31
Jul
10

Belajar Nyetir Mobil Matik Yuk Biar Gak Kagok… (Bagian I)

Mobil matik kembali menelan korban. Yup, bocah berusia 5 tahun meninggal & 4 korban lainnya menderita luka berat ketika sebuah Honda New City nyelonong masuk ke ATM & sebuah toko di parkiran basement Mall Cibubur Junction. Penyebabnya ??? si pengemudi belum mahir nyetir pake transmisi otomatis.

Takut nyetir mobil matik ??? gak usah takut. Mobil matik itu enak & nyaman koq meski jalanan macet. Kaki kiri bisa istirahat alias gak perlu injak pedal kopling. Pernah naik bom2 car ??? seperti itulah gambarannya kalo nyetir mobil matik, tinggal bejek gas ato injak pedal rem. Kota Jakarta yang macet ini mobil matik menjadi primadona. Padahal dulu2nya orang enggan milih transmisi matik, sekarang malah kebalikannya. Malahan menurut rekan penulis yang bekerja di salah satu dealer mobil, saat ini komposisi penjualan mobil bertansmisi manual dengan matik seimbang alias fifty fifty.

Di Indonesia beragam jenis matik hadir. Mulai dari matik konvensional, steermatic, tiptronic hingga paddle shift ala F1. Pada artikel kali ini penulis akan membahas matik yang umum beredar di Indonesia. Lihat gambar di bawah ini :

Tuas matik yang lazim di temui di mobil2 matik di Indonesia

Tuas matik tipe jembatan / gate, banyak kelokan bertujuan untuk meningkatkan safety agar tuas tidak mudah berpindah misalnya jika kesenggol dsb

Transmisi matik biasanya terdapat 6 hingga 7 huruf. Yuk kita bahas huruf2nya :

  • P (Parking) alias parkir. Artinya gigi transmisi terkunci dan kendaraan tidak bisa digerakkan. Posisi ini berguna ketika parkir.
  • R (Return) alias mundur. Yup posisi ini dipake buat memundurkan mobil.
  • N (Netral). Pada posisi ini, gigi transmisi tidak masuk ke gigi manapun. Dalam keadaan berhenti, mobil bisa didorong maju mundur. Bisa juga digunakan ketika mobil diderek.
  • D / 3. Artinya transmisi siap bergerak. Pada posisi ini transmisi akan berpindah secara otomatis mulai dari gigi rendah ke gigi yang lebih tinggi & sebaliknya tergantung dari kecepatan mobil & kondisi jalan.
  • 2. Pada posisi ini transmisi akan akan bergerak antara gigi 1 & gigi 2 tergantung dari kecepatan mobil & kondisi jalan.
  • L / 1. Kalo tuas berada di posisi ini artinya yang bergerak hanya gigi 1.

Nah kalo sudah memahami fungsi huruf2 di tuas matik, selanjutnya cara nyetirnya. Nantikan di artikel selanjutnya :) … bersambung

About these ads

23 Responses to “Belajar Nyetir Mobil Matik Yuk Biar Gak Kagok… (Bagian I)”


  1. 1 Agustus 2010 pukul 2:11 am

    pengen bisa lancar nyetir mobil….selancar riding pakai motor…hmm…ada tips buat bisa naik mobil dengan lancar?? :mrgreen:

  2. 1 Agustus 2010 pukul 4:29 am

    Kalo mo nyalip ditanjakan d/3 atau 2 ya biar bertenaga?

  3. 5 blackrider
    1 Agustus 2010 pukul 6:31 am

    Pertamaaaaaaaaaxxxxxxxxxxxxx……

  4. 6 Sobek-Sobek
    1 Agustus 2010 pukul 7:49 am

    kalo aki / batre lagi tekor paling nyusahin neeh
    ahahahaha di pancing / di dorong ga bisa :D :D

  5. 8 motor kencang
    1 Agustus 2010 pukul 11:56 am

    Klimax:D
    wah saya mobil convensional ga bisa, apalagi pake matic om
    tapi tips ini buat persiapan kalo beliin mobil buat nyokap ntar :D

  6. 2 Agustus 2010 pukul 2:21 am

    nice info…andai saja ada yang jual honda life 350cc tahun 1974 bertransmisi matik harga 10jt…bakalan ngga nolak tuhhh (impian seorang lelaki yang pengin honda life lawas)

  7. 11 zaqlutv
    2 Agustus 2010 pukul 9:34 am

    Agan Lingga, kalo udah bisa haluan mah cepet lancarnya..
    Om Mitra, memang kalo mobil matic sip banget kalo daerah macet, tapi kalo untuk jarak jauh yang kemacetannya ga seperti di Jakarta, aduh ampun deh.. bahaya buat pengemudi kayak saya, ngantuuuukkkk… :mrgreen:
    masi lebih merasa aman pake kopling, tapi kalo macet waduh ampe kesemutan kaki kiri.. :mrgreen:

  8. 4 Januari 2011 pukul 2:33 pm

    Belajar make mobil apapun yang penting berani Gan, plus selalu waspada di jalan. Kalo ragu-ragu sebaiknya belajar ma orang yang dikenal. Trims.

  9. 14 mer
    13 April 2011 pukul 10:24 am

    bagian ke dua kapan diterbitin…..
    dah ditunggu neh :D

  10. 16 alea
    28 Oktober 2011 pukul 2:49 pm

    di stik mobil matic ada tombolnya , kegunaannya buat apa , terima kasih…(alea , 28 okt 2011)

    • 28 Oktober 2011 pukul 3:00 pm

      Jika tuas matik terdapat tombol yang bertuliskan O/D (overdrive), ketika tombol ini dipencet yang ditandai dengan indikator O/D off menyala maka jarum petunjuk RPM akan bergerak naik / lebih tinggi. Fitur O/D ini bisa dipake untuk memperoleh efek engine break ato untuk tipikal mengemudi lebih agresif.

  11. 10 November 2011 pukul 9:34 pm

    wah baguz nieee!!thank”ss

  12. 19 dado
    1 Februari 2012 pukul 11:39 am

    mas.. makasih banget ini menambah ilmu buat saya..
    ada beberapa pertanyaan nih mas…
    saya mau beli mobil metik hoda accor cilio i vite 1996. metik
    apah yg harus sya kontrol dari mobil itu,
    kekurangan n cenderung lebih patal penyakitnya.
    lalu ketup disebelah pegas (tombol kecil disebelah pemindah gigi/ pesgas) itu buat apah mas.
    terimakasih mah di tunggu inpormasinyah

  13. 10 Maret 2012 pukul 9:34 am

    tq so much ini sangat bermanfaat bagi sy, semoga segala kebaikkanmoe dibalas TUHAN YG MAHA ESA.

  14. 21 bagus
    31 Mei 2012 pukul 8:23 pm

    numpang pencerahan krn saya baru pake mobil matic dalam berkendara sebaiknya tombol bertuliskan O/D (overdrive) dalam posisi OFF atau ON apakah ada pengaruhnya sama keawetan maticnya, mobil yg saya pake new corrolla 01

  15. 3 Juni 2012 pukul 5:37 pm

    Memang enak matic, gak cape’ injek kopling… punyaku Corona Absolute Matic 97. Mantap bro


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Juli 2010
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 3,986,325 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 273 pengikut lainnya.

Blog ini mendukung


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 273 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: