06
Apr
11

Kursus Mengemudi, Hanya Kejar Keuntungan Semata…

Yup, sekolah/kursus mengemudi banyak dijumpai di kota2 besar. Dari waktu ke waktu mobil yang digunakan untuk latihan makin nyaman mulai dari Avanza / Xenia, Jazz hingga sedan macam Vios. Jauh sekali bedanya dengan cerita teman saya waktu dulu belajar nyetir pake mobil butut, gak ada AC, bodi penyok sana sini & bunyi berisik serasa naik gerobak karena banyak komponen yang oblak :mrgreen:Saya sendiri gak pernah ikutan kursus mengemudi, cukup minta diajarkan ama kakak saya ato orang lain. Berdasarkan pengalaman teman saya, kursus mengemudi itu gak sesulit yang dibayangkan sebelumnya yakni cuman ada 2 hal meliputi teori & praktek. Teori meliputi cara injak gas, ngerem, masukin persneling, oper gigi trus trik supaya mesin gak mati waktu start dsb. Setelah itu kemudian praktek turun ke jalan raya. Dan durasi waktu kursus selama 1 minggu penuh tiap hari selama 1 jam. Ketika praktek 1 mobil digunakan rame2 dengan siswa2 yang lain. Nyetirnya ganti2an gitu deh… Terakhir kelar belajar stir mobil otomatis dapat SIM A.

Kursus mengemudi tidak mengajarkan cara berkendara dengan benar

Menurut teman saya tadi biaya kursus cukup mahal. Udah bayarnya mahal eeehhh… pengetahuan tentang rambu2 lalu lintas minim sekali diajarkan. Safety driving ??? boleh dikata tidak ada alias nol. Namanya sekolah mengemudi yah berarti belajar nyetir bukan belajar yang lain, mungkin seperti itulah kata mereka pemilik kursus. Jadi gak heran kadangkala qta ngelihat mobil buat belajar melaju di lajur kanan tol dalam kecepatan rendah… !!! Ato siswanya nyetir sambil terima hp…!!! Instrukturnya gak ngerti keselamatan berkendara ??? Bisa jadi… !!!

Tidak ada pengetahuan tentang rambu lalu lintas, tidak dibekali secuilpun ilmu safety driving udah gitu otomatis dapet SIM A… Hebat bener !!! Cuman belajar seminggu langsung dapet SIM A euy…!!! Tidak heran kalo kursus mengemudi secara tidak langsung berkontribusi menciptakan pengemudi sruntulan di jalan raya. Kursus mengemudi = pembodohan otomotif.

About these ads

43 Responses to “Kursus Mengemudi, Hanya Kejar Keuntungan Semata…”


  1. 1 rizaalwicaksono
    6 April 2011 pukul 1:54 pm

    pernah saya ditawarin mau ikut kursus nyetir juga..
    tapi saya tolak soalnya ga mau terikat ama jadwal tetap,akhirnya belajar ama temen sendiri dan akhirnya sekarang udah bisa nganterin orang tua kalo ada acara :D..

  2. 6 April 2011 pukul 2:00 pm

    aku sempet tertarik, tp ga kesampean, akhirnya mobil perusahaan jadi pelampiasan :) ra perlu mbayar pisan..

  3. 6 April 2011 pukul 2:01 pm

    apik…

    emang bener tuh…ane bayar 300ribu, 8x pertemuan…cuma diajari skill saja..aturan lalin ndak tau apa2.

  4. 6 TDF
    6 April 2011 pukul 2:03 pm

    paling bagus memang belajar secara otodidak ya om?
    kalau rambu saya juga ngerti sekedarnya saja hehehehe (yang sring dilihat rambu lpringatan, himbauan, informasi)

  5. 6 April 2011 pukul 3:08 pm

    ihik..gak minat kursus…

  6. 9 Anto
    6 April 2011 pukul 3:39 pm

    Mending belajar sama gw mit…..heheheheheh..Safety Driving mah lengkap deh, belajar gas pol hayuk…asal tahan bayar sewa sama tahan beli ban ma kampas rem baru…:-p

  7. 6 April 2011 pukul 3:57 pm

    wah, meningan saya yang ngajarin, diajarin plus rambu2 dan cara aman berkendara. tapi takut kalo ngajarin orang nyetir.. duduk di sebelah orang yang belum gape nyetir rasanya bikin hati ser2an..

  8. 6 April 2011 pukul 6:53 pm

    Pinjem mobilnya donk buat belajar stir..

  9. 6 April 2011 pukul 8:08 pm

    o gitu ya? tiwas saya pengen ikutan kursus mengemudi juga….

    tapi apa emang semuanya gitu?

    http://kangmase.wordpress.com/2011/04/06/mahalnya-motor-impor-1-import-duty/

  10. 6 April 2011 pukul 10:12 pm

    tul… saya dulu pernah ikut kursus..pernah saya “tes” juga instrukturnya..nggak saya kopling ternyata tetep aja kopling ditekan sama dia.. jadi walopun sudah lulus tetep nggak paham gimana ngatur kopling, terutama biar nggak ndut ndut an.. justru bisa nyetir diajari sopir sendiri

  11. 7 April 2011 pukul 9:42 am

    wahh..lom minat belaajr naik boil :mrgreen:

  12. 7 April 2011 pukul 11:00 am

    iya benar mas. saya juga dulu pernah ikut kursus setir. ya cuma diajari setir tok tanpa ada yg lain. itu mas-nya mending ada teori plus langsung dpt SMI A. Saya ga. Langsung turun ke jalan. Teori-nya langsung di tempat. SIM jg kalau mau ada tambahan biaya.

    info: Kota saya di Kota Mendoan. :D

  13. 21 zaqlutv
    14 April 2011 pukul 4:17 pm

    yup bener, kursus mengemudi cuma diajari bagaimana caranya mulai memasukkan kunci kontak sampai parkir.. tapi bagaimana bersikap di jalan raya ngga ada sama sekali..
    jujur.. sempet ikut kursus nyetir mobil buat dapetin sim A..
    tapi bagaimana bersikap di jalan itu yang ngajari malah ama tetangga sebelah supir truk pake Hino Dutro130, begitu mo liat spion tengah.. DIEEEEEENGGGG…. yang keliatan malah bak belakang.. :lol:

  14. 24 imam tohari
    11 Oktober 2011 pukul 11:58 am

    wah kalo gitu q diajari ama kamu aja bos,kan pasti lebih lengkap gimana itu safety driving

  15. 10 Desember 2011 pukul 5:58 pm

    Ada benarnya namun tidak semua Kursus Mengemudi yang membodohi, seperti di Kursus Mengemudi RDC (www.kursusmengemudi.com), kami tidak sekedar mengajarkan tentang skill dalam mengoperasikan kendaraan roda empat, namun peserta juga dibekali dengan pengetahuan tentang manajemen resiko mengemudi dan tentang mengemudi defensive dimana peserta diajak untuk memiliki kemampuan untuk mengantisipasi bahaya untuk mencegah kecelakaan walau bagaimana pun keadaan dan perilaku orang lain disekitarnya, juga dibekali tentang pentingnya memiliki attitude yang positif saat mengemudi, jadi tidak hanya hard skill yang kami bekali namun juga soft skill. Kalau blognyamitra berkenan, kami mengundang blognyamitra untuk datang ke RDC di Jl. Margonda Raya No. 184A Lt. 2 Depok, agar anda dapat mengetahui bahwa kami bahwa kami adalah the real driving course. :D

  16. 28 Sigit
    27 Desember 2011 pukul 4:23 pm

    mang gitu ya, baru aja anakku bljar nyetir, cuma 2 hari, apa bisa tu ya?

  17. 29 Sigit
    27 Desember 2011 pukul 4:27 pm

    aq jadi was2 ni sebagai ibunya sigit, takut juga ntr apa bs nyetir , hanya bljr cuma segitu (10xpertemuan @ 30 menit,)

  18. 30 Sie bersaudara
    10 Oktober 2012 pukul 9:03 pm

    Ada benarnya namun tidak semua Kursus Mengemudi yang membodohi, seperti di kursus mengemudi ” Sie bersaudara “ , kami tidak sekedar mengajarkan tentang skill dalam mengoperasikan kendaraan roda empat, namun peserta juga dibekali dengan pengetahuan tentang manajemen resiko mengemudi dan tentang mengemudi defensive dimana peserta diajak untuk memiliki kemampuan untuk mengantisipasi bahaya untuk mencegah kecelakaan walau bagaimana pun keadaan dan perilaku orang lain disekitarnya, juga dibekali tentang pentingnya memiliki attitude yang positif saat mengemudi, jadi tidak hanya hard skill yang kami bekali namun juga soft skill. Kalau blognyamitra berkenan, kami mengundang blognyamitra untuk datang ke kursus mengemudi ” Sie bersaudara “ di Jl. Ngagel jaya selatan no 10 surabaya, agar anda dapat mengetahui bahwa kami bahwa kami adalah the real driving

    • 31 Oktober 2012 pukul 4:01 pm

      @Sie bersaudara .. selamat sore, maaf apa mata saya yang seliweran.. tapi kok, kalimatnya “SAMA PERSIS DENGAN KOMENTAR DARI @Marcell – 10 Desember 2011″.

      Pieeeeee ikiiiiiiii………….

  19. 32 tirta jaya
    19 Desember 2012 pukul 10:07 am

    Mungkin sebagian besar seperti ibu broo tp ga semuanya seperti yg kalian omongin, jika anda hanya belajar/latihan mengemudi di rumah/ secara otodidak bahkan hanya modal nekat anda salah karna anda tidak tau bahaya langsung secara materi bahkan nyawa anda & orang lain anda pertaruhkan di jalanan, klo di kita ga ada yg seperti kalian omongin, lebih dari 50.000 siswa sejak th.1993 tidak pernah ada yg seperti kalian bilang, siswa kami semua kami ajarkan untuk mengerti & memahami safety & difensif reading, rambu-rambu, tanjakan, jalan raya, parkir dll, sistem pengajaran yg kami terapkan adalah PRIVATE (1mobil 1siswa) dengan jadwal latihan yg fleksible, biaya yg terjangkau, pelatih pria & wanita yg ramah, sopan, berpengalaman di bidangnya, serta suasana kekeluargaan, dengan armada-armada bertransmisi manual & matic yg terawat dengan dilengkapi dual control pedal yang pastinya aman dan hanya dgunakan disaat keadaan terdesak oleh instruktur kami, bebas biaya apa pun di luar paket, mav saya disini hanya ingin meluruskan “BAHWA TIDAK SEMUA KURSUS MENGEMUDI ITU SEPERTI ITU, KAMI DISINI MENJALANI BISNIS JASA KURSUS MENGEMUDI YG HALAL, DENGAN ANDA BERKATA SEPERTI ITU ANDA TELAH MENCORENG USAHA KERJA KERAS KAMI, KAMI SELALU MENGUTAMAKAN KEPUASAN & KENYAMANAN SISWA KAMI, TOLONG DI PERHATIKAN, TERIMAKASIH”

  20. 33 anonymous
    20 Februari 2013 pukul 10:00 pm

    mana ini yang punya blog, tanggung jawab sama omongannya dong

  21. 34 pantau
    26 Maret 2013 pukul 3:21 pm

    tulisannya aja “Menurut teman saya”… menurut si penulis gmn? yg punya blog udah coba blm?
    Kalo udah nyoba, sebut merk-nya aja sekalian, itu kalo emang sampean gentle.
    kursus = pembodohan?
    yg jelas, bullshit = pembodohan!

  22. 35 arie
    8 Juli 2013 pukul 1:03 am

    belajarnya di timezone aja.:D

  23. 36 Susan Kamarudin
    6 Oktober 2013 pukul 12:34 pm

    Tidak semua tempat kursus mengemudi sama seperti yang diomongin di blog ini,buktinya saya waktu belajar sendiri,ngga berani turun dijalan raya.tapi setelah kursus mengemudi di Melati Manado,saya sekarang bisa melewati rintangan berupa turun dijalan raya yang macet,melewati tanjakan dan masuk keluar dijalan sempit/ kecil.Instruktur saya juga orangnya ramah,sabar dan selalu mengingatkan rambu rambu lalu lintas. pokoknya saya merasa telah diajarkan banyak hal dalam berkendara.
    Jajan diluar buat instruktur bagi saya itu bukan hal yang perlu dipermasalahkan,karena melihat situasi dan kondisi waktu belajar,misalnya mobil sudah jalan jauh dari lokasi biasanya.
    Waktu berlalu begitu cepat, 15 X pertemuan tidak terasa.Pokoknya saya telah mendapatkan ilmu dari yang tidak bisa menjadi bisa….. :) ^_^ I’m so happy…..because i can drive a car now and go everywhere i want :)
    Makasih Pa ade,kamu adalah instruktur yang terbaik buat saya.Jasamu tak’an pernah terlupakan. God Bless U :)

  24. 37 ganjar
    29 Oktober 2013 pukul 3:06 pm

    ironisnya hanya sebagian kecil saja yang benar-benar merasa tanggung jawab dalam memberikan suatu kompetensi mengemudi pada siswanya, rata-rata hanya fokus pada cicilan mobil, dan praktek biro jasa pembuatan SIM, namun harus tetap yakin bahwa Indonesia akan terus menuju yang lebih baik, Alhamdulillah saya alumni LPT.Eka Jaya Berrindo http://www.ekajayaberrindo.com (just share) saya bisa dapat SIM resmi ujian teori dan praktek, tanpa nembak karena di sana ada program BIMBEL SIM, dan program teorinya menurut saya super lengkap dari mulai savety driving, peraturan lalulintas, pengenalan otomotif keseharian, dll. yang bisa diikuti semua siswa termasuk para alumninya.. ;)

  25. 28 Januari 2014 pukul 9:54 pm

    Khusus ϑΐ Putri DriVinG CaR :) jl pasir 33 patuk gamping yogyakarta … Hanya ada kata satu…mantafff…stir mobil khusus wanita instructure wanita…mobil lengkap kap kap smua mobilnya mantap mantap…siswanya pinter smua lulusan Putri DriVinG CaR :) instructure juga berwawasan luas…profesional…ga ada rekayasa @2jam x 10 pertemuan 1 mobil 1 instructure 1 siswa jam hari flexible…dan waiting listnya ruaaaar biasa…harus ngantri…ini salah satu bukti … Costumer puasssss

  26. 28 Januari 2014 pukul 9:55 pm

    Khusus ϑΐ Putri DriVinG CaR :) jl pasir 33 patuk gamping yogyakarta … Hanya ada kata satu…mantafff…stir mobil khusus wanita instructure wanita…mobil lengkap kap kap smua mobilnya mantap mantap…siswanya pinter smua lulusan Putri DriVinG CaR :) instructure juga berwawasan luas…profesional…ga ada rekayasa @2jam x 10 pertemuan 1 mobil 1 instructure 1 siswa jam hari flexible…dan waiting listnya ruaaaar biasa…harus ngantri…ini salah satu bukti … Costumer puasssss …

  27. 25 Februari 2014 pukul 1:00 am

    tidak semua kursus mengemudi seperti kalian bilang…..ada juga yg bagus dan semua siswa kami kita berikan teori dasar cara mengemudi yg baik dan benar …..bahkan lebih bagus jadi nya kalau belajar mengemudi di tempat kursus mengemudi dari pada otodidak,,,kalau di di kursus mengemudi kan ada pedal double .dan demi keselamatan siswa dan instruktur..unt rambu@ lalu lintas yg jelas ada 3 jenis yaitu biru (sifatnya pemberitahuan),kuning (sifatnya peringatan)dan merah (sifat nya larangan) itu aja udah gampangkan….thanks BY VICTOR W Ch LASEDUW “NATUNA KURSUS MENGEMUDI SURABAYA”

  28. 25 Februari 2014 pukul 1:01 am

    sangat penting !!!!!!!!!

  29. 9 Maret 2014 pukul 8:15 am

    Halo rekan-rekan sekalian, memang banyak kursus mengemudi yang “mebodohi” dan “memeras” studentnya.. jadi kami dari kursus mengemudi RDC (http://www.kursusmengemudi.com) ingin menyarankan bagaimana untuk memilih kursus mengemudi yang baik dan professional:

    1. Jangan tertipu oleh harga program kursus yang murah, hitung kembali biaya2 yang tidak tercantum di brosur, seperti tips instruktur, AC, bensin, dll.. pastikan pilih yang harganya sudah all in dan tips tidak diharuskan namun hanya disarankan, karena biar bagaimanapun yang namanya tips itu sesuai dengan kerelaan dan kepuasan anda.

    2. Lihat durasi pelatihan per sesi, jangan tertipu oleh sesi praktek yang terrlihat banyak, misalnya ada promosi 300rb untuk 6X praktek, kalau kita tidak jeli biasanya kursus mengemudi menerapkan 30 menit untuk 1 sesi, atau di promosi tadi anda hanya belajar 3 jam, jadi pilih yang hitungannya jam pelatihan.

    3. Lihat kurikulum & silabus program pelatihan. Apakah disana terdapat pengetahuan tentang meminimalisir resiko mengemudi, dengan selalu dapat mengidentifikasi, mengantisipasi dan menghindari setiap potensi laka, positif attitude saat mengemudi dan tentang UU lalu lintas, secara lengkap, bukan sekedar sempilan selama praktek. Jadi tidak hanya hard skill yang diajarkan namun juga soft skill

    4. Pastikan di awal anda praktek dimulai dari lapangan, karena kalau dimulai langsung dari jalan raya, anda sedang dibodohi oleh kursus mengemudi tersebut. di mobil praktek terdapat dual control yang tujuan utamanya adalah untuk mengontrol kendaraan saat emergency namun kebanyakan instruktur yang mengontrol laju kendaraan, jadi saat anda langsung mulai di jalan raya sebenarnya instrukturlah yang mengemudikan kendaraan tersebut bukan anda. Artinya anda tidak belajar mengemudi hanya menyewa mobil :P

    6. Pastikan intruktur kursus mengemudi memberikan PR untuk pelancaran apa yang kurang saat sesi praktek kursus mengemudi di kendaraan pribadi anda, hal ini dapat membuktikan bahwa anda benar-benar bisa mengemudi bukan rekasaya instrukturnya. Serta terdapat sistem assessment dan penilaian yang jelas.

    Oleh karena hal tersebut diatas kami memiliki misi untuk menghadirkan sebuah kursus mengemudi yang profesional yang bukan sempilan dari biro jasa SIM namun sebuah training centre yang tidak hanya mengajarkan tentang keterampilan mengemudi, tapi juga pola sikap mengemudi yang aman dan berfokus pada keselamatan berkendara.

    Untuk lebih yakin bahwa tidak semua kursus mengemudi hanya mengejar keuntungan semata, berikut testimoni student2 kami:
    http://ayatakarai.blogdetik.com/2013/11/16/driving-course-rdc-depok-part-1/
    http://dyahseptatiani.wordpress.com/2013/09/25/pengalaman-belajar-mengemudi-mobil-di-rdc-1/
    http://dyahseptatiani.wordpress.com/2013/10/
    http://dyahseptatiani.wordpress.com/2013/11/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
April 2011
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 3,770,822 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 260 pengikut lainnya.

Blog ini mendukung


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 260 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: