07
Feb
11

Suzuki Carry, Van Legendaris Yang Masih Eksis…

gambar : fahry.com

Suzuki Carry, sapa sih yang nggak kenal ama nih mobil ??? di era tahun 1980 s.d. 1990-an mobil ini mengalami masa kejayaan.  Waktu saya masih SD-SMP, Suzuki Carry banyak berseliweran di jalanan. Boleh dikata mobil keluarga saat itu adalah Suzuki Carry. Cikal bakal Carry dimulai dari pick up ST10 yang  hadir pada tahun 1976. Kemudian di tahun 1977 muncul generasi baru ST 20. Enam tahun kemudian ato tepatnya di tahun 1983 generasi ST 20 memasuki masa pensiun & digantikan oleh ST 100.

Hingga saat ini populasi Suzuki Carry cukup banyak salah satunya yang gampang ditemui adalah menjadi andalan transportasi umum di berbagai daerah. Meski saat ini telah hadir berbagai macam kendaraan sejenisnya yang berdaya angkut lebih banyak & lebih luas tapi para juragan angkot masih menaruh kepercayaan pada Suzuki Carry. Alasannya cukup sederhana, Carry perawatannya mudah, murah, irit, bandel serta suku cadang cukup banyak tersedia. Hal2 inilah yang tidak dipunyai oleh mobil niaga lainnya.

Suzuki Carry dibekali oleh mesin legendaris berkode F10A berkapasitas 970 cc, 4 silinder, OHC. Tenaga yang dihasilkan 44 hp @ 5.300 RPM & torsi 75 Nm @ 3.200 RPM. Girboks yang ditawarkan tersedia 2 tipe yaitu 4 & 5 tingkat percepatan. Guna menghadang kiprah Daihatsu Zebra 1.3 di tahun 1990-an, Suzuki Carry hadir dalam kapasitas mesin yang lebih besar yakni 1.300 cc. 

Suzuki Every Plus

Di tahun 2004 PT. Indomobil sempat memasukkan Suzuki Every Plus secara CBU sebagai calon pengganti Carry. Mesin yang dipake berkode G13B berkubikasi 1.298 cc, SOHC, 16 valve, MPI (Multi Point Injection). Tenaga yang dihasilkan mencapai 81 hp @ 6.000 RPM. Sayang Every Plus hanya bertahan sebentar karena kurang sukses di pasaran. Selain bentuknya yang kurang menarik di mata konsumen, harganya juga relatif mahal di waktu itu.

Generasi paling baru Carry yang dijual oleh PT. Indomobil berkapasitas mesin 1.500 cc. Berkode mesin G15A (sama dengan APV) sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 76 hp @ 6.000 RPM. Tak dapat dipungkiri bahwa Suzuki Carry merupakan salah satu legenda van yang masih eksis saat ini. Yang tidak terlupakan oleh saya ketika akan menyetir Suzuki Carry adalah bunyi suara ketika akan menyalakan mesin. Butuh 2 ato 3 kali muter kunci kontak agar mesin bisa hidup bruuummm….brummm….brummm… :)

About these ads

113 Responses to “Suzuki Carry, Van Legendaris Yang Masih Eksis…”


  1. 7 Februari 2011 pukul 9:18 am

    Wah jadi inget Suzuki Futura 1.3 yang mirip dengan Colt T 120SS pak mit, tapi masih kencengan Colt T 120 SS lebih ngaciiir hehe

  2. 7 Februari 2011 pukul 9:22 am

    tek tek tek bruum bunyi kalo mau nytarter carry extra :lol: ups iya sebelum Carry 1.5 pernah muncul Carry 1.6 keborosan kali ya kok turun lagi CC nya ke 1.5 :-D

    • 7 Februari 2011 pukul 10:48 am

      Yup betul pak, sempat keluar versi 1.600 cc tapi berhubung ada kebijakan PPnBM yang lebih murah untuk kendaraan di bawah 1.600 cc akhirnya Carry 1.6 dituruni ke 1.5. Sama dengan Baleno yang dulu keluar 1.6 trus diturunin ke 1.5.

  3. 7 Februari 2011 pukul 9:23 am

    wah kesalip Colt 1200 ss jan.
    Every plus jarang liat, spt karimun yg dipanjangkan jd kaya Van bonsai

  4. 7 Februari 2011 pukul 9:44 am

    punya om saya buat ngangkutin batako :lol:

  5. 7 Februari 2011 pukul 10:19 am

    Emang irit ni mobil (mobile bapakku :mrgreen: ). Om mitra kl vixi akinya tekor injeksinya terpengaruh gk?

  6. 7 Februari 2011 pukul 10:23 am

    wah mobil segala umat..sebelum eranya Avanza ama xenia :mrgreen:

  7. 7 Februari 2011 pukul 10:47 am

    suzuki carry ibaratnya a never ending story..

  8. 12 varioputiih
    7 Februari 2011 pukul 12:23 pm

    sedikit tips, karena carry ga dilengkapi “hidung” sebaiknya kalo kecelakaan penumpang depan+supir ngangkat kakinya. biar kaki ga patah ato luka-luka :)

  9. 7 Februari 2011 pukul 1:50 pm

    kalo CArreta itu yang kembali ke 1.0 ya

  10. 7 Februari 2011 pukul 3:05 pm

    ini mobil gak nyampe2 ya…keri mulu…..

  11. 7 Februari 2011 pukul 4:54 pm

    kayak angkutan ditempat menone…………..

    salam persahabatan dr menone

  12. 19 ajie
    7 Februari 2011 pukul 10:03 pm

    waktu sekolah sering naik ini.. ngangkot maksudnya.

  13. 8 Februari 2011 pukul 10:16 am

    kalo didaerah saya, susuki keri model pick up dinamakan tronthong mbuh apa maksudnya

  14. 23 thinxxx
    8 Februari 2011 pukul 2:54 pm

    wah d garasi rumah masih ada tuh Carry PV 1.0 2003.., emang bandel abiz neh mobil….

  15. 24 Rollerman
    13 Februari 2011 pukul 8:22 am

    kata ayahku sih yg pernah punya mobil ini(Carry 1.0 1993),konsumsi BBMnya irit banget

    1 liter= 30 km luar kota

    Kijang Grand Extra tahun 1995 aja 1 liter=10 km luar kota

  16. 27 Agus
    15 Maret 2011 pukul 9:11 pm

    Carry memang keri…tapi is the best, nggak buat kere iriiitte puooll…Ju.

  17. 28 must too far
    4 Mei 2011 pukul 10:20 am

    betul. mobil carry ku nggak biri kere, emang aq dah kedahuluan kere

    • 29 maydarling123456
      27 Mei 2011 pukul 1:19 pm

      SUZUKI CARRY memang gampang di cari,, walau jaman sekarang jamannya Avanza dan Xenia,, TAPI suzuki CARRY tetap exis menghiasi kehidupan ini BRAVO buat SUZUKI CARRY. (ANE JUGA PUNYA DI RUMAH) heheheheee…

  18. 30 maydarling1234
    27 Mei 2011 pukul 1:17 pm

    SUZUKI CARRY memang gampang di cari,, walau jaman sekarang jamannya Avanza dan Xenia,, TAPI suzuki CARRY tetap exis menghiasi kehidupan ini BRAVO buat SUZUKI CARRY. (ANE JUGA PUNYA DI RUMAH) heheheheee…

  19. 31 setya
    10 Juni 2011 pukul 3:53 am

    mohon saran saya mau membeli carry 1.0 tahun 1994 dari tangan kedua, apa saja yang harus saya cek karena saya belum ngerti mobil carry ini hanya denger kabar aja kalo carry ini irit banget BBMnya

  20. 26 Juni 2011 pukul 7:19 pm

    aq punya yang tahun 86 sampai sekarang masih siiiiippp, yang aq kagumi dr suzuki carry, tak pake jogja sampai pangandaran masih jooossss. bravo suzuki carry….. you best.

  21. 26 Agustus 2011 pukul 3:00 pm

    saya pernah punya yan tahun buek 84, 86, 89, sama futura yang 94 …. irit sama bandel sih iya ,,,, tp ko di tanjakan sama larinya lemot banget ya ,,,,,, beda sama ss atw kijang ….

    • 34 Taufik
      6 November 2012 pukul 8:28 am

      Betul betul betul ! Ane ada carry 1000 taon 89 ditol masih anteb dibawa 100 kpj, dibawa mudik muatan full plus bagasi oleh2, bolak balik ke ciamis lewat nagrek . yg payahnya gentong minta gigi satu mulu pengennya nge joss kaya budiman abis selalu maceeet

    • 35 Udin Silalahi
      26 Februari 2013 pukul 7:14 am

      mungkin maksudny dibandingin ama kijang 1800,

      kalo bndingin ama kijang 1500, rasanya msih lebih bertenaga carry 1000.
      cuma kalo ditanjakan + muatan penuh, tenagany brkurang jauh dibanding kijang 1500.

  22. 36 bob
    3 November 2011 pukul 6:29 pm

    numpang lewat..keri 86 kalo dari knalpot keluar asap tipis warna hitam itu knapa ya gan..trus, mohon pencerahan tentang indikator bensin keri 1000..gak bergerak meski diisi bensin full..matur suwun

  23. 39 Ircham
    30 November 2011 pukul 2:38 pm

    Saya punya Aventura 1.300 tahun 1997 karoseri Adiputro, mohon info apa kelemahan mobil ini dan apa pula kelebihannya (dibanding misalnya dg GRV/DRV tahun yang sama)

  24. 40 yadi triyadi
    16 Desember 2011 pukul 10:31 am

    Saya pernah pake Carry thn 85,,emang kalau di jalan yang datar larinya ga kalah dengan mobil sekarang,cuman pas melintas di tanjakan yang tadinya lari jadi merayap,,apakah emang semua jenis carry seperti itu??

  25. 16 Desember 2011 pukul 6:00 pm

    Mendingan merayap drpd ga kuat nanjak kaya apansa dan senia, coba tanyain sama pemilik mobil kembar itu ,kalao lewat puncak bogor atau Kawah Putih Ciwidey bandung mobil apansa/senia dengan muatan full.. mobil kembar kaleng krupuk ini sangat loyooooOOoo…. beda dengan suzuki carry, yang emang tiap hari hilir mudik di daerah ini (angkot) mereka riang gembira dengan muatan full…. maunya si nambah lagi muatan….. Coba Buktikan,,,,, Suzuki carry emang van legenda, dan abadi… Sparepart Berjibun…. istilahnya kalo mogok tinggal ketok2/ getok2 bengkel pinggir jalan, mesinya Hidup lagi…..Carry terkenal dengan Kaki-kaki yang sangat kuat, kalo mesin udah jangan di tanya lagi…. udah sempurna (Perfect) untuk teknologi manual dijaman nya,.. suzuki carry di desain kepada kebutuhan dasar untuk memindahkan dari suatu tempat A ke B dengan biaya murah dan sedikit Fashion, waktu saya SD thn 90an mobil ini sering saya gambar di buku tuliss,,,dan berlanjut hingga sekarang hahaaa…. sungguh mengesankan. kunjungi blog ane yah… http://suzukicarryfansclub.wordpress.com

  26. 46 Real_van
    10 Januari 2012 pukul 5:49 pm

    prmisi, mau nanya kalo suzuki futura 1.3 1995 yang ska bunyi tok tok tok tok wktu sbelum di starter itu kira2 bunyi apaan ya?? mohon jawabanya

  27. 30 Januari 2012 pukul 9:53 am

    kalau tipe real van masih bandel nggak ya….kayak pendahulunya?

  28. 3 Maret 2012 pukul 8:14 am

    matur nuwun punya saya carry tahun 2000 1.6, apa betul kalau lwat tempat banjir carry bisa mogok alias mati mesin…….maklum baru pake 3 minggu ne…..

    • 50 era
      5 Maret 2012 pukul 3:10 pm

      setahu ane carry 1.6 udah injeksi, gak mungkin mogok kecuali kalo emang mobil nya di rendem… seluruh body..:))

      • 51 Slow_down
        10 November 2013 pukul 9:08 pm

        carry 1.6 blom injeksi bro,
        kalo carry 1.5 udah injeksi itupun klo gk slah tahun 2006 keatas.

        cz carry futura ntu ada 3 versi, 1300, 1600, 1500.
        nah yg paling jarang ntu versi 1600, yg bagian dpannya blum grill bolong2 mirip 1300cc.

  29. 31 Maret 2012 pukul 2:40 pm

    isi oli mesin carry 1.0 brp sich??? ada yang tau pasti gak???

  30. 29 April 2012 pukul 1:40 pm

    suzuki carry emang keren aku mau beli futura 1.5 heheh

  31. 13 Mei 2012 pukul 5:41 pm

    D rmah ad carry 1.0 ’94…D tol bisa lari smpe 90 kpj tapi agk bahaya kalo 90 k atas. bagaikan mau terbang…tapi joss dah…ane blajar pertama pake carry langsung lncar k sna kmari…Rncana mau upgrade k carreta 1000 ’05 an dah……………….

    • 55 Alhaq
      15 Mei 2012 pukul 10:16 pm

      Aku pakai carry 1.0 keluaran 1993 adiputro, beli tahun 2007 seharga 31juta bulan lalu tak jual laku 35juta. Memang terbukti bandel dan irit amat nih mobil, tak jual karena upgrade ke APV 2007 buat carteran.

  32. 56 yefta
    23 Mei 2012 pukul 9:29 pm

    carry futura 1500 MPI sama colt T120ss MPI sama-sama taun 2011 iritan mana? konsumsi bbmnya gimana?

    • 2 Agustus 2012 pukul 2:52 pm

      Saya juga punya Carry 86, Body atas sdh ada yang kropos, sy lapisi dengan skotlet warna hitam maklum dana pas-pasan, dipiara sejak th.2001, dia sdh seperti teman sejati saya, di jln Tol sesekali saya pacu sampai mentok spedometer 120 km, pedal gas masih separo, Tiap tahun mudik lebaran ke Sragen, saya di balaraja, saya puas punya carry biar sdh tua tapi handal, Gak mogok, mesin tahan panas, Tanjakan puncak, sruwen, salatiga tidak ada masalah, ada yg mau beli tdk saya jual, pokoknya biarin sampai ambruk.

  33. 58 dian
    24 Agustus 2012 pukul 4:02 pm

    saya punya carry th 95 karoseri tugas kita mau dijual 35 jt, barang mulus siap ngejosssssss

  34. 23 Oktober 2012 pukul 10:15 am

    wah kalau saya dah pakai 12 th dah diuprek sampai semua part dah kepegang tangan carry mang mantaf gan

  35. 60 Rainanto Budiono
    4 November 2012 pukul 8:29 pm

    mobil aye carry 1.0 tahun1996 karoseri Podo Joyo,,,,,,sampai sekarang tetap OKE segala medan, gak mau aku lepas…walau ditawar berapun….habis carry mania sih

    • 8 Desember 2012 pukul 10:03 am

      Ju2r, saya bertahun2 pengguna carry ST100 yg pick up maupun yg mini bus , karkter mesin dah hafal samua, bwtQ carry itu untuk kapasitas mesin 970 cc atu jg bsa diblang 1000cc cukup Handal_Lah &Tahan kLu di buat Genjot2an,Kencang2an ataupun UgaL_ugaLan di segaLa medan wlpun bwa penumpang/barang banyak, & yg satu Lg mobil ini gk gampangan rusak. Paling gk nyaman cuman untuk ngLewatin jalan berlobang atupun jalan bergelombang itu kalau pas bawanya kencang aja,klu kta bawanya pas2an/standar ya lumayan nyaman Lah dgn ukuran hrga mobil yg gk terlalu mahaL2 amat..
      _NB: Masalah dr mobil carry ST 100 Cuma di rumah2an/dudukan WORM kadang patah,tp itu gk msalah itupun klu patah dngn jangka wktu yg LAMA,mungkin tiap hari slu untuk muatan berat2, Hhee..kaLupun patah cma bawa ke tukang LAS, paling mahaL cuma hbis Rp 70 ribuan..
      *kLu isi dompet kita pas2an yach CARRY piLihanya*

  36. 21 Januari 2013 pukul 8:59 am

    ngisi bbm 50 ribu pantat sudh panas ngaak habis2 tuh pake carry 87, pkoknya mantep dah pakai carry alon alon waton kelakon ….

  37. 63 fadiel
    5 Februari 2013 pukul 4:52 pm

    Carry 1.0 th 94 punya ane ko boros y?

  38. 64 M lutfi
    2 April 2013 pukul 5:02 pm

    main track cianjur-bandung diatas jam 10 malam s.d Subuh. Carry Futura 1.5 masih rajanya, dengan muatan full membawa sayur mayur.

    apalagi Colt T-120ss 1200cc/1500cc, bener-bener mengasapi mobil2 sedan keluaran 90 an ktika melewati tanjakan.

  39. 65 Gembus
    15 April 2013 pukul 10:31 pm

    Bapak saya punya nih mas, Carry 1.0 ’90 karoseri Gajah Mada. Mobil bapak saya sejak dari pertama kali beli ni mas. Sampai sekarang pun masih ada dan masih amat sangat terawat sekali, dijamin deh. Sumpah ini mobil kuat banget mas. Dari dulu sampe sekarang kerusakan seriusnya cuma bodi2 yang udah mulai keropos aja!!! Sama cat bagian atap yang udah mulai bladus. Bayangin aja. Manteb emang ni mobil. Hahahaha…

  40. 20 April 2013 pukul 9:05 am

    zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

  41. 7 Mei 2013 pukul 5:01 am

    Saya pingin beli pick up yg 21jt buat usaha anggkut beras

  42. 20 Mei 2013 pukul 4:02 pm

    saya mau bertanya ke teman-teman yang punya carry futura..
    ini tentang AC… untuk 1.3 tidak ada double blower, dan kalau dipasang akan semakin membuat kerja compressor jadi berat dan jebol… hehehe..
    nah saya mau bertanya, bagaimana strateginya untuk membuat AC bisa tetap dingin dan sampai ke belakang.

    kemudian kalau untuk memasang ventilase AC di atas tempat duduk ke dua dan belakang kira-kira, karoseri mana ya yang mau…. saya ada niat untuk buat saluran ac-nya seperti di dalam bus…..

  43. 26 Mei 2013 pukul 10:20 pm

    Saya baru aja dapat carry 89 station wagon, tiap pagi kupanasi selama 20 mnt sekali starter langsung hidup tu mesin. Saat ku pakai malam hari hidupin lampu coba bunyikan klakson,reting nyala beberapa kali muter trus berhenti ke warteg sebentar…..loh mau hidupi mesin putar starter cuma bunyi teg…teg…teg seperti power accu lemah. KIRA-KIRA APANYA YA GAN??? ( kenapa accu cepat soak?)

  44. 73 andhie
    1 Juni 2013 pukul 8:55 pm

    he…he…he…hingga saat ini, detik ini, di Juni 2013 ini, sy masih pake keri thn 1984, ramah, irit, nurut, gak ngeselin.

  45. 12 Juni 2013 pukul 8:40 pm

    Ya cuma nie mobil yg paling irit dan mudah serta murah perawatannya…top markotoplah …

  46. 76 agung suroboyo Rek
    13 Juni 2013 pukul 8:55 am

    aku punya carry 1000 tahun 1990 pingin tau kecepatan nyampe berapa aku geber di TOL kirain gak bisa lari ternyata nyampe juga 110 muatan total 5 orang, tak naikin lagi kecepatannya bahaya ……

  47. 14 Juni 2013 pukul 8:06 pm

    ini nih jagoan saya di rumah,carry 1.0 1989 :D
    irit,simpel & nyaman di dompet

  48. 17 Juni 2013 pukul 11:58 am

    carreta 1.0 ’2005 ane, konsumsi bbn nya kurang lebih 15 KM / liter…boros ya gan ?

  49. 80 August
    20 Juni 2013 pukul 7:25 pm

    Minta tolong gan solusinya…. kemarin mobil carry 10 kalau dah panas lalu dimatikan trus di hidupkan kembali susah/berat putaran dinamo staternya. Menurut para suhu ganti batu arangnya, lekas kuganti batu arangnya tapi tetap sama aja. Setelah cek sana sini ternyata air radiatornya tinggal sedikit ( mungkin ini yang buat mesin cepat panas). Lalu saya isi radiator dengan air aqua sampai 2 liter. Tapi setelah isi air malah dihidupi ga bisa ada bunyi di bawah jok kemudi (pompa bensin) berbunyi terus, akhirnya isi bensin sampai 20 ltr…bunyi pompa bensin berhenti. Aduh gan…. sampai sekarang mesin di hidup ga bisa hidup , sampai aki tekor lagi neh…pusiiiinggg. Tolong gan… kasih solusi ntar kudoakan dapat rezeki nomplok.

    • 25 Juni 2013 pukul 6:59 pm

      Koilnya sudah dicek gan ??? coba dicek dulu,soalnya kalo koil lemah ato mati,mesin gak mau hidup.Selain itu coba cek kondisi radiator, apakah ada kebocoran di radiator, slang2 radiator hingga cek juga kondisi kipas radiator.

  50. 82 sartono
    10 Juli 2013 pukul 1:41 pm

    Jadi pengen punya carry nie hehehhe

  51. 83 Kendi
    14 Juli 2013 pukul 12:12 am

    Ada yg mau nglepas carry nggak? budget pas2an, Th -+1990?

  52. 17 Juli 2013 pukul 8:29 pm

    Mobil Suzuki Carry 1.0 emang mantap………….. irit………….. sperpartnya ekonomi banget…………. luar biasa…….

  53. 85 opunk
    3 Agustus 2013 pukul 8:48 pm

    Futura 1.3 th 95 gimana apa irit gan..?

  54. 86 opunk
    3 Agustus 2013 pukul 8:50 pm

    gw juga lagi cari futura th 94/95 nih gan………

  55. 23 Agustus 2013 pukul 6:50 pm

    Memang untuk tranportasi umum /angkot si carry ini tak ada lawan ,udah bandel biaya perawatan gak jebolin kantong onderdilnya kayak kacang goreng…pokoke gampang segala2nya..

  56. 89 yuli
    2 September 2013 pukul 2:49 pm

    baca commentnya jadi pingin punya carry yang grv nie,, soale kakakku punya taon ’89 dari ga mudeng mesin jadi pinter otak-atik mesin ya krn oprek ni boil,,,

  57. 12 September 2013 pukul 10:01 am

    saya pake carry 1.0 th. 88 alhamdulillah masih sehat…lintas antar provinsi alhamdulillah tanpa kendala.

  58. 91 dian
    13 September 2013 pukul 1:17 pm

    saya juga punya suzuki cary th 91 di geber tol cipularang ban depan kaya mo copot goyang bangeet apa bearring roda depan dah kocak ?? mohon pencerahan gan

  59. 18 September 2013 pukul 4:51 pm

    Terlepas dari cc yg kecil atau dah jadul , disaat ini belum ada mobil yang bisa ngalahin carry 1.0 dari mulai harga onderdil ketersediaannya , erawatan yg mudah gak rewel mesinnya irit bbm , menurutku hebat ni mobil walau dibilang mobil murah justru menunjukkn kelasnya , bandel gak cengeng ,coba bandingin dgn mobil2 berharga ratusan juta. Banyak kendalanya dan onderdl menguras kantong ga sesuai harga……

  60. 94 leandro
    19 September 2013 pukul 7:47 pm

    waw,carry sama katana msinya sma y gan?ane pnya katana th 89,cepu-smarang-ungaran pp cuma hbs 170 ribuan,emang mesin suzuki 1.0 mantep,nanjakpun gak krasa berat . :D

  61. 95 Rif`an
    3 Oktober 2013 pukul 7:10 pm

    Aku baru aja beli Carry 1.0 New Arindo 1996, jadi belum tahu apa-apa.

  62. 96 kang joko
    7 Oktober 2013 pukul 6:29 pm

    permisi agan agan semua.. ane mau nanya nih… masalahnya ane baru beli colt t120 ss multi point injection kok boros ya bbm nya pdahal injecsi . tolong berikan jawabanya gan….sambil bagi bagi ilmu

    • 9 Oktober 2013 pukul 1:13 pm

      Mobilnya sudah di tune up ??? kalo sudah tapi masih boros mungkin dari cara berkendaranya, situasi lalu lintas, kondisi jalan, barang bawaan dsb. Banyak faktor yg menyebabkan bensin jadi boros.

  63. 98 kang joko
    9 Oktober 2013 pukul 6:10 pm

    oow gitu ya gan ya… belum pernah tune up gan . nyoba besok tak bawa ke bengkel untuk tune up. kalo masalah pengendaraan nya sih slalu di jalan aspal gan bawaan nya sayur gk banyak gan. mungkin tune up dulu ya gan biar tau pnyakit nya.. trimakasih gan atas info nya

  64. 22 November 2013 pukul 7:50 pm

    malem pak, aku baru aja beli carry 1.0, koplingnya berat dn remnya juga kasar/antep. bengkel yg sy kunjungi nyaranin ganti plindes, untuk remnya ganti serfo. padahal kantong lg menipis,, yang menjadi tanda tanya tu mekanis bengkelnya belum bongkar apa apa cuman lg ngidupin mesin sama maju mundur kok udah bilang gitu. menurut bapak solusinya bagaimana ? makasiih banget sebelumnya, kami butuh solusi benar benar ni.

    • 23 November 2013 pukul 11:32 am

      Utk mengetahui kopling masih bagus ato tidak hrs di tes jalan karena dari situ bisa ketahuan penyakitnya, contoh kampas kopling tipis/habis gejalanya mobil susah bergerak maju padahal pedal gas sudah diinjak, kemudian kopling terasa berat biasanya permasalahan ada di dekrup. Saran saya bawa ke bengkel yang punya reputasi bagus, paling gampang cirinya adalah bengkelnya selalu rame.

  65. 1 Desember 2013 pukul 8:44 am

    suzuki carry st100 tuh buat saya dah harga terjangkau bandeL pula, sama2 tahun tua daripada zebra/hijet mending pilih carry deh wlpun zebra itu mesinya kuat dan kencang tp kbnyakan org bilang mesinya banyak kendalanya, cepat panas,timing belt putus klepnya kena/melengkung,nglibas air wktu hujan mogok, bodynya yg agak keren cuma si espas..
    pengalaman saya pakai carry 1000 ber tahun2, walaupun cc kecil wktu bawa penumpang 10org+saya buat ngebut nyampai tuh lari 120km/jam sekitar jam 5 pgi masih sepi,di Ring Road Arah solo-jogja sampai spedo mentok,pdahal cuma carry yang 4speed tahun 88,karoseri new armada, tp rem depan dah cakram, trs wktu ke Bandung sama teman dengan penumpang 5 orang wktu nglewatin tol mana tuh lupa genjot pedal gas lum sampai mentok spedo dah mentok duluan, Gilaaa… kurang lebih pedal gas masih sisa 1/4. Wlaupun suara mesin meraung_raung keras, maklum cuma 4 speed. Hehe..
    O iya saya juga punya carry tahun 85 pick up, habis saya catin warna putih metalik kombinasi bagian bak belakang warna dop spion dah aku ganti stanlis dan selebor sama knalpot saya ganti racing, cuma kurang velg racingnya doank. Tuh juga dah banyak bgt yg nawar 20-25 juta,padahal gk saya jual… Di wilayah saya sekarang carry lampu bundar banyak di cari pembeli, mungkin kebanyakan untuk di modif…dan buat angkutan2 ringan aja..

  66. 6 Desember 2013 pukul 11:01 pm

    Saya juga pemakai carry 1.0 box tahun 2001. walau baru saya sudah merasakan kelebihan mobil ini di banding mobil Daihatsu Espas saya yg sudah saya jual karena suka mogok, mesin over panas, banyak sekali kekurangannya. carry 1.0 yg saya pakai ini mesinnya kuat dan sangat irit. kirim barang ke luar kota juga sangat kuat dan tidak panas mesinnya……. pokoknya saya bersyukur dapat mobil bagus ini… bukan promo loh…. ini serius bro sis…..

  67. 105 Fauzi
    14 Desember 2013 pukul 12:57 am

    Permisi abang2 dan sodara semua, saya punya carry 1.0 thn 92, mau saya pasang AC bisa tidak, mohon saran dari semua abang dan sodara semua, klo ada yg punya gambar mesin Carry F10A yg pakai AC tolong dong dikirim ke email saya (fauzimuhammad92@yahoo.co.id) makasih semuanya.

  68. 19 Desember 2013 pukul 12:20 am

    saya lagi nyari carry 97an. karoseri yg bagus apa ya?

  69. 107 eka
    6 Januari 2014 pukul 1:26 pm

    AC..
    pasang AC di st 100 bisa mas. Kompresor pakai punya forsa yang mesinnya sama F.10A berikut braket dan puli ganda. Penempatan dekat dinamo ampere. Kondensor dipasang di kolong bawah pintu tengah (kiri) atau belakang tangki. Komponen lain (dryer, blower, pipa2) sama dengan pasang AC di mobil2 non AC lain.
    Yang perlu diperhatikan adalah ukuran spuyer karburasi. Jika saat dibebani AC mesin panas atau tenaga kedodoran saat mendahului bus, coba naikkan spuyernya satu step. jika masih panas coba tambahkan ekstra van elektrik di radiator sebelum menaikan ukuran spuyer lagi.

  70. 108 bursa truck
    13 Januari 2014 pukul 1:35 pm

    Area Jawa Tengah – DIY minat L.300 Power Steering Plus ? Potongan S.D Rp 12.Jt.
    Harga Unit 2013 Rp 147 Jt; Untuk Unit 2014 Rp 153 jt.
    Tersedia T120SS, Truck FE, Truck FN, Outlander, Pajero, Mirage.Dll
    Phone SMS : 085 643 226 777

  71. 109 Franko rambitan
    24 Januari 2014 pukul 1:31 pm

    Carry memang mantap,,,,tapi sering bocor carter bwh karena oli muncrat!!!!!

  72. 110 Wagimin
    26 Februari 2014 pukul 10:27 pm

    Carry itu memang mantap dah irit, sparepart bejibun, daya angkut sampe tetangga juga bisa plus oleh-oleh bisa kebawa pokoknya cocoklah untuk gua yang kantong pas-pasan. Gua pelihara sampe ambruk

  73. 111 yusuf doang
    2 Maret 2014 pukul 3:35 pm

    si caryy emang top…biarpun jadul,ane punya caretta 1000 buat bawa2 anak istri jalan2

  74. 26 Maret 2014 pukul 5:14 pm

    ane nitip komentar, pas banget ane sebenere hari gini mau ganti kijang kapsul 2002 tapi ane gak tega ngelepas carry extra 90, udah 2 bulan kagak bisa tidur…soalnya pengen ganti yg ada monyong….buset irit banget buat BSD-cawang PP macet gak garuk-garuk dompet amat….gimane ye ada saran gak mas brou…gk mungkin ngerawat 2 bini, eh maksudnya 2 mbol carry dan kijang kapsul. maklum biar pengeluaran irit getuh

  75. 113 aizan
    7 April 2014 pukul 12:02 pm

    saya baru beli futura 1.3 thn92, waktu dicek ampere nya naik setengah padahal mobil belum jalan, waktu radiator dibuka dan digas, airnya menyusut, gas dilepas air radiator kembali…..kirakira apa ya gan yang membuat kok panasnya cepat naik…..thks atas petunjuknya….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Februari 2011
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 3,415,939 hits

Twitter

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 228 pengikut lainnya.

Blog ini mendukung


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 228 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: