04
Feb
11

Mengenal Komponen AC & Penyebab Kerusakannya…

Hidup di Jakarta pake mobil tanpa AC ??? wah gak kebayang deh tersiksanya kayak apa. Mobil2 saat ini dari pabriknya sudah dibekali AC berbeda dengan tahun 80-90 yang masih berupa piranti optional. Sayangnya masih banyak pemilik mobil yang kurang memperhatikan terhadap AC. Pokoknya tinggal putar ato tekan tombol AC, hawa dingin langsung berhembus. Kalo AC-nya udah gak dingin lagi, barulah panik. AC perlu dirawat layaknya mesin mobil. Kerusakan pada salah satu perangkat sirkulasi AC dapat menyebabkan AC tidak dingin. Berikut ini saya paparkan beberapa perangkat sirkulasi AC & kerusakan apa saja yang bisa terjadi.

Letak komponen AC mobil skema cara kerja AC

 

Evaporator

Berfungsi untuk mengubah cairan freon menjadi gas dingin. Di perangkat inilah proses pendinginan cairan freon berlangsung. Kebocoran akibat kotoran yang menumpuk bisa mengakibatkan korosi/keropos.

Thermostat

Fungsinya adalah untuk menyalurkan daya listrik ke kompresor secara otomatis. Sensor pada thermostat akan mendeteksi suhu di evaporator sesuai settingan. Apabila thermostat dalam keadaan rusak, maka evaporator bisa membeku karena pemutus arus listrik tidak berfungsi. Kerusakan pada alat ini ditandai dengan keluarnya asap dari kisi2 AC serta adanya tetesan air seperti embun yang menetes dari evaporator.

Dryer

Alat yang bentuknya seperti tabung  berfungsi sebagai tempat menyimpan freon sementara setelah dicairkan oleh kondensor untuk kemudian disuplai ke evaporator. Fungsi lainnya adalah sebagai penyaring kotoran dalam sistem sirkulasi AC. Kerusakan pada dryer bisa disebabkan karena tersumbatnya oleh timbunan kotoran yang terbawa oleh kondensor. Bila dryer rusak, maka suhu AC menjadi tidak stabil dan berubah2.

Expansion Valve / Katup Ekspansi

Fungsinya adalah untuk menyemprot cairan freon dari dryer ke evaporator dengan temperatur dan tekanan yang rendah. Katup ekspansi bisa rusak jika dryer juga rusak, dan kemungkinan besar bisa merembet ke evaporator yang ikut terkena kotoran.

Kondensor

Komponen ini fungsinya untuk mengubah freon menjadi cairan yang bertekanan tinggi dan bertemperatur tinggi. Bila terjadi kebocoran, kotoran debu dan lumpur juga bisa merusak komponen ini.

Kipas Kondensor

Komponen ini sebagai pendingin kondensor karena refrigerant di dalamnya yang panas. Kipas ini pada beberapa mobil biasanya menyatu dengan kipas pendingin mesin. Kerusakan yang timbul biasanya putaran kipas lemah penyebabnya bisa karena sistem kelistrikan AC ato motor listriknya sudah lemah.

Kompresor

Fungsinya untuk menekan cairan freon ke kondensor. Kompresor bisa mengalami kerusakan karena umur misalnya kebocoran, magnet sudah lemah & berkurangnya oli dalam kompresor. Jika terjadi kerusakan biasanya akan terdengar suara berisik saat AC dinyalakan.

skema cara kerja AC

Evaporator harus sering dibersihkan agar tidak korosi...

Mobil yang sering dipakai ato jam terbangnya tinggi tiap hari setidaknya AC dirawat setiap 6 bulan sekali. Kalo pemakaiannya normal2 saja / jarak dekat bisa setahun sekali ato tiap 12.000 KM. Service AC mobil biasanya melakukan pengecekan pada dryer, jumlah freon, kebocoran pipa2 hingga pembersihan evaporator dari kotoran2. Biaya service AC tergantung dari jenis mobil & tipe AC (single ato double blower). Yang jelas untuk mobil Eropa tarifnya lebih mahal karena risikonya lebih tinggi serta rumit.

About these ads

53 Responses to “Mengenal Komponen AC & Penyebab Kerusakannya…”


  1. 4 Februari 2011 pukul 11:00 am

    JAKARTA PANASS KUDU GO AC..

  2. 3 bjl
    4 Februari 2011 pukul 11:26 am

    ctrl D gan..
    hayo kapan mau observasi greco ku mas, ngelitik nih…

  3. 4 Februari 2011 pukul 2:07 pm

    jadi tambah wawasan nich…

  4. 4 Februari 2011 pukul 2:09 pm

    katanya jakarta panas lha gimana kalau dipasang ac saja biar segeeeer
    kayak kata bro rosso
    tul nggak?

  5. 4 Februari 2011 pukul 2:09 pm

    kata ipin dan upin betul betul betul…..

  6. 4 Februari 2011 pukul 2:11 pm

    wah ra nyambung ya
    tapi gak popo sing penting komen aja…
    heheheheheheh…….

  7. 4 Februari 2011 pukul 3:15 pm

    wew…jos gandos….evaporator dan kondenser bisa jalan 2arah…tergantung suhu/musim….

  8. 4 Februari 2011 pukul 6:55 pm

    kalau posisi ac di set banyak kok nggak dingin itu kenapa pak bro ya? apa selalu karena freonnya? berapa lama freon harus di isi lagi?

  9. 4 Februari 2011 pukul 10:22 pm

    nyimax senajan telat…
    Bener kata Pak Bons, perlu di bonsai..ee..di save buat pengetahuan.. . *soale ra nduwe je

  10. 6 Februari 2011 pukul 2:48 am

    kalo terlalu dingin piye mas… hehe.. diset paling dingin aja udah pilek.. :mrgreen:

  11. 6 Februari 2011 pukul 10:10 pm

    hati2 Tukang AC banyak aksi tipu2 untuk mengeruk keuntungan, cari yang dah kenal aja

  12. 24 Dodik
    8 Februari 2011 pukul 10:58 am

    tq berat infonya? kalau service AC di depok ada yang tahu?

  13. 26 panca sutrisno
    16 Februari 2011 pukul 10:32 pm

    makasih buanget atas infonya…..ni benar2 manfaat buat aku yang awam…aku tunggu info yang lain tentang boil…. sekali lagi makasih boss.

  14. 28 andy
    12 November 2011 pukul 4:24 pm

    tanya masss….avc kompressor ndak mau start kalau di bendeng jalan dan dingin apanya ya mas ?triiimmss

  15. 29 tantio
    13 Desember 2011 pukul 7:25 am

    boss< numpang nanya neh, ac mobil saya kok gak mau tai ya, jd flasher hanya bermain di idle up saja, shg RPM turun tp ac msh jalan, dan efeknya ac gak maksimal dinginnya, awal sih dingin, tp pd saat thermostat bekerja, shrsnya ac mati, nah ini jalan terus, dan idle up gak mau naik lagi, ht sekali bekrja aja di awal,,,mohon info
    Tantio

  16. 30 pedro .C. Moreira
    21 Desember 2011 pukul 9:03 am

    mat pagi!!saya ingin minta tolong pada saudara bahwa.saya ada masalah sedikit tentang Air Conditioner Ruang.bagaimana kita bisa mengatasi kerusakan-kerusakan yang trejadi pada pada AC trsebut.dan apa penyebab kerusakannya.terima kasih…..saya sangat membutuhkan balasan dari saudara.

  17. 31 kumbang
    3 Januari 2012 pukul 6:37 pm

    Mobil saya greco th 92,saat perjalanan jauh tiba2 compresor ac berasap. Saat dikonsultasikan katanya kondensor ac hrs diganti. Apa benar compresor bisa berasap krn kondensor tdk bekerja dg maksimal?

  18. 22 Januari 2012 pukul 3:09 pm

    tolong kasi info ttg mengatasi kerusakan ac panasonik brow…

  19. 22 Februari 2012 pukul 11:15 pm

    Semoga tuhan memberi balasan pahala yg besar untuk mas bro yg telah dengan tulus ikhlas membagi2kan ilmunya yg sangat bermanfaat ini pada khalayak tanpa harapan imbalan, juga jawaban atas pertanyaan teman semua. Amiin….

  20. 37 ale
    18 April 2012 pukul 5:30 pm

    numpang tanya maz
    Genio saya klu ac d nyalain larinya ngadat ngadat,tp klu ac mati normal
    Ada apa ya maz dgn geni saya,apa masalah pada ac

  21. 38 darmanto
    29 April 2012 pukul 11:35 am

    klu extra fan mati, dicek motornya hidup, apa gerangan yang rusak om?

  22. 39 ardiansyah wijaya
    27 Mei 2012 pukul 5:31 am

    mas bro mau tanya nih….saya pake xenia…ac hidu[ dan dingin tapi setelah berapa lama sepertinya hembusan angin dari blowernya melemah menyebabkan ac gak dingin lagi ,,,putaran kipas blower stabil….mungkinkah elvaporatornya membeku…kira-kira dibagian mana ya mas bro komponen yang rusak…thanks mas bro…

    • 28 Mei 2012 pukul 8:15 am

      Bisa jadi evaporatornya kotor.Cek juga kondisi kompresor,takutnya sudah lemah karena berdasarkan info dari mas bro hembusan anginnya melemah.Namun sebaiknya cek di bengkel AC karena disana ada alatnya untuk mengetahui tekanan kompresor,kondisi freon dsb.

  23. 41 feriyaz
    1 Desember 2012 pukul 11:07 pm

    ac mobil suzuki sx over evaporator g mau dingin tp slang low preasurenya beku apanya y mas bro?

  24. 42 Satriyo
    30 Januari 2013 pukul 12:08 pm

    Ass…….Mas bro numpang nanya nich…….!AC odong2 ane sbnrnya dingin, tp thermostartnya ga mau putus….. ya akibatnya kompresor nyala terus………dimn tuh kira2 yg rusak…….anne curiga EVAP nya kotor……..bener ga ya Mas Bro……..tk, Wass…….!

    • 30 Januari 2013 pukul 3:02 pm

      Bisa jadi problemnya ada di magnet kompresornya sehingga kompresor nyala terus meski suhu AC sudah mencapai optimal. Coba deh di cek di bengkel spesialis AC untuk penanganan lebih lanjut.

  25. 44 supriadi
    29 Mei 2013 pukul 11:21 pm

    tq infonya jd tambah wawasan..

  26. 45 Ishak
    21 Agustus 2013 pukul 7:30 am

    Mau tanya pak, tiba tiba saat ac on mesin mati, saya coba tekan tombol on lagi mesin langsung mati. Apa yah penyebabnya terimakasih

  27. 15 Oktober 2013 pukul 10:20 pm

    bagus artikelnya gan,,, izin copas ya

  28. 29 Desember 2013 pukul 7:08 pm

    Maaf mau tanya, kl ac mobil waktu dinyalakan gak keluar anginya sama sekali tp kadang2 normal lg, itu kenapa yah?

  29. 50 hendro wibowo
    5 Januari 2014 pukul 6:13 pm

    permisi mas sya mau tnya, mobil sya avanza tipe G double blower, stiap sya nylakan AC knapa yg dingin cuma bgian belakangnya aja sedangkan bagian depan gk dingin wlupun temperaturnya sdah sya maksimalkan tapi tetep aja gk dingin. kira2 yg bermslh apanya mas??
    trimkasih.

    • 5 Januari 2014 pukul 8:56 pm

      Sebelumnya sudah pernah servis AC pak ? cek kondisi freon, evaporator, dryer dsb. Freon yg jumlahnya kurang mengakibatkan AC kurang dingin. Begitu jg dgn evaporator kalo kondisinya sudah kotor, pendinginan kabin kurang maksimal.

  30. 52 muhamad hidayat
    3 Maret 2014 pukul 5:39 am

    selamat pagi mas,saya mau tanya ! ac ruangan saya masalah saat di onkan pakai remot ac tidak bisa start proses. pada indor lampu power nyala dan lampu timer juga nyala ruangan tidak dingin.sebab outdoor jg tidak on saat posisi itu.
    setelah saya pencet remot 3 kali lampu power dan lampu timer mati tapi swim kipas tertutup namun outdoor aktif dan menghasilkan dingin.dan jendela swim saya buka cara manual. (ruangan dingin) masalah itu apa sebenarnya yang rusak..? tolong infonya.TQ


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Februari 2011
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 3,440,613 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 231 pengikut lainnya.

Blog ini mendukung


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 231 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: