03
Agu
10

Belajar Nyetir Mobil Matik Yuk Biar Gak Kagok… (Bagian II – Habis)

Nah kalo pada artikel sebelumnya membahas tentang fungsi huruf2 pada tuas matik (baca artikel sebelumnya disini), sekarang gimana cara nyetirnya ???

Seperti biasa, jangan lupa pasang seat belt, ingat safety first !!! :) starterlah mobil anda. Lah koq gak mau nyala ??? kenapa nih ??? gak usah bingung, coba dicek tuasnya, apakah dalam posisi N ato P ??? jika tidak, pindahkan tuas ke posisi N ato P. Hal ini semata karena faktor keselamatan. Mobil matik tidak akan bisa distarter jika tuasnya tidak dalam posisi yang benar. Di beberapa mobil transmisi manual juga ada, kalo pedal kopling tidak diinjak mesin gak mau nyala. Kalo posisi tuasnya udah sesuai sambil injek pedal rem pindahkan tuas. Mobil pun meluncur bahkan tanpa perlu injak gas sekalipun.

Jalanan Mendatar

  • Gunakan tuas pada posisi D / 3. Selain pas digunakan untuk jalan mendatar, posisi ini juga cocok dipake untuk jalanan perkotaan, keluar kota ato jalan tol.

Jalanan Naik

  • Jika pada posisi D /3 mobil agak susah menanjak, pindahkan tuas dari D/3 ke 2.
  • Kalo pada posisi 2 mobil sulit naik karena curamnya tanjakan, pindahkan posisi 2 ke L.

Jalanan Turun

  • Jika pada posisi D / 3 mobil sepertinya meluncur dengan cepat, segera pindahkan tuas dari D / 3 ke 2 untuk mendapatkan efek engine break kemudian bantu dengan menginjak pedal rem. Yup, mobil matik pada umumnya minim efek engine break, tidak seperti pada kendaraan bertransmisi manual.
  • Kalo turunannya curam & mobil serasa masih meluncur pindahkan lagi tuas dari posisi 2 ke L.

Beberapa hal yang perlu diketahui ketika membawa mobil matik :

  1. Kick down, berfungsi untuk memperoleh akselerasi secara cepat. Caranya injak pedal gas secara menyentak / agak ke dalam sehingga gigi transmisi akan berpindah ke gigi yang lebih rendah. Salah satu kegunaan kick down misalnya untuk menyalip kendaraan di depannya.
  2. Jika tuas matik terdapat tombol yang bertuliskan O/D (overdrive), ketika tombol ini dipencet yang ditandai dengan indikator O/D off menyala maka jarum petunjuk RPM akan bergerak naik / lebih tinggi. Fitur O/D ini bisa dipake untuk memperoleh efek engine break ato untuk tipikal mengemudi lebih agresif.
  3. Di beberapa mobil matik, kunci kontak tidak dapat dicabut meski mesin sudah dalam keadaan mati. Gak perlu bingung, coba pindahkan tuas ke posisi P.  
  4. Terkait dengan nomor dua di atas, kalo parkir paralel gimana nih ??? kan mobil harus dalam netral (posisi N) supaya tidak mengganggu keluar masuk kendaraan lain. Jangan khawatir, gunakanlah fitur shift lock. Caranya masukkan kunci ke dalam lubang shift lock ato pencet & tahan tombol shift lock kemudian pindahkan tuas P ke N. Mobil pun aman di dorong maju maupun mundur.

Semoga bermanfaat :)

About these ads

40 Responses to “Belajar Nyetir Mobil Matik Yuk Biar Gak Kagok… (Bagian II – Habis)”


  1. 1 zaqlutv
    3 Agustus 2010 pukul 4:22 am

    masih sayang ama kucing ireng taon 93, lagi lumayan irit karena minum solar :mrgreen:
    kepikirin ganti ama adiknya yang umurnya lebih muda tapi kok eman yach, abis udah banyak jasanya, pernah nganter jenazah ke mataram.. jalan2 ke sumatra, tapi yang punya ga ikut alias dipinjem ;)

  2. 3 Agustus 2010 pukul 4:48 am

    masih mengharap ada honda life 1974 pake transmisi matik…hu..hu..hu :-D

  3. 3 Agustus 2010 pukul 7:23 am

    hmm….lom bisa nih naik mobil…hiks2…

  4. 3 Agustus 2010 pukul 7:48 am

    belajar mobil gak bisa2…dasare biker…nyetir dilapangan aja serasa jalannya abis….

  5. 8 daris
    3 Agustus 2010 pukul 8:45 am

    yang ke 4
    Terkait dengan nomor dua di atas, kalo parkir paralel gimana nih ??? kan mobil harus dalam netral (posisi N) supaya tidak mengganggu keluar masuk kendaraan lain. Jangan khawatir, gunakanlah fitur shift lock. Caranya masukkan kunci ke dalam lubang shift lock ato pencet & tahan tombol shift lock kemudian pindahkan tuas P ke N. Mobil pun aman di dorong maju maupun mundur

    shift lock itu apa ya? maklum ga pernah pake mobil matic :mrgreen: ane tinggal di daerah jadi ga pernah kena macet

    • 3 Agustus 2010 pukul 9:08 am

      Utk mobil2 matik, kunci kontak tdk dpt dicabut kalo tuas matiknya tdk dlm posisi P. Sedangkan posisi P (Parking) itu gigi transmisi dlm keadaan terkunci, mobil gak bisa didorong maju maupun mundur (kalo mobil manual giginya masuk). Kalo mobil matik parkirnya paralel tentu akan timbul masalah buat mobil lain (gak bs keluar masuk). Nah utk mengatasinnya pake fitur shift lock, meski tuas dlm posisi P tp mobil bisa dimaju mundurkan.

  6. 10 Sobek-Sobek
    3 Agustus 2010 pukul 2:29 pm

    langkah awal paling penting sbenarnya adalah…:
    jangan biasakan kaki kiri nempel di pedal gas…
    salah2 jalan nya ajrut2 an ahahahahaha otak masih mikir kalo rem = clutch / kopling
    pengalaman pribadi.com

  7. 12 epissa
    8 Desember 2010 pukul 1:14 am

    Terimakasih penjelasannya.. Saya bingung kalau mau parkir pararel soalnya :D berkat tulisan ini saya jadi paham. Maklum saya baru punya mobil matic jadi masih katrok :P

  8. 14 fredy
    29 April 2011 pukul 1:04 pm

    apa gak ada masalah bila posisi mobil jalan saya pindah tuas d-3 ke 2 ataupun L ? karena saya kebiasaan pake manual trus tiap pindah tuas pasti pakai kopling .

  9. 16 Dicky
    1 September 2011 pukul 5:45 pm

    Mas, katanya klo mobil matic yg tiba2 mati d jalan itu ga kan bisa di apa2-in(maju/mundur) ya… Mohon penjelasan ya mas, Maklum blm punya jadi ga tau…
    Makasih mas….

    • 1 September 2011 pukul 7:53 pm

      Yup betul. Maksudnya starter surung yah ??? punya mobil matik harus sedia kabel jumper. Jadi kalo mobil sewaktu2 mogok karena aki soak, kita tinggal minta bantuan mobil orang lain lewat kabel jumper. Kabel jumper bisa dibeli di supermarket seperti Carrefour, Giant ato Ace Hardware.

  10. 18 Ronny
    12 September 2011 pukul 6:41 am

    Mas, pny tips untuk parkir mundur keadaan menanjak g? Garasi rmh kondisi spt itu, klo digas mobil malah melesat mundur. Biar pelan2 kaya manual gimana ya? Thx

  11. 20 freaks
    17 September 2011 pukul 6:27 pm

    sabar sabar masih manual bentar lagi beli maestro 93 cobain matic…. up up sundul gan

  12. 21 raditya
    12 Oktober 2011 pukul 10:06 pm

    thankz bgt buat infonya sangat membantu bgt…

  13. 23 budy kepleh
    30 Desember 2011 pukul 9:00 pm

    apa bnr matic lebih boros… penyebnya dimna..

  14. 13 Januari 2012 pukul 1:27 pm

    lagi mau belajar nyetir nih,,,kasih tau teori nya dong…pertama nyalain apa trus injek apa gitu,,,?
    bagi” pengalaman dong

  15. 25 veronica
    16 Januari 2012 pukul 1:30 pm

    terima kursus jg ga nih :D
    ow iya..klo tanjakan mau pindahin dr D / 3 ke 2 kan ttp injek pedal gas kan? itu gpp kan ya?? hehehe…

    • 16 Januari 2012 pukul 1:35 pm

      Hehehe…bisa aja nih mbak… pindah dari D3 ke 2 gpp koq pas nanjak.Lebih bagus lagi sebelum jalan menanjak sudah oper gigi dulu supaya mesin dapat torsi lebih sehingga nanjaknya mantep.

  16. 1 Februari 2012 pukul 11:36 am

    mas.. makasih banget ini menambah ilmu buat saya..
    ada beberapa pertanyaan nih mas…
    saya mau beli mobil metik hoda accor cilio i vite 1996. metik
    apah yg harus sya kontrol dari mobil itu,
    kekurangan n cenderung lebih patal penyakitnya.
    lalu ketup disebal pegas (tombol kecil disebelah pemindah gigi/ pesgas) itu buat apah mas.
    terimakasih mah di tunggu inpormasinyah

  17. 28 Gaby
    10 Februari 2012 pukul 7:49 pm

    nanya dunk mas kalo nissan juke enakan pakai 2 kaki apa 1 kaki aja di pakai utk rem n gas tks infonya

  18. 8 Maret 2012 pukul 4:05 am

    itu kan ada tombol yang di gigi itu cara gunainnya gimana pas mau pindahin tuasnya harus di pencet ga tombolnya

  19. 31 ester
    3 April 2012 pukul 10:38 pm

    seremmmm,saya pengen bgt bawa ford escape 2 tp itu mobil besar,,,saya takut … -___-”
    bantuin donk agan2 …

  20. 7 April 2012 pukul 7:12 pm

    mantaf info nya. maklum baru make mobilmatic neh rada bingung sama yang namanya 2 & L hehehehe ketemu jg akhirny. thx

  21. 34 ummu luqman
    11 April 2012 pukul 6:46 pm

    masih susah belajar belok ne….

  22. 35 jsniref
    18 April 2012 pukul 1:39 pm

    mas, klu parkir kondisinya hrs maju mundur, kan mundurnya pake r, terus majunya pake yg apa? soalnya baru mau nyari yg metik. tnx

  23. 36 bagus
    31 Mei 2012 pukul 8:39 pm

    terimakasih unk semua infonya ditungggu bagian tiganya…..

  24. 37 Me
    19 Juni 2012 pukul 6:03 pm

    infonya Mantab…!!! mkchi byk :)

  25. 38 Iman
    5 September 2012 pukul 8:35 am

    Belajar Mengemudi Ph 70608598, praktek di jalan layang, raya, parkir dan tanjakan di Mall

  26. 39 mohammad tohir
    12 September 2012 pukul 12:24 pm

    maaf nanyak ni…terkait nomer 2, ketika parkir paralel, pada saat nekan shift lock itu mesin hrs dlm keadaan mati dulu ato dlm posisi on. mksh,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Agustus 2010
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 4,002,972 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 273 pengikut lainnya.

Blog ini mendukung


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 273 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: