Toyota Kijang pertama kali mbrojol di tahun 1977, yang jelas waktu itu saya belum lahir hehehe… Kijang generasi perdana awalnya didesain untuk angkut barang (pick-up). Saingan terdekat waktu itu adalah Mitsubishi Colt. Kehadiran Kijang sebagai mobil serbaguna yang mudah perawatannya membuat permintaan terus meningkat. Kapasitas mesin pun meningkat dari mulanya 1.200 cc naik jadi 1.300 cc & kemudian 1.500 cc. Seiring berjalannya waktu, Kijang mendulang masa keemasan khususnya untuk Kijang generasi ketiga yang dibuat di rentang periode 1986-1996. Pada generasi ini Kijang yang sebelumnya dikenal sebagai kendaraan angkut mulai bergeser menjadi kendaraan penumpang. Kijang generasi ketiga terdiri dari 2 tipe yakni Kijang Super (1986-1996) & Kijang Grand (1992-1996).
Kijang generasi ini dibekali dengan 2 tipe mesin yakni tipe 5K (1.500 cc) & 7K (1.800 cc). Transmisinya tersedia 2 macam juga yaitu 4 & 5 tingkat percepatan. Salah satu teknologi terkini di masa itu yang dipersembahkan oleh Toyota adalah teknologi full pressed body & Toyota Original Body dimana proses pembuatan bodi mobil menggunakan sistem press, metode las titik & pengecatan yang bebas dempul.
Varian Kijang ini cukup banyak mulai dari LX, LSX, LGX, SX, SSX, SGX dsb. Yang awalan L menandakan Long = sasis panjang & yang awalannya S artinya Short = sasis pendek. Kijang yang fiturnya sederhana ada di LX & SX. Sedangkan yang paling mewah ada di LGX & SGX dimana udah dibekali dengan AC double blower, power window, tachometer, power steering, central door lock dsb.
Oh ya, selama 10 tahun beredar, MPV yang ber-tagline “Kijang Memang Tiada Duanya” ini sanggup terjual hingga lebih dari 509.687 unit !!! Tak salah jika banyak kalangan yang berpendapat bahwa Kijang Super adalah generasi tersukses yang pernah dicapai Toyota. Tertarik ingin meminangnya ??? sedikit gambaran dari saya pas minjem mobil tetangga kalo mesin 7K bensinnya rada boros sedangkan mesin 5K tenaganya kurang ngejoss. Tinggal pilih mau yang boros tapi bisa ngacir ato yang irit tapi tenaga pas2an
Sejarah : wikipedia
salah satu mobil tangguh yang sampe sekarang masih diburu..
btw sebelum berangkat kerja, om mitra posting artikel dulu.. 🙂
Hehehe…menu sarapan pagi, posting artikel 😀
Naksir generasi terakhir sebelum berubah jadi Innova, sekene sih larang Pak Mit…
tapi sayangnya sudah tidak dibuat lagi
Kijang Super punya Bapakku keluaran tahun 1990 baru dijual tahun lalu dengan harga 53 juta, untung banget ngejual harga segitu, belinya tahun 1998 seharga 25 jutaan plus perapihan diperkirakan habis 10 juta, total 35 juta, ehhh dipake 12 tahun dijual masih tinggi, valuenya apik
Betul bro, apalagi kalo menjelang lebaran, permintaan kijang super/grand cukup tinggi…
mobil muahall…
htp://maskurblog.wordpress.com/2011/05/12/fazer-250-yakin/
Yang generasi Innova kelewat mahal…over price…
Salah satu mobil yang harga sekennya ‘tidak masuk akal’ 😀
Pak Mit, tolong diulas tentang varian daihatsu charade dan classy dong…
Masukan ditampung pak 🙂
saya juga belum lahir
*) clingak clinguk ndole’i maskur…
😆
pilih yang joss tp irit..hehe
tuh mbaknya grillnya berfungsi baik..memasukkan hawa segar ke dalam..xixiixix
ati2 di colek Om Mitra
kalo kijang kotak, generasi tahun brp gan?
Generasi 1 ama 2 bentuknya kotak.
@13. asmarantaka,
Buahahahahaha…
Bener – bener nih bro yang satu ini.
Saking ng%r#snya, kaca mata digantung di baju, dia pikir “grill” depan… 🙂 🙂 🙂
Haha…. Ampe skrng papa sayah masih setia ama kijang
wes..kijang manteb low maintenance…di rumah om ada tuh kijang super 89 dari baru ampe sekarang masih dipekerjakan..sekedar buat kulakan dipasar…bemper penyok2 karna sengaja buat nyruduk angkot yang ngeyel….
Keluargaku dulu punya kijang Super LX th’90, pada tahun 2004 lalu terjual 40 juta.
yang LGX, di mari, harga pasaran masih 85 jutaan loh…
Alamakkkk… 😯
yaa krn mobil ini pke karburator,jdnya boros
yg paling mending tuh gnerasi Kijang Kapsul & Krista 1.8 ,hemat banget BBMnya (yaa lumayan buat jalan2 dkota macet)
di bandung aje kijang super thn 1990 msh sekitar 35-40jtaan…..btw ada yg mo jual ga ya?
ada temen nanyain kijang super thn 1989/1990….tp sekitar bdg area.
ouchhhh…sally marcelina ex bomb sex perfilman indonesia
Pakdhe yang dilihat bukan kijangnya tapi modelnya
daftar harga mobil sekennya sekalian dong bro…
Waduh, ini yang agak susah…maklum bukan pedagang hehehe…
5K tuh lebih enak dioprek daripada 7K hehe tapi asal jangan P3K aja 😀
Gan knp org pada gk suka sama kijang rover ya? Pdhl mesinnya sama….
Mungkin karena Rover itu rakitan karoseri…
kalau kijang jantan eksekutif tahun 1991 punya kelebihan dan kekurangan apa? lalu gampang ga cari onderdilnya
Kijang onderdilnya banyak (melimpah) mulai dari yang original hingga KW. Yang agak susah itu cari part bodi kijang keluaran karoseri.
betul nih part nya sangat banyak/ mdh didapat dan terjangkau (ga perlu ragu deh )….. ane sempet punya super 94 dapet hasil lelangan skitar 15 juta, di renov skitar 15 juta dan saya jual skitar januari 12, Rp 47 juta….. amazing kan ?!
saya mau beli yang kijang super LX tahun 1996 kelebihan dan kekuranganya apa PAK DE tolong komenya
Gak punya Kijang pak…kalo nyetir punya orang sering 🙂 kelebihannya udah pasti daya angkut banyak, spare part mudah & murah, perawatan juga simpel. Kekurangannya sih bensinnya agak boros.
Gag Boros mas Brooo, itu perasaan aja kale, bukan nge belain, tp saya dah pake ToKi tahun 1995, masih terasa maknyusss dan BBM juga ga boros koq, hehehehehe (BukaN pROMO LOH….)
pak mit,kalo bemper belakang kijang rover ada yg jual kagak?trims..
Ada pak cuman nyarinya agak susah pak.
pak omd, udah ketemu blom yang jual bemper belakang rover? saya juga lagi nyari nih….mohon info nya gan…..thanks.
sebetulnya boros atau iritnya bbm kijang super atau grand banyak faktor diantaranya 1, kijang akselarasinya tidak bisa sepontan walaupun injak gas full ga bisa langsung mendingan di ayun biar hemat bbm,
2. gigi nanas gardan kijang bervariasi ada yang7,8, 9, 10, 11 semakin banyak semakin lelet manufer.
3. venturi pada karburator bagian bensin lebih besar wajar ajah kalo rada nyropot.
betul banget boros itu karna kijang masih pake teknologi OHV/Pushroad macam mesin2 diesel atau truk.
disamping itu body kijang yang tergolong berat, beda ama Carry, walau 1000 cc body enteng + teknologi sdah SOHC.
maka dari itu kalo dipaksa gas dalem-dalem malah bikin drop tenaga mesin & boros.
cara pakai mobil kijang memang lebih baik di ayun, salah2 putaran mesin malah buat bensin boros & gak bertenaga.
tapi menurut saya karna kekurangan tenaganya itu merupakan suatu kelebihan.
– karna tenaganya yg kurang, maka lebih mudah dikendarai oleh orang yang baru belajar mobil(Pemula).
– karakter mesin OHV(putaran rendah) yg cocok untuk beban berat, merupakan kelebihan kijang ketika mengangkut muatan lebih.
tapi sayang gigi 1 nya terlalu singkat yg bikin kagok pengendara, mungkin ini juga yg bikin kijang boros karna gigi 1 terlalu singkat yg buat pengendara memaksa putaran tinggi.
gan mau nanya nih,,,harga power steering n kira2 berapa ya 2nd na,,,,n ada yg jual nggak nih,,,makasih,,
kijang ku tahun 88 rakitan karoseri laku 41 juta ..
assalamualaikum kawan2 pendatang baru ni. numpang tanya ni kok ada iklan di internet tentang alat penghemat bbm betul tidak itu.
yang irit tpi ngacir ada nggak gan??
jelang lebaran kemaren nglepas toki 92 comando ssx, 48,5, kondisi mesin sekarat tapi body yahud,ganti GL metic,2 bulan lego lagi,bener deh,untuk pemakaian segala medan,kijang tiada duanya,mobil keluaran terbaru ringkih semua,lagi nyari kijang lagi neh..
coba kijang generasi ke3 dibuat lagi dengan model facelift kayak suzuki jimny yg diproduksi lagi sama suzuki “suzuki jimny 2013″….
stuju banget, mirip suzuki carry buek yg ada di india disana maruti omni. sampai skrng masih dijual.
mobilnya Mario Teguh tuh. Kijang “SUPER”
sampe skrng ane suka bnget tampilan kijang.
walaupun itu kijang generasi ke 3 yg cenderung kotak. tpi bentuknya gagak macam mobil jeep yg dibuat minibus.
punya kijang super 95…. bandelnya minta ampun.. kalo tipe lain mungkin sdh keok.. tapi istri pengen dituker yang city car… ya pisah ranjang dah sama kijang…
mohon info mas bro aku lg cari gardan kijang yg gigi 9 dmn ya mas bro,karna gardan punyaku udh kayak bunyi pesawat mohon info y mksh
punya kijang super 88 body udah grang mesin sehat ac dingin pasaran skrg berapa yah? udah ga ada garasi jd mau jual aja kasian kehujanan/kpanasan. bingung kasih harga takut nkmahaln/kmurahan om
tergantung karoseri / tipe 5speed atau 4speed.
biasanya kalo astra 5speed masih mahal, kira2 38jt nego, IDR bandung.
bos saya mau tanya kijang LSX 98 saya boros makan bensisiny 1:4 mohon d bantu
agar jadi lebi irirt thanku
Mesin di tune up dulu,cek karburator (dibersihkan), cek filter udara, cek busi, stel klep dsb.
kijang rover
mobil bekas yang harganya diluar akal sehat..
ini kijang difoto bentuk grillnya bener-bener retro. & gagah macam Jeep.
sayangnya banyak yg memodifikasi dengan model kijang G.
kijang ku magelang .> salatiga 130000 bisa bolak balik 2kali tuh
aku mau beli kijang kotak…pasaran berapa ya pa de? mohon pencerahan..thx..
gan ane beli kijang tahun 91 itu bangaimana perawatanya biar awet mohon pencerahaannya
permisi gan,ane mau jual toki thn 93 astra 6sped 50 jt nego alus
KIJANg ane jantan rider ksekutif 1800 cc thn 1996, baru sebulan an bayarin dri teman buat mudik, klebihan dn kekurangannya apa y gan? ko kerasa agk boros, gmana caranya biar irit kayak mobil skrg?
begitu ketemu dua danau mobil kijang super saya menyerempet nenek yang lagi berjalan dan si nenek kaget begitu saya dekati dan sinenek bilang ” kijang memang tiada duanya”