23
Mar
10

Suzuki RG Sports 110, Kakak Kandung Suzuki Satria 120 Nyaris Hadir Di Indonesia

Di era tahun 1990-an, perseteruan motor 2 tak antara Yamaha & Suzuki cukup seru. Jika rekan2 biker inget, ketika itu motor bebek 2 tak bikinan garpu tala ama logo S bertarung di kapasitas mesin 100 cc & 110 cc. Di kelas 100 cc terjadi pertarungan antara Yamaha Alfa/Champ/Sigma dengan Suzuki RC100/Bravo/TornadoGX100 sedangkan di kelas 110 cc antara Yamaha Force1/F1Z/F1ZR vs Suzuki Crystal/Tornado GS110.

Di segmen 110 cc, kehadiran Yamaha Force1 & F1Z cukup diterima konsumen apalagi varian F1Z hadir dengan fitur disc brake & knalpot racing yang cukup menggoda. Maklum motor bebek dengan rem cakram masih barang baru waktu itu. Tak ayal, hal itu membuat kubu Suzuki was2.  Bebek andalan Suzuki Crystal sudah saatnya dipensiunkan & digantikan produk baru guna membungkam F1Z.

Suzuki RG Sports 110 adalah jawabannya. Motor ini sudah nongol duluan di Malaysia. Unitnya pun sempat di-test oleh salah satu tabloid terkemuka. Uji di trek lurus sirkuit Sentul Suzuki RG Sports dapat menggapai top speed 140 km/h. Cukup kenceng untuk ukuran bebek dalam kondisi standar :) Pujian pun datang dari berbagai kalangan yah maklum sajalah mesinnya tegak, 110 cc, 5 speed, rem depan cakram, monoshock serta rangka mirip kakaknya Suzuki RGR150. Teknologi motor bebek yang cukup maju di zaman itu. Kehadirannya dinanti2kan terutama oleh penggemar kecepatan (termasuk penulis hehehe…..). 

Hari demi hari, waktu demi waktu terus berjalan. Calon konsumen RG Sports 110 sudah mulai gusar kapan nih motor muncul. Setelah ditunggu2 akhirnya nongol juga pengganti Suzuki Crystal. Namanya Suzuki Tornado GS110. Ketika diperhatikan dengan seksama loh koq shockbreaker belakangnya dobel, trus rangkanya yang mirip RGR150 koq gak keliatan dsb. Tampang depan, samping ama belakang mirip ama Suzuki RG Sport tetapi mesin ama rangka basisnya sama dengan Suzuki Crystal. Istilahnya cuman ganti baju doank plus ditambahi rem cakram depan. Banyak yang kecewa atas produk yang diluncurkan oleh ATPM Suzuki. Yup menurut analisis penulis Suzuki RG Sports 110 tidak jadi diluncurkan karena harga jual yang nantinya kelewat mahal. Untungnya saja image Suzuki Tornado GS110 terdongkrak lewat performa apik pembalap Asep Hendro (juragan AHRS) yang merajai road race waktu itu.   

Gosip beredarnya Suzuki RG Sports 110 cukup santer, sayang tidak jadi nongol

 Gambar Suzuki RG Sports 110 yang laen, agak susah juga nyari gambar nih motor di internet

Di negeri Jiran, nih motor sukses mengasapi Yamaha Y110SS (di Indo namanya F1Z)

Andai kata Suzuki RG Sports jadi nongol, Yamaha F1Z bakalan babak belur di ajang road race

Suzuki Satria 120, basisnya diambil dari Suzuki RG Sports 110

Monggo dilihat speknya, cukup sangar euy :)

Spek kakak beradik, Suzuki RGV 120 alias Satria

 

About these ads

71 Responses to “Suzuki RG Sports 110, Kakak Kandung Suzuki Satria 120 Nyaris Hadir Di Indonesia”


  1. 1 Widnug
    25 Maret 2010 pukul 4:40 pm

    Gw pernah punya Satria RU 120…emang mantap banget tuw motor…akselerasinya maknyussssss

  2. 26 Maret 2010 pukul 3:36 pm

    Podium lmayan ..sepi ..

  3. 3 ryan
    17 Mei 2010 pukul 9:28 am

    Ane demen bget dah ma satria120..
    Gan tulis artikel ttg satria dong.. :beer:

  4. 4 rivan
    19 Juli 2010 pukul 7:18 am

    w punya satria thn 2000 standar blm gnti seher cm modif kaki2 doang di trek di tes dapet top speed 150km/jam v di gigi6 y lama naek………kl aksel no 1 dech…….

    • 5 cepi
      5 April 2011 pukul 11:46 pm

      maaf om.kayakna gak mungkin dah bisa tembus top speed 150 km/jam.di pakai logika aja motor ccnya udah 120.gak mungkin bisa lebih dari itu kecuali naik seher dan di strooke bwt kejar ccnya.mungkin speedo meternya ngaco kali…namanya juga motor berumur

      • 25 Januari 2013 pukul 11:16 pm

        betul bro speedometer gak bisa di andalin, tp emang bisa, coba aja tes bro klo gak biasa mau ngompol di celana…wkwkkw

      • 6 Agustus 2013 pukul 10:03 pm

        terbukti kok…. rata2 member club satria jaman lom ada yg 4 tak, satrianya bs tembus 150… apalagi yg satria non kopling 5 speed, klo yg bawa kejam, 170 tembus… kondisi mesin standar n sehat..

      • 8 skyyy
        15 September 2013 pukul 12:06 pm

        betul speedo meter ga bisa dijadikan patokan , tapi kata mas cepi motor ccnya udah 120.gak mungkin bisa lebih dari itu kecuali naik seher dan di strooke bwt kejar ccnya, itu teori motor 4 tak mas, memank di 4 tak top speed susah melewati cc motor , beda di 2 tak top speed bisa melebihi speedometer dan itu hal yg biasa ga aneh, contoh ninja 150cc bisa 170 kpj, nsr 150cc bisa 200 kpj, tzm 150 cc bisa 190 kpj ,rs 125 ,125cc bisa 170 kpj , nova dash 125 cc bisa 150 kpj, tapi tetap jangan jadikan top speed sebuah patokan, karena speedometer ga semuanya akurat apa lagi type analog

  5. 30 Juli 2010 pukul 11:05 am

    aq punya suzuki smash,,,,,, gmn carany biar ngbut,,,,???????? dan dmn sy hrs tmptkn motor saya…????

  6. 13 FIFers
    16 Agustus 2010 pukul 5:49 am

    aneh juga ya,rg sport selisih nga beda jauh dengan satria 120,tp tenaga kurang lebih juga apa pengaruh kompresi dan bobot

  7. 14 Fery Oey
    24 Agustus 2010 pukul 12:52 am

    Gw juga pernah pakai versi manual thn 2000. Mantap bro…ampe sekarang tetap jadi bebek favorit gua. Emang unit baru nya masih ada yang jual apa gak ya ?

  8. 15 IRVAN
    30 September 2010 pukul 3:18 am

    satria hiu 2004 mank mak nyuss…
    coba beli n rasain,standar aj kenceng,coba korek harian aja yg punya,motor laki habis smua..

  9. 4 November 2010 pukul 7:59 am

    jgn lupa naik seher, karbu Mikuni Ijo kotak 24, TurboCyclone, koil + CDI + membran V-Force py RM-125, dijamin gigi 5 msh bs standing klo make gear standar!

  10. 17 panca
    12 November 2010 pukul 2:29 am

    k2 qw dah mtr satria 110………….

    qw ne ada keluha pada koplingnya…….

    lw leh tau to di sebabpi lh po>>>>>.

  11. 18 panca
    12 November 2010 pukul 2:32 am

    keluhan pada koplngnya k2…

    susah pas masukin gigi nya and nguranggi giginy jga/……..

    itu di sebabpin kjrna apa nya k2..

  12. 20 jefri
    24 November 2010 pukul 2:37 pm

    Malam, saya ikutan nimbrung..

    saya punya satria 120R 2000, all STD. Baru jalan 28rb kilo, ban depan pun masih asli dari dealer.
    Akselerasi Ok, top speed mantab, ergonomi nyaman (bwt postur saya). cm asepnya ko lmyn byk ya?Pk oli Shell Advance SX2. Lalu lampu depan ko kurang terang ya? Ap ada saran?? Thks before
    Ps: Saya sayang bgt ma ni motor, lagian kalo dijual paling cm 2-3jt doang..
    VIVA 2 STROKE!!!!

  13. 25 November 2010 pukul 5:04 am

    betul sampe sekarang gue masih pake satria hiu 2004. cuma gigi1 dan 2 nafasnya pendek, tp putaran atasnya nggak ada yang ngalahin dah…udah gitu diajak ngebut tetap stabil aja

  14. 25 Desember 2010 pukul 4:44 pm

    Aq pux f1zr emank lbh kencnk satria tp lau udah di balap nga mau kalah juga
    abis ganty kandalpot lary.x tp kencank
    g mana yah supaya tp kencank !?

  15. 26 kkaaaing
    5 Januari 2011 pukul 3:58 pm

    mas2,,ak jg nunggang satria 120,,
    knalpot mw ganti racing..
    tlg dikasih tw dong mcm merk kalpot racing+harganya
    kaloo pesen knalpot yang bagus di jogja di daerah mana ya?? dan jgn lupa harganya
    maaf byk tanya, maklum msh awam..

    • 5 Januari 2011 pukul 7:33 pm

      Waduh, aku gak ngerti bengkel knalpot nang Jogja. Agak sulit mencari knalpot racing buat Satria 120 kecuali pesen khusus ke ahli knalpot (custom).

      • 28 di'i
        5 Juli 2011 pukul 1:06 pm

        ma’af nimbrung, knalpot satria ru banyak koq, ada merk AHM, gw beli d Pontianak Kalbar.. kuereeen.., bunyinya garing, aq jg pake untuk hiu putih ku

    • 29 bhalounk
      8 Maret 2011 pukul 1:35 pm

      untuk pesan knalpot RU 120 mending dateng langsung ke bengkel tmen ane bos di ABENK knalpot. Lokasi di daerah Ngampilan.Jogja. Depan halte Transjogja Ngabean.
      jangan lupa bawa motornya skalian ya..
      Bisa seperti satria 2003 ane gan…

    • 30 jablay machoo
      26 Oktober 2011 pukul 6:46 pm

      sbnr’x klo mslh knalpot lbh oke pake yg std, loe cuma bermodal ganti slincer racing doang dan paerut’x d bedah,abisin penyekat d dlm perut’x

  16. 6 Januari 2011 pukul 4:24 pm

    gw dah lama make satria 120 thn 2002, mpe skrng masih kliling kota biarpun dah OS 200 ..!!
    head gw papas abis dibuat lingkaran baru n squash 8,5mm tp sayang’y exhaust lum dgedein. awal gw pake power gede bnget mpe pas nyeting angin ntu mtr lari2 mpe gw pegangin lari pasti knceng …
    bjalan 4 bln masalah dtng pas rpm tinggi mtor sering ngjammed kayak tekor bensin padahal dah pke spuyer 125 mainjet 30. .
    tolong donk yg da solusi, tolongin gw pa jgn2 masalah pengapian gw da yg ga beres …
    thanks, brooo ….

    • 7 Januari 2011 pukul 8:20 pm

      q jg prnh ngalamin hal sprti xg loe katakan td… itu bkn mslh dr bahan bakar tp dr pengapian… mungkin cdi loe sdh ada YG
      rusak sebagian komponennya..coz q prnh nyoba cdi milik tmn,ga ada lg tuh mesin ky tekor bensin… lebih oke pake CDI BRT HEPER BAND

      • 3 Maret 2013 pukul 9:25 am

        bos gw lagi betulin mtr satria 2002 masalah pengapian nya itu kecil padahal gw udah gati sepul kiprok nyab tapi setrum nya itu ga bisa masuk kuil nya padahal kuilnya juga baru…kira2 apanya ya tolong dong bantu gw?

    • 34 RU120
      21 Juni 2011 pukul 12:07 pm

      bisa karena oli 2T telat, kualitas jelek, celah piston dengan liner terlalu rapat, karburator kekurangan suplai bensin(solusi ganti spuyer bensin atao bisa juga atur tinggi pelampung), kualitas piston dibawah standar, pengapian juga pengaruh(coba periksa sambungan2/soket2).. kalo mau periksa CDI mending ke suzuki aja soale multi meter bengkel resmi bisa beda nunjukin nilainya dengan multi meter bengkel umum. tapi kalo setel2 oli dan yang lain seh oke2 aja di bengkel umum.
      RU saiya taun 97.. beli dari baru km udah 48ribuan(lagi) hehehehe… :D

  17. 8 Januari 2011 pukul 8:52 am

    hello guys! i need manual for yamaha f1z-r or yamaha f1z if any1 can send me pls send it XD thanks alote!

  18. 36 az_asep
    21 Februari 2011 pukul 3:34 pm

    speknya salah om,itu diameter x lgkah satria 56x40mm hrusnya 56x49mm

  19. 38 kkaaaing
    27 Februari 2011 pukul 4:50 pm

    Mas, satria sy kalo pagi2 diidupin mesinnya, asep yg keluar dr knalpot tu banyak bgt, blm lagi kalo diajak ngebut asepnya kaya fogging gitu.. apa itu normal?? padahal pompa oli samping udah disetting irit..

  20. 40 Rulli
    31 Maret 2011 pukul 9:19 pm

    Misi mas,
    Tau tempat jual mika/kap lampu rem satria 120R di Bandung?
    Susah juga nyari tuh barang,

    Thanks

  21. 41 yudi
    29 April 2011 pukul 8:05 pm

    assalamualaikum para satria

    ane py satria th 2003 gan. masih standar abis tapi mesin dah kasar kletek2 maklum dah empat kali ngancing gara2 kehabisan oli samping.tapi wlopun gt lari masih kenceng gan kayak masih baru aja.top speed 110 lebih gan mesin aman2 aja gk overheat.klo boros seh itu tergantung pemakaian klo ngebut ya boros tapi klo kalem ya sebelas duabelaslah ma mio.veleg ane slep mpe meling gan kadang terawat kadang gk tapi klo skali dirawat cilong lagi gan.klo cat asli pabrik terjaga masih meling gan warna hitam oranye gk gk kalah nyanding ma motor baru gan cuman stripping ane lepas jadi polos abis rame banget seh hehehe. salam 2 tak!!!

    • 42 RU120
      21 Juni 2011 pukul 12:14 pm

      wa’alaikumsalam bro :D

      satria(RU120) saya warna merah dari taun 97 hehehe… maseh 5speed koplingnya maseh yang dobel(tanpa koling tangan).
      nasibnya pun serupa…striping saiya kletek soale nggak suka seh(agak2 kampungan gitu). hehehe..

      toss 2 tak :D

  22. 43 RU120
    21 Juni 2011 pukul 12:17 pm

    ada yang tau harga transmisi satria RU120 nggak??? rencananya seh RU saya yang 5speed mau saya jadiken 6 speed… kira2 apa aja yang perlu diganti ya??

  23. 44 ecko kesatria 120
    1 Juli 2011 pukul 11:46 am

    qw jg punya satria (RU120) sama dengan 5 speed warna hitam ….mesin saya jg bunyi kletek2 gara stang seher / stang piston kena gara2 cekat karna kehabisan oli samping…..klo stang dah kena….psti ring piston ujung2 jga kena…….
    jadi saran saya…klo mesin satria dah bunyi kya gtu cepet2 d ganti stang ma ringnya….biar kompresinya padat lagi……klo kompresi longgar…..tarikan lambat……klo munk lom bisa beli…..jngan pake laju dulu tu motor …
    paling maksimal 100 lah d rpm….n inget ….jngan sampe kehabisan oli samping lagi…..klo habis lgi terpaksa musti d ganti…soal na dah parah bgt……
    klo mslah mesin motor saya msalah na d situ sdah …….v tarikan masih oke lah…gigi 1 sampe 3 msih standing..
    mesin dah saya korek harian…..pengapian d besarkan….koil blue thunder….busi….tdr racing…klo CDI msih standar….soal na lom da duit beli masih……..kecepatan mesin saya dah saya coba ….mencapai 160 rpm….
    melebihi kecepatan motor yamaha vixion…..
    dah teruji klinis…..

  24. 1 Juli 2011 pukul 6:44 pm

    Nice gan !
    banyak yang butuh info ini apalagi gambar spek satria
    sip sip :D

  25. 2 Agustus 2011 pukul 9:01 am

    saya pengen beli motor satria 120r yang keluaran baru,kira” 2002 atau 2004,warnanya itu biru putih,saya lihat di pejeng mulu di daerah situ,masih mulus,standar,ckep deh.
    itu sbnrnya ya,rata-rata atau biasanya satria yg saya maksud itu harganya brp ya?
    tlong ksih saya jwbn yang pasti dan OK !!

  26. 47 jabul2
    28 September 2011 pukul 11:06 am

    mantap spidfrik satria hiu keluar semua.. mang joss dah satria

  27. 48 Achmad spirax
    3 Oktober 2011 pukul 4:06 pm

    Bravo satria 2 tak :-D

  28. 49 cupit
    5 Oktober 2011 pukul 7:45 am

    motorku satria RU120 2000…jarang kepake’ soalnya udah bosan kebut2an ntar dikira alay wkwkwk….specknya standar semua blum prnah kolter…coba2 gnti main jet dr 95 ke 110 …tanpa filter alias los-losan….wahhhh ternyata manteb abis tuh motor…gk tau larinya berapa …yg jelas tiger temen ane gk bisa ngejar…padahal sama2 betot…cmn masalahnya pd wktu top speed mesin kyk kering…macem kurang bensin gt…jd tkut jebol akhirnya alay jadi lelet….apa ya kira2 masalahnya?

  29. 50 masbrowwkak
    29 Desember 2011 pukul 11:55 pm

    masssss brooo

  30. 51 hamba HINA
    6 Januari 2012 pukul 8:40 pm

    SANGAR PISAN BOOOOZZZZZZ….

  31. 52 aris
    8 Mei 2012 pukul 5:49 am

    gmn carae gan pasang piston RG ksatria ane,ane bingung hrs pakek stang apa?pkek stang RG kpnjangan, pkek orinya pennya beda? (*,*)””’

  32. 53 aris
    8 Mei 2012 pukul 5:53 am

    stria ane msh STD,cuma porting polis ma custom kampas kopling aja gan, tp og mch bert bgt ea tarikannya apa membran gue ato knalpot ane gan yg kurg oyi

  33. 54 jefri
    25 Mei 2012 pukul 11:58 am

    Mantap lah buat suzuki satria R YG TELAH MEMBAWA SAYA KE PUDIUM KEJUARAAN ROAD RACE PEKANBARU tAPI UNTUK KEDEPAN HARUS MENUTUP IMPIAN KARNA KELAS NYA TIDAK ADA Lgi di ajang bAlAP motor nasional (road race)

  34. 55 aziz
    18 Juli 2012 pukul 11:07 am

    kulo nuwuuun. saya orang jogja bro. aku punya satria tahun 2003 kilometer udh sampai 48 ribuan. udh keliling indonesia bagian jawa dan sumatra.sumpah ni satria kenceng bgt,pernah adu balap dengan ninja 150 r (bukan drag) tetep menang walaupun tipis.sekarang posisi motor ada di tanjung pinang. waktu demi waktu muncul problem di karburatornya waktu tarikan awal kayak berat & ga responsive. apakah itu pengaruh krn mash pake karburator vakum??????. mtr ini masih terawat sampai sekarang.

    • 18 Juli 2012 pukul 3:00 pm

      Melihat km udah hampir 50rb km, mungkin kerak sudah menumpuk sehingga tarikan motor loyo.Pertama2 cek filter udara, cek busi, cek silinder plus mesin.Kemudian kampas kopling yang sudah menipis juga bisa jadi penyebab.Katup buluh / reed valve kalo orang bengkel biasanya disebut membran mungkin udah gak lentur lagi.Semoga bisa membantu dab.

  35. 57 Dalank
    27 Juli 2012 pukul 6:09 pm

    Masih update gk nih??
    aq mau tanya soal part” satria hiu (piston,ring,stang seher, laher, pin dll… pkok a 1 set) over size 0,50 . Kira” beli d dealer suzuki/ bengkel umum, pokok a yg ori/ racing skalian. kira” masih ada gk ea?

  36. 62 eri
    11 Desember 2012 pukul 7:19 pm

    berapa speed standard satria 120 RU? Mhon djawab . Thx gan

  37. 64 eri
    11 Desember 2012 pukul 8:25 pm

    gan, ane ada rencana mau beli gledekan . Satria ru. . . Kira2 pendapat agan2 skalian gmana? Rugi gak gw beli tu mtor? Mengingat borose mtor .

  38. 3 Maret 2013 pukul 9:27 am

    guys tolong kasih gw solusi buat benerin pengapian motor satria thn 2002

  39. 14 Maret 2013 pukul 12:50 pm

    lam knl mas bro….’saya punya satria 6 sped.rencana mau saya buat reseng…..?kira2 brapa mas bro anggaran yg perlu di keluwarkan….?ok.trim’s

    • 26 Maret 2013 pukul 8:30 pm

      Salam kenal bro, Satria yg mana 2 tak ato 4 tak ??? masalah anggaran, tergantung kebutuhan utk harian ato balapan. Di bengkel ada istilah kohar (korek harian) yakni modif mesin tapi motor masih enak dipake buat harian.Biasanya komponen yg diganti yakni knalpot,CDI plus setting karburator.

  40. 68 kawakan
    17 Juni 2013 pukul 1:14 pm

    Buat mas yg di atas… Bener mungkin penilaian teman kita memang g percaya motor yg ccnya 120 bisa lari lebih dari 120kpj. yang perlu diingat performa mesin 2T jangan disamakan dengan performa mesin 4T. Pernah tahu ngga… Honda NSR yang ccnya 149 bulatnya 150 dapat mencapai top speed 200kpj dan kuat lagi artikel di atas menjelaskan RG 110 yg ccnya hanya segitu dapat mencapai top speed 140kpj. jadi penilai jngan asal logika sekarang karena sekarang jamanya motor msn 4T. bukti nyata jamanya raja jalanan yaitu RX King sipa yang g kenal dengan motor ini motor yang luar biasa garang tarikanya dasyat. banyak kaum remaja dijamanya mengakui jika Drag Rx King dengan Satria jika jarak pendek memang Satria g ada apa-apanya tapi jangan tanya jika Drag panjang yaitu lebih dari 800m RX king diasepi.

  41. 69 alucard
    13 Juli 2013 pukul 11:04 pm

    emang Satria R120 jauh lebih manteb n lebih gagah daripada Satria FU150, menurut ane setelah satria bertransformasi jadi 4 tak, koq kesan nya kayak jadi motor alay sih yah, menurut ane jadi merusak image motor model ayam jago.. padahal dulu nunggang model ayam jago tu keren bgt loh, jaman2 yamaha tiara, suzuki rk cool, honda nova sonic, rasanya tu beda bgt ama ngeliat satria FU150 kaya sekarang.. apalagi versi satria hiu yang serem abis, gagah banget ngga kayak satria FU yang kepanjangan jadi aneh body nya, uda kurus panjang pula.. jadi kangen jaman 2tak berjaya dulu.. btw sebenernya ane lebih demen F1ZR daripada Satria R, menurut ane tampang F1ZR lebih manis diliat daripada satria R, rasanya tarikan bawahnya juga manteb’an F1ZR kalo sama2 standar :)

  42. 19 Oktober 2013 pukul 11:59 pm

    Mantap bro! Tp nek saiki shogun pake mesin satria tp 125 yo jelas laku keras

  43. 29 Januari 2014 pukul 8:04 pm

    gan standar pengapidn suzuki pos1 berapa ea…?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Maret 2010
S S R K J S M
« Feb   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 3,439,188 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 232 pengikut lainnya.

Blog ini mendukung


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 232 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: