20
Jan
11

Samsat Keliling…Cara Praktis Ngurus STNK & SIM

Pertengahan bulan Januari ini gerobak saya ultah. Sebagai warga negara yang baik tak lupa untuk membayar pajak :) Yup, kali ini saya perpanjang STNK tidak memakai biro jasa tapi ngurus sendiri lewat bis Samsat Keliling. Layanan ini sudah ada sejak lama & udah beberapa kali saya memanfaatkannya. Nah buat yang belum pernah tak ada salahnya untuk mencobanya…

Samsat Keliling terdiri dari 2 layanan yaitu untuk perpanjang SIM & perpanjang STNK. Oh ya, Samsat Keliling ini tidak melayani pengesahan STNK 5 tahunan, bikin SIM baru ato bayar pajak mobil/motor yang berdomisili diluar kota Jakarta. Bis Samsat Keliling mulai beroperasi mulai jam 08.30 s.d. 13.00 WIB & lokasi mangkalnya berpindah2 tempat. Saat ini Samsat Keliling melayani 5 wilayah yakni Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan & Jakarta Barat. Untuk mengetahui tempat mangkal Samsat Keliling cukup SMS ke nomor 1717 kemudian ketik “Info lokasi Samsat Keliling STNK hari ini” ato “Info lokasi Samsat Keliling SIM hari ini”. Balasan SMS-nya cepet koq, gak nyampe 5 menit.

Berhubung belum pernah ngurus SIM lewat Samsat Keliling, jadi yang saya bahas adalah bayar pajak STNK. Adapun item2 yang perlu dipersiapkan adalah :

  • BPKB asli & fotokopi (1 eksemplar)
  • STNK asli & fotokopi (1 eksemplar)
  • KTP asli sesuai nama yang tercantum di STNK & fotokopi (1 eksemplar)

Selanjutnya setelah tiba di lokasi, langsung aja mas bro & sis menuju tempat loket pengambilan formulir sambil menyodorkan item2 tadi di atas. Isilah formulir dengan benar, teliti & jangan lupa tanda tangan, kalo gak ato ada yang kurang bakal dikembalikan lagi oleh petugas.

Setelah ngisi formulir, langsung aja menuju tempat loket pendaftaran sambil ngasih formulir yang telah diisi plus item2 tadi. Tunggu beberapa saat sampai petugas mengembalikan BPKB asli.

Nah…setelah dari loket pendaftaran, mas bro & sis tinggal menunggu panggilan dari petugas lewat pengeras suara (TOA). Oleh karena itu jangan pergi jauh2 meninggalkan tempat. Nunggunya gak lama koq, sekitar 10-15 menit buat verifikasi data. Dahaga haus karena panasnya udara Jakarta, gak usah khawatir, di sekeliling ada pedagang asongan yang menjajakan minuman.

Kemudian ketika nama kita dipanggil, kita akan diberi Surat Setoran Pajak Daerah ama KTP kita. Setelah diberi surat tadi, langsung aja menuju loket kasir untuk membayarnya. Jangan lupa siapkan uang pas, soalnya kadangkala Samsat Keliling kehabisan uang kecil/receh. Kelar membayar, kita nunggu lagi untuk dipanggil ngambil STNK plus Surat Ketetapan Pajak Daerah. Gak lama juga koq, sekitar 10-15 menit. Kelar dehhh…kalo dihitung2 cuman makan waktu 30 menit, cepet kan :) Makin cepet lagi kalo datangnya lebih awal/pagi.

Kalo ada yang mau nambahin, monggo…

About these ads

37 Responses to “Samsat Keliling…Cara Praktis Ngurus STNK & SIM”


  1. 20 Januari 2011 pukul 8:11 am

    pelayanan Samsat dan Sim keliling Jkt utara seringnya brda di deket MegaMall Pluit/sebelah timur halte busway Pluit. Untuk wilayah Cengkareng (bukan keliling) bisa ke Mall Taman Palm, di dalam Parkiran mobil Mall, bg motor yg parkir di basemen langsung naik tangga besi. Langsung disamping kantornya.

  2. 4 Dani Ramadian
    20 Januari 2011 pukul 8:54 am

    Waaaa….
    Sip Bro.
    Di Malang Bisnya, bukan bis besar, tapi baru
    bis kecil…dan itu hanya untuk SIM. Makanya
    disebut Mobil SIM KELILING.
    Aq perpanjangan SIM ya di mobil itu. Tapi kalo
    untuk STNK ya di SAMSAT Online saja. Di Malang
    Raya ada 5 yg online, dan bisa untuk mbayar
    satu propinsi Jawa Timur. Jadi anak² kuliah or
    orang kerja dimudahkan dgn SAMSAT OnLine ini.
    Yg paling baru di Mall Olympic Garden Bro.
    Wennaaakkkk…
    Window shopping plus ke SAMSAT … :)

    • 20 Januari 2011 pukul 10:21 am

      Sip…matur nuwun mas bro atas infonya. Kalo SIM keliling di Malang biasanya mangkal dimana ???

      • 6 Dani Ramadian
        24 Januari 2011 pukul 4:07 pm

        Kalo ndik Malang…
        Tiap hari pindah “parkir”. Kan ada 3 unit (cmiiw)
        Setiap hari goyang…biasanya jadwal di témpél di
        ATM or pusat perbelanjaan supaya mudah dicapai…
        Dulu mangkal di kantor POLWIL, daerah mondoroko.
        Tapi setelah POLWIL dihapus, nggak tau dimana…
        Kadang di Alun², di Gondanglegi, di Singosari, di
        Batu, dll

        Insya Allah kalo ketemu no telp-nya enak…
        Bisa di hubungi kalo mau tau posisi-nya :D

    • 7 adhyka jhady
      8 April 2014 pukul 8:51 am

      minta info untuk kabupaten malang perpanjanan sim di MOG bisa gak?

  3. 8 arie sesat
    20 Januari 2011 pukul 9:55 am

    wah butuh nih..dalam 5 hari ini kudu bayar pajak…jaksel mana ya Bro???
    malessms.de

  4. 11 arie sesat
    20 Januari 2011 pukul 12:48 pm

    wah hari ini di kalibata..kok tertulis cuma sampe jam 11..wah, kemana tuh abis itu… nggak seharian apa pindah ke ragunan ya Bro? ini kan ane sms jam 12.30, tapi kok dibilangnya 08.30-11.00 huhuhu…

  5. 13 Motken
    20 Januari 2011 pukul 3:46 pm

    sayang banget ga bisa untuk luar daerah :D

    nitip lapak: 2011 = Pembuktian Yamaha VS Honda di MotoGP

    http://motorkencang.wordpress.com/2011/01/20/tahun-2011-tahun-pembuktian-honda-vs-yamaha-di-motogp/

  6. 21 Januari 2011 pukul 9:59 am

    belum pernah nyoba samsat keliling ini hehe

  7. 21 Januari 2011 pukul 6:11 pm

    Wah ditempatku kok aku belum pernah lihat ataupun mengetahuinya. semoga layanan seperti itu segera ada ditempatku.

  8. 31 Januari 2011 pukul 3:11 pm

    wah tpi kurang bnyak mbil samsat kelilinya cba klu bnyak khan rame,,,

  9. 17 marvell
    9 Februari 2011 pukul 12:48 pm

    pak saya mo tanya klo di kota malang jadwal sim keliling tiap hari apa dan tempat nya dimana aja ya?

  10. 18 OZAN
    5 April 2011 pukul 9:08 am

    mas bro/sist mau tanya dong kalo sabtu besok tanggal 09-april-2011… samsat keliling jakarta pusat mangkalnya dimana yah mas bro and sist??? trus kalo saya mewakili orang untuk membayarkan perpanjangan STNK mobil orang tersebut apa aja syaratnya???

    tolong yah mas bro / sist…. terimakasih sebelumnya

  11. 20 WINDA
    25 April 2011 pukul 4:09 pm

    saya mau tanya,untuk bln mei di daerah mega mall jakarta utara tanggal berapa ajay?makasih

  12. 22 arbow
    24 Mei 2011 pukul 10:43 am

    klo bayar pajak STNK, pake SIM bukan KTP bisa gak ya?

  13. 24 bella
    7 Juli 2011 pukul 6:38 pm

    jadwal samsat keliling pada tgl 9 juli 2011,jadwal tempatnya dmn

  14. 26 Gia Junaidi
    7 Desember 2011 pukul 1:01 pm

    mau tanya kalo mau perpanjang tapi aku baru pindah alamat ajah…. itu gimana yaa? bisa gak di samsat keliling ini???

  15. 28 ALWAYS "JOY" :)
    3 September 2012 pukul 9:16 am

    Mister, kalau Jakarta barat atau Jakarta timur , biasanya mangkal dimana ya? trims….:)

  16. 30 yuliana
    6 Juli 2013 pukul 8:33 am

    hari ini samsat keliling jakarta barat ada di mana ya

  17. 32 amy
    17 Juli 2013 pukul 11:10 am

    ku mau nanya ni bro,tuk wilayah jakarta utara selain mangkal di megamall pluit di mana lagi???,,,kejauhan dari tempatku,,ada ngga di sekitar tanjung priok???

  18. 23 Agustus 2013 pukul 8:31 pm

    Mo tanya tntg prpnjang SIM,SIM saya skrg ni msh SIM daerh,semntra KTPku skarg dh DKI,bs ga prpnjg SIMny lgsg pndh SIM DKI,,dgn E KTP. Skarg ni.,,,mksieh ;-)

    • 25 Agustus 2013 pukul 8:33 pm

      Bisa mas bro,persyaratannya biqin surat pengantar dari SAMSAT daerah yang mengeluarkan SIM,trus surat pengantarnya dibawa ke SAMSAT DKI yang ada di Jl Daan Mogot,Jakbar. Jadi gak perlu biqin SIM baru.

  19. 36 tedy
    21 Januari 2014 pukul 11:09 am

    Mau tanya,,bisa ngga perpanjang stnk nya jaksel,tp mau perpanjang di STNK keliling yg di jakarta utara


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Januari 2011
S S R K J S M
« Des   Feb »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 4,139,065 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 283 pengikut lainnya.

Blog ini mendukung


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 283 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: