25
Apr
11

Jangan Anggap Remeh Tutup Radiator…

Sesuai dengan namanya, tutup radiator (radiator cap) berfungsi sebagai tempat lubang pengisian coolant ato air radiator. Namun fungsinya tak hanya itu saja. Tutup radiator juga menjalankan tugasnya sebagai penjaga tekanan di dalam ruang sirkulasi air & sebagai pengatur aliran air dari dan menuju tabung reservoir.

Tutup radiator menjaga tekanan di dalam ruang sirkulasi air atau coolant. Tekanan tertinggi yang diperbolehkan di dalam ruang sirkulasi dibutuhkan agar titik didih air dapat di tinggikan. Misalnya : titik didih normal air pada tekanan udara ambient normal adalah 100 C , namun dengan adanya tekanan lebih tinggi di dalam ruang sirkulasi maka temperatur dapat mencapai angka yang lebih tinggi sebelum air radiator mendidih dan menguap dari mesin. Sebagai contoh kita ambil saja contoh ekstrem, dengan adanya tekanan 0,9 bar didalam ruang sirkulasi air maka air dapat mencapai angka 120 C. Kenapa temperatur tinggi diharapkan di dalam ruangan sirkulasi air ?? Hal ini sesuai dengan prinsip perpindahan kalor yaitu dengan semakin besarnya perbedaan temperatur (delta T) maka akan semakin banyak kalor yang dapat dipindahkan. Jika temperatur air di radiator mencapai 120 C sedangkan temperatur udara di luar tetap 30 C maka kalor yang dipindahkan dari radiator ke udara akan lebih besar dibandingkan jika air radiator hanya bertemperatur 100 C dan temperatur udara di luar radiator tetap 30 C. Hal ini juga yang menunjukkan mengapa mesin akan lebih efisien jika dalam kondisi panas. Tutup radiator dalam hal ini bergungsi sebagai pressure valve . Yaitu menjaga tekanan di dalam ruang sirkulasi air tetap pada tekanan yang di inginkan. Biasanya di atas tutup radiator terdapat angka 0,9 atau 1,2 itu merupakan indikator tekanan yang harus dipertahankan di dalam ruangan sirkulasi air dalam satuan Bar. Jika tekanan didalam ruangan sirkulasi air sudah melebihi tekanan set, maka pegas dari pressure valve akan tertekan ke atas, kemudian akan terbuka ruangan yang menghubungkan antara ruang sirkulasi air dengan ruang reservoir sehingga tekanan dapat dikurangi sekaligus volume air yang mengalami ekspansi akibat pemanasan dipindahkan ke reservoir.

Tabung reservoir pada motor

Ketika mesin dimatikan atau mesin mengalami pendingian begitu pula dengan air radiator maka akan mengalami pendinginan, sebagai akibatnya volume air akan mengalami penyusutan. Efek samping dari adanya penyusutan volume air maka akan terjadi ke vakuuman di dalam ruang sirkulasi air. Ketika terjadi kevakuuman di ruang sirkulasi air maka klep tutup radiator bagian tengah yang kecil akan membuka maka ruang sirkulasi air dan reservoir akan terhubung kembali dan karena adanya vakuum di ruang sirkulasi air maka air akan mengalir kembali dari tabung reservoir ke ruang sirkulasi. Klep kecil ditengah tutup radiator ini di sebut vacuum valve karena bekerja pada saat ke vakuuman terjadi di ruang sirkulasi air.

Bayangkan jika tutup radiator yang anda miliki gagal dalam melaksanakan tugasnya sebagai pressure valve atau vacuum valve. Kegagalan tutup radiator dalam menjalankan fungsinya bisa diakibatkan usia tutup radiator yang sudah cukup tua sehingga pegas-pegas yang berfungsi sebagai pengatur fungsi valve sudah tidak bekerja sesuai dengan spek, atau juga bisa diakibatkan korosi dan kotoran atau endapan air radiator yang terdapat di tutup radiator menghambat kerja pegas. Selain itu tutup radiator yang imitasi dan dengan kualitas rendah juga sangat rentan kegagalan dalam melakukan fungsi pressure valve dan vacuum valve.

Masalah-masalah yang timbul akibat kegagalan fungsi dari tutup radiator antara lain :

  • Fungsi Pressure Valve : Jika terjadi kegagalan fungsi ini maka tutup radiator tidak dapat menjaga tekanan tinggi didalam ruang sirkulasi, akibatnya air di ruang sirkulasi akan cepat mendidih (boil) dan berubah menjadi uap air yang dapat dengan mudah lolos dari ruang sirkulasi air sehingga air radiator kerap berkurang padahal mesin kita tidak bermasalah dan indikator temperatur juga tidak menunjukan panas yang signifikan. Atau sebaliknya jika tekanan yang berlebih di dalam ruang sirkulasi tidak dapat di release/ di lepas ke udara melalui reservoir maka di dalam ruang sirkulasi air akan terjadi tekanan tinggi di luar kemampuan parts-parts kendaraan kita. Yang terjadi adalah indikator temperatur akan menunjukan “hot “ , parts2 yang tidak tahan terhadap tekanan tinggi akan mengembang dan akhirnya meletus/meledak atau bocor seperti selang radiator, seal waterpump bocor bahkan radiator itu sendiri yang bocor.
  • Fungsi Vacuum Valve : Jika terjadi kegagalan fungsi ini maka tutup radiator tidak dapat membuka ketika terjadi pendinginan di dalam ruang sirkulasi air, hal ini mengakibatkan air dari tabung reservoir tidak dapat masuk kembali ke ruang sirkulasi air. Ketika dingin dan kita cek volume air radiator akan terlihat berkurang padahal temperatur pada indikator temperatur biasa-biasa saja. Sedangkan volume air di tabung reservoir akan penuh terus dan bahkan luber.

Jika dilihat dari fungsi-fungsi diatas tutup radiator sangat memegang peranan penting dalam hal pendinginan mesin. Jika dilihat bentuknya yang kecil dan cukup sederhana kita tidak akan menyadarinya.

Sumber dari sini

About these ads

105 Responses to “Jangan Anggap Remeh Tutup Radiator…”


  1. 25 April 2011 pukul 7:26 am

    betul banget..
    kemaren mobil saya mogok karena radiator,
    terima kasih infonya..
    maralda.wordpress.com :)

      • 3 rahadiyanto
        24 Maret 2013 pukul 4:59 pm

        Maaf mohon pencerahan .
        saya pemakai baru greco 93. saya akan bertanya :
        Apakah Kipas Radiator Otomastis akan menyala , begitu mesin/radiator panas? Ato begitu di kontak kipas akan nyala, walaupun kondisi dingin?
        Karena greco dibuat jalan kira2 40 menit tau2 mesin mati, stlh didiamkan 5-10 menit, bisa di stater dan jalan. Karena yg pakai istri saya.

        Demikian Mohon Pencerahan
        Berkenan utuk jawaban ke email : sl3plus@gmail.com
        Ato sms : xl 08179502946, M3 085740894898, simpt 081 251 608032

        Banyak Terima Kasih Tanggapan dan pencerahannya. Yanto

      • 26 Maret 2013 pukul 8:42 pm

        Begitu mesin nyala, kipas radiator tidak akan langsung nyala. Kipas radiator akan nyala jika mesin sudah menunjukkan gejala panas berlebih. Biasanya kipas radiator nyala jika kondisi suhu mesin di kisaran 90 C. Nah ketika suhu mesin mencapai angka itu,sensor akan memerintahkan kipas radiator utk bekerja.
        Kemudian mesin tiba2 mati, saya curiga problem ada di koil (sudah lemah).

  2. 5 sabdho guparman
    25 April 2011 pukul 9:04 am

    ya om,

    radiator mungkin nyawa kedua setelah olie mesin ya ?

    banyak mobil mogok ketika radiator ngebul overheat,
    tapi kalau pada motor yang notabene cc kecil sebenernya peran radiator signifikan ya om?

    keep brotherhood,

    salam,

  3. 25 April 2011 pukul 9:46 am

    kalo ilang di ganti ama tutup botol buat sementar bisa?? :mrgreen:

  4. 11 Rey
    25 April 2011 pukul 2:07 pm

    makasih infonya mas mitra…kalo genio matic th 94 bawaanya pake 0.9 apa 1.0 apa1.2 mas?

    • 25 April 2011 pukul 8:15 pm

      Kalo gak salah 0,9 bar…

      • 13 Rey
        3 Mei 2011 pukul 12:28 pm

        mas mitra sekalian nyambung ttg radiator..genio saya sekarang ini ada masalah, saat panas air radiator akan mendidih bentar baru kipasnya nyala, baru airnya turun lagi (ngga mendidih)..lama2 krn mendidih duluan sblm kipas nyala akibatnya adalah air radiator akan berkurang dikit2 dan masuk ke reservoir dan akhirnya tumpah yg pada akhirnya kehabisan air dan kepanasan..kira2 knp ya mas mit..makasih ya, panjang banget…just info, switch extra fan udah diganti juga..

      • 3 Mei 2011 pukul 10:03 pm

        Kemungkinan besar tutup radiator (radiator cap) sudah waktunya ganti. Per yang ada di dalam tidak bisa bekerja dengan baik karena karat.

      • 15 Rey
        9 Mei 2011 pukul 1:16 pm

        terima kasih mas mitra…

  5. 16 mbah3DW
    25 April 2011 pukul 2:20 pm

    Maaf Oot hbs drtd pengen komen di artikel ttg motor off the road lbh murah (artikel tahun 2010) nggak bs2.
    Ahaha ha… .. Setelah googling2 akhirnya nemu titik cerah.
    Gan leh tahu gmn cara urus motor off the roadnya step by step ya. Tlg d share ya gan, ada rencana nehg soalna thanks b4 n sukses slalu.

    bookmark n panteng terus pokokna.

  6. 25 April 2011 pukul 2:52 pm

    wah saya baru tau gan…..

  7. 18 GS Kurniawan
    25 April 2011 pukul 2:55 pm

    Trims om atas infonya, sy baru tau kl angka 0,9 (atau 1,2) di tutup radiator ada maksudnya tersendiri :)

  8. 20 Bambang Leo
    25 April 2011 pukul 6:01 pm

    Wah bro Mitra mantap banget, benar2 bermanfaat.
    Pantas air di radiator saya kurang terus, padahal kipas dan thermoswitch nya sudah diperbaiki dan dalam kondisi normal.
    Jadi tau penyebabnya karena radiator cap

  9. 25 April 2011 pukul 8:09 pm

    motor saya belum pake radiator, masih amanlah kalo gituh

  10. 26 April 2011 pukul 2:17 pm

    Nice ingpo gan, masalah pada motor saya sekarang air radiator malah naik kedalam lubang box filter udara…. ahirnya selang yg kebox filter saya lepas dah… setiap abis perjalanan jauh slalu isis ulang air radiator… besok tak coba pinjem tutup air radiator punya temen dah… he..he..

  11. 27 April 2011 pukul 6:06 am

    Makanya saya selalu pilih sepedamotor dengan pendingin udara (ditambah oil cooler boleh) selain praktis, bentuk mesinnya juga lebih indah.
    salam,
    bengkelsepedamotor

  12. 26 kasamago
    27 April 2011 pukul 3:49 pm

    informasinya manteb bgt, nmbh ilmu neh.. nice move

  13. 28 April 2011 pukul 8:21 am

    mau nanya nih kang cara menguras tabung reservoir pada piksen gimana??

  14. 29 hardi
    12 Mei 2011 pukul 10:42 am

    thanks gan infonya, sangat membantu. boleh sedikit tanya mungkin gak sih kalau salah spek dalam mengganti radiator cap bisa membuat tekanan lebih tinggi sehingga selang radiator sampai terlepas? soalnya minggu kemaren kejadian dimobil saya, abis ganti tutup radiator (beli tanpa melihat spek) pas lagi jalan tiba2 overheat dan ternyata selang radiator terlepas dan otomatis air habis. sekalian tanya gan kalau untuk mobil suzuki forsa (1000 cc) itu pake yang ukuran berapa ya? thanks sebelumnya.

    • 12 Mei 2011 pukul 11:18 am

      Selang radiator lepas karena klemnya ato lem yang ada didalamnya (lupa namanya yang warnanya merah ato putih) sudah rusak. Pernah ngalamin soalnya. Kalo Suzuki Forsa saya kurang tahu persis, mungkin yang 0,9 bar. Tapi sebaiknya tanya ke toko spare part.

  15. 16 Mei 2011 pukul 11:25 am

    Mau tanya nih..saya pemula punya mobil (mobil pertama). Saya mau tanya, saya punya pengalaman mobil genio saya mogok gara2 air radiator habis. Apa pengaruhnya ke mesin atau radiator?apa tiap hari air radiator memang harus di tambah?apa ini hanya terjadi pada genio?terima kasih

    • 16 Mei 2011 pukul 1:22 pm

      Air radiator habis berarti ada yang bocor pak. Bocornya bisa dari radiator, selang2 radiator hingga water pump. Pengaruh radiator habis hingga mobil mogok bisa biqin silinder melengkung karena suhu panas yang berlebihan.

  16. 25 Agustus 2011 pukul 2:08 pm

    info yg bermanfaat mas mitra, ini pengalaman saya juga, selang (hose) radiator atas saya sampe sobek (saya pake corolla GTi), ternyata pressure yg disarankan adalah 0,9 bar, yg dipake 1,1, alhasil mesin overheat, gak bisa idup, selang sobek… sebaiknya bagi tman2 yang memiliki kendaraan 2nd hand, ada baiknya menanyakan ke dealer/begkel resmi terdekat mengenai tutup radiator yg dianjurkan oleh pabrik.

    Regards,
    Onthonk

  17. 34 robby
    1 September 2011 pukul 5:57 am

    bang mitra, saya mengalami masalah yang sama, air radiator mobil saya (wonder sport 2 pintu ’84) abis terus, padahal barusan di service radiatornya. tp tetep aja overheat, terjadi pendidihan air d tempat air cadangan. kira2 penyebabnya apa jg dr tutup radiator? sekarang ini saya udah pake tutup radiator yang 0,9. apa spec nya yang salah ya mas utk wonder 2 pintu.
    mohon infonya.
    makasih

    Robby

    • 1 September 2011 pukul 7:51 pm

      Air radiator cepat habis disinyalir ada rembesan/kebocoran di sistem pendinginan mesin. Bisa diurut dari radiator, selang2 hingga water pump. Kalo pak Robby air radiatornya menggunakan coolant yang berwarna hijau akan mudah terlihat letak kebocorannya ada dimana.

  18. 36 bambang jatmiko
    11 Oktober 2011 pukul 1:26 am

    kalo untuk civic wonder 1985 pakenya tutup radiator yg ukuran berapa? 0,9 apa yg 1.2 ya om

  19. 37 rpasha
    19 Oktober 2011 pukul 3:20 pm

    Post yang sangat menarik om..saya sedang mengalami gejala2 itu soalnya. Mudah2an dengan membaca postnya, problem radiator ane bisa solve setelah ntar ganti radiator capnya..thanks.

  20. 39 fajrul
    20 Oktober 2011 pukul 11:10 am

    salam…saya pake greco th 1993, udah 2 kali temperatur naik lebih dari setengah pada saat jln menanjak. ektra fan nya dalam keadaan hidup, radiator pun udah di service, mohon sarannya…salam

    • 20 Oktober 2011 pukul 3:29 pm

      Air radiatornya gimana pak ??? sering berkurang ??? apakah air radiator menggunakan coolant ato air biasa ??? selain itu water pump yang sudah lemah juga bisa jadi penyebab sirkulasi air tidak optimal.

      • 41 fajrul
        21 Oktober 2011 pukul 10:12 am

        airnya berkurang, pas temperatur naik lebih dari setengah airnya keluar dari tempat cadangan, pake air biasa pak…..

  21. 42 achmad suadi
    9 Januari 2012 pukul 10:04 pm

    ma ksh ats pmbritahuanx
    shnga q lbh tau tntng radiator

  22. 43 ichan
    5 Februari 2012 pukul 9:54 pm

    Thx banget info nya mas, saya lg mengalami hal yg sama nih, mbl saya suzuki baleno th 97, sya sdh bulak balik ke bengkel resmi, juga sdh service radiator, dan tutup radiator pun sdh di ganti, tapi masalah masih ttp timbul mas, air radiator masih tetap terbuang dari tabung cadangan, tapi temperatur tetap normal. Mhn saran nya mas… Dan ukran brp yg hrs saya gunakan utk ttp radiator nya.. Thx sblm nya dan salam kenal

    • 8 Februari 2012 pukul 8:37 am

      Wah agak unik juga,udah ke bengkel resmi tapi masih ada masalah di tabung cadangan.Saran saya komplain aja ke bengkel resmi karena setiap qta service disitu biasanya ada jaminan kalo ada masalah bisa kembali untuk diperiksa.Saya curiganya ukuran tutup radiatornya salah.

  23. 45 rpasha
    16 Februari 2012 pukul 5:00 pm

    Mau nanya om..Air radiator kadang berbalik ke reservoir (tangki) cadangan sehingga meluber keluar. Jadinya air radiator di reservoir suka kurang en kudu ditambah selalu. Padahal kemarin sudah service dan dibersihin + ganti lower tanknya sama yang copotan. Water pump sepertinya juga masih bagus. Kira-kira kenapa ya om..?

    • 46 udin jaya radiator
      6 Agustus 2012 pukul 12:05 am

      ada 2 kemungkinan, yg pertama : mgkin krn tutup/cap radiator sudah agak rusak, shg tdk bisa mengatur tekanan aliran air di radiator, yg kedua : walau udah diservis taas servipi msh banyak lobang pipa kapiler yang msh buntu, sehingga sirkulasi masih saja kurang lancar…..

  24. 47 nardi
    23 Februari 2012 pukul 3:51 pm

    jadi gimana bos,apa air radiator harus di isi sama seperti petunjuk di tempat air radiator?

  25. 49 febri
    2 Maret 2012 pukul 7:25 pm

    thx infonya, kasusnya sama, stelah ganti air radiator, melah air radiatorku terus berkurang tapi tabung reservoir terus bertambah. harus segera ganti tutupnya nih

  26. 51 ari
    14 Maret 2012 pukul 5:24 am

    jgnlah mudah putus aza.
    Klau kta ingin brhasil??

  27. 52 syaiful stones
    1 Mei 2012 pukul 9:07 pm

    om saya pengen tanya, saya punya mobil twincam tahun 1990, keluhannya apabila mobil habis dipakai setelah berhenti radiator normal tapi cadangan air pada tabung reservoir menguap dan berkurang, terutama pada saat mobil menggunakan ac dan kondisi jalan macet, apa yg harus diperbaiki mohon solusi terima kasih

  28. 54 Ronal
    9 Mei 2012 pukul 11:19 am

    Om saya mo nanya, mobil saya All new corolla 96, setelah mobil di pake apalagi pake AC, air di reservoir berkurang, 3 hari sekali tabung reservoir harus diisi coolant. tutup radiator dah diganti baru tapi kok masih berkurang jg ya air cadangan di tangki cadangan, normal gak ya? berapa bar ukuran untuk tutup radiator All new corolla? Thank

  29. 57 yoyo
    17 Mei 2012 pukul 10:38 am

    mo nimbrung nanya neh bang sy pnya mobil forsa th 89 prtanyaannya;yg bnr kipas radiator muternya sblum msin hdup/dikontak 1 kli/ ato dsaat brsamaan msin hdup/di startr/

    • 17 Mei 2012 pukul 2:56 pm

      Kipas radiator muter kalo mesin sudah mulai menunjukkan gejala overheating.Kalo muternya ketika mesin pertama kali dinyalakan,berarti kabelnya dibypass.Cara ini kurang bagus karena ketika mesin masih dingin, mesin akan lama mencapai suhu ideal.

  30. 18 Juli 2012 pukul 4:17 pm

    bos genio gw, hbs tak pake pulkam ni kurang lebih 7 jam nonstop….no problem…but masalah timbul setelah berhenti…waktu gw mau parkir kok fan radiator nyala trus….tak liat temperatur air pas setengah lbh dikit…langsung tak matikan mesin tak buka kap nya ternyata air radiator udah meluap sedikit…ni kira kira kenapa bos…padahal di perjallanan gk gimana gimana gt….radiatornya pakai coolant bos….setelah mesin dingin gw isi radiatornya…eh normal lagi kayak biasanya

  31. 61 amang
    29 Juli 2012 pukul 9:36 pm

    om mau shering mesin mbl sy panasnya ga seperti biasanya tapi temperatur normal & ada suara gemuruh di bagian water pump, kalo mbl seharian pake ac ada air coolent keluar dari selang buntu dan paking water pump

    • 62 udin jaya radiator
      6 Agustus 2012 pukul 12:11 am

      suara gemuruh berasal dari klaker waterpump yang sudah mulai rusak, sebaiknya segera ganti waterpump anada, pasti selesai,

  32. 3 Agustus 2012 pukul 8:57 am

    gan mo tanya ni, sy pnya twincam 1991 1,3, baru2 ini sehabis ganti dinamo kipas mesin krn kebakar kemaren kalo jalan ac di hidupkan temperaturnya (hot) naik , trus saat brehenti tabung air radiator cadangan meluap keadaan mesin sangat panas, kira2 apa ya gan masalahnya pdahal barusan abis cuci radiator trma kash gan

    • 3 Agustus 2012 pukul 7:53 pm

      Coba mas bro cek kondisi thermostat,tutup radiator & switch fan radiator.Jika ada salah satu part yang terganggu akan mengakibatkan temperatur mesin naik.

      • 65 udin jaya radiator
        6 Agustus 2012 pukul 12:14 am

        kalo liat masalahnya pasti radiator anda masih banyak yang buntu pada pipa2 kapilernya, walau baru saja diservis ane yakin servisx kurang sempurna,mkc

  33. 66 udin jaya radiator
    6 Agustus 2012 pukul 12:28 am

    udin jaya radiator, jln kedung baruk 112(utara masjid) kec. rungkut surabaya, kami melayani spesial servis radiator segala mobil, kamipun melayani pembuatan n pemesanan upper/lower tank pengganti fiber yg pecah

  34. 67 udin jaya radiator
    6 Agustus 2012 pukul 12:32 am

    kalo anda mengalami masalah radiator, silahkan hub kami di 031 71447362 udin jaya radiator, kami bantu mencari solusi masalah anda

  35. 68 aspi
    10 Agustus 2012 pukul 8:39 pm

    om mau tanya g mana cara ganti air radiator mobil dan temponya berapa km baru d ganti lagi ?om maklum baru

    • 11 Agustus 2012 pukul 5:49 pm

      Ganti air radiator dilakukan ketika mesin mobil dalam keadaan dingin.Buka radiator cap & keran pembuangan air yang ada di bawah radiator.Tutup kembali kedua2nya kemudian isi air.Nyalakan mesin kurang lebih 5 menit kemudian matikan mesin.Cek air di radiator,jika kurang ditambahkan lagi airnya.

  36. 1 September 2012 pukul 10:29 pm

    Mau tanya bro, mobil ane corplla 74, radiator diganti pake yg 3 play l300 diesel,tapi tetep aja temp naik.bahkan temp yg ini susah turunnya walaupun mobil parkir dan mesin mati. Tutup radiator baru,dicek ngak ada yg bocor,meter temp berjalan normal sudah di cek. Ada saran?

  37. 15 Oktober 2012 pukul 2:27 pm

    radiator trouble = mogok :D

  38. 75 irwan
    7 November 2012 pukul 11:09 pm

    pak saya mau tanya,sy pnya wonder 87,dulu elektrik van nyala jk jarum temperatur nya br sepertiga,tp akhir2 ini elektrik van baru nyala jika jarum temperatur nya sudah menunjukan seperempat,kira2 itu kenapa ya?

  39. 77 fahreza
    10 Maret 2013 pukul 10:47 am

    tapi setau saya om kalo tekanan sistim pendingin rendah yang terjadi adalah terbentuk nya gelembung2 udara di water jacket yang kemudian menghalangi air pendingin sebagai media penyerap panas lalu yang terjadi adalah over heating selain itu juga mesin tidak di izinkan terus berjalan jika suhu air pendingin terus naik oleh karena itu ecu memerintahkan kipas pendingin berputar pada suhu pendingin mesin 96-98 derajat celcius dan jika suhu pendingin mesin sampai lebih dari 100 derajat bisa di kategorikan malfungsi pada sistim pendinginan jadi intinya menaikan titik didih mesin untuk mencegah terjadi nya gelembung om…….. trimakasih om

  40. 19 Maret 2013 pukul 9:30 am

    om mau nanya nih,air ditangki cadangan motor sy sll berkurang n diknalpotnya sdikit mengeluarkan air yg baunya sperti air radiator, kira2 apanya ya yg bermasalah??? pakah tdk mempengaruhi mesin? tolong infonya segera

  41. 7 April 2013 pukul 8:20 pm

    cuma mau nanya om, ane ga ngerti apa2 soal mobil nih soalnya, parah banget pokoknya :D . Di indikator kan, ada Cold and Hot (C H) , kalo uda nunjuk ke H namanya Overheat kan ya? sebabnya sprti hal diatas. Normalnya kan posisi jarum ada ditengah2 antara C dan H, kalo jarum kecenderungan nunjuk ke tanda C (Cold) gmn yaa om? apa yg terjadi? dan apa yg harus dilakukan? mohon di respon.
    terima kasih.

  42. 83 Ndis
    14 April 2013 pukul 1:03 pm

    Brp temperatur normal utk corolla twincam? Tq

  43. 28 April 2013 pukul 1:23 pm

    thanks atas infonya . Membantu banget .. Saya besok ujian praktek tune-up dari LSP – TO

  44. 86 verly
    15 Juni 2013 pukul 11:12 am

    aku mau nanya dong,mobil saya greco,kemaren abis turun setengah,untuk membersihkan sela2 ruang air radiator yang ada di blok mesin,karena sebelum nya karena saluran tersebut memang tersumbat,tapi setelah itu kenapa gejala air tumpah dari tangki air radiator tetap keluar ya?…yang padahal temperatur normal bahkan turun,tapi gejala itu timbul setelah mobil diajak ngebut diatas 140 Km/h,

    apakah masalah dari tutup radiator ya kalo seperti itu?
    dan kalo harus ganti tutup radiator berapa ya harga nya kalo untuk great corolla?

    dibawah itu air radiator tidak keluar dari tangki,mohon pencerahan nya disini yaa
    terima kasih :)

  45. 88 verly
    15 Juni 2013 pukul 11:20 am

    oh yaa setelah ganti tutup radiator itu apakah masalah air keluar dari tangki air akan hilang langsung ya?

  46. 89 ronggo rasito
    28 Juni 2013 pukul 10:03 am

    sy pny mslh radiator mx lc, setiap 3 hr lampu radiator selalu nyala dan hrs selalu isi air cullen. pdhl karet sell radiator sudah di ganti mohon bantuan y.

  47. 8 Juli 2013 pukul 7:56 pm

    pak mitra mobil saya wonder84,kemaren ada kebocoran pada radiator waktu perjalanan,trus pas berhenti kebetulan ada orang yang tau ttg radiaator..trus radiatornya suruh ngasihh air sama kopi kapal api…habis d isi trus bwt jalan lagi ternyata aman g ada kebocoran lagi n temperatur jg normal lg,,,,apakah ada pengaruh terhadap mesin setelah d kasih air ma kopi kapal api,,,,

  48. 93 siti chairunnissa
    16 Juli 2013 pukul 1:23 pm

    tanya gan, mobil grand vitara 2008, KM 78rb an, baru dibawa mudik, Semarang – Pekanbaru, di perjalanan indikator sering ke arah H (overheat), sampe di Pekanbaru, saya bawa ke bengkel resmi Suzuki, diservice dan ganti oil, filter, bersihkan saringan AC dll, keluar dari bengkel indikator masih ke arah H, orang bengkel suruh di bawa ke bengkel AC, bengkel ac bilang harus ganti fan nya dua dua nya biar indikator nya ndak ke H lagi, tapi saya ndak percaya masalah nya ada di fan. Jadi saya ndak ganti fan nya, soalnya mahal juga 1 fan 800rb, 2 fan 1,5jt. saya minta mereka cek dulu, pas merekea ketok2 mesing nya, indikator nya ke tengah arah C, jadi saya bawa mobil pulang. Ini udah seminggu mobil baik2 aja, tadi pagi waktu jalan indikator nya ke H lagi, Masalah nya apa ya gan, maklum saya perempuan jadi kurang ngerti masalah mesin. takutnya bawa ke bengkel lagi saya malah di kerjain ama orang bengkel nya.

    • 16 Juli 2013 pukul 6:56 pm

      Wah mudiknya jauh juga yah, lintas pulau :) penyebab mesin overheat (panas) macam2 seperti adanya kebocoran di radiator ato slang2 radiator, radiator mampet karena banyaknya kerak di dalam, kipas radiator tidak berfungi dengan baik karena motor fan-nya sudah lemah ato mati, water pump tidak berjalan dengan baik sehingga sirkulasi pendinginan mesin tidak maksimal dsb. Saran saya mobil dibawa ke bengkel khusus radiator, kalo bisa bengkelnya yang bonafide agar hasilnya memuaskan. Coba dicek slang2nya apakah ada kebocoran ato tidak, cek juga radiatornya, kalo sudah lama tidak dikuras airnya sebaiknya dikuras & diisi dengan coolant (air radiator berwarna hijau). Semoga Grand Vitara lekas sembuh.

  49. 22 Juli 2013 pukul 5:19 pm

    tanya pak,saya pemakai genio 93??baru perjalan 20 km pakai ac tiba2 mesin mati dijalan…udah tak coba 2 kali..

  50. 25 Juli 2013 pukul 9:13 am

    thanks mas.bro info.nya sangat woke. .

  51. 97 Walman
    27 September 2013 pukul 9:31 pm

    Salam kenal bos,

    Mobil aku suzuki baleno mengalami masalah serius yaitu air radiator merembes/bocor dibawah dashboard. Apa ya bos yang bermasalah. Apakah Heater Corenya bermasalah? Apa penyebabnya sampai Heater Core bermasalah? Kira2 Berapa biaya untuk memperbaikinya.

    Makasih ya bos.

  52. 98 indru
    15 Januari 2014 pukul 1:39 am

    gan ane lg ada masalah. mohon dibantu sama sesepuh sekalian.

    gan, ane pake Corolla Twincam GTi tahun ’91. (yang mesin 4A-GE red top)
    masalah yg lagi ane hadapin adalah masalah over-heating.
    setelah ane cek dan ganti sama beberapa parts baru masih muncul masalahnya.
    yg sudah ane ganti :
    - water pump
    - thermo start
    - extra fan + extra fan tambahan ( optional nambah sendiri )
    - kuras radiator

    tapi masalahnya tetep muncul, diperparah kalo pake AC lebih cepat naek.
    dan anehnya air d radiator kosong, tapi reservoir tidak berkurang sama skali gan.

    cepet bgt naeknya, alhasil sementara ampir sementaun ane tiap berenti kemana ane harus isi ulang radiator.

    kira2 masalahnya dmn ya gan? ane sedikit curiga dengan angin palsu di radiator. cuma pas ane cari2 dimana ya tempatnya utk buang angin palsunya?
    ato memang ada kemungkinan kebocoran ditempat lain?

    mohon pencerahannya dari agan2 semua sebagai sesepuh disini.

    Trims.

    • 16 Januari 2014 pukul 8:06 pm

      Mas bro,coba dicek water jacket yg ada di dinding silinder,takutnya ada rembesan disitu sehingga air radiator berkurang.

      • 100 indru
        17 Januari 2014 pukul 10:37 am

        oh saya juga lupa nambahin kmrn juga itu sudah dibongkar, yg pada akhirnya harus turun stgh mesin. memang ada kebocoran cuma sudah dibereskan. kmrn ane coba iseng2 ganti radiator capnya sama yg baru keluar masalah baru. sekarang di reservoir ketika mobil berhenti dipake dengan durasi 2 jam kondisi jalan lancar, seperti sedang merebus air di kompor, apakah karena radiator cap sudah lemah atau kepala radiatornya yg sudah tidak benar?

  53. 101 munawan ghozali
    25 Januari 2014 pukul 2:15 pm

    ma’af gan numpang tanyak, mobil saya L300 Desel berapa edialnya ukuran tempratur untuk mbl tersebut

  54. 102 munawan ghozali
    25 Januari 2014 pukul 2:16 pm

    terima kasih sebelumya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
April 2011
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 3,445,433 hits

Twitter

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 232 pengikut lainnya.

Blog ini mendukung


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 232 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: