60 apri
    11 Juni 2014 pukul 11:39 am

    kijang ku magelang .> salatiga 130000 bisa bolak balik 2kali tuh

  41. 61 agus lana
    22 Agustus 2014 pukul 7:35 am

    aku mau beli kijang kotak…pasaran berapa ya pa de? mohon pencerahan..thx..

  42. 27 September 2014 pukul 6:48 pm

    gan ane beli kijang tahun 91 itu bangaimana perawatanya biar awet mohon pencerahaannya

  43. 17 Oktober 2014 pukul 3:06 pm

    permisi gan,ane mau jual toki thn 93 astra 6sped 50 jt nego alus

  44. 64 muhammad isro
    22 Oktober 2015 pukul 10:42 pm

    KIJANg ane jantan rider ksekutif 1800 cc thn 1996, baru sebulan an bayarin dri teman buat mudik, klebihan dn kekurangannya apa y gan? ko kerasa agk boros, gmana caranya biar irit kayak mobil skrg?

  45. 29 Februari 2016 pukul 6:47 pm

    begitu ketemu dua danau mobil kijang super saya menyerempet nenek yang lagi berjalan dan si nenek kaget begitu saya dekati dan sinenek bilang ” kijang memang tiada duanya”


Tinggalkan Balasan ke Tono Batalkan balasan


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Mei 2011
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 8.541.583 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabung dengan 391 pelanggan lain

Blog ini mendukung