04
Apr
11

Mari Berhitung Pajak Progresif…

Yup pajak progresif sudah digulirkan beberapa waktu yang lalu. Info lengkap & surat edarannya sudah pernah saya muat di blog ini (baca disini). Meskipun begitu masih banyak yang bingung tentang mekanisme pajak progresif ini. Beberapa rekan pembaca menanyakan hal2 seperti jika punya 3 kendaraan mana yang dihitung sebagai kendaraan pertama, kedua & ketiga. Kemudian berapa pajak progresif yang harus dibayarkan untuk kendaraan kedua, ketiga dst.

Pajak progresif diterapkan berbeda2 di tiap provinsi. Berhubung saya domisilinya di Jakarta maka yang dibahas pajak progresif DKI Jakarta. Qta ambil contoh misalnya pak Joni punya 3 mobil yakni sebuah sedan tahun 2003 (beli baru), MPV tahun 2006 (beli baru) & SUV tahun 2010 (beli baru). Nah manakah yang dihitung sebagai mobil pertama, kedua & ketiga ??? jawabannya adalah mobil pertama sedan tahun 2003, mobil kedua MPV tahun 2006 & terakhir SUV tahun 2010.

Contoh berikutnya, pak Benny punya 3 motor yakni motor laki tahun 2006 (beli bekas tapi sudah di balik nama April 2010), motor bebek tahun 2010 (beli bekas tapi sudah di balik nama Oktober 2010) & motor skutik tahun 2010 (beli baru Januari 2010). Nah yang dihitung motor pertama adalah skutik tahun 2010, motor kedua motor laki & terakhir adalah bebek.

Lanjut lagi dengan contoh ketiga… Yayuk punya 2 motor & 2 mobil. Motornya adalah bebek tahun 2005 (beli baru) & skutik tahun 2010 (beli bekas tapi belom balik nama). Kemudian mobilnya adalah sedan tahun 2000 (beli bekas tapi belom balik nama) & MPV tahun 2009 (beli baru). Manakah yang kena pajak progresif ??? jawabnya tidak ada. Motor bebek tahun 2005 dihitung sebagai motor pertama & mobil MPV tahun 2009 juga dihitung sebagai mobil pertama. Dalam pajak progresif antara motor & mobil dipisahkan alias tidak dijadikan satu. Kemudian Yayuk juga terhindar pajak progresif karena skutik & sedannya belum balik nama.

Selanjutnya bagaimana perhitungannya ???  seperti yang diketahui untuk kendaraan pertama pajaknya adalah 1,5 % x NJKB, kendaraan kedua sebesar 2% x NJKB, kendaraan ketiga sebesar 2,5% x NJKB, kendaraan keempat & seterusnya sebesar 4% x NJKB. NJKB adalah Nilai Jual Kendaraan Bermotor. NJKB ini bukan harga pasaran kendaraan. NJKB ini sudah ditetapkan oleh Dispenda setelah mendapat datanya dari ATPM baik itu mobil maupun motor. Oh ya itu perhitungan tadi belum termasuk SWDKLJJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan) yang besarnya untuk mobil sebesar Rp143.000,- & motor sebesar Rp35.000,-

Untuk mengetahui NJKB suatu kendaraan gunakanlah rumus :

NJKB = (PKB / 1,5) x 100

Contohnya PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) SUV pak Bons adalah Rp1.500.000,-. Nah tinggal masukkan saja ke rumus tadi

NJKB = (Rp1.500.000,- / 1,5) x 100 = Rp100.000.000,-

Berhubung pak Bons punya 5 SUV & kesemuanya sudah atas nama sendiri…tiap hari ganti mobil secara bergilir :) Maka ilustrasi pajaknya adalah sebagai berikut :

Mobil pertama (pajak normal) = (1,5 % x NJKB) + SWDKLJJ

                                                                = (1,5 % x Rp100.000.000,-) + Rp143.000,-

                                                                 = Rp1.643.000,-

Mobil kedua (pajak progresif) = (2 % x Rp100.000.000,-) + Rp143.000,-  

                                                               = Rp2.143.000,-

Mobil ketiga (pajak progresif) = (2,5% x Rp100.000.000,-) + Rp143.000,-

                                                               = Rp2.643.000,-

Mobil keempat (pajak progresif) = (4% x Rp100.000.000,-) + Rp143.000,-

                                                                   = Rp4.143.000,-

Mobil kelima (pajak progresif) = perhitungannya sama dengan mobil keempat

Untuk motor sama saja, tinggal masukin rumus2 di atas. Misalnya pak Adhi punya 2 motor yakni motor laki tahun 2006 & 2008. Keduanya sudah atas nama sendiri. Untuk motor laki tahun 2006 PKB-nya Rp151.000,- sedangkan motor laki tahun 2008 PKB-nya Rp193.500,- Berdasarkan ketentuan maka motor laki tahun 2006 dihitung sebagai motor pertama & motor tahun 2008 sebagai motor kedua. Selanjutnya adalah menghitung NJKB-nya.

Motor tahun 2006 = (Rp151.000,- / 1,5) x 100 = Rp10.066.666,-

Motor tahun 2008 = (Rp191.500,- / 1,5) x 100 = Rp12.766.666,-

Perhitungan pajaknya adalah

Motor tahun 2006 (pajak normal) = (1,5% x NJKB) + SWDKLJJ

                                                                       = (1,5% x Rp10.066.666,-) + Rp35.000,-

                                                                        = Rp186.000,-

Motor tahun 2008 (pajak progresif) = (2% x Rp12.766.666,-) + Rp35.000,-

                                                                           = Rp290.333,-

Andaikata motor tahun 2008 tidak terkena pajak progresif, pajak yang dibayar cukup sebesar Rp226.500,-

Oke deh, semoga ilustrasi di atas bisa memberi pencerahan buat mas bro & sis semua :)

About these ads

54 Responses to “Mari Berhitung Pajak Progresif…”


  1. 1 risang
    4 April 2011 pukul 7:50 am

    Nice Info..
    Jd ngerti Pajak Progressive..
    Alhamdulillah, baru punya 1 motor and 1 mobil..
    ;p

  2. 4 April 2011 pukul 9:24 am

    menyimak dengan seksama :shock:
    mumet juga! :mrgreen:
    yang penting pemerintah juga harus meningkatkan sarana prasarana jalan biar nyaman dan tertib.

  3. 3 snalpot99
    4 April 2011 pukul 10:34 am

    senada dgn pak camat..

    Btw pak bons tajir ya. Punya mobil 5 :D

  4. 4 April 2011 pukul 11:17 am

    Suwun pak saiki dadi jelas… Tp kan ondaku mung siji…

    Rasah di itung lah..

  5. 5 Yamaniac
    4 April 2011 pukul 12:17 pm

    bukannya yang kena pajak progresif adalah kendaraan diatas 250 cc?hadoooh jadi bingung….

  6. 6 Yamaniac
    4 April 2011 pukul 12:21 pm

    200 cc keatas deng…:)
    ini linknya :

    http://maskurmambangblog.wordpress.com/2011/03/26/pajak-progresif-ternyata/

    apa tiap daerah beda2 ya…kebijakan yang aneh..

  7. 9 rio
    11 April 2011 pukul 11:56 am

    Bro itu rumus utk mengetahui njkb dpt drmn?apakah dikeluarkan resmi dispenda jakarta?

  8. 12 zaqlutv
    13 April 2011 pukul 11:11 am

    om mit, di stnk motor lanang saya (thn 2009) itu tertulis PROGRESIF KE 1, artinya apa? pajak progresif kedua yang sebesar 2% itu yach?
    selain motor tersebut saya juga ada honda grand lansiran thn 1994 yg juga atas nama saya sendiri..

    • 13 April 2011 pukul 6:49 pm

      Honda Grand 1994 atas nama sendiri berarti pajaknya masih normal. Trus motor laki thn 2009 dihitung motor kedua & dikenai pajak progresif I. Kalo di Jatim pajak progresif I berapa % pak ??? maklum tiap2 daerah berbeda hitungannya.

  9. 14 zaqlutv
    14 April 2011 pukul 6:57 am

    lhoo, beda2 yach tiap daerah..
    hmmm brp % yach? temen saya yang punya motor merk, tipe dan tahun yang sama serta masih motor pertama yang atas nama dia sendiri itu kena 170rb, kalo saya kemarin kenanya 179rb.. cuma naik 9rb :lol:

  10. 15 jaka
    6 Mei 2011 pukul 10:13 am

    saya punya motor suzuki tahun 1997,motornya hilang…kalau saya beli lagi motor suzuki 2011 apakah saya dikenakan pajak progresif ??

  11. 17 Ferry
    10 November 2011 pukul 9:31 pm

    Tolong infonya donk, pajak progresif itu berlaku di tahun pembayaran pajak yg pertama atau ke dua dan seterusnya? thx.

  12. 18 Bass
    10 Januari 2012 pukul 12:40 pm

    Trm ksh infonya.
    Numpang tanya, klo mblnya 3, seken semua, tp dah BBN semua, apa sdh kena pajak progresive? Trm ksh

  13. 20 Syarif
    25 Januari 2012 pukul 4:37 pm

    mas mitra,

    klo melihat dari ilustrasi diatas, “motor & mobil dipisahkan”. Jika saya punya 1 motor dan 1 mobil atas satu nama saya sendiri, berarti jika bayar pajak tidak akan kena pajak progresif kan ya ?

    kedua, saya mau perpanjang pajak mobil saya, tp kebetulan beli bekas. Info dari pihak dealer bahwa yang punya sebelumnya itu punya mobil lebih dari 1. Dimana jika saya bayar pajak maka akan dikenakan pajak progresif. Menurut mas mitra untuk perpanjangan ini lebih baik saya balik nama saja atau bagaimana ya ?

    Terima kasih,
    Syarif

    • 26 Januari 2012 pukul 10:44 am

      Point 1 : Betul, tidak akan kena pajak progresif. Saya di rumah juga ada 1 mobil & 1 motor dengan alamat yang sama.
      Point 2 : Pemilik sebelumnya mau meminjamkan KTP tidak pak ??? kalo mau gak perlu repot balik nama pak. Perkiraan saya sih kemungkinan kecil karena pemilik sebelumnya yang punya lebih 1 mobil bisa kena pajak progresif. Kalo tidak mau meminjam KTP, mau tidak mau bapak harus balik nama.

  14. 22 Syarif
    26 Januari 2012 pukul 12:13 pm

    terima kasih banyak untuk tanggapannya, mas mitra..

    untuk yang point kedua sepertinya akan saya balik nama saja, pak..karena pemilik lama kalau saya tanya ke pihak dealer tidak mau meminjamkan KTPnya.

    Sekali lagi terima kasih, mas mitra..

  15. 24 agus
    1 Februari 2012 pukul 8:03 pm

    nice info gan, kebetulan ane tadi pagi kena pajak progresif juga jadi terpaksa di BBN kan nama Istri.

  16. 7 Februari 2012 pukul 8:51 am

    Thanks infonya, sy mau tanya, kbtulan kk sy alamatnya sama dengan om sy, otomatis alamat kami sama. Sy cuma 1 mobil thn 2009. Sedangkan si om punya mobil banyak. Ga itungin bgt pergerakan beli mobilnya. Nah, krna sy udh pindah, tpi alamat yg sy pakai masih sama, pajak mobil sy jadi gede banget. Pasti sktr 4jtan… :-(
    Yg mau sy tanya, bs kah sy merubah alamat supaya pajak nya ga jadi gede banget, krna sy cuma punya 1 mobil dan itu mobil pertama…

    Mohon infonya…

  17. 11 Februari 2012 pukul 9:03 am

    hasil pajak nya buat gayus2 baru ga ya..

  18. 28 adham
    2 Maret 2012 pukul 10:41 am

    pusing kalau ngeliat rumusnya,,,mendingan prakteknya,,,asal ga ada uang nyasar jha..maksudnya kadang kalau kita bayar pajak pasti ada uang ini itu,,mungkin agan agan sekalian juga pernah merasakannya

  19. 29 fikry arendra
    3 April 2012 pukul 8:43 am

    lah bagaimana jika kita punya usaha po bus pajaknya tambah akeh dong bus yang ke 20

  20. 30 p
    3 Mei 2012 pukul 7:06 pm

    pajak progresif sepeda motor hanya dikenakan untuk motor yang 200 cc keatas yang dibawah itu tidak kena pajak progresif kan pak

  21. 31 andy
    15 Mei 2012 pukul 3:01 pm

    jika kendaraan baru saya sdh kena pjk progresif, padahal saya sudah menjual kendaraan yang lama, bgm cara mengurusnya biar ga kena pajak progresif ?

  22. 33 trixdhy
    23 Mei 2012 pukul 10:14 pm

    Mas Mitra, sebelumnya terima kasih atas inponya sangat berguna, saya mau tanya, misal saya punya 2 motor atas nama sendiri, Motor ke-1 th 2009 dan Motor ke-2 th 2011, jatuh tempo bayar pajak Motor ke-1 bulan Desember dan motor ke-2 bulan Agustus. ketika bayar pajak motor ke-2 bulan agustus sudah pasti di kenakan pajak progresif, tapi apakah pas bulan Desember harus membayarkan pajak lagi untuk motor ke-1 dan apakah akan di kenakan pajak progresif lagi ?

  23. 35 Antonius
    15 September 2012 pukul 7:27 am

    Mas, saya Ada Vios 2008 beli second Balik Nama September 2011, Vios itu iPar punya pinjem Nama istri? Lalu saya beli grand livina oktober 2011 Atas Nama saya. Lalu bulan September 2012. Saya beli Xenia Atas Nama istri. Ktp Dan kk kami Sudah sama dengan tempt tinggal.
    Apakah itu pasti Kena progresif? Yg Grand Livina Dan Xenia Atau Hanya yg Xenia? Lalu Kalo liat di kertas PKB itu semua masih sesuai penghitungan satu mobil yaitu 1.5% Dari NJKB, KELIATANNYA jumlah PKB tidak Kena progresif. Ada tanda di stnk Atau PKB ga yg menyatakan progresif?jangan2 pas saya ke samsat mau perpanjang baru ditagih progresifnya dengan jumlah yg tidak sesuai tertulis di STNK Atau PKB.
    Mohon infonya.

    • 15 September 2012 pukul 6:06 pm

      Yup,udah pasti kena pajak progresif.Yg kena adalah Livina & Xenia.Terkena pajak progresif jika ada data yang sama yakni nama atau alamat. Iya ketika pertama kali ke Samsat baru ditagih pajak progresifnya karena sebelumnya tidak tercantum, hal ini ketahuan ketika akan memasukkan data ke dalam komputer. Namun selanjutnya akan tertulis. Jadi ketika akan bayar pajak tahunan jangan lupa bawa uang lebih. Rekan2 pembaca ada yang ingin menambahkan ???

    • 37 Antonius
      19 September 2012 pukul 1:17 am

      Mas, kan kakak ipar saya baru kemarin perpanjang STNK vios yg atas nama istri? Kalau saya segera blokir besok untuk vios, apakah ada kemungkinan Grand Livina saya lolos progresif? Jatuh tempo Grand Livina saya 25 Oktober 2012 masih ada sebulan lebih. Mohon inputnya.

  24. 18 September 2012 pukul 8:48 pm

    saya mempunyai honda jazz progresif ke 2 saya mau bayar pajak telat 2hari sedangkan
    PKB 2.260.000
    SWDKLLJ 243.000 sama dendanya
    jumlah 2.503.000
    jadi mana yg harus saya bayar

    skian trimakasih saya tnggu balasanya.

  25. 39 prasetyo
    3 Oktober 2012 pukul 8:33 am

    Wah, lumayan juga setelah tau perhitungannya.., kalau begitu kendaraan γαnğ ҡȋțӑ beli kalau lebih dari 1 jangan pakai nama ҡȋțӑ sendiri ya.., ҡȋțӑ bisa pakai nama istri ҡȋțӑ atau anak anak ҡȋțӑ…, jadi ngga kena pajak progresif…

  26. 40 Ino
    5 November 2012 pukul 7:04 am

    Kalau punya mobil 2 satu atas nama istri saya satu nama saya apakah terkena pajak progresif (alamat sama) krn satu kk

  27. 41 ruli
    28 November 2012 pukul 4:59 pm

    mas sy ada xenia 2008 atas nama saya, trus sy berencana tukar tambah dengan livina 2008 yg sudah kena pajak progresif ke 2 atas nama pemilik lama. Gimana solusinya agar tidak kena progresif utk livinanya jika saya jd melakukan tukar tambah tsb.
    Perkiraan habis dikisaran brp.
    Trm ksh

  28. 43 Dewi
    13 Februari 2013 pukul 8:53 pm

    Maaf, pajak progresif itu, untuk nama dan alamat sama atau alamat sama saja. Misalnya adik saya tinggal dgn kelg saya dan sdh masuk dlm Kartu keluarga saya, bgmn jika dia beli sdri kendaraan apa dihitung progresif juga? mksh

  29. 44 Robert
    29 Mei 2013 pukul 11:32 am

    Kita bayar pajak…intinya buat memperkaya pegawai-pegawai pajak saja…..Aneh negeri ini !

  30. 8 Juni 2013 pukul 4:44 pm

    lha klo beli mobil ex taxi n blum bbn gmn?…apa ada pajak progresifna?…

    • 12 Juni 2013 pukul 9:51 am

      Biasanya kalo mo beli mobil eks taksi akan diurus bea balik namanya contohnya yg ada di blue bird.Kalo sebelumnya punya mobil dengan nama & alamat yg sama dengan mobil kedua tentu akan kena pajak progresif.

  31. 47 nazlamaharaniumaya
    16 Juni 2013 pukul 8:57 am

    trims saudara atas informasinya. hanya saja kasus saya belum ada di pembicaraan. bagaimana jika mobil pertama saya sudah saya jual dan belum dibalik nama sama pemilik barunya, sedangkan saya membeli mobil baru dengan nama saya. apakah saya terkena pajak progresif? saya berharap tidak karna saya faktanya saya hanya punya satu mobil. bagaimana cara mengurusnya ya? mohon masukannya. urgent nih… trims…

    • 17 Juni 2013 pukul 1:57 pm

      Kalo nama & alamat yg tertera di BPKB mobil kedua sama persis dengan mobil pertama maka akan dikenakan pajak progresif. Utk menghindari hal itu,lapor saja ke Samsat bahwa mobil pertama sudah dijual.Nanti disana akan isi formulir pernyataan.

  32. 29 Juli 2013 pukul 9:47 am

    MAAF, untuk lebih jelasnya diberi ketentuan NJKB itu masa setiap tahun gak ada nilai susut,
    permasalahannya adalah kalo punta mobil pick up tahun 2009.saya beli baru 143jt tapi sampai tahun ini pajak progressive kena 5,7jt.sedangkan kondisi mobil dan harga mobil tidak bagus lagi dan tidak bisa mencapai harga yg pertama saya beli 143jt. kenapa NJKB dalam perpanjangan stnk tidak diberlakukan nilai susut.???? jadi saya meras tidak adil. harusnya bagaimna saya usaha kalo mobil lama saya berat sekali bayar pajaknya.

  33. 14 Oktober 2013 pukul 2:55 pm

    baru sekarang ane ngerasin pajak progresif ini, lah 1 nama 2 motor, plakkkkk

  34. 51 Ands
    23 Oktober 2013 pukul 10:44 am

    mobil pertama saya xenia thn 2011 dengan NJKB 97 juta, mobil kedua saya hyundai tahun 2009 bekas tapi belum balik nama dengan NJKB 135 juta untuk perhitungan pajak progresifnya gimana ya kalo mobil kedua saya balik nama…thx

  35. 52 dedi
    24 Oktober 2013 pukul 9:42 pm

    motor ane hilang trus di blokir sama lising karna masih asuransi, trus ane beli motor lg apa bener kena pajak progresive jg kan udah di blokir, apa ini permainan dealer tolong penceran thx

  36. 12 November 2013 pukul 7:39 am

    Rencananya saya akan membeli beberapa kendaraan atas nama PT untuk usaha, apakah akan dikenakan pajak progresif juga?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
April 2011
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 3,921,586 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 269 pengikut lainnya.

Blog ini mendukung


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 269 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: