27
Okt
10

Jangan Bingung Melihat Satuan HP, PS, KW, BHP dsb…

Ketika saya mengulas artikel tentang Honda New CBR150R vs Yamaha YZF-R15 (baca disini) di kolom komentar terjadi diskusi mengenai satuan tenaga. Kalo kita menyimak brosur entah mobil atopun motor tentu kita akan menjumpai tenaga mesin beserta satuannya. Satuan tenaga mesin yang tertera disitu bervariasi ada yang bertuliskan HP, DK, PS, KW hingga BHP. Koq bisa beda2 yah ??? Mana yang bener ??? Bingung ??? biar gak bingung mari kita kupas tuntas satu per satu :)

Awalnya satuan pengukuran tenaga adalah HP alias horse power. Namun seiring perkembangan zaman muncul juga satuan2 yang lain seperti PS (Pferdestarke= Bahasa Jerman), PK (Paarden Kracht=Bahasa Belanda), KW (Kilo Watt) & DK (Daya Kuda). Satuan PS & PK banyak digunakan di negara Eropa, Amerika Selatan, India dsb. Sedangkan satuan HP banyak dipake di negara seperti Amrik, Inggris dsb. Kalo DK udah pasti Indonesia :D

Satuan2 yang saya sebut di atas semuanya adalah benar alias gak ada yang salah. Tiap2 negara punya metode sendiri dalam pengukuran tenaga. Nah hasilnya seperti ini :

  • 1 HP = 0,735 KW
  • 1 KW = 1,34 HP
  • 1 PS / PK = 0,98 HP
  • 1 PS / PK = 0,74 KW
  • 1 KW = 1,36 PS
  • 1 HP = 1,01 PS

Nah khusus untuk satuan PS/PK berbeda dikit dengan HP. Banyak yang salah kaprah menyebut satuan PS/PK itu sama dengan HP.

Selanjutnya ada juga satuan yang bertuliskan BHP alias brake horse power. BHP ini pengukurannya berbeda dengan satuan2 HP, PS, KW. Dimana perbedaannya ??? kalo HP, PS, KW itu mengukurnya di putaran roda sedangkan BHP diukur pada mesin ato kruk as. Dengan BHP kita akan mengetahui tenaga murni sebuah mesin tanpa loss power karena kerugian gesekan ban, girboks transmisi dsb.

Selain tenaga mesin, di brosur2 kita jumpai juga torsi mesin. Satuan2 torsi yang lazim kita temui yaitu Nm, Kgf.m & lbf.ft.

  • 1 Nm = 0,74 lbf.ft
  • 1 Nm = 0,1 Kgf.m
  • 1 lbf.ft = 0,14 Kgf.m
  • 1 Kgf.m = 7,23 lbf.ft

Demikian pencerahan dari saya, semoga bermanfaat. Kalo ada yang mau nambahin ato koreksi, monggo dikomentari :)

Oh ya, ada sedikit bonus dari saya :)

About these ads

35 Responses to “Jangan Bingung Melihat Satuan HP, PS, KW, BHP dsb…”


  1. 27 Oktober 2010 pukul 1:52 am

    nice artikel pak, aku blm ngeh sama sama satuan ini, btw bonusnya koran juadul euy :mrgreen:

  2. 27 Oktober 2010 pukul 2:30 am

    info yang menarik…

    izin nyimak ya…

    di tunggu kunjungan baliknya…

    by auto loan refinancing

  3. 4 daris
    27 Oktober 2010 pukul 2:45 am

    nice info gan :D

  4. 6 nimorate
    27 Oktober 2010 pukul 3:04 am

    info yg mantaps sekali :D

    ane ada beberapa pertanyaan nih,

    kira2 selisih BHP sama HP itu seberapa banyak ya, ato seberapa persen?

    trus biasanya klo ditest sendiri ternyata ga sampe angka yg di brosur, rata2 begitu kan… apa itu mutlak karena settingan n kualitas BBM aja?
    atau memang beda kualitas produk

    lalu kenapa mesin dynotest itu juga resultnya beda2, berarti beda standar HP nya dong ya?

    Tx

    • 27 Oktober 2010 pukul 4:58 am

      Setahu saya selisihnya bisa ampe 20%. Kondisi mesin & kualitas BBM berpengaruh terhadap hasil test. Yup, betul, hasil angka yg tertera di dynotest yg satu dgn yg lain biasanya terdapat selisih. Alat yg sudah lama tdk dikalibrasi bisa menyebabkan hasil pengukuran tidak akurat.

  5. 8 adul
    27 Oktober 2010 pukul 3:47 am

    *sudah mulai genit bonus*

  6. 27 Oktober 2010 pukul 9:00 am

    wehh…satuan yg baru ane tahu perbandingannya :mrgreen:

  7. 27 Oktober 2010 pukul 9:15 am

    Sip..teruskan sharing artikel berisi seperti ini Pak, VERY LIKE THIS ;)

  8. 12 sabdho guparman
    27 Oktober 2010 pukul 10:09 am

    salam kenal ya mas,
    telat banget ya , padahal udah ketemu.

    kalau kita cermati sering kali tenaga mesin yang di klaim pabrikan dengan fakta bila di lakukan dyno test kok beda ya mas?

    keep brotherhood,

    salam,

    • 28 Oktober 2010 pukul 12:32 am

      Salam kenal juga bro :)
      Betul. Perbedaan hasil test salah satunya dipengaruhi oleh settingan mesin. Kemudian BBM yang digunakan juga turut berpengaruh. Bahkan dalam menjalankan beberapa kali dyno (run) di mesin yang sama hasilnya belum tentu sama. Biasanya yang diambil adalah hasil yang terbaik. Selanjutnya mesin dynotest juga turut mempengaruhi. Mesin dynotest yg tdk pernah dikalibrasi (bahasa umumnya diservice) oleh pihak bengkel membuat hasil tes tdk akurat.
      Salam brotherhood…

  9. 14 Rancho
    27 Oktober 2010 pukul 1:24 pm

    nambah ilmu lagi..
    catet..

  10. 27 Oktober 2010 pukul 2:05 pm

    suka bonusnya om jodoel punya

  11. 28 Oktober 2010 pukul 12:27 am

    dk sama hp gimana mas bro

  12. 28 Oktober 2010 pukul 1:09 pm

    Om Mitra, tulisannya tak publish di FB sy yah (http://www.facebook.com/notes/adhy-permana/jangan-bingung-melihat-satuan-hp-ps-kw-bhp-dsb/445277496047). Lengkap dengan address blog-nya om Mitra. Thanks yah, bagus tulisannya…

  13. 29 Oktober 2010 pukul 4:17 pm

    kalo jepang yang nganut std jis lebih prefer ke PS…karena basic ilmu mereka emang diserap dari negri om hitler ini (satuan Din)
    kalo amrik suka HP ato BHP..nganut std ASTM
    kalo indonesia kok daya kuda yak?? itu kuda poni ato kuda sumbawa??? wekekekeke

  14. 21 kymcos
    21 Maret 2011 pukul 2:29 am

    api, nais inpo

  15. 22 yudha semedi
    27 Maret 2011 pukul 10:01 pm

    Info bagus untuk referensi.
    Sumbernya kok ndak dicantumkan ya….

  16. 5 April 2011 pukul 11:26 pm

    koreksi dikiit,, lebih detailnya 0,746 kW

  17. 25 Tono
    19 September 2011 pukul 12:52 am

    halah susah amat kl gw pake satuan BH aja biar gampang ukurnya 36b, 38b….

  18. 5 Juli 2012 pukul 12:38 am

    wah Amazing ! akhirnya aku ngerti juga, aku kira HP= KW = PS . . . =))))
    woalah seep banget Infoh nya !

  19. 27 rudi satyawan
    31 Januari 2013 pukul 2:55 pm

    ada yg kebalik pak, seharusnya 1 hp = 0,746 KW , 1 ps = 0,735 KW … cmiiw

  20. 28 yeye
    5 Mei 2013 pukul 9:55 pm

    isi artikel kok sama dg yg disini ya…mana yg asli y???

    http://taufiqurrokhman.com/2012/03/05/jangan-bingung-melihat-satuan-hp-ps-dk-kw-bhp-dll/

    gpp yg penting kontennya…

  21. 12 Mei 2013 pukul 5:13 pm

    Kal0 satuan PK apa ya? Biasa digunakan pada mesin kapal?

  22. 30 Ardia Nugraha
    8 November 2013 pukul 8:31 pm

    Ini nih yang saya cari cari tentang konversi satuan .. Salam Pemgemar Mesin Diesel.

  23. 4 April 2014 pukul 10:40 am

    pembahasan yang bagus. salam kenal aku dadang
    pemilik kursus mekanik motor terapan di jogja http://www.auto-champion.blogspot.com

  24. 15 April 2014 pukul 9:09 am

    Baru tau saya.. Ribet juga ya ada banyak istilah-istilah gituan.. Kok gak dibikin lebih simpel aja biar kita yang awam bisa lebih ngerti? #persoalan

  25. 18 April 2014 pukul 5:11 pm

    Perlu pemahaman memang, maklum otak sudah tua, lupa pelajaran SMA dulu,

  26. 34 yosafathar
    5 Oktober 2014 pukul 6:56 pm

    Makasih gan artikelnya…sangat membantu , saya seorang mekanik di malaysia kadang bingung ..cos di sini bnyak banget engine dari eropa & amerika, satuanya beda2..


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Oktober 2010
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 4,101,929 hits

Twitter

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 280 pengikut lainnya.

Blog ini mendukung


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 280 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: