11
Mar
10

Seluk Beluk Toyota Great Corolla

Jika pada artikel sebelumnya penulis mengulas Honda Civic Genio, kali ini penulis akan mencoba berbagi cerita pengalaman ketika menggunakan Toyota Great Corolla milik ortu. Mobil tersebut dibeli oleh ortu sejak baru tahun 1994 hingga saat ini berarti umurnya sudah 16 tahun. Ketika masih SMA & kuliah di Malang, penulis sering memakai mobil ini. Tentu saja hal tersebut membuat penulis mengetahui seluk beluk Toyota Great Corolla alias Greco (sebutan populer di kalangan pengguna).

Toyota Great Corolla ini diproduksi mulai dari tahun 1992-1995 untuk menggantikan Toyota Corolla Twin Cam yang kesohor itu. Ada 2 mesin yang ditawarkan yaitu 1600 cc DOHC 16 valve (kode mesin 4AFE) & 1300 cc SOHC 12 valve (kode mesin 2E). Girboks matik juga tersedia namun hanya untuk yang 1600 cc. Oke deh kalo gitu langsung aja penulis ceritakan keunggulan & kelemahan mobil ini.

Keunggulan :

  • Hentakan tenaga sudah langsung terasa di putaran bawah, cocok dipake di kota2 besar & macet seperti Jakarta. Urusan selap selip cukup lincah.
  • Bentuk / model tidak ketinggalan jaman meski sudah berumur.
  • Untuk ukuran mobil bermesin cam ganda & belum menerapkan VVT, konsumsi mobil boleh dibilang irit sekitar 9-11 km/liter.
  • Suku cadang banyak ditemui di pasaran, mulai dari yang orisinal hingga yang KW. Bahkan yang limbah eks-Singapura juga tersedia.
  • Jaringan bengkel Toyota yang tersebar dimana2.
  • Harga jual/resale value cukup bagus kecuali untuk versi 1300 cc jeblok di pasaran & kurang diminati konsumen.

Kelemahan :

  • Sering ada masalah di sektor kaki & power steering.
  • Rem belakang masih menganut teromol.
  • Ketika di geber di jalan tol, putaran atas mobil seperti kehabisan nafas.
  • Interior kurang lapang.
  • Masih menganut velg kaleng/besi yang ditutup ama dop velg.

Dalam rentang waktu 1992-1995, Great Corolla mengalami perubahan (minor change) di tahun 1994. Adapun beberapa perubahannya antara lain :

  1. Gril 1992/1993 lebih mengarah sporti, sedangkan 1994/1995 cenderung elegan dengan garis putus2.
  2. Lampu rem&sein belakang tahun 1992/1993 berwarna merah kuning sedangkan tahun 1994/1995 berwarna merah putih.
  3. Lansiran 1992/1993 spion luar dapat dilipat otomotis dari dalam (retractable mirror), sedangkan keluaran 1994/1995 fitur tersebut malah dihilangkan. Aneh bin ajaib :)
  4. Sama seperti poin 3 di atas, jebolan 1992/1993 terdapat kisi2 AC di bawah dasbor sedangkan untuk tahun 1994/1995 fitur tersebut dihilangkan !!!
About these ads

1604 Responses to “Seluk Beluk Toyota Great Corolla”


  1. 1 Bambang
    15 Maret 2010 pukul 10:16 am

    Bos..saya baru punya mobil nech..baru dapet greco manual Thn. 92/93… Berhubung saya masih agak minor pengetahuan ttg Greco, mohon pencerahannya donk..
    1. Kalo olie mesin yang baik dan cocok untuk Greco pake olie apa ya..??
    2. Greco saya pake pelek 14 Ban 185/65, tekanan angin yang baik untuk dpn berapa dan belakang berapa ?
    3. Suara mesin Greco saya kurang halus alias agak kasar….apa mesin Greco begitu ya.. Saat ini saya pake olie mesin Shell Helix yang botol kuning.. Trus gimana biar suara mesinnya halus ?
    4. Kalau mesinnya hidup dan tidak digas, kondisi jarum rpm yang normal diberapa ? soalnya gas Grecoku kayaknya agak tinggi. Kondisi tidak digas jarum ke angka 110.
    5. Grecoku itu kalo start hidup pertama biasanya keluar asap putih…lama-lama agak hilang, tapi kadang keluar lagi tipis..apa itu tandanya ring sehernya udah kena ya.. Trus ciri-ciri ring sehernya udah kena itu apa aja ya… Thanks infonya..

    • 17 Maret 2010 pukul 1:19 am

      1. Oli mesin yg cocok buat Greco bisa pake SAE 20-50 ato SAE 10-40.
      2. Tekanan 30-32 psi.
      3. Suara mesin agak kasar ada bbrp penyebabnya misalnya busi ada yg mati sehingga suara mesin pincang, engine mounting dh getas sehingga karet tdk mampu meredam getaran mesin dsb. Utk tahap awal coba deh lakukan tune up.
      4. RPM idealnya dikisaran 1000 RPM.
      5. Embun pagi yg berada di tabung knalpot bisa mengeluarkan asap putih ketika mobil distart pertama kali. Jika asap putih masih keluar terus meski mesin sdh panas bisa jadi ada indikasi ring piston/seher sdh aus. Cara ngeceknya coba raba lubang knalpot dgn jari (waktu msh dingin), jika jelaga di jari hitam basah (lengket spt ada oli) berarti ada oli yg ikut terbakar & dpt dipastikan bahwa ring piston ato sehernya sdh waktunya ganti.

      • 3 Bambang
        21 Maret 2010 pukul 2:26 pm

        Makasih infonya yo…
        Tambahan mau nanya lagi nech…
        1. Kalo mobil sudah umur segitu yang perlu dicek untuk diganti bagian apanya ya..
        2. Saat ini Grecoku kalo lagi jalan terdengar bunyi klutuk-klutuk dibagian depan kanan dekat ban. Kadang suara itu hilang, kadang muncul lagi. Apa kaki-kakinya itu sudah kena ya… trus biasanya yang perlu diganti kaki-kakinya bagian yg mana?
        3. kalo mau service bagian power stering, biayanya mahal gak ya.. Soalnya kulihat bagian bawah diantara kedua roda depan mobil itu agak basah karena olie. Entah olie mesin atau olie power stering.. Belum tau nech..??

      • 22 Maret 2010 pukul 2:26 am

        1. Yg perlu dicek kaki2, engine mounting, timing belt, belt AC, belt alternator dsb.
        2. Betul kaki2 perlu dicek seperti tie rod, long tie rod, shockbreaker dsb.
        3. Overhoul power steering biayanya relatif tergantung sedikit banyaknya part yg kudu diganti. Yg pasti ketika overhoul power steering harus diisi dengan minyak power steering yang baru.

      • 5 Adrian
        25 November 2011 pukul 11:02 am

        Apa yang bikin Indikator Enggine nyala, trus kalo dah nyala bikin tarikan mobil berkurang,mohon saranya boss

      • 27 November 2011 pukul 7:52 pm

        Indikator engine nyala berarti sensor membaca ada malfunction. Memang betul,indikator engine nyala bisa menyebabkan tarikan mobil berkurang bahkan mati total gak bisa distarter.

      • 22 September 2012 pukul 1:21 am

        Ramai bener sampai berat diakses pakai smarpret…. numpang komen saja nih bos sambil nyimak bahasan motubanya

      • 8 yogie
        4 Januari 2013 pukul 4:22 pm

        Boss punyaku Greco Thn 92, Kalo Ac hidup indikator temperatur langsung naik. Begitu juga tanpa AC pada saat lalu lintas macet. Sudah pernah ke bengkel katanya gak papa, Radiator di bersihkan juga sudah 2x, kira2 apanya ya Boss….?
        1. Apa Radiatornya musti diganti ya Boss?
        2. Berapa Harga Radiator utk Ori dan KW…? Bisa pesan dimana Boss….?
        Lokasi saya di Kotabumi Lampung Utara…..Terima Kasih atas bantuannya Boss…..

      • 7 Januari 2013 pukul 9:29 am

        Kalo kondisi radiator tdk apa2 (normal) & tdk berkerak, coba dicek kipas radiatornya apakah nyala ato tidak ??? kalo nyala tapi putaran kipasnya tidak kencang berarti motornya sudah lemah.Hal ini menyebabkan mesin overheat.Selain itu cek juga kondisi waterpump,apakah msh bagus ato tdk.Water pump yg sdh lemah mempengaruhi sirkulasi air di pendingin mesin.
        Jadi cek itu dulu aja,sapa tau problem bukan di radiator.Oh ya,mobil di bawa ke bengkel yg ahli radiator agar masalah cepat tuntas.

    • 10 dizzydad
      23 Agustus 2011 pukul 8:40 am

      sy jg punya greco, cm kalo pas oper ke gigi 2 (baik dari gigi 1 ato 3) apalagi kalo pas abis ditarikin.. slalu bunyi grekk…dah bongkar gearbox, ganti sinkromes, ganti kampas kopling,dll..ttp aja penyakitan spt itu..gmn yah?

    • 11 Dedy
      17 Februari 2012 pukul 11:47 am

      mas mau nanyak ni apa gret itu ad antena di belang mohon info nya

    • 12 irul
      1 Februari 2013 pukul 10:26 am

      BOS LAMPU INDICATOR ENGINE SAYA KEDAP KEDIP MESIN GAK MAU NYALA,, MHON INFO DONK STRES NH

      • 13 Arief Rahman
        17 Maret 2013 pukul 7:54 am

        coba di cek dulu di bagian diagnose nya, dari situ semua bakal ketauan apa yang bermasalah, di cek nya bisa manual bisa juga pake komputer,

  2. 14 zainudin
    10 April 2010 pukul 8:14 am

    mas mau tanya nih…, berapa sih harga long tierod great corolla, yang orgi dan yang kw, kalo yang kw kekuatannya bagaimana ? biaya pasangnya berapa ya ? kalu mau cari yang ex singapura dimana lokasi di jakarta… thanx

    • 10 April 2010 pukul 12:37 pm

      Hrgnya kurang tau mas, saran saya pake ori aja soalnya yg kw kurang awet.Utk sparepart di jkt bisa dicari di Atrium Senen, Pasar Mobil Kemayoran, Dutamas Fatmawati, Pasar Cipete Kolong dsb.

  3. 16 Lutfi
    11 April 2010 pukul 1:01 pm

    Bos…
    Lampu greco belakang sy masih merah kuning. Kalo sy mo ganti yang putih pas kaga y kedudukannya ? Cari yg kw dimana y bos & berapa kira-kira harganya ?

    Tks y bos…

    • 12 April 2010 pukul 1:13 am

      Belum pernah nyobain bos, logikanya sih dudukannya sama karena tdk ada perubahan desain bagasi, yg berubah kan cuman warna lampu sama penempatannya. Utk hrg (baru) setahu saya mahal, mendingan cari yg copotan, bisa dicari di ITC Dutamas Fatmawati, disana bnyk toko yg jual lampu2 copotan. Hrg miring cuman kudu teliti belinya periksa dgn seksama takutnya ada yg retak ato seal2nya kurang rapat.

  4. 19 adnan
    2 Mei 2010 pukul 12:07 am

    bos..salam kenal..
    saya juga pemakai greco taun 92..
    cuma ada sebagian dashboard yg sobek..
    terus lubang ac yg bisa di geser kiri kanan udah pada patah and copot mungkin karna udah terlalu tua kali jadi plastiknya udah rapuh..kalo kegerahan susah banget atur ac nya..nah saya mau tanya dimana ya yang jual bagian2 itu..?

    thq

    • 3 Mei 2010 pukul 2:12 am

      Dashboard pecah biasanya terjadi karena mobil sering terjemur di bawah terik sinar matahari. Utk nyari dashboard tsb ada solusi murah meriah yaitu beli dashboard copotan yang terdapat di toko2 limbah mobil. Biasanya copotan dari eks singapore ato eks asuransi. Tapi pastikan dulu bahwa dashboard copotan tsb kondisinya masih layak.

    • 15 November 2010 pukul 6:12 pm

      Kalo pengatur pada lubang ac yg bisa di geser kiri kanan udah pada patah akalin aja pake pelat (biasanya alumunium tipis bekas kaleng minuman di dabel aja) yang dilobangi sejajar atau sama dengan lobang pelastik yang jadi penyangga kisi-kisi tersebut…. krn biasanya yang bisikin gak bisa digeser kiri kanan krn penyangga pelatiknya tsb udah patah, mudah2an kalo diganti pake plat aluminum yang dilobangi pake paku akan jauh lebih awet

      Selamat Mencoba

      Dari AFA Great Corolla Quick Silver

    • 22 deni
      1 Desember 2010 pukul 1:15 am

      dibandung banyak tuh kisi-kisi AC, kemarin juga saya baru ganti..harganya yang ori 125 ribu yang KW 75 ribu satu buahnya..

  5. 10 Mei 2010 pukul 4:28 pm

    Selamat Datang di Yabes Motor,
    Kami menyediakan berbagai spare part mobil dan accesoris

  6. 26 Adit
    22 Mei 2010 pukul 9:30 am

    Bos… Slam kenal
    Saya Pemakai Great corrola 94 warna hitam solid . yang mau saya tanyakan adalah apabila mobil ingin d cat ulang kembali seluruh nya bagian luar dngan cat yang orisinil warna hitam apakah hasilnya akan tahan lama seprti baru kembali , dan apa harus dngan cat sejenis lagi atau tidak ? karna mobil sya cat kap mesinnya sudah kusam jadi ingin terliat baru lagi …

  7. 27 Adit
    22 Mei 2010 pukul 9:30 am

    Bos… Slam kenal
    Saya Pemakai Great corrola 94 warna hitam solid . yang mau saya tanyakan adalah apabila mobil ingin d cat ulang kembali seluruh nya bagian luar dngan cat yang orisinil warna hitam apakah hasilnya akan tahan lama seprti baru kembali , dan apa harus dngan cat sejenis lagi atau tidak ? karna mobil sya cat kap mesinnya sudah kusam jadi ingin terliat baru lagi …Thank

    • 22 Mei 2010 pukul 1:57 pm

      Pilihlah bengkel cat yg rekomended karena mengecat mobil itu butuh keahlian khusus. Mekanik cat yg terampil akan membuat cat mobil lebih rapih, tahan lama & mengkilap seperti baru. Oh ya, kalo bisa pilihlah bengkel cat yg sdh dilengkapi dgn pengecatan sistem oven. Merek cat mobil beragam mulai dari Spies Hecker, Dupont, Sikkens dsb.

  8. 29 fenomena
    23 Mei 2010 pukul 1:37 am

    saya punya greco th 94 , kalau jalan dg kecepatan 100 Km/jam mobil bergetar ,tpi kalau di kecetapan 80 Km/jam normal ,kira2 penyebabnya apa yach ?

  9. 32 Adit
    23 Mei 2010 pukul 3:45 am

    Makasih atas infonya , Sbgai sebagai tambahan kira – kira butuh dana berapa untuk cat ulang tetapi tidak mengecewakan ?

  10. 33 Sugeng
    25 Mei 2010 pukul 9:40 pm

    bos, mau nanya nih, baru beli greco 94..waktu masuk bengkel kondisi masih bagus terus minor repair. cuman satu hal yang masih ganjal, waktu cold running di pagi hari tuh asap putih kok keluar terus 15menitan lah, apa itu normal?

    kalo indicatornya sih gak pake warna biru dan gak ada jelagah kental kayak oli gitu, kata mekaniknya itu sih wajar nginget kita tinggal di malang (suhu dingin)… minta saranya ya bos.

    Thanks

    Sugeng

    • 26 Mei 2010 pukul 12:59 am

      Normal koq, itu uap air (embun) yg keluar dari tabung knalpot apalagi tinggal di daerah dingin.

      • 35 Adrian
        25 November 2011 pukul 10:51 am

        Salam Kenal Boss….saya Adrian mau nyari karet-karet pintu buat Greco dimana ya…trims

      • 27 November 2011 pukul 7:51 pm

        Karet2 pintu di Pasar Mobil Kemayoran & Dutamas Fatmawati banyak yang jual pak :)

      • 37 Adrian
        28 November 2011 pukul 10:29 pm

        Kemaren Greco 92 saya habis di perbaiki, yang kena kata yang servis memory ECU ( komputer trus katanya g bisa dibetulin…..dimana ya bisa betulin komputer Mobil greco….atau harus diganti Komputernya kalau iya berapa ya harganya….mohon informasinya pak

      • 29 November 2011 pukul 9:34 am

        Coba hubungi :
        1. Lay Car ECU, Jl. Mustika no.39 Kampung Ambon, Daan Mogot, Jakbar tlp 5448810.
        2. Lamda Service, Perum Taman Semanan Indah Blok NL/12 Cengkareng, Jakbar tlp 5419445.
        3. Anton / Memen, Jl. Taman Rawa Pening No. 6 Bendungan Hilir, Jakpus tlp 5746242.
        4. Chiptech Engineering, Jl. Niaga 5 blok C no.29 Komplek Perdagangan Ciledug, Tangerang tlp 7306840.

  11. 39 mahargono
    27 Mei 2010 pukul 7:53 am

    saya berniat beli greco 1300 SE… termasuk irit tidak kira2 berapa konsumsi bensinnya…soalnya mau dipake sehari2 dengan jarak tempuh sekali jalan 25 km terima kasih

    • 27 Mei 2010 pukul 8:42 am

      Greco 1300 kurang diminati oleh masyarakat karena mesin yang dipake adalah mesinnya Toyota Starlet. Mesin kapasitasnya kecil tapi harus membawa bodi yang berat membuat mobil ini kurang nyaman & bertenaga utk dipake jauh apalagi anda akan menempuh sekali jalan 25 KM (PP 50 KM). Utk konsumsi BBM-nya saya tidak tahu secara persis.

  12. 41 usman
    9 Juni 2010 pukul 5:15 am

    saya punya greco tahun 92 matic. listri pompa bensin nya mati. beneri nya di bengel mana mas saya tinggal di bekasi. sekrang listrik nya saya by pass ngambil dari lampu besar. jadi kalo mau jalan harus di sambung dulu kalau mau berhenti ya di cabut lagi. bisa gak kita benerin sendiri. terus gimana cara nya. atau memang harus ke bengkel. terimaksih..

  13. 43 nyoman
    11 Juni 2010 pukul 9:10 am

    kira2 pasaran tahun 93-95 kondisi masih bgus standar harga brapa bos?

  14. 14 Juni 2010 pukul 3:58 am

    bozz, ane mo tanya nh, rencana ane mo beli mobil yg budgetnya 50-60jt, kira2 apa ya yg cocok, ane sih pengennya.
    1.Irit
    2.Perawatan gampang, spare part murah,
    3.model gk jadul2 amat,

    thx

  15. 47 Aldo
    21 Juni 2010 pukul 3:59 am

    salam kenal Bos

    Saya baru beli greco th.95,menurut sipenjaulnya sih katanya kaki-kakinya sudah kurang enak,yang mau saya tanyakan kira-kira perlu biaya berapa untuk mengganti kaki-kakinya

  16. 49 Sugeng
    26 Juni 2010 pukul 1:32 am

    ok bos, makasih

    btw, ganti ac komplit untuk greco 1994 totally berapa ya? kalo untuk disc clutch matahari itu berapa ya?

    • 27 Juni 2010 pukul 3:02 pm

      Ganti ac komplit ??? koq diganti total knp ??? kalo utk harga disc clutch saya sudah lupa, cuman seingat saya dulu gantinya habis banyak soalnya banyak yg perlu perbaikan di sektor girboks.

  17. 51 premiastri
    29 Juni 2010 pukul 7:57 am

    mas mau tanya…
    maklum masih newbie soal mobil, saya punya greco ’95… tapi kenapa kalo diinjek gasnya agak ngurut ya…?

    makasih

  18. 59 Dandit Funkers
    30 Juni 2010 pukul 5:20 am

    salam knal mas ,,,mau tanya nie di greeco92 saya waktu rpm 2500 mesin bunyi “klithik2″kira2 apanya mas ,sdh saya cek ke bengkel tp ga mslah ktnya….lampu blakang udah sy ganti pnya 94 pemasangan mudah tinggak plek gt aja…saya jg jual lampu blakang greeco94 1jt nego orisinil sekend…trima kasih sukses slalu

    • 30 Juni 2010 pukul 11:25 am

      Bunyi nglitik itu bisa disebabkan pengapian tdk tepat, busi sdh waktunya ganti, dsb. Coba di tune up pak.

    • 63 Bambang
      13 September 2010 pukul 1:41 am

      Salam kenal…..
      Mau Tanya nich bos… Katanya kemarin ganti lampu belakang Greco ya.. Greco saya juga tahun 93, rencana mau ganti lampu belakang yang model 95. Yang ingin saya tanyakan, kalo ganti dengan yang bukan asli alias KW buatan taiwan apakah nantinya akan pas/rata dengan bodynya atau lampunya agak nongol sedikit keluar ya… Mohon bantuan pencerahannya.. Trims.

  19. 65 Prima N
    1 Juli 2010 pukul 6:19 am

    Boss selamat kenal
    Saya pemakai Greco 93 .. yang mana hampir seluruh karet2 pintu dan karet kaca belakang sudah pada robek ,,,,mohon infonya yang jualan barang seperti ini dimana ya..? mohon informasinya… klu ada tolong kontak person tokonya boss…terima kasih sebelumnya

  20. 67 Prima N
    1 Juli 2010 pukul 7:00 am

    Nyambung masalah karet pintu tadi bos … mungkin ada salah satu toko daerah PMK yang ada no telponnya… nanti saya mau coba tanya yang juala karet pintu itu … karena posisi saya di Balikpapan boss.. klu bisa biar dikirim saja ….. terimakasih sekali lagi

  21. 70 mahargono
    6 Juli 2010 pukul 3:39 am

    saya akhirnya dapat greco 92 1.6SEG … problem yg dirasa.. mesin seh enak .. lancar2 aja ..cuma kadang suka ndut-ndutan kalo pas nyelip ganti persenling… kabel banyak yg jumper.. indikator mesin nyala.. di filter kok sepertinya colokan kabel nggak dipasang.. kira2 berapa tuh kalau perbaikan kabel2.. terus supaya kabelnya awet dibungkus pake apa ya..

  22. 71 mahargono
    6 Juli 2010 pukul 3:41 am

    kalau slebor depan greco bisa disubsitusi pake slebor apa… ada yg pernah coba

  23. 72 ade risky
    12 Juli 2010 pukul 7:07 am

    ass, bos ane mau nanya nih kalo plat kopling & matahari punya great tahun 92 brapa ya?

  24. 76 napG
    14 Juli 2010 pukul 9:48 am

    Salam kenal bos Mitra,

    Saya sedang berencana untuk mengganti velg grecco 95 saya dari R14 ke R16, tetapi saya pernah membaca di sebuah forum bahwa mobil sedan tidak bisa menggunakan velg R16. Menurut forum tersebut, velg R16 akan mempercepat usia pemakaian kaki2 sedan. Apakah isi forum tersebut berlaku untuk grecco bos.
    Mohon pencerahannya.

    Regards,
    napG

    • 14 Juli 2010 pukul 10:50 am

      Pake velg ring lebih besar akan mendongkrak penampilan mobil tapi konsekuensinya tarikan mobil menjadi berat. Selain itu dgn pake velg besar otomatis qta kudu pake ban berprofil tipis sehingga akan cepat memperpendek usia kaki2.

  25. 78 herni
    22 Juli 2010 pukul 3:44 am

    Mau tanya, saya abis beli greco th 1995, masalahnya ternyata bagian bawah pada keropos termasuk atas ban, kira_kira bahaya tidak ya? terus ada ndak ya bengkel yang bisa repair keropos kayak gitu? kira-kira habis biaya banyak ndak ya?
    soalnya belinya tertarik harga murah ternyata bawah hancur.

  26. 22 Juli 2010 pukul 6:30 am

    Bos,
    Ane pake Greco 95 sewaktu engine break pkai gigi satu, terdengar kayak ada bunyi “thak”, kayak ada suara gigi yg beradu…. Itu apanya yg perlu di cek? Thx

  27. 82 Adi Putra
    26 Juli 2010 pukul 6:35 am

    bos,

    mau nanya dikit lampu crystal merk apa yg bgus ( biar ngak cpt buram ) buat di pasang di greco 94
    ,minta no tlpn tempat yg jual bos ( kalo bisa yg di surabaya dech ) thanks

  28. 86 wandi atm
    26 Juli 2010 pukul 3:28 pm

    numpang nanya mas
    * greco 92 gak bisa nutup sendiri spionnya,ada upaya nutup tp gagal bunyi kletek2
    * waktu mo start di gigi 1 dan 2 kadang tenaga hilang sesaat,gigi 3 keatas oke, coba tune up,ganti busi ttp tetep aja,plat kopling blm lama ganti
    * bengkel paling fasih ngerjain greco dimana sekitar kalimalang/jatibening dan kalo di depok dmn

    Trima kasih untuk penjelasannya…sukses

    • 27 Juli 2010 pukul 12:47 am

      Dari cerita bapak (ada bunyi kletek2) mungkin ada mekanisme gigi2 ato motor penggerak yg sdh aus. Utk masalah spion elektrik saya kurang tahu betulinnya dmn.
      Utk bengkel mesin bapak bisa mampir di Yanto Motor, Jl. Kejaksaan no.5 Pondok Bambu, Jaktim 021-8604505. Ownernya sekaligus tukang utak atik mesin namanya pak Yanto.

  29. 88 abhanx
    27 Juli 2010 pukul 7:50 am

    Salam kenal boss
    Maw tanya..
    Ane pemakai black greco 95, kalo mesin digeber sampe rpm agak tinggi (4000) trus gas dilepas total ada suara seperti “trrrrrrrr” dari bagan mesin, kira2 apanya ya gan??
    truzz timing pengapian buat greco berapa ya, kebetulan sya suka utak atik sendiri, sya setel pake timing light di 11-12
    Mohon masukannya boz…
    Thanks

    • 27 Juli 2010 pukul 8:07 am

      Wah saya malah salut ama bapak yang bisa utak atik sendiri. Agak sulit melacak asal bunyi tsb. Coba dicek pulley, belt yg mungkin pemasangannya kurang pas, engine mounting yg sdh mulai getas, baut2 mungkin ada yg kendor dsb.

      • 90 abhanx
        27 Juli 2010 pukul 8:32 am

        Itu semua sudah saya check bozz….suaranya sepertinya dari dalam cyl head, untuk “valve coin” nya juga sudah saya check, semua tingkat keausannya masih dalam batas
        Untuk Engine mounting sudah baru semua, puley dll sudah OK
        sejauh ini saya masih tenang karena kondisi performa & pembakaran masih OK (dilihat dari busi & knalpot). Untuk lari juga saya masih merasa puas, pernah saya geber habis sampai 205 km/jam di jagorawi & tol kanci.
        Oh ya sori bozz nanya lagi..kalau mesin dapat beban kayak lampu or etc kok bunyi ada mendesis ya, curiga saya kalau tidak alternator mungkin power steeering soalnya kalau lampu hazard yang menyala bunyi mendesisnya seiring kedipan lampu, mungkin pernah punya pengalaman seperti ini bozz, mahon masukannya…

        Thanks B4

      • 28 Juli 2010 pukul 12:31 am

        Bisa jadi alternatornya, kalo power steering saya rasa tidak. Kalo saya pernah punya pengalaman lampu sein berkedip cepat & lampu utama meredup kedip2 mengikuti irama lampu sein, pas dicek ternyata flashernya udah waktunya ganti.

      • 92 abhanx
        28 Juli 2010 pukul 3:02 am

        Wah Thanks banget infonya bozz…nanti sy coba check alternatornya, mungkin bearing kali ya, untuk pengalaman bozz lampu utama ikut berkedip seiring lampu sein saya juga pernah repair punya teman, di flashernya ada yang short karena metalnya sudah agak aus kemakan usia & karena massa nya satu jadi ikut berkedip, dibersihkan & metal flashernya di setting lagi sudah OK, memang paling joss kalo diganti
        Senang sekali bisa berbagi bozz…kalau ada info boleh kita sharing2 lagi bozz

        Thanks
        Salam Grecoholic

      • 28 Juli 2010 pukul 3:38 am

        Sama2, terima kasih jg, saya senang berdiskusi, pengetahuan otomotif saya masih belum seberapa. Dengan adanya sharing bagi2 pengalaman akan menambah wawasan kita.

  30. 94 yanto
    28 Juli 2010 pukul 6:42 am

    saya punya greco ’95,kalo pas jalan skitaran 80 km/jam ada suara ‘nguuungg’ gitu,tapi kalo skitar 60-70 km/jam suaranya tu ilang,dulu awalnya muncul di 100 km/jam tapi lama2 80 km/jam udah bunyi,kira2 knapa yaa?

    • 28 Juli 2010 pukul 8:26 am

      Bunyi yg muncul pd kecepatan tinggi trus kemudian hilang pd kecepatan rendah kemungkinan besar berasal dari ban ato bisa juga angin yg masuk celah2 pintu karena karet2 pintu sdh sobek /getas. Coba ban di-balancing karena dengan balancing perputaran roda akan menjadi seimbang / balance.

      • 96 yanto
        28 Juli 2010 pukul 9:03 am

        tapi itu suara munculnya dari daerah skitar dalem dashboard yg mnuju kearah mesin,apa masih sama juga buat checkingnya?

        satu lagi dong,hehehe,..
        gini,pas gas dibejek dalem,gigi 2 sampe seterusnya,apalagi kalo mau nyalip,dari mesin muncul suara klitik-klitik,apa ini yg disebut ngelitik gara2 mobilnya masih mnum premium?

        makasii sebelumnya buat penjelasannya…. :)

      • 28 Juli 2010 pukul 1:35 pm

        Kalo begitu coba di cek firewall alias dinding pembatas antara ruang kabin dgn kompartemen mesin. Mungkin ada celah / lubang karena karat sehingga angin masuk ke dalam.
        Gejala ngelitik banyak penyebabnya mulai dari busi yg sdh kurang bagus, pengapian kurang tepat, throttle body/injector kotor dsb. Coba di tune up. Greco masih bs minum Premium koq.

  31. 98 gsx250
    28 Juli 2010 pukul 2:10 pm

    mmm… jadi inget masa kuliah… Full speed deh mobil ini and gak uzur ditingal waktu bentuknya..

  32. 99 jimmy
    30 Juli 2010 pukul 6:36 am

    Salam,

    Saya memiliki Great’ 93. Berapa RPM yang ideal bila kondisi mesin mobil dalam keadaan idle (tanpa menyalakan AC)? Untuk mobil saya itu, apakah oli mesin dgn spek SAE 10-40 membuat suara mesin menjadi agak kasar?

    Thanks

    • 30 Juli 2010 pukul 8:11 am

      Sekitar 1000 RPM. Jgn terlalu rendah takutnya ntar pompa oli kurang bekerja maksimal melumasi komponen mesin. Pake SAE 10-40 bisa koq.

      • 101 jimmy
        30 Juli 2010 pukul 8:29 am

        Baik, ntar saya stel ulang ke sekitar RPM 1000, soalnya sekarang hanya di sekitar 800 (AC mati) dan naik menjadi 900 (AC menyala).

        Thanks atas infonya.

  33. 102 wandi atm
    31 Juli 2010 pukul 5:39 pm

    Mau nanya ni gan,
    waktu mo start di gigi 1 dan 2 kadang tenaga hilang sesaat,gigi 3 keatas oke, coba tune up,ganti busi ttp tetep aja,plat kopling blm lama ganti
    mohon pencerahannya gan. thnks

    • 1 Agustus 2010 pukul 2:51 pm

      Ketika melakukan tune up apakah filter bensin jg dibersihkan ??? ketika pada gigi 1 & 2 umumnya mobil dlm keadaan berakselerasi misalnya selepas lampu merah. Pd kondisi akselerasi butuh suplai bahan bakar yg bnyk. Nah kemungkinan suplainya terganggu yg mungkin disebabkan filter bensinnya agak mampet.

  34. 104 boy
    3 Agustus 2010 pukul 12:20 pm

    mau nanya nih bos,saya punya greco 92 kalo baru nyalain kontak(mesin blm hidup) keluar bunyi rrrrrr kira2 apanya tuh bos?trus kalo nyalain ac rpm langsung drop kira2 knp ya?

    • 3 Agustus 2010 pukul 1:51 pm

      Kemungkinan dinamo starternya. Kalo nyalain AC rpm drop kemungkinan idle speed controlnya kotor. Biasanya kalo kendaraan di tune up bagian ini jarang disentuh. Bawa ke bengkel utk ngecek kondisi idle speed control.

      • 10 Oktober 2012 pukul 12:23 pm

        idle speed control klu bahasa bengkel indonesia nya apaan ya??? saya punya greco 92, jarum speedo sama angkanya mati, amper minyak jg mati, yg lain ok, kira2 apa salahnya ya???? trims…

  35. 107 yanz
    5 Agustus 2010 pukul 10:05 am

    bro,tnya lgi donk,…

    gini,greco saya ’95,ada yang aneh klo pas ngerem,misal didepan ada lampu merah otomatis kan dari jauh saya udah ngurangi gigi smbari nginjek rem,nah saat rem diinjek ada suara ‘ngeekk..ngeekk,kreekk..kreekk dari sektor 4 rodanya & remnya serasa gigit-lepas gitu,kira2 knapa ya bro?
    mohon pencerahannya,soalna mgkin lebaran besok mw dpake ke jakarta & seandainya bneran rusak msii ada wktu buat memperbaikinya..

  36. 10 Agustus 2010 pukul 2:14 am

    mhon ptunjuknya bos, sya pnya greco ’92, mnrut keterangan di atas, greco 92-93 mmiliki tombol utk melipat spion dari dalam, tpi pnya sya tombol itu gak ada, apakah memang ada type yg gak pnya prangkat tsb atau gmana ? mhon ptunjuknya bos….thanks sblumnya.

  37. 114 suradji
    10 Agustus 2010 pukul 4:04 am

    saya pemakai greco thn 93 dan saya punya masalah spido meter saya ngak kerja setelah ganti kampas kopling dan mataharinya..dan sudah saya ganti baru sensor spido meternya tapi tetap ngak kerja juga.saya jadi binggung mana yg harus dibaiki atau yg diganti..satu lagi saya punya masalah sok belakang kiri kalau dibawa jalan pelan maupun laju sering terdengar bunyi jedak2 sdh saya check shocknya ngak ada masalah..apa memang smua greco begitu kalau dibawa jalan.thanks yaa boss.

  38. 117 Denny
    10 Agustus 2010 pukul 3:52 pm

    mohon pentunjuk bos,

    saya punya greco tahun 94 permasalahannya speedometer kadang jalan kadang gak, untuk sensor speedometernya masih bagus ada yang bilang di kapasitornya atau ada yang lain?
    trus mana yang normal jika AC di idupin rpm turun ato sebaliknya? soalnya mobil saya kalo acnya diidupin rpm turun sekitar 100, mohon pencerahannya bos?

    thanks.

    • 11 Agustus 2010 pukul 3:16 am

      Utk ahli speedometer coba hubungi Asia Jaya Motor, Jl. Raya Pondok Gede no.24 Jakarta Timur tlp 021-8487623 u.p. Wira Santosa.
      AC nyala RPM turun, turun 100 masih normal koq soalnya ketika AC nyala sebagian tenaga mesin tersedot. Kalo turunnya drastis/anjlok berarti ada masalah di idle up.

  39. 119 suradji
    11 Agustus 2010 pukul 1:56 am

    untuk speed sensor ECUnya nyala di spidometer dan cable saya ukur smua normal dengan greco temen saya begitu juga sensor nya saya ukur normal..oh ya boss ada jual spedo meter eks singapore yg msh ok..klau ada berapa harganya and ongkos kirim ke balikpapan..hub ke 08125410043 ini saya masih dilokasi.

  40. 121 boy
    11 Agustus 2010 pukul 3:16 am

    speedometer saya jg mati untuk penunjukan RPMnya…mohon pencerahannya

  41. 122 suradji
    11 Agustus 2010 pukul 4:45 am

    boss saya punya rencana pasang sunroof mobil greco thn 93 ada gak info harga sunroof yg baru dengan eks singapore yg masih ok.

    • 11 Agustus 2010 pukul 7:32 am

      Dulu temen ada yg beli sih, sunroof webasto hollandia, hrgnya kalo gak salah 5 juta-an blom termasuk pasang. Utk masangnya kudu cari bengkel yg bener2 ahli, kalo gak gitu ntar kalo pas ujan kabin bisa banjir karena air nyelip disela2 sunroof.

  42. 124 ali
    13 Agustus 2010 pukul 8:26 am

    Sy punya greco’92 pengen ganti lampu depan & belakang yg model baru ada gak bos, belinya yg murah dimana ya? Thx

    • 13 Agustus 2010 pukul 2:41 pm

      Kalo tinggal di Jabodetabek, coba mampir ke ITC Fatmawati. Disana ada bbrp toko yg jual.

      • 19 Juli 2011 pukul 9:54 am

        bos mohon bantuanya saya punya Greco th 94,klo beli lampu depan sama belakang di mana ya?aku tinggal di mojokerto klo blh tau di surabaya ada nggak ya bos…kira2 di toko apa? trus juga mau nanyak neh…klo fen blower untuk ac itu mati, tp ac tetap dingin seumpamanya di biarin aja fen blowernya kira apa resikonya?terimakasih sebelumya…

  43. 127 Fevry
    17 Agustus 2010 pukul 2:58 am

    Say punya Greco matic thn 1995….Mau nanya bro….apakah suara mesin ada ciri khasnya bila AC dihidupin? Karena anak saya sering tertipu dengan suara tsb. Bila ada greco lewat depan rumah anak sy yg cewek bilang papa pulang.Setelah keluar ternyata mblnya sama tp bukan saya.Hal itu sering terjadi. FYI se perumahan ada 5 yg punya GRECO…..Bagaimana agar suara tsb hilang?? Apa yg harus di ganti or service? Sblmnya matur nuwun advisnya…..

  44. 131 eri
    18 Agustus 2010 pukul 4:21 am

    bos, ak pakai greco th.95, cuma kalau buat kenceng kadang mesin ngiklik. gimana solusinya? thanks.

    • 18 Agustus 2010 pukul 6:39 am

      Kalo mesin ngelitik, coba ditune up.

      • 22 Agustus 2012 pukul 7:55 am

        Salam kenal sebelumnya Om Mitra,
        Saya pakai Greco 93, mesin ngelitik saat dihidupkan pertama kali di pagi hari.. setelah kira2 1 menit suara ngelitik hilang… utk start berikutx sampai sore tidak ada ngelitik.. (hanya setiap start pertama dipagi hari), olie mesin pakai top1 zenzation 10w-40 API SM 4 liter..
        mohon pencerahan, terima kasih..

      • 24 Agustus 2012 pukul 5:33 pm

        Itu bukan suara ngelitik,tapi suara klep.Melihat oli yang dipake tergolong oli encer SAE 10W-40 jadi bunyi berisik itu hal yang wajar. Tipikal oli encer memang seperti itu. Awalnya memang berisik tapi lama kelamaan akan hilang.

      • 25 Agustus 2012 pukul 6:45 am

        suara klep yg dimaksud kalo dibiarkan apakah akan menimbulkan kerusakan pd jangka panjang Om..?
        apakah ada trik utk penangananx, perlu ganti olie ke yg lebih kental (20w-50) misalnya..?
        punya merk n type olie mesin n olie transmisi yg direkomendasikan buat greco om..?

      • 31 Agustus 2012 pukul 6:53 pm

        Dulu pernah saya tanyakan hal ini ke bengkel resmi jawabannya tidak apa2.Tidak perlu ganti ke oli yang lebih kental 20W-50 karena oli yang lebih kental justru biqin oli susah masuk ke celah2 part mesin yang ukurannya kecil.
        Oli mesin bisa pakai merek Shell,Castrol,Total,Pertamina.Sedangkan oli transmisi pake merek Toyota saja.

      • 137 ZULKIFLI
        3 September 2012 pukul 10:01 am

        terima kasih sekali atas pencerahannya Om..
        dari list olie yg om tulis, merk top1 tidak termasuk ya..? hehehe
        memang tidak rekomen utk top1 kah..?
        adakah pengaruh pemakaian API Service yg tinggi, SM misalnya terhadap mesin2 lama seperti greco, terkait masalah tingkat kompresi mesinx om..?

      • 7 September 2012 pukul 7:53 pm

        Merek Top1 lumayan bagus koq pak :) Pemakaian API Service tinggi seperti SM tidak ada pengaruhnya terhadap mobil2 lama.API Service makin tinggi karena tuntutan mesin2 sekarang yang lebih modern.Penggunaan oli API Service SM tidak ada masalah pak :)

      • 139 ZULKIFLI
        10 September 2012 pukul 3:49 pm

        sip Om Mitra, sudah tercerahkan dan tidak was2 lagi dengan keluhan yg ada..
        semoga om tidak bosan untuk menjawab pertanyaan2 kami..
        terima kasih..

  45. 141 yopti
    18 Agustus 2010 pukul 5:39 am

    sejak saya beli dua tahun lalu, greco keluaran 1995 saya, udah dua kali ganti shockbreaker depan dan belakang. mulai dari merek kayaba, sampe yang kata orang yang jualnya merek toyota yang dijual secara tidak resmi. masalahnya hasilnya tidak memuaskan. selalau saja suspensi bagian belakang mobil ga nyaman. greco saya pake velg 16, dalam beberapa bulan terakhir kalau bagian belakang mobil dimuatin penuh selalu bannya ngegasruk bodi mobil. kondisi ini terjadi karena per nya yang lemah atau shock nya yang sudak jelek. terus kalau mau belik per and shcok yang ori totoya tapi murah dimana ?

  46. 142 yopti
    18 Agustus 2010 pukul 5:40 am

    sejak saya beli dua tahun lalu, greco keluaran 1995 saya, udah dua kali ganti shockbreaker depan dan belakang. mulai dari merek kayaba, sampe yang kata orang yang jualnya merek toyota yang dijual secara tidak resmi. masalahnya hasilnya tidak memuaskan. selalau saja suspensi bagian belakang mobil ga nyaman. greco saya pake velg 16, dalam beberapa bulan terakhir kalau bagian belakang mobil dimuatin penuh selalu bannya ngegasruk bodi mobil. kondisi ini terjadi karena per nya yang lemah atau shock nya yang sudak jelek. terus kalau mau belik per and shcok yang ori toyota tapi murah dimana ?

    • 18 Agustus 2010 pukul 6:45 am

      Pemakaian velg besar trus kendaraan dimuatin penuh kemungkinan besar ban akan ngegasruk bibir spakbor.Solusinya agar ban tidak ngegasruk yaitu dgn melipat bibir spakbor. Utk shockbreaker coba pake merek Bilstein sedangkan per bisa pake aftermarket seperti merek Tein, H&R dsb.

  47. 144 Haryadi
    19 Agustus 2010 pukul 3:12 am

    RPM Great saya ngak mau jalan padahal sudah dicek dibengkel pakai komputer ternyata tidak ada masalah dengan sensornya. mohon pencerahannya terima kasih.

    • 19 Agustus 2010 pukul 3:28 am

      Kalo tdk ada masalah dgn sensor berarti ada kerusakan mekanisme gigi RPM, mau gak mau kudu bongkar speedometer.

      • 25 Juni 2011 pukul 6:43 pm

        tachometer / RPM great saya tidak mau naik sesuai putaran mesin, jadi kalo digas bisa naik tapi tidak sesuai, kalo mesin nyala idle malah mendekati nol, katanya habis ganti delco/distributor atau koil se-set jadi sensornya tidak sesuai, bisa tidak diganti sensornya saja… kira brp yah?

  48. 147 eri
    19 Agustus 2010 pukul 3:25 am

    Boss, minta info bengkel spesialis great corolla dimana ya? ama toko yg jual cil delco tengah, soalnya dah pusing nih nyari di jogja ndak ada. thanks.

  49. 149 banu
    19 Agustus 2010 pukul 11:07 am

    bang klo boleh tw .. jual kaca blakang yg asli dmana dan brapa harganya… makasi

  50. 151 giri
    19 Agustus 2010 pukul 6:50 pm

    bos , saya punya greco th 1992…jalnnya nyendat nyendat( batuk batuk) pada saat jalan pelan, tp kalo kondisi cepat gak ada masalah. rpm nya juga tinggi…hbs di tuneup jg sama aj. katanya suruh ganti trotolbody…itu bener gak? minta solusinya dong

    • 20 Agustus 2010 pukul 12:55 am

      Gak bener tuh ganti throtle body. Ada beberapa kemungkinan :
      1. Timing pengapian blom pas.
      2. Ada masalah di pengapian coba cek koil, busi & kabel busi.
      3. Busi basah karena seal busi terkena oli.

      • 153 giri
        20 Agustus 2010 pukul 8:57 am

        sudah bos, udah ganti busi segala tapi tetep gitu soalnya rpmnya tinggi…biar bisa normal(posisi idle) suruh beli trotolbody itu. dah dicek ke nasmco jg katanya suruh ganti itu….. tp kk mahal bgt, masih bimbang ni, iya kalo itunya kalo gak kan dah keluar uang 7jtan

  51. 154 banu
    20 Agustus 2010 pukul 1:10 pm

    bos…sy punya greco 93.. ban depan kiri kanan agak cenerung kebelakang, trus klo parkir kliatan kurang sip, da sy sporing juga ga dapet,, kira2 apanya yg perlu diganti bos,, makasih

  52. 22 Agustus 2010 pukul 4:34 am

    bro,nanya lagi dong,gini greco’95 saya lampu blakangnya berembun/ada airnya,gmana yaa cara ngilangin embunnya itu?trus gmana cara buka mika lampunya itu?makasih sblumnya…

  53. 158 herni
    24 Agustus 2010 pukul 3:43 am

    Masalah kipas raditor
    Greco 95 kemarin saya korok radiatornya, dan dicek saat suhu setengah baru kipas raditaor berputar, tapi kipas AC saat ac dihidupkan mati. kemudian saya bawa ke bengkel ac, saat diperbaiki giliran kipas ac jalan, tapi sampai setengah suhunya kipas radiator tidak jalan. kemudian sama tukang ac diperbaiki saat kontak dihidupkan kipas raditor dibuat jalan. Kira-kira ini berbahaya tidak ya karena suhunya bahkan dibawah seperempat baru kemudian setelah jarak jauh baru setengah padahal sebelumnya 5 menit suhu sudah setengah. apakah tidak membahayakan mesin?bagaimana konsumsi bbmnya.
    terima kasih sebelumnya atas jawabannya.

    • 24 Agustus 2010 pukul 5:03 am

      Yg dilakukan oleh mekanik itu istilahnya di by pass. Jadi begitu kontak ON kipas langsung nyala. Cara ini tidak membahayakan mesin hanya saja mesin butuh waktu lama untuk mencapai suhu optimal karena begitu mesin distarter kipas langsung nyala. Selain itu konsumsi BBM jg agak boros karena suhu mesin yg belum optimal membuat sensor akan memerintahkan ECU utk mensuplai bensin lebih banyak.

  54. 162 Khurniawan
    24 Agustus 2010 pukul 8:33 am

    Dear mas suhu Greco,

    Mau nanya, busi yang bagus & coco utk greco supaya pengapian lebih bagus apa ya..?
    Dan klau kita pasang busi racing, kira2x ada efek sampingnya buat Greco ga..?

    Mohon advice nya..

    Terimakasih
    Khurniawan

    • 24 Agustus 2010 pukul 2:06 pm

      Waduh dipanggil suhu :) ….saya masih tahap belajar, pengetahuan jg masih minim. Oke deh, langsung ke topik. Busi yg bagus pake tipe Iridium. Pemakaian busi racing utk pemakaian sehari2 gak terlalu ngefek, malahan cenderung mubazir. Itu pengalaman saya.

  55. 164 odoy63
    25 Agustus 2010 pukul 6:33 am

    bos ic spedometer saya mati kira2 harga nya brp ya ????
    harga kaki2 buat greet 1992 brpan om ???
    thank’s

  56. 28 Agustus 2010 pukul 4:22 pm

    Om tanya ya saya masih awam dengan matic…kalo greco matic th 92 ada kelemahannya gak? Gimana caranya mengetes mobil matic yg benar?.Untuk biaya perawatan lebih mahal mana matic ato manual? Thank’s.

    • 29 Agustus 2010 pukul 8:16 am

      Mobil di test drive utk mengetahui kondisi matik. Kalo perpindahan gigi matik ada yg bunyi menyentak / kasar bisa dipastikan ada masalah di girboks matik. Selain itu jika mobil dijalankan tetapi terasa berat ato butuh RPM tinggi kemungkinan kampas kopling sdh tipis.Biaya perawatan lebih mahal matik.

  57. 29 Agustus 2010 pukul 4:28 pm

    gan..power setering sy bunyi kletek-kletek, itu apanya ya..

  58. 170 Nugroho
    30 Agustus 2010 pukul 9:44 am

    Bos klo harga Filter Bensin dan Engine Mounting buat Greco 1996 (Awal) berapa ya, klo di Semarang cari dimana ?

  59. 172 fahmy
    30 Agustus 2010 pukul 6:11 pm

    mas mau tanya ya saya punya mobil great ..dan saya mau cari pelek kaleng yg ring16…afa yg jual ga ya?dan dimana bisa dapetnya…
    kata orang2 pelek kaleng subaru sama ya pcdnya sama great ?
    terimakasih

  60. 173 Puguh Jati Tri
    8 September 2010 pukul 6:20 am

    Salam kenal bos…saya baru dapet great th 1995, permasalahannya kisi2 AC tuh banyak yg udah rusak, kalo mau beli kisi2nya aja bisa gak ya? trus kalo mesin dihidupkan tuh ada bunyi kayak jangkrik tapi ga terlalu kencang, kira2 tuh apanya yang perlu di cek bos? Thx…PUGUH AREK JEMBER

    • 29 September 2010 pukul 7:25 am

      Beli kisi2 AC agak susah pak kecuali mencari komponen limbah eks singapore misalnya. Untuk daerah Jember, saya kurang tahu. Mungkin anda bisa sambangi kota Surabaya. Suara jangkrik / berdecit biasanya beltnya sudah berumur / getas. Coba di cek belt2nya.

  61. 175 boy
    11 September 2010 pukul 6:37 am

    mas saya mau nanya..greco 92 saya mesinnya ga responsif kalo digas seperti kosong mesinnya ga narik, udah ditune up tapi ga ada perubahan…apalagi kalo pake ac mesin tambah berat. kira2 kenapa ya mas????

  62. 177 Bambang
    13 September 2010 pukul 3:12 am

    Grecoku tahun 93, rencana mau ganti lampu belakang model 95. Apakah benar katanya kalau ganti pake lampu 95 yang nggak asli alias KW buatan Taiwan itu tidak pas atau tidak rata dengan mody alias lampu agak nongol sedikit… Mohon pencerahannya ada yang pernah pengalaman pake.. Trims.

  63. 179 radji
    13 September 2010 pukul 6:17 am

    Boss spedometer greco saya rusak gak kerja semuanya…sudah saya gannti sensor spedometernya tetap juga gak kerja.kira2 dimana yang jual spedometer greco thn 93 cabutan eks singapore..yang masih bagus dan saya perlu banget spedometernya..klau ada info hub.email saya radji909@yahoo.com.

    thanks

    radji

  64. 14 September 2010 pukul 12:23 pm

    Bos..Salam Kenal ya..

    Mau Nanya ngerepotin nih…
    Gresco tahun 1994… yang lain saya rasakan mobil lancar2 saja, Ada satu ganjalan yang perlu jawaban nih

    waktu mudik disebuah tanjakan CUKUP TAJAM Rem tangan saya gunakan pas mau jalan rem tangan saya buka seperti biasa, kopling saya injak dan buka perlahan setelah perseneling masuk satu namun gas saya injek tapi gas tersebut gak mau naik dan gak mau maju…sampai ahirnya mati mendadak, setelah mati saya hiduPkan lagi dan jalan seperti biasa Yang jadi pertanyaan kenapa Gas Mobil hilang sesaat serta tenaga hilang sesaat ? apakah kampas Koopling terganggu atau ada peneyebab lain Bos?
    Mohon penjelasan, makasih

    Salam KUKUN BANDUNG

    • 18 September 2010 pukul 2:14 pm

      Ada gejala selip kopling pak. Kemungkinan kampas kopling sudah tipis. Ketika jalanan menanjak apalagi stop & go, mesin bekerja lebih keras. Nah ketika mesin bekerja keras, kampas kopling tdk dpt menyalurkan tenaga ke roda dgn sempurna sehingga timbul gejala seperti mobil gak mau bergerak.

  65. 183 Khurniawan
    21 September 2010 pukul 7:46 am

    halo mas…

    tanya nih, Greco saya th 94, saya rasa koq konsumsi bensin agak boros ; dalam kota 1;7, luar kota 1;8, nah saya pernah dapat saran dari teman, kalau system injection nya bisa di kalibrasi atau di bersihkan.
    Mohon masukkannya ya….

    Maturnuwun
    Khurniawan – Yogya

  66. 188 surya ramadhan
    21 September 2010 pukul 6:57 pm

    salam kenal bro,,
    mau tanya nih,,saya punya greco 92,beberapa waktu lalu saya mengalami masalah yakni RPM tak sebanding dengan suara mesin,,setelah saya bawa ke bengkel ternyata ada kerusakan pada kumparan sensor yg berhubungan ama rpm kata begkelnya(saya lupa nama bagiannya),tapi gpp kata bengkelnya(mo ganti harganya lumayan mahal,katanya d atas 2jt),cuma waktu rpm kira2 2000 itu cuma tertunjuk 1500,,
    saya mo tanya bro,,itu apa berpengaruh pada ECU mobil(apa bisa mempengaruhi sistem kerjanya),kalo ya efeknya apa??
    apa itu harus d ganti aja y??

    • 22 September 2010 pukul 12:28 am

      Apakah lampu check engine menyala berkedip ??? jika tidak, saya rasa tidak ada pengaruh ke ECU. Pada umumnya jika ada trouble ato sensor2 yg berhubungan dgn mesin, indikator ECU akan berkedip dgn kode2 tertentu. Jadi hanya petunjuk RPM-nya saja yg tdk akurat.

  67. 191 ade risky
    22 September 2010 pukul 2:37 am

    ass, Bos kalo engine mounting punya great corola tahun 92 yg samping kanan mesin brapa ya harganya? Tolong dong infonya trimakasih

  68. 194 donee
    24 September 2010 pukul 1:05 pm

    boss, aku punya Greco 92-93, aku sayang banget sama tu mobil
    tapi aku paling gak tahan dengan problem dgn masalah kaki2,engine mounting, en temperatur yang udh g stabil lagi.
    rencana nich . mau ganti engine ex singapur tapi kalau ada saran musti gmn..ganti mesin apa mereparasi mesin asli….
    Greco bakalan jadi legenda automotif nyusul saudara tua nya corolla DX

    • 24 September 2010 pukul 2:24 pm

      Ganti mesin eks Singapore tentunya membutuhkan dana yg besar. Disamping itu mesin limbah belum tentu kondisinya bagus. Kalo dpt mesin yg bagus sih gak masalah, kalo dpt yg jelek gmn ??? tentunya pengeluaran akan bertambah banyak. Menurut saya sih mendingan pake mesin asli, kalo ada masalah tinggal di bawa ke bengkel. Pilihlah bengkel yg rekomended. Apalagi andai Greco jd legenda otomotif layaknya DX, akan lebih mantafff lagi kalo masih mengusung mesin aslinya, betul gak :)

  69. 196 nanang
    26 September 2010 pukul 12:09 pm

    boz numpah nanya as tarikan depan patah,,
    kmaren udh d las tp g kuat,kl beli harganya brapa ya???

  70. 198 arfis lindra
    29 September 2010 pukul 1:20 am

    Mau nanya bos, saya punya greco th 1993 speddo dan rpm kagak aktif/tdk jalan kira2 apa masalahnya dan bagaimana mengatasinya.posisi saya di pekanbaru riau,tks

  71. 201 Islach
    29 September 2010 pukul 2:26 am

    Boss, numpang ikutan tanya ya.
    Saya baru beli New Corolla SEG 1.6 Tahun 1997. Yg ingin sy tanyakan :
    1. Olie mesin apa yg paling pas?
    2. Ditutup bensin ada tulisan pakailah premix, apakah harus pakai premix krn denger2 premix kurang bagus & cepet ngerusak knalpot. Pemilik yg lama biasanya pake premium?
    3. Utk ganti ke pertamax atau premium apa ada yang harus disetting?
    Terima kasih atas jawabannya.

    • 29 September 2010 pukul 2:48 am

      1. Pasnya pake SAE 10/40, untuk mereknya terserah bapak, asalkan jgn sampe oli palsu, belilah oli di bengkel/toko ternama di kota anda.
      2. Bisa saja koq pake Premium tapi lebih enak lagi kalo pake Pertamax. Meski harganya mahal tapi mesin lebih ngacir, jeroan mesin lebih bersih karena minim kerak (pembakaran sempurna) & lebih irit. Utk masalah knalpot cepet rusak karena pemakaian Pertamax itu kurang tepat. Faktor awet tidaknya knalpot tergantung dari kualitas bahan, sering tidaknya mobil melewati banjir dsb.
      3. Tidak perlu.

  72. 203 Budi
    29 September 2010 pukul 3:23 am

    Saya pakai Greco th. 1994, baru saja masuk bengkel. Dibengkel dilakukan Diagnose / Scanner hasilnya Sensor RPM dan Intake Sensor Air Pump yang rusak. Kira – Kira bisa dapat barang itu dmn yaa dan harganya kira2 berapa, mohon info thanks yaa

  73. 205 Budi
    29 September 2010 pukul 4:13 am

    Saya pakai Greco th. 1994, baru saja masuk bengkel. Dibengkel dilakukan Diagnose / Scanner hasilnya Sensor RPM dan Intake Sensor Air Pump yang rusak. Rpm nya kadang tinggi kadang rendah tidak stabil dan juga boros bensin. Kira – Kira bisa dapat barang itu dmn yaa dan harganya kira2 berapa, mohon info thanks yaa

  74. 206 tony
    3 Oktober 2010 pukul 4:16 pm

    Saya Anthony, pemilik Great Corolla ’95, 2nd belinya.

    Mohon bantu pertanyaan saya sbb:
    – roda belakang, bunyi dengung saat kecepatan sedang. Masalahnya dari ban? atau laher-2nya?
    – saat melaju di jalan tidak rata/rusak dr roda depan kanan, bunyinya spt ‘gerobak kena lobang’
    – panel/kisi-kisi untuk angin ac cari copotannya di Jaya Motor? daerah bintaro dan sekitarnya ada info ngk? Range harga copotan berapaan?
    – Berapa hrg shockbreaker ori, bearing, tierod & end tie rod dan supportnya?
    – Biaya tuneup di AUTO 2000 range berapa harganya ya u/ GRECO gw?

    Mohon advisenya…
    Ps: sy tinggal di daerah bintaro.

    Many thank’s bro!

    • 4 Oktober 2010 pukul 12:52 am

      1. Apakah sdh balancing ban ??? dgn balancing ban qta bisa mengetahui kondisi ban secara keseluruhan seperti permukaan ban (bergelombang ato tdk). Ban yg bergelombang karena umur bisa menyebabkan bunyi dengung.
      2. Coba cek kaki2nya. Shockbreaker yg sdh berumur jg akan menimbulkan suara berisik ketika lewat jln rusak.
      3. Utk harga sparepart saya kurang tahu pak.
      4. Tune up di Auto2000 persisnya saya kurang tahu pak. Sekitar 200rb-an deh. Itu baru jasanya aja, belom termasuk spare part.

  75. 208 eri
    5 Oktober 2010 pukul 5:55 am

    nanya nich Bos, untk roda depan kalau tak rem pelan (1/2 rem) di lampu merah kok bunyi krek2, tp pas jln gak bunyi kira2 apanya Bos??

  76. 6 Oktober 2010 pukul 9:26 am

    Bos, saya cari bemper great corolla belakang, ada yang jual dan berapa harga boz. TQ

  77. 212 nono
    7 Oktober 2010 pukul 3:49 am

    haloo…ikut konsul donng,,ane punya all new corola 96…baru aja ganti engine mounting tp gak ori….akhir2 ini knp stir kemudi kok terasa getar pd waktu idle,tp bila jalan maupun kecepatan tinggi tdk terasa…ap ya penyebabnya! thankssss

  78. 214 danny
    7 Oktober 2010 pukul 9:20 am

    salam kenal bos,
    saya danny
    saya mau tanya mengenai bbrp problem pada greco saya lansiran 1992 1.300 SE :
    1. Lampu hazzard, Pada saat pintu dibuka kondisi mesin hidup lampu hazzard akan menyala kedip – kedip, masalahnya adalah saat pintu dibuka kondisi mesin hidup suara kedip – kedip lampu hazzard ada tapi lampu hazzard tidak menyala, kira – kira masalahnya dimana ya bos
    2. Mobil keluar asap putih, terutama pada saat kondisi mesin panas, kira – kira apa saja yg harus diperbaiki dan berapa biayanya ?
    3. tenaga pada saat menanjak dan jalan pelan terasa berat sampai harus menggunakan gigi 1, tapi kalau sudah jalan kencang sebelum menanjak cukup dengan 3 tiga, apakah ada masalah pada plat kopling?
    4. Fungsi engine break sudah berkurang, indikasinya pada saat turunan posisi gigi 3 mobil tetap melaju, tapi bila dengan gigi 2 agak befungsi engine breaknya, kira – kira masalahnya apa ya ?
    5. fungsi AC tidak optimal, terutama pada saat siang hari dan kondisi jalan macet. masalahnya apa ya bos & berapa perkiraan biaya perbaikannya ?
    6. Fungsi Stir, pada saat mobil mau belok kekanan/kekiri dgn kecepatan 50 – 70km/jam, stir terasa kosong bbrp saat sebelum mobil belok (putar stir lebih banyak, seharusnya cuma 30 – 45 derajat, sekarang bisa sampai 60 – 90 derajat), apakah hanya komstir-nya yg bermasalah atau ada hal lain ? berapa perkiraan biaya perbaikannya ?
    mohon maaf agak banyak nanyanya bos.
    terima kasih sebelumnya
    Wassalam

    • 7 Oktober 2010 pukul 2:45 pm

      1. Utk masalah kelistrikan, saya kurang begitu mengerti.
      2. Keluar asap putih bisa diindikasikan ring piston & piston aus sehingga oli yg terdpt dlm mesin ikut terbakar & menimbulkan asap keluar dari knalpot. Utk masalah ini mesin kudu di overhoul.
      3 & 4 Ada indikasi plat kopling sdh mulai tipis. Plat kopling sdh mulai tipis akan terasa jika mobil dijalankan pd saat menanjak, mobil seolah gak ada tenaga. Selain itu dekrup/matahari jg bs jd penyebabnya.
      5. AC tdk dingin ada bbrp penyebab misalnya ada kebocoran pd pipa sehingga freon bocor, evaporator kotor jg bisa menyebabkan AC tdk dingin, dryer mampet dsb.
      6. Mekanisme sistem kemudi sebaiknya dicek. Selain itu jg kondisi kaki2 seperti ball joint, tie rod, long tie rod sebaiknya diperiksa karena komponen2 tsb bekerja ketika kemudi berbelok.
      Saran terakhir bawalah mobil ke bengkel terpercaya & terhandal di kota anda. Utk biaya perbaikan, maaf saya kurang tahu.

      • 216 danny
        8 Oktober 2010 pukul 3:13 am

        terima kasih atas sarannya.
        ternyata lumayan berat juga problemnya ya bos.
        Btw, ada referensi bengkel yang cocok buat greco didaerah kota bekasi?
        Tq

  79. 217 temon
    8 Oktober 2010 pukul 5:51 am

    Salam Bro…

    Maaf numpang tanya mungkin ente bisa ngasih pencerahan bos… Ane punya Greco 92…jadi kalau AC dinyalakan kemudian pengaturan sirkulasi udara AC yang saya pilih hanya ke badan saja tapi koq yang keluar malah semua kisi yaitu ke badan, kaki dan ke kaca…Kira2 yang harus di check dan diservice apanya ya bos…Trus kalau di daerah Bogor kira2 dimana bengkel yang recomended untuk service problem ini ya bos….

    Big Thanks sebelumnya untuk pencerahannya..

    Salam

    • 10 Oktober 2010 pukul 4:46 am

      Hhhmmm…..mungkin penutup kisi2 yg di bagian dlm kurang menutup rapat sehingga AC keluar dari semua kisi meski knop diposisi AC menghembus ke badan. Kalo ini mungkin kudu bongkar dashboard utk ngeceknya. Utk daerah Bogor saya kurang tahu bengkel mana yg rekomen.

  80. 219 indra
    10 Oktober 2010 pukul 7:40 am

    salam kenal,

    saat ini gw pny twincam 1991, rencananya mu dijual trus beli great corolla. ksh saran donk aja yg mesti di perhatikan utk pilih mobil great corolla. byk persamaan gk perawatannya dgn twincam yg gw pny skrg?

  81. 221 ajier
    10 Oktober 2010 pukul 2:18 pm

    saya mau tanya bos mobil saya greco th 94 ketika mobil saya melajuh kecepatan 70km keatas
    ada suara mendengu dibagian roda kiri kira2 apa yg bermasalah bos
    mohon imponya terima kasih..

  82. 223 adi_perak
    11 Oktober 2010 pukul 2:29 am

    Salam kenal,
    saya Adi di Surabaya
    Greco sy keluaran ’92 Black
    1. untuk AC lebih baik pake freon jenis apa ? (R12 atau R124)
    Karena setahu saya tahun ’92, R124 blum ada. Nah semenjak saya beli 3 tahun lalu (2007),freonnya dah make R124 n kalo siang kurang nyes(dingin). Apa karena pemakaian jenis freon yang gak tepat? trus Pemakaian freon yang gak tepat apa juga akan merusak kompresor?
    2. Semua shockbreaker sudah saya ganti baru jenis gas (kayaba), karet dudukan shockbreaker juga sudah ganti. tapi kok kalo lewat jalan paving suara di mesin seperti ada gemuruh/dengung. padahal kalo saya naik mobil lain saat melewati jalan yang sama tidak dengung seperti itu. Penyebabnya apa?
    3. Headlamp sudah saya ganti dengan tipe Variasi Proyektor jenis lampu HB3 dan HB4 Halogen (4 bulan lalu saya beli seharga 1,9jt). Kalo lampunya saya ganti HID, akan merusak headlamp tidak?

    Trimakasih atas pencerahannya Bos.

    • 11 Oktober 2010 pukul 3:14 am

      1. Greco sdh menggunakan freon R134 (bukan R124) yang lebih ramah lingkungan. Pemakaian freon yg kurang tepat dpt merusak sistem AC mobil. Bapak sdh menggunakan jenis freon yang tepat R134. Masalah AC kurang dingin bisa jadi freonnya kurang, ada kebocoran. Kemudian evaporator kotor juga bisa menyebabkan ac kurang dingin. Utk masalah ini kudu diperiksa di bengkel AC.
      2. Utk mendeteksi sumber bunyi termasuk gampang2 susah. Coba dicek tie rod, long tie rod, balljoint kemudian engine mounting. Komponen2 tadi kalo sdh berumur bisa menyebabkan suara berisik.
      3. Tidak akan merusak karena konsumsi daya lampu HID 35 watt, bandingkan dgn lampu halogen biasa yg butuh 55/60 watt.

  83. 225 bento
    11 Oktober 2010 pukul 8:48 am

    saya pake Greco ’92, tuh mobil emang keren dan gue sayang banget, cuma skrang lagi sedikit masalah : mesin tiba2 mati dan indikator engine menyala dan berkedip juga terdengar bunyi crrkkkk di bawah troutle, selama bunyi itu masih ada nggak bakal bisa hidup tuh mesin kalo di start, tapi kalo sudah agak lama begitu kontak bunyi ccrrrrkkk tidak tdengar dan indikator engine nyala tapi tdk bkedip distart lgsg tokcer, tpi nanti tiba2 mati dan bunyi itu muncul lagi, engine bkedip lagi dan nggak bisa start lagi, kira2 masalahnya ada dimana ya bos, mohon solusinya, trims…

    • 12 Oktober 2010 pukul 8:51 am

      Berhubung indikator lampu check engin menyala, ada baiknya di bawa ke bengkel yg memiliki alat scanner. Dgn menggunakan scanner akan ketahuan bagian mana yg rusak.

      • 227 bento
        13 Oktober 2010 pukul 4:29 am

        sebelum lebaran (H-2) kemarin saya sempet ganti filter bensin, trus saya isi full dgn pertamax, saya start alhamdulillah tidak mati2 bahkan indikator engine mati alias lancar/normal, trus saya bawa jalan mudik ke jogja hari itu juga dgn penuh waspada, kalo tiba-tiba mati berarti batal ane mudik, tapi syukur alhamdulillah tidak ada masalah sampai ke jogja bahkan sampai kembali ke jakarta lagi normal aja tidak mati sedikitpun meski macet, habis istirahatpun di start tokcer aja pokoknya normal aja. begitu di jakarta saya lupa isi premium, trus greco ngganggur dirumah seminggu lebih, eh begitu greco mau diajak jalan2 terjadi lagi masalah tersebut. apa perlu kuras tangki?, apa masalahnya memang ada di supply bahan bakar?
        trims atas masukannya bos…..

      • 13 Oktober 2010 pukul 7:50 am

        Ketika kelar mudik setelah menempuh perjalanan cukup jauh, ada baiknya kendaraan di service lagi utk mengembalikan performa kendaraan. Kuras tangki bisa dilakukan mengingat Greco sdh tdk muda lagi. Kualitas BBM yg kurang baik bisa menyebabkan timbulnya endapan/kotoran di dasar tangki. Ketika melakukan kuras tangki, sekalian cek juga kondisi filter bensin & fuel pump.

  84. 229 Nandar
    12 Oktober 2010 pukul 6:45 am

    Bos mau tanya nih apakah ECU Greco tahun 1995 dengan ECu greco tahun 1993 sama, saya ada masalah dengan ECU karena pada saat ac nyala rpm 1000 tapi kalau acnya mati langsung drop jadi 700 apakah masalah di ECU atau AC karena kemarin sempat dibongkar ECUnya katanya ada yang rusak kira2 berapa harga ECU untuk GRECO baru atau bisa diservis

  85. 231 yodi
    14 Oktober 2010 pukul 6:50 am

    salam kenal bos…
    ane mau tanya nech, Greco ane tahun94 ane punya masalah
    1. klo malem embun AC nya keluar jadi pandangan agak terganggu kira2 apanya bos?? atau kaca depannya dah ga original lagi..
    2. greal corrola blakang ane pecah, cari yang secand dimana ya bos?? kira2 harganya berapa?
    3. karpet bagasi ane hilang ane nyari susah banget, adanya dimana ya??
    4. klo mobil posisi berenti strinya digerakin keluar suara kya suara angin kluar, yang rusak apanya bos??
    5. tenaga mobil berkurang kejadiannya setelah ane ganti knalpot, awalnya ane pake knalpot racing setelah kemaren ane ganti knalpot standar tiba2 aja tenaga mobil ane berkurang dratis, apa ada ngaruhnya setelah ganti knalpot ke tenaga mobil??? atau ada kerusakan lainnya…?

    lumayan banyak nech bos masalahnya..
    mohon solusinya bos, thanks. . .

    • 15 Oktober 2010 pukul 12:40 am

      1. Kalo kaca dpn berembun coba setel pengatur suhu AC. Kalo gak mempan bisa jadi kaca dpn yg tdk original.
      2 &3 Di toko2 limbah yg menjual part2 second, kalo di Jakarta bisa mampir ke ITC Fatmawati.
      4. Coba di cek mekanisme power steering. Utk mendeteksi suara memang rada2 susah, kudu diperiksa oleh bengkel yg ahli menanganinya.
      5. Karena terbiasa menggunakan knalpot racing yg tarikannya yahud kemudian balik lagi ke standar maka akan terasa tenaga mobil berkurang. Jadi wajar2 saja koq.

  86. 233 Nandar
    14 Oktober 2010 pukul 7:25 am

    Sudah Bos diganti dengan yang baru nah kebetulan temen mau jual greconya tahun 1995 apakah ECunya sama dengan greco tahun 1993 makasih boss

  87. 235 dwi
    15 Oktober 2010 pukul 1:59 pm

    salam greco,

    mas sy punya greco’93, rpm’y dr 1000 d turunin 800 posisi ac mati, pas ac dinyalain rpm tetep 800 kira2 ada masalah apa ya mas trus apa yg hrs di ganti, kira2 abis berapa ya mas? ada lagi nih mas pas di pake jalan di rpm 20000 di ban belakang ada suara kaya gesekan plat gitu, kira2 apa ya mas? mohon info’y

    teng-Q.

    • 17 Oktober 2010 pukul 12:03 pm

      Ada masalah di idle speed control, coba cek piranti itu. Jika piranti itu tdk bekerja dgn baik maka akan timbul RPM tdk stabil. Ban belakang ada seperti bunyi gesekan plat kemungkinan teromol rem belakang kotor sehingga akan timbul suara seperti berdecit. Bersihkanlah kampas rem belakang.

  88. 237 dwi
    18 Oktober 2010 pukul 5:40 am

    thanks tuk info’y.. tp mo tanya lg nih..

    1. no kode bearing extra ven AC ?
    2. kalo AC di nyalain kipas’y bunyinya kasar, knp ya?
    3. oli yg cocok tuk greco apa? skrg sy pake sheel yg botol kuning, sebelum’y pake fastron.

    matur suwun mas..

    • 18 Oktober 2010 pukul 7:51 am

      1. Gak bisa jawab mas, gak ngerti no kode bearing :)
      2. Coba di cek kipasnya, bisa jadi pemutarnya yg sdh aus dsb. Belt AC jg sebaiknya diperiksa.
      3. Bisa pake SAE 20/50 ato SAE 10/40. Tapi saya lebih cocok ke SAE 10/40. Pake merek apa saja monggo…

  89. 239 Azis Nurjaman
    19 Oktober 2010 pukul 3:06 am

    salam greco

    saya mau tanya mas, greco saya tahun 1992 dan punya masalah

    1. angka speedometer jalan tapi jarum nya ga jalan apanya ya, bisa di service ato harus ganti baru mas trs harganya brp klo ganti baru mas.

    2. klo harga bos sayap dan bos stir berapa ya mas krn greco saya ada bunyi didepan (tie rod stabilizer,long tie rod, ball joint n shock masih bagus mas)

    3. air radiator yg di teng cadangan berkurang klo habis perjalanan jauh kenapa ya mas

    hatur nuhun
    AN

    • 19 Oktober 2010 pukul 3:20 am

      1. Maksudnya odometernya jalan tapi jarumnya tidak. Kemungkinan ada kerusakan di gir buat menggerakkan jarum. Gak harus ganti baru, di service sepertinya bisa koq. Andaikata tdk bisa diservice, pake part limbah saja, harganya lebih miring ketimbang beli baru.
      2. Kalo masalah harga saya kurang tahu pak.
      3. Air radiator berkurang bisa disebabkan karena ada kebocoran dari slang radiator, seal water pump dsb. Kalo mas ngisi air radiatornya pake coolant akan terlihat dimana letak kebocorannya. Selain itu jg periksa oli. Jika warna oli susu kecoklatan ada kemungkinan oli bercampur dgn air. Hal ini terjadi karena ada kebocoran di saluran air di dalam mesin.

  90. 241 Azis Nurjaman
    19 Oktober 2010 pukul 3:08 am

    mangga, saya tunggu mas

  91. 242 yatiman sumarno
    19 Oktober 2010 pukul 7:16 am

    salam greco

    saya mau tanya mas, greco saya tahun 1992 dan punya masalah

    1. setting gas tidak stabil, dalam kondisi tanpa di gas RPM menunjukan 1000, sebelum2 nya bagus tapi saya coba cari2 bengkel belum ada yang cocok. bisa di rekomendasikan saya tinggal di CIKARANG

    2. lampu depan saya mau ganti bisa rekomendasikan toko/bengkelnya nya

    3. bisa rekomendasikan penggantian timming belt

    terima kasih
    yatiman sumarno

    • 20 Oktober 2010 pukul 12:49 am

      1. Utk bengkel daerah Cikarang saya kurang tahu mana yg rekomen. Utk mencari penyebab RPM tdk stabil bisa dimulai dari pengecekan busi, filter bensin, throttle body, pengapian seperti koil hingga idle speed control.
      2. Banyak tempat yg bisa disambangi utk mencari lampu depan baru maupun second seperti Pasar Mobil Kemoran, Atrium Senen hingga ITC Fatmawati.
      3. Utk ganti timing belt sebaiknya ganti juga belt2 yg laen seperti belt AC, belt power steering, tensioner kemudian kuras minyak power steering.

  92. 244 yoga
    19 Oktober 2010 pukul 8:21 am

    saya mau tanya nih sy punya great 94 matic :
    1. Kalo ganti cover jok yg asli, persis bawain baru nya greco dimana ya?…karena jok mobil saya udh diganti sm pemulik lama yang kulit
    2. kalo cari copoton matic nya dimana ya (kalo masuk mundur maticnya nyentak)

  93. 245 yoga
    19 Oktober 2010 pukul 8:32 am

    mau tanya lagi nih, ban standartnya berapa sih?….., punya saya dipakein sm pemilik lama velg altis 195/50 R 15

    • 20 Oktober 2010 pukul 12:54 am

      1. Kalo nyari cover jok yg asli rada2 susah karena termasuk komponen yg jarang diganti. Coba mas mampir ke ITC Fatmawati, disana saya pernah menjumpai toko yg jual limbah jok mobil.
      2. Ricardo Matic, Jl. Raya Kampung Kelapa no. 1 Cikokol, Tangerang tlp 55755708 / 5547672, Wani Matic, Jl. Pinang Griya Permai Ciledug, Tangerang tlp 7310046, Apollonia, Cipinang Cempedak II/1, Jaktim tlp 68095067
      3. Velg greco standarnya ring 14 ban pake 185/60/14

  94. 247 yoga
    20 Oktober 2010 pukul 12:57 am

    Terimakasih nih infonya. Salam

  95. 248 ujang iki
    20 Oktober 2010 pukul 1:32 am

    saya mau tanya nich pak
    saya baru dapat greco thn 92. tapi distnk namanya kok lift back
    apa bedanya greet corolla dengan corolla lift back
    apa lift back dengan greco bodinya sama?
    kode mesin ae101
    mohon petunjuknya

    • 20 Oktober 2010 pukul 1:44 am

      Wah harusnya beda tuh pak, mungkin ada kesalahan penulisan dari Samsat. Liftback dgn greco bodi / sasisnya berbeda. Ini mirip dengan honda civic genio saya, di stnk tertulis civic wonder. Mau diubah juga susah karena di BPKBnya tertulis civic wonder.

  96. 20 Oktober 2010 pukul 10:17 am

    kira-kira versi maticnya banyak masalah ga yah? trus harganya kira-kira berapa yah pasarannya.. lagi minat banget nyari greco nih…

    • 20 Oktober 2010 pukul 2:14 pm

      Tergantung perawatan pemilik sebelumnya. Utk mengetahui matik msh bagus ato tdk qta harus test drive Greco. Sebagai gambaran overhoul matik utk ongkos jasanya saja berkisar antara 750rb-1 jt. Itu belum termasuk part2nya.
      Pasaran Greco daerah Jakarta sekitar 60 jt-an, tapi itu tergantung kondisi mobil.Makin bagus kondisinya harganya makin mahal.

  97. 252 Handy
    27 Oktober 2010 pukul 7:09 am

    salam kenal Boss,

    sy mau tanya ya,
    gmn cara buka kisi kisi AC yg diatas dashboard?
    karna masalah embun pas lg pasang AC jd rencananya sy mau tutup kisi kisinya.
    tolong dibantu ya boss

    thx Boss

  98. 253 jhu
    28 Oktober 2010 pukul 5:46 am

    salam greco,

    bos,saya punya greco’92!Klo dibawa berpergian jauh apalagi AC hidup,suhu mesin naik (overheat) padahal radiator br diservice!!Apa ya boz penyebabnya???Tolong dibantu ya boz!Thx

  99. 254 dwi
    29 Oktober 2010 pukul 10:46 am

    salam greco,

    mas mau tanya lagi nih:

    1. setiap kali manasin mesin pagi2 pasti ada suara “klutuk..klutuk..” gitu kaya ada kelereng dlm kaleng, tp kalo agak di gas suara kelereng agak berkurang, kira2 apa ya mas yg rusak?

    2. rpm 800 ac mati, tapi ac nyala rpm tetep 800 ada yg rusak?

    3. buat sodara -sodara yg bisa jawab monggo saya tunggu.. mungkin mas Mitra sibuk jadi agak lama balasnya..

    matur suwun..

    • 30 Oktober 2010 pukul 2:49 pm

      1. Agak susah mencari sumber2 bunyian di dlm mesin. Apalagi ketika di gas suara berkurang. Mungkin temen2 yg laen bisa bantu ???
      2. Gak ada. Yg penting RPM stabil. Kalo gak stabil berarti idle speed control tdk bekerja dgn baik.

  100. 256 dimas
    30 Oktober 2010 pukul 1:57 am

    boss , minta pencerahannya . . saya punya corolla great SEg th’93. over all bagus tp remnya kalo diinjak ngempos !!! harus dikocok dl baru pakem. saat pengereman stelah rem dikocok rem pakem, namun terasa rem makin lama – makin turun (ngempos) mohon pencerahan yak tolong . . . makasih . .

    • 257 Juovrie
      21 Desember 2010 pukul 6:48 am

      Mas sesuai dgn pengalaman saya baru baru ini….kmrn karet master rem atas di ganti n sekarang sdh nggak ngempos lagi remnya..kalau bisa nyari karet seal yg bagus…….

      Fevry

  101. 30 Oktober 2010 pukul 10:23 am

    Salam kenal mas

    Saya punya Greco th 1993

    Tanya mas

    1. Kalau saya pakai dengan kecepatan di atas 100 mobil terasa bergetar ( Goyang ) tapi kalau
    di bawah 100 terasa normal , kenapa ?

    2. Saya tinggal di daerah Jati Asih ( Dekat Cibubur ) mohon recomendasi bengkel utk Tune Up dll .

    3. Saya ada rencana Mengecat mobil ….kalau cat Blenkin apakakah cukup bagus

    Mohon pencerahannya terima kasih

  102. 261 eka
    30 Oktober 2010 pukul 10:56 am

    mau tanya…kan d artikel dibilang greco diproduksi antara th 92-95,saya bru beli greco tp tahunnya 96, apa memang benar ada juga greco kluaran 96?

  103. 263 eka
    30 Oktober 2010 pukul 11:43 am

    berapa kira2 harga untuk switch penyemprot air wiper???????

  104. 264 tedy
    4 November 2010 pukul 6:03 am

    mas mau nanya nih…
    indikantor aki nyala, padahal aki baru & dinamo pengisian bagus, apanya ya mas?

  105. 266 hidayat
    4 November 2010 pukul 8:18 am

    Salam kenal mas,
    Saya punya greco thn’93…yang ingin saya tanyakan:
    1. Kondisi pada saat belok kanan agak patah,ada bunyi di roda sebelah kiri kira2 penyebabnya apaya… mengingat velg yang saya pakai ukuran 16″ dan apakah untuk ukuran velg seperti itu masih ideal
    2. Pada saat menghidupkan wiper, atau sein. indikator aki yang ada di dashbord ikut berkedip…kira2 sumbernya dari mana ya mas…
    3. lampu rem dan parkir tidak menyala mas…saya sudah pernah membongkarnya, dan mohon rekomendasi bengkel mana yang bagus untuk urut kabel yang ok tapi murah, hehe…
    4.untuk pergantian plat kopling, kira2 brapa ya barang berikut ongkos pasang
    terima kasih

    • 5 November 2010 pukul 12:53 am

      1. Coba cek kaki2 seperti tie rod, long tie rod, bot as roda. Pemakaian velg yg berukuran lebih besar dari standar dpt menyebabkan umur kaki2 menjadi pendek. Utk fashion ukuran velg tsb masih ideal selama gak ngesrot ketika dipake belok ato bawa penumpang.
      2. Ada masalah di kelistrikan. Utk menyalakan wiper ato sein kan butuh sumber listrik. Kemungkinan suplai listriknya kurang. Utk mengetahui kondisi kelistrikan biasanya di toko2 yang jual aki punya alat utk mendeteksi kerusakannya. Salah satu jaringan toko yang punya alatnya yaitu Shop & Drive.
      3. Utk urut kabel maaf, saya kurang tahu dimana bengkel yg ahli & rapi mengerjakannya.
      4. Kalo gak salah sekitar Rp500rb, itu jasanya aja, belom termasuk spare part.

  106. 268 Yaris Putra
    6 November 2010 pukul 1:59 am

    Salam kenal Mas.

    Saya punya greco 95 A/T. Sekarang ini saya ada masalah dengan radiator greco saya yg bocor/netes di bagian bawah. saya sdh cari cover radiator yg bawah buat greco A/T ternyata agak susah krn beda sama yg M/T, yg A/T ada saluran buat pendingin oli A/T. Ada saran tempat radiator yg bagus di jakarta buat benerin radiator saya.

    Terima Kasih Mas.

    • 7 November 2010 pukul 2:40 pm

      Betul, radiator buat matik & manual emang beda. Bengkel radiator Rapih Sudiono, Jl. Fatmawati. Kalo dari arah blok M ke Pondok Labu lokasinya sebelum SPBU Petronas. Kemudian ada juga di Jl. Fatmawati, dari arah blok M ke Pondok Labu setelah SPBU Petronas. Kedua bengkel tsb ada di kiri jalan.

  107. 270 suhadak bahariawan
    8 November 2010 pukul 5:48 am

    Salam Greco.
    Bos mau tanya nih. greco saya thn 94. kalau perjalanan macet dan ac nyala kira kira 1/2 jam kemacetan. tiba tiba mesin mati. padahal indikator temperatur pada posisi tengah-tengah. setalah ditunggu 1 jam mobil hidup lagi. tapi kalau gak pakai ac walaupun macet dak pernah mati mesinnya kira kira kenapa ya Bos. trima kasih banyak sarannya.

    • 8 November 2010 pukul 12:22 pm

      Kemungkinan idle speed control perlu diperiksa, krn berfungsi utk menstabilkan rpm ketika ac nyala (supaya rpm tdk ngedrop).

      • 272 suhadak bahariawan
        10 November 2010 pukul 8:07 am

        terima kasih banget mas mitra atas solusinya. nanti akan saya coba sek idle speed controlnya. satu hal lagi yang saya masih bimbang kalau mesinnya mati waktu saya langsung starter gak mau nyala, namun nunggu 1 jam. temen ada yang kasih saran coilnya. jadi delco saya bungkus dengan lap. basah. apa benar tindakan itu. mas matur nuwun for at all.

      • 10 November 2010 pukul 2:39 pm

        Wah saya malah baru tahu ada metode bungkus dengan lap basah :) Sebaiknya sih jangan dilakukan…

  108. 9 November 2010 pukul 3:06 am

    salam kenal mas sungguh pencerahan ketemu situs mas yg ok bgt ,bertahun – tahun cari yang kayak situs ini ,aku pnya greco 91,mau nanya:
    1.bunyi gemrutuk (gruk2x )kayaknya suara didepan tengah, saat kecepatan 10km/jam dan penumpang penuh tapi kl kecepatan diatas 10km hilang ( kl pakai sendirian gak bunyi )
    2.idle speed posisinya ada dimana, sebab tanpa AC RPM 1100 ,tapi AC nyala turun 900
    3.kecepatan 100km/jam ada buyi ngung2x(setelah di balancing )roda kiri depan
    trim mas jawabannya….

    • 9 November 2010 pukul 6:12 am

      Salam kenal juga mas bro, wah…saya jam terbangnya belum tinggi, msh bnyk kekurangannya.
      1. Utk mencarai sumber suara memang agak susah. Pastikan dmn kira2 suara tsb berasal apakah dari kaki2, mesin ato komponen2 lain yg tdk terpasang dgn sempurna. Perkiraan saya (melihat keluhannya mas bro) ada di sektor kaki2 terutama shockbreker. Shockbreaker yg sdh rusak ketika diisi beban penuh ketika melewati jalan yg agak jelek menimbulkan bunyi2. Ketika dikendarai sendiri bunyi2an tsb tdk timbul.
      2. Letaknya di throttle body.
      3. Bunyi berdengung (meski sdh dibalancing) ada kemungkinan permukaan tapak ban sdh tdk rata. Utk meminimalkan gejala tsb gunakan proses finish balancing. Kebetulan saya pernah mengulas tentang spooring balancing, ini linknya

      http://blognyamitra.wordpress.com/2010/10/04/ritual-pasca-mudik-spooring-balancing-ban/

      Di samping itu jgn lupa cek kondisi kaki2 mobil. Hasil spooring balancing akan sia2 jika kondisi kaki2 tdk mendukung.
      salam, terima kasih sdh berkunjung ke blog saya…

      • 23 November 2010 pukul 5:00 am

        mas nanya lagi ,pada kecepatan rendah kira2x 20 km/jam ( kalau diatas kecepatan itu ilang )ada bunyi greeg..greg gemerutuk (berhubungan dng putaran )pada bagian depan tengah posisi porsneling netral ataupun 1,2,3,4,5 dan lebih terdengar saat beban penuh bearing dicek bagus kata servicnya apanya yamas triimm.

  109. 9 November 2010 pukul 3:23 am

    mas mit aku masih penasaran top speed greco ama genio, kalo putaran bawah kok rasanya lbh respon greco, menurut mas mitra enak mana top speed nya ( sama – sama standar dan sehat ) masalahnya aku blom pernah nyoba di putaran atas, aku cuma pernah nyoba greco dan genio diputaran bawah saja

    • 9 November 2010 pukul 6:23 am

      Betul pak, utk putaran bawah Greco mesinnya responsif. Cocok utk karakter stop & go seperti dalam kota. Sedangkan Genio enak dipake utk putaran atas seperti keluar kota ato jalan tol. Masing2 punya kelebihan & kekurangan, tinggal pilih mana yg sesuai :)

  110. 279 napG
    11 November 2010 pukul 3:30 pm

    Dear bos Mitra,

    Bos mitra, greco 95 saya sudah 2 kali (dalam rentang waktu 4 bulan terakhir) air radiatornya tiba-tiba ngilang. saya sudah check kebocoran, ternyata gak ada yg bocor. taunya tiba2 temperature mesin panas, padahal saya juga cukup rajin untuk ngecek air radiator (seminggu sekali). ditunggu pencerahan bos mitra kembali, kira2 dimana ya masalahnya.

    numpang curcol ke bos arfis lindra (komentar 156)…
    Mas arfis, saya baru bawa greco saya dari bandung ke pekanbaru, tapi sampe saat ini belum nemu bengkel yg yahud untuk greco di pekanbaru, mohon di sharing bengkel yg yahud untuk greco di pekanbaru mas arfis. trims bantuannya.

    • 12 November 2010 pukul 12:27 am

      Air radiatornya pake air biasa (ledeng) ato coolant ??? kalo pake air biasa agak sulit mendeteksinya utk mencari letak kebocoran. Berbeda dgn air coolant yg biasanya berwarna hijau relatif lebih mudah mencari letak kebocoran. Kebocoran bisa terjadi di tempat2 seperti slang radiator, radiator sendiri, tabung reservoir hingga pompa air. Di samping itu tutup radiator (karet) yg sdh rusak bs menyebabkan air menguap.

  111. 11 November 2010 pukul 3:37 pm

    slm kenel bozz, lgsg aja. gw pnya great 94. klu jalan sktr 10mnt trdengar suara klutuk2 bag depan dkt roda. apalagi klu pas muter2 stir.. tp klu mesin dmatiin trus didiemin 1 jam, bunyinya ilang lg, tp muncul lg stlah jalan 1o mnt. klo mo belok perlahan terdngar bunyi desis.. tlg solusinya bos…

  112. 287 sutardi
    12 November 2010 pukul 1:29 pm

    salam kenal saya pemakai greco th.92 panel pembuka dan penutup kaca rusak kalau ganti harganya berapa ( panel kontrol pintu sebelah kemudi )

  113. 289 jati nugraha
    13 November 2010 pukul 5:50 am

    saya baru membeli great corolla tahun 1995, berhubung saya masih minor tentang mobil pas saya beli tidak mengecek mesin onderdil dan interior lainnya. Saya hanya melihat bodi mulus saja dan langsung saya beli.Permasalahannya setelah saya memakai krg lbh 1 bulan, baru terasa keadaan power stering kurang nyaman. apabila mobil dipakai agak lama kemudia setirannya agak keras dan susah untuk membelokkannya.saya mohon solusinya…terima kasih

  114. 291 reza
    13 November 2010 pukul 10:55 am

    bos salam kenal , ane baru pakai greco ni th.93 ane mau tnya ni mobil ane klo dlm psisi kntak hdp tpi msin blm di nyalain kipas langsung hdp itu knpa yah ?? apa memang sistem nya bgtu , thanks

  115. 295 Deddy
    15 November 2010 pukul 4:56 am

    Bos.. Saya mau tanya.. Saya kapan hari beli spion copotan punya Mobil Toyota Twincam atau Liftback.. Tahun model nya saya kurang tahu, karena tidak dijelasin sama yg jual.. Tp saya lihat model nya sama persis dengan toyota Corolla twincam 1.6 SE ltd 1992.. Rencana spion tersebut mau saya pasang di Kijang.. Cuman ternyata setelah saya pasang, saya baru sadar kalau spion tersebut tidak dapat dilipat ke dalam.. Jadi saat dilipat per nya balik lagi ke posisi semula.. Yg mau saya tanyakan, apakah spion untuk model tersebut memang tidak bisa dilipat ke dalam ya?? Thanks..

    • 15 November 2010 pukul 6:13 am

      Waduh mas, maaf, saya gak bisa jawab. Belum pernah utak atik spion. Spion TC Liftback memang sama dgn TC 1.6 SE, kan basisnya sama hanya beda luarnya saja. Mungkin rekan2 ada yg punya pengalaman tentang masalah spion ??? monggo dishare…

  116. 297 Raffie a
    15 November 2010 pukul 4:23 pm

    Salam hangat bro…ane punya greco 95 matik,nyang jd mslhny lampu indikator giginya mati total…termasuk di stiknya…tiap dapet tanjakan tenaga langsung dropp.,tlg kasih solusi ya bro,penegen otak atik greco negh…
    thanks.

    • 16 November 2010 pukul 12:50 am

      Lampu indikator mati bisa ada 2 kemungkinan yakni bohlamnya mati ato ada kabelnya yg longgar. Tenaga ngedrop ditanjakan bisa jadi mesin waktunya tune up. Oli matik yg belum pernah dikuras jg bs menyebabkan tarikan berat. Kemudian kampas kopling yg sdh tipis bisa menyebabkan tenaga tdk tersalurkan secara maksimal. Di samping itu beban yg terlalu penuh (overload) ato ban kurang tekanan angin jg membuat mobil terasa berat.

  117. 299 jalu
    18 November 2010 pukul 4:46 am

    bro,,numpang taya…
    greco ku tahun 92,,
    nah waktu pagi2 masi dingin tu kalo setir digoyang dkit ja,,
    baik kiri atw kanan,,pasti bunyi gruuuung…
    tp kalo udah agak panas bunyinya hilang…
    oya satu lagi,,beberapa bln kmaren habis spuring,,
    eh tp skg udah miring sndiri kalo dilepas stirnya…
    mohon pencerahan dari grecowner semua…

    • 18 November 2010 pukul 6:59 am

      Utk masalah stir saya belum bisa ngejawabnya. Utk spooring, setelan spooring bisa berubah misalnya sering lewat jalan jelek/rusak ato polisi tidur. Apalagi pak Jalu terakhir spooring beberapa bulan yang lalu. Spooring sebaiknya dilakukan tiap 6 bulan sekali. Selain itu dicek jg kondisi kaki2nya karena kaki2 yg kurang sehat menyebabkan spooring tdk berlangsung sempurna.

      • 301 Budi
        22 November 2010 pukul 8:52 am

        Nambah sedikit, masalah sm dengan yg gue hadapi. Tapi sdh diperbaiki. masalahnya ada di Bak Stir, kalau mau sip kuras oli power steering ganti yang baru cuma 60rb, bersihkan klep2nya kuras baknya datang aja ke bengkel khusus PS pasti tau.

  118. 302 parman
    18 November 2010 pukul 5:45 am

    Salam Grecco Om

    Mau tanya saya punya great th 1993
    1. Kalau saya belok kanan ada suara Tek tek tek sedangkan kalau belok kiri tidak terdengar suara

    2. Klau olie mesin merembes dibagian bawah artinya setiap habis di pakai kemudian parkir ada sekidit cipratan olie, saya lihat yag basah dibawah mesin bukan di celinder headnya .apa yg harus di agnti ya . Ada yg bilang parking cotternya . mohon pencerahannya terima kasih sebelumnya

  119. 305 eri
    18 November 2010 pukul 6:03 am

    mas mau nayak lagi..
    mas grecoku th’95, kemarin abis service 50km di nasmoco, termasuk nglitiknya, cuma habis service malah kayak gak ada tenaganya, kayak ngeden, padahal sebelum service tarikkanya oke.
    apanya ya mas?

    • 18 November 2010 pukul 7:09 am

      Kemungkinan besar setelan timing pengapiannya kurang tepat (bisa terlalu maju ato mundur) terlihat dari adanya gejala ngelitik. Kemudian celah kerenggangan katup / valve yang kurang pas bisa menyebabkan tarikan kurang enak.

  120. 307 yoga
    19 November 2010 pukul 9:45 am

    mau tanya lagi ya :
    kalo cari limbah great dimana ya… mau beli kompressor AC copotan

  121. 308 yoga
    19 November 2010 pukul 9:48 am

    oiya, sama kaca depan buram, udh dikasih pembersih jamur juga masih buram, apa harus ganti baru?…atau bisa dibersihkan/dibeningkan?… jika bisa, dimana ya tempatnya

    • 20 November 2010 pukul 1:24 am

      Kompresor ac limbah utk daerah jkt bs ditemui di pasar mobil kemayoran ato atrium senen. Kaca dpn sebaiknya pake obat jamur yg rekomended yg biasanya hrgnya relatif mahal. Obat jamur yg murahan kadangkala terdpt kandungan kimia yg keras. Utk membersihkannya bisa ke salon mobil ternama/ahli. Di jkt ada di automall SCBD ato di CCAS radio dalam.

  122. 23 November 2010 pukul 5:15 am

    nanya mas bunyi grug..grug ( seperti bunyi putaran berkarat )pada saat kecepatan 20km/jam posisi gigi netral maupun porseneling masuk tapi kecepatan datas itu ilang / normal ,apalagi beban penuh bunyinya pasti nimbul baering bagus ( sdh di cek ke bengkel )apanya ya mas ?..tanks

    • 23 November 2010 pukul 8:11 am

      Coba cek engine mounting (EM). EM yg sdh getas membuat bunyi2an karena dudukan mesin yg tidak pas lagi. Karena sumber bunyi pada bagian depan tengah mungkin EM yg ada di dibagian belakang yg perlu ditinjau.

  123. 312 parman
    24 November 2010 pukul 3:23 am

    Om mau tanya lagi grecco saya th 1993

    1. Setiap Minggu air cadangan radiator selalu berkurang bahkan habis , sementara radiator sudah
    service dan tidak ada yg bocor serta tutupnyapun sudah di ganti yg baru kenapa ya ?

    2. Lampu sein hidup , sementara kalau lampu hazarnya di hidupkan lampu seinnya jadi mati
    kenapa ya om

    3. Oli PS memang sering sedikit berkurang tapi saya rajin menambahkan apakah berbahaya kalau
    kita mau melakukan perjalan jauh .

    Mohon pencerahannya om tks

    • 24 November 2010 pukul 4:09 am

      1. Selang2nya sudah diperiksa pak ? water pump ? kebocoran air radiator akan lebih keliatan kalo menggunakan air radiator coolant. Salah satu alasan kenapa coolant airnya berwarna yakni bisa utk mendeteksi letak kebocoran.
      2. Ketika tombol hazard dinyalakan tetapi lampunya tdk nyala bisa jadi ada kabel yg longgar. Kemudian coba di cek sekringnya.
      3. Sebaiknya sih diperbaiki pak, kan rute perjalanannya jauh takutnya ntar ada apa2 (misalnya bocornya tambah parah) di jalan. Kalo rutenya deket2 dalam kota masih bisalah dgn menambah2in oli PS.

      • 25 November 2010 pukul 12:53 pm

        pengalamanku air radiator cepat habis ternyata putaran kipas kurang kuat ,punyaku tak tambahi rele untuk outputnya …sampai sekarang no problem alias beres,coba aja mas parman

  124. 315 parman
    26 November 2010 pukul 2:35 am

    Ok tks mas rudi besok sabtu akan saya coba check lagi

  125. 316 yudi
    27 November 2010 pukul 4:05 am

    Mas klo mau ambil Mobkas budget 30-40Jt,,, buat sekarang merk sm model apa yah dptnya ?
    kriteria :
    1. Model gak jadul2 amat
    2. Sparepart gampang & gak mahal
    3. Irit..

    klo gak ada spec ketiga-tiganya ..ya poin 1& 2 aja deh…kira2 dpt mobkas apa yah ?

    • 27 November 2010 pukul 1:20 pm

      Terkait spare part gampang & gak mahal berarti saya merujuk mobkas buatan jepang. Utk merek bisa pilih toyota, honda & suzuki. Utk pasaran mobkas saya kurang tahu persis tapi akan saya coba mengira2. Hrg 30-40 jt sepertinya bisa pilih toyota starlet, honda civic nouva, suzuki carry, honda grand civic, toyota corolla twincam.

  126. 318 parman
    29 November 2010 pukul 3:12 am

    Om Mau tanya

    Karena olie mesin selalu berkurang dan ada rembesan di dareah bawah mesin saya ada rencana ganti parking carter dan bersamaan ini saya juga akan ganti sekalian Timing belt nya , kalau timing belt diganti biasanya yg lainnya yg berhubungan dengan timing tsb apa ya yg harus diganti juga
    sehingga saya bisa sediakan spare partnya . mohoo pencerahannya

    Tks

    • 29 November 2010 pukul 6:17 am

      Biasanya selain timing belt, ada jg belt AC, belt power steering, belt alternator & tensioner. Kalo perlu oli power steering jg dikuras sekalian. Langkah service ini emang butuh biaya & waktu namun keuntungannya aman utk jangka panjang. Misalnya tiba2 belt AC putus, utk memperbaikinya jg perlu bongkar timing belt.

  127. 320 DK108AZ
    29 November 2010 pukul 8:40 am

    BOZ mau tanya…
    greco ku tahun 1993,,,,
    brp HP lo masih standard boz??
    tau ga bisa diupgrade maksimal sampe berapa HP???
    thx…

    • 29 November 2010 pukul 3:47 pm

      Standar sekitar 110 hp-an. Diupgrade tergantung bagian mana yg dioprek, kalo pasang turbo bisa tembus 200 hp. Kalo sekedar porting polish, ganti header, upgrade pengapian (ganti koil+kabel busi) bisa nambah 10 hp-an.

      • 322 DK108AZ
        2 Desember 2010 pukul 7:44 am

        standarnya 110an y mass…klo dibandingin m timor perfomancenya enakan mana mas???
        velgku kan ring 17′ mas…klo tiaap mulai jalan bunyi “greet…gret…”..
        itu kira2 masalahnya apa y mas???

      • 2 Desember 2010 pukul 8:56 am

        Masih enakan Greco lah. Kapasitas mesinnya juga lebih besar. Bunyi gret2 sepertinya ban ngegasruk ruang dalam (bibir) spakbor karena pemakaian velg ring 17″.

      • 324 DK108AZ
        3 Desember 2010 pukul 7:17 pm

        ow bgtu mass..ya she emg enakan greco…nhe ada timor standar sombong boz…mw tak test dikit..hahaha….
        tpi kq tiap ngegastruk aja bunyi ya??

  128. 325 deni
    30 November 2010 pukul 5:29 am

    mas, saya pake greco matic tahun 94, keluhannya sampai sekarang apabila mobil melewati genangan air suka bunyi grek..grek, begitupun kalau dipake berempat juga muncul bunyi yang sama, yang saya kesel kalau habis parkir pas melalui jalan agak menanjak bunyi itu muncul lagi..selang beberapa menit lancar lagi..kaki sudah saya cek bagus semua..cuma shocbreaker yang belum di cek..kira-kira apa mas? saya tunggu jawabannya..tks.

    • 30 November 2010 pukul 1:57 pm

      Coba dicek karet as roda. As roda yg kurang pelumasan bisa menyebabkan bunyi2an. Kemudian utk shockbreaker bisa dilihat dari fisiknya. Apakah ada oli yg ngerembes. Kemudian coba mobil dilewatin polisi tidur, kalo ngayunnya berkali2 dipastikan shockbreaker sdh lemah. Untuk mengetahui masalah bunyi2an di bagian kaki memang membutuhkan waktu.

    • 327 deni
      1 Desember 2010 pukul 12:44 am

      sudah mas, minggu kemarin sudah saya ganti boot as rodanya tetapi masih ada juga suaranya, sudah pernah juga saya bawa ke bengkel khusus kaki2 tetapi menurut mereka bagus semua (as kopel, tie rod, long tie rodtermasuk mounting mesin juga masih bagus)yang lebih parah kalau saya keluar dari parkir basement terus agak menanjak keluar bunyi kaya besi beradu besi setelah lewat jalan lurus hilang lagi(kondisi mobil isi empat orang)..menurut bengkel juga laher roda depan juga katanya masih bagus (dicek secara manual yaitu didongkrak kemudian diputar) apakah lahernya harus dibuka saja? atau mungkin dari power stering mas? apakah shockbreaker rusak bunyinya seperti itu..mohon pencerahannya..hampir putus asa nih mas..

      • 1 Desember 2010 pukul 1:35 am

        Wah kalo pihak bengkel bilang semuanya oke2, hhhmmm…..berarti apanya yah ??? mungkin dari rekan2 pembaca ada yg punya pengalaman ini ??? Utk masalah bunyi2an butuh analisa ekstra. Yg dilakukan oleh pihak bengkel dalam ngecek laher roda depan sdh betul koq. Mobil didongkrak, roda diputar & digoyang2. Kalo dari power steering biasanya sih bunyinya timbul kalo setir digerakkan ke kiri ato ke kanan. Shockbreaker yg sdh rusak bisa menimbulkan bunyi2an. Oli shockbreaker yg sdh merembes lama kelamaan olinya bisa habis sehingga kalo ada jalanan rusak akan timbul seperti besi beradu.

  129. 30 November 2010 pukul 8:52 am

    mas tanyan lagi….,ciri2 bearing roda depan kalu waktunya harus ganti itu kayak apa atau kalau udah rusak apa ada BUNYI2AN seperti
    SUDAH PARAH ada BUNYI2AN KAYAK apa? TRIMS…

  130. 331 wanyu
    1 Desember 2010 pukul 12:28 am

    saya mempunyai greco th 1992 manual.apakah mobil saya bisa di ganti transmisi matic dan berapa biaya yang perlu di sediakan untuk merubah menjadi matic

    • 1 Desember 2010 pukul 12:59 am

      Bisa pak. Untuk ongkos jasanya kalo gak salah sekitar 1,5 jt. Lebih jelasnya bisa menghubungi Ricardo Matic, Jl. Raya Kampung Kelapa no. 1 Cikokol, Tangerang tlp 55755708 / 5547672 ; Wani Matic, Jl. Pinang Griya Permai Ciledug, Tangerang tlp 7310046 ; Apollonia, Cipinang Cempedak II/1, Jaktim tlp 68095067

  131. 333 Donny
    6 Desember 2010 pukul 1:24 am

    Salam Greco..

    Greco saya tahun 95, ada masalah dengan lampunya yang kurang utama yang kurang terang, kondisi rumah lampu masih bagus, hanya sedikit kurang bening. Apa dengan hanya dipoles saja lampu bisa lebih terang ?? atau ada bangian lain yang yang uda uzur ya..? mohon penjelasannya, terima kasih.

  132. 335 fadl
    6 Desember 2010 pukul 11:07 am

    salam kenal bos.

    saya pengguna baru greet corolla 95, sepertinya kabel-kabel di mobil saya berantakan. saya mau tanya, bengkel khusus urut kabel yang bagus di daerah jakarta barat, selatan dan tangerang dimana ya? trims

  133. 336 kiki
    10 Desember 2010 pukul 1:49 am

    Bro… saya punya great tahun 94, butuh informasi banyak nih bro:
    1. mesin mobil suaranya kasar banget, apalagi klo ac diidupin
    2. lampu deket ga terang dan suka berkedip klo pas pake lampu sen
    3. tape mobil suka mati tiba2 dan indicator jam juga ikut mati
    mohon informasinya yah.. thanks a lot

    • 10 Desember 2010 pukul 7:46 am

      1. Coba periksa belt AC, kemudian tensionernya jg. Engine mounting yg sdh getas bisa menyebabkan mesin cukup bergetar sehingga getarannya terasa ke bodi.
      2. Kabel2 sdh uzur, sebaiknya diganti mas. Kabel yg sdh tua resistansinya tinggi sehingga arus listrik tdk sempurna menyuplai aliran listrik.
      3. Biasanya kabel yg berhubungan dgn tape & indikator jam masangnya kurang pas (longgar).

  134. 338 Alim Markus
    10 Desember 2010 pukul 8:13 am

    bos nanya nih, greco sy kalo dimasukin gigi 1 ataupun gigi mundur, ketika kopling diinjak agak lama, maka mobilnya koq tidak lama langsung jalan, walaupun kopling sudah diinjak full. dan ketika itu untuk memasukkan gigi netral jadi keras untuk memindahkankan tuas persenilingnya. makanya ketika dipake katika jalan macet maka sy antisipasi dengan memasukkan selalu ke kondisi gigi netral, gak berani pake maen kopling karena mobilnya bisa tiba2 meluncur. kalo kondisi seperti gitu, apanya yg mesti diperbaiki. trims 2 much…

  135. 339 Alim Markus
    10 Desember 2010 pukul 8:23 am

    ohya nanya lagi mas mitra, mesin mobilnya juga sering-pincang, dan susah diidupin, malah kadang bau bensin. tapi kalo gak dipake, kira2 diistirahtakan kira2 seminggu, maka mesin pincang dan brebet itu ilang dan seperti normal lagi, tapi ketika dipake berturut2 kira2 pada hari ketiga maka mesin pincang dan brebet tersebut kambuh lagi.. apakah ada masalah di injektornya?
    kira2 kalo injektornya diganti butuh biaya berapa? trimakasih sebelumnya..

    • 11 Desember 2010 pukul 2:27 pm

      Utk masalah kopling sepertinya ada problem di matahari. Gir2 yg tdk presisi lagi jg bisa menjadi penyebab.
      Utk masalah brebet coba diperiksa fuel pump termasuk saringannya jg kemudian filter bensin & injektor. Selama injektor masih bisa dibersihkan, gak perlu ganti injektor.

  136. 341 bento
    12 Desember 2010 pukul 5:00 am

    Bos, idle speed control letaknya katanya di throtle, barangnya yang mana ya?, yg dibawah throtle warna putih dengan 3 kabel isinya kumparan dgn 2 mur obeng kembang atau dibelakang throtle (dekat bodi) yang warna hitam dengan 4 kabel yg bisa digeser2 dengan 2 mur obeng kembang, atau baut pengatur tali sling gas ? mohon jawabannya bos, maklum ane awam dan sekaligus masing2 komponen itu apa namanya serta fungsinya. makasih bos mitra….

    • 13 Desember 2010 pukul 1:44 pm

      Aduh maaf pak, saya kurang tahu persis, mungkin rekan2 ada yang bisa bantu ??? dulu waktu service Greco ortu (RPM gak stabil) cuman dikasih tahu ama mekanik bengkel resmi Auto200 ada problem di idle speed yg letaknya di throttle body. Namanya bengkel resmi pak, pemilik kendaraan tdk bisa masuk ke area service.

  137. 343 bento
    13 Desember 2010 pukul 8:47 am

    Untuk Kiki, butir 3 (tape mobil suka mati tiba2 dan lampu jam juga ikut mati)
    pengalaman saya : buka kap mesin sebelah kiri dekat aki ada bok sekring, buka aja dan periksa sekering satu-satu, kalo nggak salah posisi sekring tsb yang dibagian depan paling kiri, sekring tsb pasti kendur sehingga kalo kena goncangan aliran terputus, sekring tersebut kalo kendur akan mematikan lampu jam, lampu tape, lampu kabin dan juga lampu bagasi, cari aja sekring yang kakinya agak tebal atau lilitkan saja pake filamen kabel, pokoknya spaya tdk kendor, dijamin oke. biasanya sekring after market platnya tipis2 jadi kurang terjepit.

  138. 344 bento
    14 Desember 2010 pukul 8:12 am

    bos mitra mohon pencerahannya untuk fuel pump mobil Great corolla :
    1.pada saat kontak ON (mesin belum hidup) apakah rotaknya sudah berputar

  139. 345 bento
    14 Desember 2010 pukul 8:15 am

    bos mitra mohon pencerahannya untuk fuel pump mobil Great corolla :

    1. pada saat kontak ON (mesin belum hidup) apakah rotaknya sudah berputar ?

    2. Adakah sekring yang memutuskan arus sehingga rotak tidak berputar pada saat kontak ON (mesin belum hidup) ?

    trima kasih dokter atas pencerahannya.

  140. 347 bento
    14 Desember 2010 pukul 8:35 am

    Oh ya dokter, tanya lagi nih, kalo type mesin GREAT COROLLA 1600 CC Thn. 1992 Typenya apa ya?, karena kalo baca kok ada yg bilang AE 101 R dan ada juga yg bilang 4 AE ….., yg bener apa ya bos dan apa sama 1992 s/d 1995 type mesinnya ? trims banget nih, maaf dah ngerepotin.

  141. 349 veebee
    14 Desember 2010 pukul 12:00 pm

    bos mo tanya…. tau ga kelistrikan great 92,,,,???? lampu sein tiba@ mati semua,,, kenapa ya??? trus spion koq ga bisa nutup????? mohon pencerahannya…..

    • 14 Desember 2010 pukul 2:54 pm

      Utk kelistrikan saya kurang paham pak. Sekringnya udah dicek pak ??? Spion retract gak bisa nutup bisa jadi motor penggeraknya sudah lemah. Selain itu coba dilihat mekanisme girnya, bisa jadi seret karena kurang pelicin.

  142. 351 bento
    15 Desember 2010 pukul 7:02 am

    Bos tanya lagi nih :
    1. greco saya thn ’92 di STNK dan BPKB mesinnya tercatat AE 101 R, apa betul bos ?
    2. Kalo ada sekring yg memutuskan arus u/ menghidup matikan rotak, posisi sekring tsb letaknya ada dimana bos dan apa bisa lngsung diganti sendiri ?

    trima kasih bos atas infonya.

  143. 353 bento
    15 Desember 2010 pukul 11:12 am

    aduh jadi bingung nih bos, dibawah sebelah mana nih bos, kotak warna apa dan modelnya sperti sekring apa?

  144. 17 Desember 2010 pukul 5:13 am

    Mau nanya nic bos,saya punya greco95,
    kalo mobil sedang jalan di jlan ga rata suara ban blakang
    kedengaran sekali dari dalem mobil,apa kaki2 nya ga normal ya bos?
    terimakasih…..

  145. 356 satri@
    19 Desember 2010 pukul 5:31 pm

    masih pusing mau pilih genio apa greco, buget cm 70jt. saran donk, tolong… baru pertama beli mobil nie, hehe.. kalo ganti radiator genio 92 ganti biar 2ply ngabisin duit brp y??? mohon penjelasan… thanks boss…

  146. 357 satri@
    19 Desember 2010 pukul 6:05 pm

    masih pusing mau pilih genio apa greco, buget cm 70jt. saran donk, tolong… baru pertama beli mobil nie, hehe.. kalo ganti radiator genio 92 ganti biar 2ply ngabisin duit brp y??? mohon penjelasan… thanks boss…

  147. 358 parman
    22 Desember 2010 pukul 1:04 am

    Om Mau tanya saya punya grecco th 1993
    1. apakah biasa kalau mobil dalam keadaan jalan cukup lama didalam ruangan dekat dengan dasbord jog itu sering agak hangat panas sedikit , atau hal ini ada sesuatu yg nggak benar

    2. Radiator saya baru di service dan sudah tidak ada lagi yg bocor tapi kenapa ya kalau dalam waktu satu minggu air cadangan radiator selaku berkurang , sehingga harus di tambah

    mohon pencerahanya terima kasih sebelumnya

    Salam
    Grecco

  148. 359 maia mardiana
    24 Desember 2010 pukul 4:01 pm

    Salam mas,

    butuh informasi ni mas….saya punya G.corolla ’94 merah metalic/maron. udah usang warnanya namun belum pernah dilapis masih lapis aslinya.pengen saya cat…boleh bantu info jenis c at ato kodenya buat yang warna merah mettalic sesuai yang ori mas??

    Trus kalau buat service rutin bulanan yang penting tu apa apa aja ya mas item yang diperhatikan…

    Makasi banget sebelumnya..

    Maia

  149. 362 wahyu
    27 Desember 2010 pukul 3:08 pm

    mas..saya ada budget 60an, kira2 ada usulan gk yah mas antara mau ambil great atau baleno97..saya cari yang irit,tidak terlalu rewel dan sparepart terjangkau..thx 4 reply mas…

    • 28 Desember 2010 pukul 3:28 am

      Kalo mas bro mempertimbangkan irit & spare part terjangkau pilihlah Baleno. Kebetulan kakak saya pernah punya Baleno 96 jadi saya tahu persis karakternya. Bensinnya irit & harga spare part terjangkau, malahan beberapa diantaranya bisa saling substitusi dgn sodaranya sesama Suzuki. Namun utk performa mesin, Baleno kalah dgn Greco.

  150. 364 bento
    2 Januari 2011 pukul 4:23 am

    bos, sekring yg mematikan&menghidupkan rotak posisinya dibwah mana? trims infonya bos .

  151. 366 Hendra, Boyolali
    2 Januari 2011 pukul 10:18 am

    Boz…. saya pny Great 1995 utk roda dan tak ganti pakai ukuran 195/50 ring 16`. Cuma klu dimuati 4 orang yg belakang sering benturan (gasrut)dengan spatbortnya aplgi klau jalannya berlubang. Smtra shkok breakernya yg bag atas sy ganjal dg karet tpi msh sering gasrut jg. Bgmn solusinya utk mengatasi tersebut ?? Mksh Bozz ……

    • 2 Januari 2011 pukul 1:20 pm

      Ada temen saya yang menyarankan menggunakan karet valen damper, cuman saya belum tahu apakah cara itu ampuh mencegah nggesrot di roda. Penggunaan ring berdiameter besar & kemudian diisi penumpang 4 orang (penuh) memang ada kemungkinan ban akan gesrot ke bibir spakbor. Solusi sih ada yaitu dengan cara nge-roll bibir luar spakbor. Biasanya bengkel2 modif ban ato velg ngerti. Cuman cara ini merusak bodi karena jika ban velg mobil dikembalikan ke stadar tampang spakbor jadi keliatan aneh.

  152. 368 ary wahyu
    3 Januari 2011 pukul 9:28 am

    saya punya greco tahun 1993,oli mesin pake toyota, sebaiknya ganti oli mesin tiap 5 ribu atao 10 rb km ? thanks

  153. 370 bjl
    4 Januari 2011 pukul 12:22 am

    Masbro… Kapan2 tulung ditest ride greco ane yah. Tulung dikasi tau kekurangannya apa aja. Skrg sih problemnya mesin ngelitik Dan engine break ndut2an. Disinyalir matahari keknya. Matur suwun hehehe…

  154. 372 Ardian
    4 Januari 2011 pukul 4:26 pm

    Salam kenal mas Expert Greco,
    Saya baru seminggu beli greco matic 95, mohon dibantu:
    1. Kondisi saat ini pake saringan udara type racing, kalo mo ganti yg standart dimana beli filter udara dan rumahnya ? perkiraan harga brp ?
    2. indicator OD-ON mati.. kira2 kenapa ya? apa yg hrs dilakukan ?
    3. Bagaimana penggunaan tombol kecil yg berada ditongkat prosneiling matic (OD-On / OD-Off)?
    Termakasih mas expert.

  155. 374 Tofik
    7 Januari 2011 pukul 10:08 pm

    Salam Kenal mas bro
    Saya pny greco th 94, mobil terakhir dipake 5 hr yg lalu trus gk pernah dipanasi,pas saya panasi mobil hidup trus mati lg,hbs itu distarter gk mau hidup,dlm kondisi ON tdk distarter indikator aki mati tp kelistrikan yg lain(lampu,sein,etc) nyala,feeling saya aki tekor,hbs itu aki distrum sampe 5 jam,pas dipasang lagi distarter kok ttp gk mau hidup,indikator aki wkt ON kok ttp mati(klo gk salah biasanya wkt ON indikator aki hidup stlh distarter baru indikatornya mati).
    Mohon pencerahannya mas bro,thx sebelumnya

  156. 376 Tofik
    8 Januari 2011 pukul 3:05 pm

    Ok,trims bozz…

  157. 377 Hendra, Boyolali
    8 Januari 2011 pukul 5:39 pm

    Bos, tanya lagi dan mohon penjelsannya :
    1. Greco saya sekarang ini dengan roda yak ganti ukurannya dari standar/ring 14` menjadi ring 16` dengan ukuran ban 195/50.
    Seberapa pengaruhnya terhadap komponen lainnya ( teirod, long teirod, warm steer, power steering mapun yang lainnya ) ??
    2. Apakah menjadi keharusan pada periode tertentu roda harus di Spooring, Balance ??
    3. Jenis/merk ban yang cocok untuk Greco itu apa bos ?
    Terima kasih bos, saran dan masukan tak tunggu.

    • 8 Januari 2011 pukul 7:03 pm

      1. Pengaruhnya komponen2 tadi lebih pendek umurnya karena penggunaan velg berdiameter besar & ban berprofil lebih tipis.
      2. Sudah tentu, spooring & balancing wajib dilakukan setidaknya 6 bulan sekali. Lalai melakukan spooring & balancing juga memperpendek umur kaki2.
      3. Semua merek ban itu cocok buat Greco asalka sesuai dengan spesifikasi pabrik. Untuk merek masalah selera.

  158. 379 bento
    13 Januari 2011 pukul 3:46 pm

    mesin greco hidup normal, langsarm, tapi indikator engine nyala, saat pedal gas dibejek RPM tidak lebih dari 2000, kalo pedal gas dibejek paksa lbih dari 2000 mesin malah mati, tapi mudah hidup lagi dan RPM tetep tdk bisa lebih dari 2000 saat pedal gas dibejek. nyembuhinnya gimana ya boss…?

  159. 381 tok
    14 Januari 2011 pukul 6:33 am

    bos mau tanya nih,.., gw lg dpt pinjeman greco nih,.,.klo t4 buka tangki bensin dmn ybos??

  160. 382 Widyo
    14 Januari 2011 pukul 3:18 pm

    Halo boss… mohon pencerahan nih..
    Greco 92 saya boros banget, 1-7, sudah saya bawa ke bengkel dibersihkan EFI nya dan diganti filter bensin nya, tapi masih belum berubah konsumsi BBM nya, masih boros 1-7! ada montir yang bilang harus dibersihkan packing-pluck valve (saya lupa namanya..hehe) jadi seperti setengah turun mesin katanya, apakah ini benar? dan apakah bypass kipas bisa berpengaruh? apa yang harus saya lakukan nih boss… mohon pencerahan.
    Terima kasih. salam greco!

  161. 383 Widyo
    14 Januari 2011 pukul 3:48 pm

    hallo boss… salam kenal..
    Greco 92 saya konsumsi BBM nya boros (1-7), sudah saya bawa ke bengkel dan sudah di bersikan EFI nya, diganti filter bensinnya, dan di stel mesinnya, tapi masih belum berubah sampai sekarang, masih boros.
    Salah sau montir bilang harus dibuka dan dibersikan packing valve nya (saya lupa sebutannya..hehehe), jadi seperti setengah turun mesin katanya, apakah hal ini benar?
    dan apakah kondisi fan di bypass juga mempengaruhi hal ini?

    mohon pencerahan boss… apa yang harus saya lakukan supaya greco saya bisa kembali irit?

    atas bantuan dan pencerahannya saya ucapkan terima kasih.

    cheers,
    Widyo

    • 14 Januari 2011 pukul 4:07 pm

      Irit tidaknya suatu kendaraan tergantung dari 2 faktor yaitu fakto eksternal & internal. Faktor eksternal itu kondisi lalu lintas. Lalu lintas yang padat & macet, konsumsi BBMnya pasti boros. Kemudian faktor internal dibagi lagi menjadi 2 yaitu cara mengemudi & kondisi kendaraan. Cara mengemudi yang kurang tepat misalnya pemakaian gigi tinggi untuk kecepatan rendah dapat menyebabkan bensin boros. Terakhir adalah kondisi kendaraan. Pastikan bahwa tekanan ban selalu dalam keadaan normal.
      Service tune up biasanya melakukan ritual cek filter udara, cek busi, cek filter bensin, membersihkan throttle body, setel katup/valve, setel pengapian timing dsb. Filter udara ato busi misalnya kalo kotor & udah waktunya ganti tapi tidak diganti konsumsi BBM menjadi boros. Yang dimaksud oleh mekanik itu mungkin membersihkan klep. Tapi saya rasa belum perlu koq sampe membersihkan klep. Membersihkan klep itu opsi terakhir.

      • 385 Widyo
        14 Januari 2011 pukul 6:39 pm

        thanks replynya boss…
        Saya di semarang, jalanan relatif masih lengang dan bisa dikatakan tidak ada macet, lalu lintas lancar2 aja, cara mengemudi saya standard kok boss (pelan dan santai), saya sangat peka dengan deruman suara mesin dan memperhatikan putaran mesin pada saat memindah gigi, mengemudi dengan hati kata istri saya…hehehe.
        ukuran ban standar 14/175/65, Tekanan ban standard depan 30 belakang 32-35, tune up rutin 3 bulan skali, filter udara dan filter bensin baru diganti, busi juga baru di ganti, setel katup dan pengapian sudah di lakukan pada saat terakhir tune up.
        yang belum sepertinya membersihkan throttle body, kira2 berapa ya biaya membersihkan throttle?
        1. bagaimana dengan system injection dan ECU nya,apakah 2 hal ini juga berperan dalam hal boros? bagaiaman perannya dalam kasus mobil saya ini?
        2. kapan membrsihkan klep harus dilakukan? apa tanda/indikasinya?

        terima kasih banyak atas pencerahannya boss..

        sukses selalu…

      • 15 Januari 2011 pukul 9:24 pm

        Biasanya sih dalam prosesi tune up ada ritual membersihkan throttle body. Harga kaleng untuk membersihkan throttle body sekitar 50rb-an.
        1. Betul. Tapi kalo indikator ECU tidak menyala ketika mesin hidup berarti semuanya normal.
        2. Membersihkan klep tidak ditentukan waktunya kapan. Selama mobil rajin dirawat & menggunakan BBM berkualitas bagus (Pertamina Pasti Pas) klep akan dalam kondisi bersih.
        Oh ya, apakah mobil bapak pernah kalibrasi injektor ??? kalo belum tak ada salahnya mencobanya. Artikelnya ada di blog saya, http://blognyamitra.wordpress.com/2010/03/07/kalibrasi-injektor-apakah-itu/

      • 387 Widyo
        16 Januari 2011 pukul 12:10 pm

        makasih boss…
        ternyata saya baru ingat throttle nya udah pernah dibersihkan bersamaan dengan EFI nya (kata montirnya), engine indicatior tidak menyala pada saat mesih hidup, berarti idak ada masalah dengan ECU kan?
        saya akan coba cari bengkel yang bisa kalibrasi injector di semarang (masih belum tau nih bengkel mana yang punya..hehe, ada info gak ya?)

        anyways, boss.. terima kasih atas pencerahannya ya, sangat membantu sekali, sukses selalu buat Anda, boss…!

        cheers,
        Widyo

      • 17 Januari 2011 pukul 7:36 am

        Yup, tidak ada masalah dengan ECU alias normal. Coba bapak ke bengkel resmi Toyota terkemuka di kota Semarang seperti Auto2000. Mudah2an mereka punya alatnya.
        Terima kasih kembali pak sudah mampir ke blog saya.

  162. 389 Lamoh
    15 Januari 2011 pukul 3:20 pm

    Mas, salam kenal
    saya mo tanyak ni.. tiba-tiba aja greco 92 saya stop engine mendadak trus dihidupin lagi ngk mau..harus dioffkan semua start lagi hidup tapi langsung mati lagi…kenapa ya

    • 15 Januari 2011 pukul 9:13 pm

      Wah kalo ini kudu dicek satu per satu seperti koil, kabel busi (longgar ato tidak), tutup kepala aki (longgar ato tidak). Busi yang udah mau mati juga bisa. Ato bisa jadi businya basah karena seal businya rusak sehingga oli membasahi sekitar busi.

  163. 391 yusuf
    16 Januari 2011 pukul 12:28 am

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih bro atas share ilmunya. Saya baru beli Greco tahun 93 kira2 2 bulan lalu, saya mau nanya beberapa hal bro :
    1. Kadang2 saat jalan lambat atau lagi berhenti,di bagian depan sebelah kiri bunyi “kreek..krek…”gitu bro, tapi klu kap mesinnya di tekan bunyi itu hilang. So, di kap mesin sblh kiri saya ganjal pake karet, emang sich bunyinya berkurang sedikit. Kira2 pengaruh apa itu bro? Apa ada hubungannya dengan engine mounting?
    2.Pernah waktu jalan, kelistrikan mati seperti AC, power window, indikator suhu mesin, speedometer, RPM. Tapi beberapa saat kemudian nyala lagi. Kira2 pengaruh apa ya bro?
    3. Lampu engine indicator sebelah mana/tandax seperti apa ya bro?
    Terima kasih atas sharex bro.

    • 16 Januari 2011 pukul 11:13 am

      1. Untuk mendeteksi bunyi2an memang butuh kecermatan untuk mencari sumber bunyi. Kap mesin yang kurang pas bisa menimbulkan bunyi. Kampas rem yang lengket&kotor juga bisa menimbulkan bunyi. Kaki2 seperti tie rod, as roda, shockbreaker yang sudah aus juga bisa menimbulkan bunyi. Engine mounting getas tanda2nya getaran mesin terasa sampe ke kabin.
      2. Saya pernah mengalami seperti itu pas dicek ternyata kabel aki longgar.
      3. Sudah lama gak megang greco, kalo tidak salah tempatnya di sebelah kanan, bentuknya gambar lambang mesin.

  164. 393 yusuf
    16 Januari 2011 pukul 12:03 pm

    Saya megang greco baru sktr 2 bulan.
    1. Klu kabel akix longgar seharysnya semuanya mati kan bro, tp tape ama jamx masih nyala?
    2. Sejak saya beli, kayaknya lampu engine indicator nyala, tapi ga kedip2 gitu bro. Tp pas mesinya nyala lampu indikatornya mati… Apa itu normal atau ada yg ga beres ya bro??
    Sekali lagi makasih ya bro atas sharex…

  165. 395 Edwin
    18 Januari 2011 pukul 11:00 am

    Mohon solusinya dengan gejala grecoku spt dibawah:

    Kalo pas pagi/mesin dingin, starter tanpa nginjek gas lancar jaya dan langsung nunjuk ke kisaran 700-800 RPM dan mesin bunyi kletek-kletek. Begitu nyala, kalo diinjak gas pelan-pelan, mesin malah mau mati serasa kehilangan tenaga.

    Krn selalu spt itu, aku coba starter pertama dengan selalu nginjak gas langsung sampe RPM 1200 selama kira-kira 15 detik. Nah, kasus mesin mau mati diatas jadi hilang, tapi masih bunyi kletek-kletek.

    Bunyi kletek-kletek lama-lama hilang setelah dipanasin kira-kira 5-10 menit. Suara mesin jadi halus.

    Soal lain -gak tau apa ini ada hubungannya- Kadang-kadang juga kalau pas diajak jalan pelan serasa nyendat-nyendat, maunya kenceng baru terasa mulus.

    Help..

    • 18 Januari 2011 pukul 2:04 pm

      Mungkin suhu mesin belum optimal sehingga kalo di gas rasanya agak berat. Apakah thermostatnya dilepas ??? kalo dilepas suhu mesin akan susah mencapai titik optimal.
      Bunyi kletek2 itu bisa jadi pengaruh dari oli yang digunakan. Oli yang agak kental ketika mesin dingin akan menimbulkan seperti bunyi kletek2 karena oli belum melumasi bagian2 terpencil komponen mesin.
      Diajak pelan jalan nyendat2, setelan mesin belum tepat. Waktu pengapian & kerenggangan katup/valve.

      • 397 Edwin
        18 Januari 2011 pukul 2:53 pm

        Saya awam soal mesin, jadi soal termostatnya dilepas atau enggak saya kurang faham.

        Btw, Greco saya kalo di ON kan (mesin belum nyala), sepertinya kipas radiator sudah jalan. Apakah ini mempengaruhi kondisi mesin menjadi susah mencapai titik optimal saat start?

        Saya baru dapat greconya sekitar sebulan, dan saya cek di catatannya saat ini memakai oli Prima XP. Apakah sudah cocok ataukah ada yg lebih recommended?

      • 18 Januari 2011 pukul 3:07 pm

        Kipas radiator harusnya nyala jika mesin sudah mencapai batas panas toleransi (sekitar 80-90 C). Sepertinya ama pemilik sebelumnya radiator di by pass sehingga ketika mesin di -ON kan langsung hidup. Sebaiknya kondisi ini dikembalikan ke standar pabrik. Yang penting spek oli & SAE nya sesuai dengan rekomendasi pabrikan, merek apapun asal sesuai gak ada masalah. Greco bisa pake oli SAE 20/50 ao SAE 10/40 tapi saya lebih condong ke SAE 10/40 yang lebih encer.

  166. 399 pepenk
    20 Januari 2011 pukul 10:39 am

    Salam Kenal
    saya punya greco’92, minta tolong pencerahaan dong. mobil saya kalo dinyalain kira2 5mnt rpm mobil menurun kaya mau mati tp terus tinggi lagi ga lama kemudian mati. di hidupkan lagi aga susah, lampu engine nyala

    • 20 Januari 2011 pukul 10:51 am

      Nah berhubung lampu engine nyala, untuk mengetahui problemnya harus di bawa ke bengkel yang punya alat scanner. Nantinya disitu akan ketahuan bagian mana yang mengalami masalah.Bengkel2 resmi Toyota biasanya punya alatnya.

  167. 401 Afrimon sangir
    20 Januari 2011 pukul 7:20 pm

    Salam kenal,

    Engine Toyota Great Corolla alias Greco 93 sering panas!!
    Apa yang harus dicek?????

  168. 402 Afrimon sangir
    20 Januari 2011 pukul 7:26 pm

    Salam kenal,

    Engine Toyota Great Corolla alias Greco 93 sering panas!!

    Packing sudah diganti, radiator sudah di cuci……Apa yang harus dicek?????

  169. 404 uge riyadi
    21 Januari 2011 pukul 4:37 pm

    aku baru beli greco 95 sekitar 3 bulan, ada yang ingin ditanyain sama suhu..
    1. pernah suatu waktu ketika jalan mesin nyala indikator lampu aki nyala agak lama terus mati lagi..kenapa ya?
    2. saat kecepatan 80-90 km/jam terdengan ada suara nging..nging…seperti suara kipas apakah itu tidak masalah?
    3. utk pengecekan normal oli power sterring, kopling, rem dan air radiator itu apakah setiap hari? karena setiap hari dicek ternyata mengalami pengurangan yg cukup signifikan mohon pencerahannya..

    sorry cukup banyak pertanyaannya mohon dapat dibantu, makasih..uge/bekasi

    • 21 Januari 2011 pukul 9:08 pm

      1. Indikator aki nyala mengindikasikan ada masalah di kelistrikan seperti pengisian aki tidak bekerja dengan baik. Coba cek alternatornya di bengkel aki seperti shop&drive.
      2. Untuk mencari sumber suara butuh kesabaran&ketelitian eksta. Berhubung sumber suara muncul pada kecepatan tinggi bisa jadi suara tsb berasal dari angin yang masuk lewat celah2 kabin, roda yang tidak balance dsb.
      3. Berhubung tiap hari berkurang berarti ada kebocoran. Dalam keadaan normal pemeriksaan minimal seminggu sekali.

  170. 406 doni
    24 Januari 2011 pukul 11:36 am

    salam kenal mas,
    saya pake great 95, saya mau tanya nih mas
    1. kmaren saya udah ganti joint & long terot tapi masih ada bunyi klutuk2 di depan katanya power stering nya, kira2 apa nya ?
    2. kalu ring seher kena oli harus basah ga?soalnya oli mesin abis terus tapi busi nya kering
    3. di blok atas mesin yang ada tulisan twincam, disitu rembes oli terus knapa ya mas?
    mohon pencerahannya, thanks sebelumnya

    • 24 Januari 2011 pukul 2:56 pm

      1. Untuk mencari sumber bunyi emang butuh kecermatan & ketelitian, karena sumber bunyi bisa dari shockbreaker yang sudah mati, karet di kaki2 yang sudah waktunya ganti, power steering dsb. Saran saya sebaiknya ketika mengecek bunyi2an, ajaklah mekanik / montir untuk tes jalan sehingga bisa diketahui penyebabnya.
      2. Ring seher yang sudah aus bisa menyebabkan oli berkurang. Tapi kalo busi masih tetep kering mungkin kebocoran ada di bak karter oli. Ato bisa juga packing mesin sudah waktunya ganti (merembes). Pemakaian oli yang kurang cocok bisa juga oli mesin berkurang karena terjadinya penguapan.
      3. Packing silinder head sudah waktunya ganti pak.

  171. 408 Irsandi
    25 Januari 2011 pukul 11:26 am

    Salam Kenal Mas.

    Saya punya GRECO tahun 1993, ada masalah di speedometer yang tidak berfungsi. Pertanyaan saya:
    1. Apakah speedometer ini menggunakan sensor atau cable, &
    2. Bagaimana cara mengatasinya/perbaikan agar dapat berfungsi kembali.
    Mohon penjelasannya, terima kasih.

    Salam.

  172. 411 syarif
    25 Januari 2011 pukul 12:01 pm

    Bos,

    Saya pemakai great thn 94, mau tanya kira” ada tempat rekomendasi bengkel untuk mobil great ?

    Thanks,

  173. 414 joko
    26 Januari 2011 pukul 12:00 am

    Salam kenal bos,
    saya pemakai great 95,kira2 3 bln lalu mobil kerendem banjir hingga ECU kebakar dan mulai saat itu banyak masalah mulai muncul hingga 1 bln lalu turun mesin total dan sdh ganti water pump hingga kampas kopling satu set..sblm turun mesin mobil keluar asap kayak kebakaran dan air radiator berkurang banyak dan olie sdh bercampur air.
    sekarang sdh bisa saya pake lagi tetapi mesin sangat kasar,tenaga kurang terutama saat AC nyala (gigi satu dan tanjakan)…pertanyaan saya :
    1. bagaimana cara mengatasi masalah suara kasar dan tenaga yg kurang saat AC nyala terutama gigi satu/saat tanjakan.
    2. ada masalah apa ketika mobil mati saat jalan (bukan mogok/mati mendadak,tp kurang imbangnya antara lepas kopling dan gas) saat di start tdk bisa (kayak aki tekor padahal baru ganti) dan harus nunggu 5 sd 10 menit baru bisa nyala.
    3. rekomendasi bengkel greco yg ahli mesin di sekitar jaksel.
    thanks ya bos.

    • 26 Januari 2011 pukul 7:55 am

      1. Turut prihatin atas musibah mobil bapak yang kerendam banjir. Mengenai suara kasar saya memperkirakan ada komponen2 yang bermasalah. Ketika mobil kerendam banjir air masuk ke sela2 mesin (oli sudah bercampur air). Oli yang sudah kecampur dengan air membuat daya pelumas oli berkurang drastis sehingga bisa mempengaruhi komponen2 mesin. Suara kasar yang ditimbulkan bisa jadi dari klep, metal jalan, metal duduk, dsb (akibat dari oli yang tercampur air). Tenaga kurang ketika AC nyala di gigi satu / tanjakan ada kaitannya dengan kondisi mesin yang kurang sehat tadi. Untuk memeriksanya memang harus ke bengkel yang bener2 ahli.
      2. Berhubung mobil pernah terendam banjir, permasalahan tidak hanya terjadi di mesin tapi juga di kelistrikan ato sektor pengapian misalnya koil.
      3. Silakan bapak mampir ke Garden Speed, Jl Muhasyim VII No 45 A – Cilandak Jakarta Selatan 12430 telpon 021-7512625

  174. 416 yanuar
    26 Januari 2011 pukul 10:43 am

    mw nanya bos…greco ane spedometer yg RPM ga jalan kenapa ya…ada yg bisa service spedometer ga di daerah bekasi n harganya berapa ya klo mo ganti yg copotan..krn ane tinggal di daerah bekasi…trus klo trotole mati tandanya g mana yah..makasih bosss….

  175. 418 yanuar
    26 Januari 2011 pukul 12:16 pm

    mw nanya lagi bos…greco ane RPMnya tinggi mungkin di atas 1200 padahal stelan RPM yang kabel udah mundur banget malah ga nyenggol pelatuk gasnya….apanya yg rusak yah..bs di benerin sendiri ga yah….makasih bosss….

    • 28 Januari 2011 pukul 1:28 pm

      Wah saya blom pernah ngutak ngatik setelan RPM di Greco, namun kalo di mobil merek lain pernah, di deket throttle body ada semacam baut,nah baut itu diputer2 pake obeng.Kalo di Greco saya kurang tahu persis.

  176. 420 dwi
    27 Januari 2011 pukul 11:07 pm

    maaf mas saya mau tanya karena sy baru beli greco th 94 AE 101 1600 cc efi (saya kira SEG)
    1.perbedaan apa aja antara GRECO th 94 type SEG dan AE -101
    karena punya saya GRECO AE 101 th 94 tidak ada setelan stir naik turun. sedangkan di type SEG punya temen saya sudah ada.
    apakah ada perbedaan lainnya spt mesin,tampilan, lampu atau yg lainnya?
    karena ini sgt menganggu saya, karena type SEG lebih populer
    2. dmana jual tutup safety belt yg menempel di penutup pilar blkg? krn punya saya sudah hilang shgga kelihatan tidak rapi
    3.apakah cocok menggunakan oli castrol magnetek? karena ada saran dr montir oli mesin menyesuaikan tahun mobil.karena oli mdel baru skr hanya pas untk mesin mobil tahun terbaru saja.

    trims

    • 28 Januari 2011 pukul 1:47 pm

      1. Setahu saya SEG itu yah AE-101, temen2 yg lain mungkin ada yang bisa bantu ??? Seharusnya ada koq setelan tilt steering.
      2. Komponen slow moving part rada susah nyarinya,coba cari di toko2 yg jual part copotan.
      3. Greco disarankan pake oli dengan kekentalan SAE 10/40 & SAE 20/50.

      • 422 dwi
        1 Februari 2011 pukul 3:10 pm

        TRIMS Om..
        setelah saya perhatikan lebih detail.ternyata perbedaan Greco AE 101 dan SEG
        1.stir di AE 101 tidak ada setelan naik turun
        2. AE101 :sebelah kanan stir tidak ada setelan lampu terangnya speedometer, di SEG ada
        3.setelan AC di AE101 msh menggunakan model geser, sdgkan di SEG sudah pakai model putar
        4. setelan blower ac didashboard depan AE101 msh model geser, sdgkan di SEG sudah model tombol
        5.jok sopir di AE 101 tidak ada setelan jok naik turun, sdgkan di SEG ada
        6.model stir AE 101 palang 3, sdgkan SEG palang 4
        ..
        apa ada perbedaan lainnya yg belum saya tulis diatas? thks

      • 1 Februari 2011 pukul 6:56 pm

        Trims atas infonya pak…

  177. 424 windi
    28 Januari 2011 pukul 7:05 am

    sorry ganggu bos, mo nanya nih.
    saya punya greco 92, sekitar setahunan, tapi belakangan ini ada beberapa masalah,
    1. kalo pagi susah dinyalain, kalo relay efi dicabut trus dipasang lagi mesin bisa nyala.
    2. gimana ya bos kalo mesin ngelitik dan rpm turun dari 1000 jadi 400 pada saat macet, indikator suhunya setengah kurang satu garis, masalahnya dimana ya?
    3. kenapa ya lampu indikasi rem tangan nyala padahal mobil lg jalan?

    thanks ya saya tunggu pencerahannya

    • 28 Januari 2011 pukul 1:57 pm

      1. Kalo susah start biasanya aki dah mulai tekor ato ada problem di dinamo starter (carbon brush sudah tipis).
      2. Coba cek idle up-nya, mungkin ada problem. Saat macet kalo suhu mesin naik bisa jadi ada yang kurang bagus di sistem pendinginan seperti kipas radiator tidak nyala ato putarannya lemah ato bisa jadi radiator banyak kerak.
      3. Coba cek ketinggian minyak rem, sapa tahu berkurang.

  178. 426 RUDI P
    28 Januari 2011 pukul 11:42 am

    MAAF Bos mau tanya ..

    saya baru ja beli greco 92 ..yang mau saya tanyakan bos ,soal kaki-kaki belakang tu tiap jalan nggak rata bunyi klotak2 pdahal dicek katanya shockbekernya nggak ada masalah.apa montirnya yang kurang teliti pa ada masalah yang lainya.
    terima kasih..

  179. 428 PAERO
    1 Februari 2011 pukul 7:21 pm

    BOS NUMPANG INFONYA SAYA BARU BELI GRECO MATIC TH 93, KALO PAS SAYA MULAI JALAN PERPINDAHAN KNP PERPINDAHAN GIGI MATICNYA TERASA MENGHENTAK YA TERUTAMA 1 KE 2 TERASA SEKALI, TRS JALAN AGAK NAIK KLO PKE POSISI D KOK TERASA BERAT YA, APA ITU NORMAL? MKSH YA BOS TOLONG DIBALAS YA

  180. 429 PAERO
    1 Februari 2011 pukul 11:41 pm

    BOS NUMPANG INFONYA SAYA BARU BELI GRECO MATIC TH 93, KALO PAS SAYA MULAI JALAN KNP PERPINDAHAN GIGI MATICNYA TERASA MENGHENTAK YA TERUTAMA 1 KE 2 TERASA SEKALI,APALAGI KLO NGIJEK GASNYA MENTOK, TRS JALAN AGAK NAIK KLO PKE POSISI D KOK TERASA BERAT YA, APA ITU NORMAL? MKSH YA BOS TOLONG DIBALAS YA

    • 2 Februari 2011 pukul 7:55 am

      Sudah pernah mengganti oli matik (kuras matik) ??? oli matik yg sudah lama (belum diganti) membuat perpindahan gigi tdk berlangsung mulus/nyentak & mesin kurang responsif. Utk Greco kalo gak salah butuh 8 liter oli matik. Gunakan oli matik berklasifikasi Dexron III. Kalo sudah pernah kuras matik & hasilnya tdk ada perubahan kemungkinan ada problem di girboks seperti kampas sudah mulai menipis.

  181. 432 Dodik
    7 Februari 2011 pukul 9:02 am

    salam kenal

    1. kalau bengkel greco sekitar Depok ada info?
    2. kemarin saya ganti EM depan merk Perfect buatan Thailand, mesin lebih halus. Kira-kira sampai berapa lama ya?
    3. as roda kiri diganti pakai as roda kijang (dibubut) apakah tidak masalah? karena dipakai smooth aja
    4. untuk nanjak, sebaiknya mulai pas injek gas gigi 1 RPM nya berapa ya?

    Dodik

    • 7 Februari 2011 pukul 11:02 am

      Salam kenal juga pak…
      1. Utk daerah Depok saya kurang tahu persis pak.
      2. Umur EM tergantung dari kualitas bahan. Kalo bahannya bagus bisa tahan ampe 5 tahun lebih.
      3. Saya belom pernah nyobain tapi sebaiknya pake as roda asli Greco karena kalo pake part lain yang sudah dibubut saya mengkhawatirkan daya tahan kekuatan materialnya (berkurang).
      4. Tergantung kebiasaan pengemudi pak, tapi sebaiknya sih RPM nya jangan tinggi2 amat. Yang penting masukin gigi jangan ampe mesinnya mati…

      • 434 Dodik
        7 Februari 2011 pukul 11:16 am

        tq pak atas quick responnya. ada mau tanya lagi:

        1. untuk full check up greco ada bengkel atau montir rekomendasi?
        2. sejauh ini belum ada masalah sih, tapi biasanya 1 liter itu untuk berapa KM ya buat greco?

        nanti saya add di FB

        salam
        DO DIK

      • 7 Februari 2011 pukul 11:36 am

        1. Salah satu bengkel rekomendasi Garden Speed, Jl Muhasyim VII No 45 A – Cilandak, Jakarta Selatan, phone : +62-21-7512625
        2. Konsumsi bensin tergantung traffic lalu lintas, kalo sering macet bisa 1:7-8, kalo normal bisa 1:10, luar kota lancar bisa 1:12.

  182. 436 dwi h
    9 Februari 2011 pukul 12:17 pm

    om mau tanya lagii…
    dimana beli part
    1.headlamp greco copotan yg ori..cari yg murah
    2.emblem “TOYOTA” dan “1.6 SE G” bagian belakang yg seken..soalnya yg ori mahal bgt
    3.tutup safety belt di pilar belakang kodepart 6248812010 & 6248712020
    minta alamat dan no telp yang dijakarta ya om..soalnya posisi saya di jawa tengah..

    trus kalo pagi hari mesin dinyalakan di knalpot keluar asap putih dan air menetes ..apakah ada komponen mesin yg bermasalah? karena setahu saya tarikan dan performa mesin msh normal

    thks ya om..

    • 9 Februari 2011 pukul 1:53 pm

      Coba hubungi Jaya Motor Toyota Atrium Senen 021-3867918, Kramat Motor Toyota Atrium Senen 021-3847017. Pagi hari manasin mesin keluar asap putih & air netes wajar aja pak, itu embun. Tidak ada masalah dengan mesin.

  183. 438 ade
    11 Februari 2011 pukul 3:32 am

    t4 sharing yng mantap ni om..blog nya mantap bgt…
    saya mo nanya ni om, mengenai creco 95 yg buat saya pakai harian. pertanyaan nya:
    1. pada saat jalan pelan, kenapa mobil terasa goyang, padahal kondisi jalan rata. ( terasa sekali goyangannya pada bagian belakang . klo udah kenceng jalan nya smoot lg.

    2. pada saat mulai jalan pada tarikan 1 atau 2, terasa ada hentakan (bunyi “tak”) pada mesin. buat hindari bunyi tersebut, biasa saya melepas kopling pelan2. susah nya pada saat start jalan pada lampu merah. kalo buru2 melepas kopling, terasa sekali hentakan tersebut.

    3. apa gejala yng bisa dirasakan, jika as kopel dalam sudah rusak.

    4. oli agak keluar dri celah lubang busi 1. apa penyebabya ini ya om?

    maaf ya om, pertanyaan banyak bgt..untuk jawaban dan pencerahan nya..saya ucapkan terimaksih banyak..semoga blog ini semakin rame.

    • 11 Februari 2011 pukul 8:01 am

      1. Coba roda belakang di dongkrak kemudian ban digoyang2. Kalo ban bergoyang kemungkinan laher ato bearing roda yang sudah waktunya ganti.
      2. Hentakan…hhhmm…dalam keadaan stasioner mesin bergetar gak ??? kalo bergetar tidak wajar kemungkinan engine mounting sudah getas. Nah analisa saya engine mounting yang sudah getas bisa menyebabkan hentakan ketika mobil berakselerasi karena mounting tsb kan fungsinya buat menahan getaran mesin.
      3. As kopel rusak gejalanya timbul bunyi seperti besi beradu ketika mobil melewati jalan keriting terutama saat ketika stir di belokkan ke kiri ato ke kanan.
      4. Seal (karet) busi sudah waktunya ganti, jadi ketika mesin nyala oli ngerembes lewat situ.
      Amien…Trima kasih juga mas bro atas doanya & sudah mampir ke blog saya…

  184. 440 Dodik
    11 Februari 2011 pukul 9:28 am

    maaf kang tanya lagi nih:

    1. minyak rem dan kopling mobil greco 95, tertera pake shell donax B. Kalau sekarang saya pakai minyak rem Toyota Dot 3 apakah nanti masalah? atau sebaiknya dikuras aja atau tetap pakai shell donax B?
    2. untuk oli kompresor dengan freon R134 tertera ND-oil 08. Kalau kita pakai merk Suneso atau M Carate nanti bermasalah ga ya?

    tq

    • 11 Februari 2011 pukul 2:11 pm

      1. Sebaiknya sih dikuras cuman kan repot tapi ada yang bilang (ahli otomotif) kalo kecampur gpp asalkan speknya tetep sama DOT3.
      2. Menurut saya yang penting sama2 R134. Cuman hati2 aja, ada freon yang palsu, sebaiknya dilakukan di bengkel AC yang rekomended.

  185. 442 paero
    11 Februari 2011 pukul 10:56 am

    Bos ganggu lg nih !!!
    1. Bos Klo mobil bergetar saat berhenti knp ya?tp klo dah jalan gak bgt terasa!
    2. apa engine mountingnya?
    3. kira2 brp bos hrgnya?
    4. bisa dikanibal pake punya kendaraan lain gak?
    5. aku tinggal dijgj barang exs singapur di daerah mana ya?

    • 11 Februari 2011 pukul 2:14 pm

      Bisa jadi engine mountingnya bro… untuk harga saya kurang tahu persis. Dikanibal dengan kendaraan lain asal dudukannya sama persis rasanya gak masalah. Untuk daerah Jogja saya kurang tahu tempatnya dimana.

  186. 444 ade
    12 Februari 2011 pukul 1:08 am

    makasih bgt jawaban sebelum ya om…
    (untuk pertanyaan no. 2.) pernah juga saya tanyain ke bengkel, kata montir nya as kopel bagian dalam sudah perlu di ganti. apa betul itu om..pada saat stasioner mesin gk bergetar kok om..o iya, nambah keterangan nya, kalo habis mundur trus kita lgsung maju lagi pake gear 1, hentakan itu kadang hilang..

    ada pertanyaan lgi nih om..hehe:
    pada saat star jalan dijalan tanjakan yg berat, dan kondisi dimana kita tidak bisa langsung kenceng/akselerasi ( pada kondisi jalanan macet/antrian), kenapa ban depan kiri agak bergetar gitu dan susah untuk tarikannya, setalah nambah gas, baru getaran itu hilang dan jalan nya normallagi ..kalo dalam keadaan melaju pada jalan tanjakan, powernya dapat om dan tidak ada getaran seperti keterangan diatas..

    Terimakasih lg ya om atas jawabannnya>>>

    • 12 Februari 2011 pukul 12:29 pm

      Saya coba jawab… As kopel sudah waktunya ganti jika mobil berjalan timbul suara berisik terutama bunyi itu muncul ketika stir dibelokkan. Boot / karet yang sobek sehingga pelumasannya kering merupakan salah satu penyebab as kopel jebol. Apalagi kalo mobil pernah nerjang banjir.
      Kemudian yang masalah hentakan mungkin ada problem di mekanisme gigi2nya. Waktu oper gigi perpindahannya gimana ??? Lancar ato ada getaran ato kadang2 susah masuk ??? Kalo hal ini muncul ada problem di dekrupnya.
      Ban depan kiri bergetar ada beberapa kemungkinan seperti permukaan ban tidak rata ato velg peyang. Semoga jawaban saya membantu…

  187. 446 ade
    13 Februari 2011 pukul 1:04 am

    Trmksh sblm nya…Pada oper gigi gk ada masalah om, lancar dn smoth. Tapi akhir2 ini koplingnya agak keras gtu dri biasanya. Tapi oper gigi gk ada masalah msih smoth om

    Om..bisa mt id fb nya gk? Di inbok aja om..trims..

  188. 450 parman
    14 Februari 2011 pukul 3:24 pm

    Mau tanya om great saya thn 1993
    Apa namanya part yang ada di sebelah kiri Idle Up AC yang nempel di bodi depan karena punya saya selangnya mulai melumer ..tks

  189. 14 Februari 2011 pukul 6:02 pm

    sore..bro..
    numpang menyemak ya…

  190. 454 uge riyadi
    14 Februari 2011 pukul 6:07 pm

    Sore master..semakin sering nih berkunjung ke blog ini..mantab benar,.

    ada 3 pertanyaan yang ingin ditanyakan suhu :
    1. Untuk kaki-kaki lebih baik dibengkel resmi toyota ato yang bengkel khusus kaki-kaki, karena katanya bengkel resmi terkadang ada kaki-kaki yang suntikan jadi hanya bertahan beberapa bulan saja apakah benar?
    2. untuk tune up mesin sebaiknya berapa ribu km sekali atau hitungan bulan?
    3. mohon alamat assesoris utk greco yang murah dimana ya? dari karet-karet pintu,sampai dengan lubang ac.

    terima kasih atas jawabannya, semoga blognya terus rame dan tambah pengetahuan buat yang baca…
    salam,
    uge riyadi

    • 14 Februari 2011 pukul 6:59 pm

      Terima kasih pak atas pujiannya, jadi ge er nih hehehe… Yang jelas bukan master pak, saya hanya sharing pengalaman :)
      1. Kalo di bengkel resmi biayanya mahal dibandingkan dengan bengkel umum karena ongkos jasanya mahal & konsumen kena pajak. Beda dengan bengkel umum, harga masih bisa nego. Masalah shockbreaker suntikan di bengkel resmi setahu saya itu tidak benar karena bisa merusak reputasi bengkel resmi. Bengkel resmi tidak pernah mengakali part.
      2. Setiap 5000 KM ato tiap 3-4 bulan sekali. Mana yang tercapai lebih dulu.
      3. Kalo toko asesoris saya gak punya langganan tetap, suka pindah2 toko. Kalo di Jkt bisa mampir ke Pasar Mobil Kemayoran ato ITC Dutamas Fatmawati.

  191. 456 Rudi.p
    16 Februari 2011 pukul 5:39 pm

    punten boss.
    mau tanya ni, greco saya 92 kalau tiap banting stir kanan maupun kiri posisi berhenti kuk bunyi cit..cit..gitu ya boz ..padahal aku cek nggak ada tikusnya lho bos..hehe bercanda.itu bunyi apa ya boz ? mohon masukanya..

    • 16 Februari 2011 pukul 9:23 pm

      Kemungkinan sumber bunyi dari mekanisme power steering. Oh ya bisa juga dari belt2 misalnya timing belt, belt AC ato belt alternator.Belt2 itu kalo bunyi mirip decit tikus. Solusinya semprot pake belt dressing.

  192. 459 syarif
    17 Februari 2011 pukul 4:16 pm

    sore bos mitra,

    ada yang mau ditanyain lagi nih..khususnya untuk masalah tune-up injection sama beberapa hal lainnya :

    1. untuk tune-up mesin apakah sebaiknya harus ke bengkel resmi ? atau bisa juga di bengkel yang recommended ? karena suka juga sharing sama temen” yg lain katanya lebih bagus di bengkel resmi karena mereka punya data” untuk setiap merk mobil (khususnya toyota dalam hal ini), dan juga untuk masalah biaya apakah beda jauh kalau tune-up di bengkel resmi dgn bengkel biasa ?

    2. untuk filter oli, filter bensin, itu sebaiknya setiap berapa KM harus dibersihkan atau mungkin diganti ?

    ohya, saya juga pernah dapat rekomendasi bengkel Garden Speed dari bos mitra, apakah bengkel tersebut rekomen untuk permasalahan di No 1 ?

    sekiranya mungkin baru itu saja yang masih ingin saya tanyakan..

    hatur nuhun,
    salam,

    Syarif

    • 17 Februari 2011 pukul 9:01 pm

      1. Untuk tune up mesin bisa di bengkel resmi & bengkel umum tapi yang rekomen. Apa yang dikatakan teman anda memang benar namun saat ini bengkel2 umum banyak yang berkualitas. Untuk masalah biaya yang pasti lebih mahal bengkel resmi. Salah satu bengkel rekomen adalah Garden Speed.
      2. Untuk filter oli sebaiknya diganti tiap 10.000 km ato setiap 2 kali ganti oli mesin. Sedangkan filter bensin minimal dibersihkan setahun sekali ato tiap 20.000 km. Kalo filter bensin sudah terlalu kotor sebaiknya ganti baru.

  193. 462 Jimmy
    24 Februari 2011 pukul 4:09 pm

    Apa bedanya Great Corolla 1.6 SEG dan yg hanya SE

  194. 463 ade
    25 Februari 2011 pukul 10:23 pm

    0m…ada yg jual lambang toyota yg di gril depan gk om..tapi jualan nya yg Online gtu. yg bisa di percaya gtu deh om, trus yg pasti murah bgt..hehe..masalah nya, di sumbar kagak ada yg jual tuh om. o iya…boil nya greco 95..trims bgt ya om, atas info nya.

  195. 465 bento
    28 Februari 2011 pukul 5:49 pm

    Bos mitra, saya mau tanya nih,,,,Jika great rotaknya (pompa bensin) bermasalah, gejala-gejala apa yang akan kita rasakan/hadapi saat mesin sedang hidup dan mobil jalan. trima kasih atas jawabannya.

    • 28 Februari 2011 pukul 6:48 pm

      Pompa bensin bermasalah dari awal sudah ada gejala seperti mesin susah distarter. Selain itu kalo jalan mobil terasa ndut2an karena suplai bahan bakar terganggu. Kalo sudah parah mobil bisa mogok.

  196. 467 Irsandi
    1 Maret 2011 pukul 11:59 am

    Selamat siang pak.

    Saya punya GRECO, kalau 3 hari tidak dihidupkan tidak bisa di start (tidak mau hidup) ada masalah dimana yea pak. Punya rekumendasi nama toko dan no telpon penjual karet untuk di pintu. Maaf numpang pak, saya punya 1 set lampu sein yang dibember warna kuning kondisi baru masih ada kotaknya (ada yang berminat bisa menghubungi di 085246330030, terima kasih.

    Salam.

    • 1 Maret 2011 pukul 2:37 pm

      Akinya mungkin sudah waktunya ganti. Disamping itu dinamo starter juga bisa jadi penyebab. Untuk toko yang jual karet pintu saya tidak punya kenalan tapi bpk bisa mampir ke Pasar Mobil Kemayoran, disana banyak yang jual.

  197. 469 Irsandi
    1 Maret 2011 pukul 12:00 pm

    Selamat siang pak.

    Saya punya GRECO, kalau 3 hari tidak dihidupkan tidak bisa di start (tidak mau hidup) ada masalah dimana yea pak. Punya rekumendasi nama toko dan no telpon penjual karet untuk di pintu. Maaf numpang pak, saya punya 1 set lampu sein greco 93 yang dibember warna kuning kondisi baru masih ada kotaknya (ada yang berminat bisa menghubungi di 085246330030, terima kasih.

    Salam.

  198. 473 bento
    4 Maret 2011 pukul 4:32 pm

    bosmitra…,great saya mudah starter, langsarm, pada saat mesin mendekati panas rpm kan harusnya menurun dan mesin menjadi halus suaranya, tapi saat ini tidak, RPM tetap kemudian lampu engine hidup dan mesin tetap hidup terus tapi tidak mau digas, lira-kira kenapa yah bos? mohon pencerahannya.

    • 4 Maret 2011 pukul 9:53 pm

      Begini pak, berhubung lampu check engine hidup dipastikan ada sensor2 yang bermasalah. Untuk mengetahui sensor mana yang bermasalah harus ke bengkel untuk dicek dengan scanner engine analyzer. Biasanya bengkel2 resmi ato bengkel2 umum terkemuka punya alatnya.

  199. 475 ade
    7 Maret 2011 pukul 12:52 am

    nanya lg nih om…klo ektra van di jumper (idup terus),ada pengaruhnya gk ke mesin ato ke sensor2 lain nya (greco 95). maslahnya ektra van nya gk bisa idup secara otomatis lagi, kta montir di bengkel switch ektra van dah rusak, makanya sm montir ektra van nya di jumper ( mobil star, ektra van jg lgsung idup)…bagus nya gmn tuh om? trms ya om..

    • 7 Maret 2011 pukul 7:16 am

      Ekstra fan kalo di jumper membuat suhu kerja mesin akan susah untuk mencapai suhu optimal karena fan hidup terus2an. Kalo suhu mesin tidak optimal berpengaruh pada konsumsi BBM. Disini ECU akan memerintahkan injektor untuk mensuplai bensin dalam jumlah banyak karena sensor membaca mesin masih dalam keadaan dingin.

  200. 480 bento
    7 Maret 2011 pukul 2:17 pm

    sudah di cek pake scanner dibengkel, tapi nggak ada masalah yg terdeteksi, orang bengkel bilang nggak ada apa-apa, kemungkinan fullpump katanya, tapi fullpump saya sudah ganti baru dan filter bensin juga baru (ori), tpi penyakit belum juga hilang…please boss….

  201. 7 Maret 2011 pukul 2:34 pm

    Relay fuel pumpnya gimana pak ??? apakah sudah diperiksa ??? kalo misalnya masih ada belum teratasi, coba ke bengkel yang lain untuk minta pendapat second opinion.

  202. 7 Maret 2011 pukul 2:53 pm

    Daftar harga komponen Greco (tabloid otomotif no.386 3-9 Maret 2011)
    engine mounting kanan Rp550rb,seal pompa power steering Rp130rb, seal rack power steering Rp300rb, tie rod Rp150rb, long tie rod Rp450rb, as roda Rp350rb, balljoint Rp250rb, koil Rp300rb.

  203. 483 reni
    7 Maret 2011 pukul 8:25 pm

    mau tanya nie…kalo greco 93 waktu jalan posisi normal,tapi waktu dinyalakan AC-nya trus mesin mobil mati. gak bisa distart lagi.. kira kira apanya ya? kalo mau tambah power window untuk 4 pintu biayanya berapa ya? mksih infonya.

    • 8 Maret 2011 pukul 7:18 am

      Begitu AC nyala terus mesin mati berarti RPM tiba2 langsung ngedrop yah ??? kalo iya berarti ada problem di idle speed control. Untuk harga power window saya kurang tahu persisnya berapa.

  204. 485 yopi
    7 Maret 2011 pukul 10:17 pm

    Mas . mau tanya harga ring seher / seher great corolla th 95 sekitar brp ya?….n biaya pasang?

  205. 487 reni
    9 Maret 2011 pukul 6:44 pm

    maksudnya idle speed control tuh apanya? tahun 93 tuh udah sistem injeksi ya? katanya kalo dah kena injeksinya mahal ya biayanya?

  206. 488 reni
    10 Maret 2011 pukul 6:22 am

    bos harga kisaran untuk tahun 95 plat B warna hitam berapa ya? kalo ada info yg jual 7 masih bagus kabari ke e-mail aku ya…tq

  207. 490 bento
    10 Maret 2011 pukul 4:01 pm

    Relay fuel pump posisinya ada dimana bos and bentuk sperti apa? trus ralay yang baik bagaimana dan yg rusak bagaimana ? terims bos mitra.

    • 11 Maret 2011 pukul 7:00 am

      Relay bentuknya kotak yang ada kaki2nya. Pernah ganti relay fuel pump tapi bukan mobil Greco (merek lain) sedangkan untuk Greco saya kurang tahu persis letaknya dimana, bisa ditanyakan ke bengkel.

  208. 492 Dodik
    13 Maret 2011 pukul 12:05 am

    ada saran dari bengkel ac, agar ac dingin:

    1. saluran udara buat heater dari radiator ditutup, hal ini apa benar pak dan apa pengaruhnya?

    2. katup buka tutup di atas blower ditutup sehingga udara luar benar2 tidak dapat masuk. Hal ini berarti tombol yg ada (sirkulasi dan udara luar masuk), hanya yg berfungsi buat yg sirkulasi saja ya? mohon masukan tq

    salam

    • 13 Maret 2011 pukul 3:45 pm

      Belum pernah nyoba pak. Cuman kalo saluran buat heater ditutup nanti kalo pas hujan agak repot pak. Kaca depan berembun gak bisa dihilangkan karena heaternya sudah ditutup. Mungkin ada rekan2 lain yang sudah pernah mencobanya ???

      • 494 Dodik
        14 Maret 2011 pukul 5:36 am

        betul, pak tq. Kalau hujan agak repot, anti embunnya ga bisa jalan. Tapi ada teman bilang walaupun udah ditutup tetap bisa jalan anti embunnya.

        Sepertinya tukang bengkelnya agak males, jadi main lak ban aja. Dia ga mau nyariin busa baru buat katup buka tutupnya. tq

  209. 495 ade
    13 Maret 2011 pukul 3:17 pm

    om…maaf nanya lagi yaa… ini ada problem baru..
    tiba2 aja mobil nya gk mau hidup. bisa nya di star aja..padahal seblumnya gk ada tanda2 masalah. semua lampu indikator wktu kontak acc normal. kata orang bengkel, pompa minyak nya rusak dan perlu diganti. pertanyaan nya, apa memang bener pompa minyak harus lgsng diganti. atau apa bisa jadi sekring/relay pompa nya dulu. dan letak sekring nya dimana ya om? ( di bawah dasbor atau di kap mesin). nanti diganti pompa minyaknya, ternyata cm relaynya aja yg rusak. kalo kata orang bengkel disuruh ganti pompa minyaknya. mmg sm orang bengkel belum di cek, nanya nya via telp. untung gk mau hidup nya pas dah di garase, jd gk terlalu panik. hiks..hiks..

    o iya ada lagi nih om..

    kemaren2 great nya ganti kanfas kopling, matahari + lahar kopling dan busi.. sebelum pengantian, tenaganya mesinya mantap. namun stelah ganti part diatas, kok powernya jd loyo, klo pas mau masuk jalan tanjakan ( pada saat gigi 3 rpm kira2 2000), dan kita nambah gas, gas nya terasa berat bgt dan musti diganti sama gigi 2 baru tenaga nya keluar. biasanya sebelum ganti kopling dll nya, masalah tersebut tidak ada.. kira2 masalahnya dimana ya om. apa pemasangan kopling dan mataharinya gk tepat. apa bisa disetel ulang pemasangan kopling nya. ganti nya udah 2 minggu kemaren.

    terimaksih bgt ya om..atas jawabannya.

    • 496 ade
      13 Maret 2011 pukul 3:24 pm

      tambahan dikit om…pernah saya baca2 di blog sebelah, katanya pompa minyak untuk greco bisa di ganti sma punya toyota kijang efi yg harga nya lebih murah. apa benar itu om..trims..

    • 13 Maret 2011 pukul 4:08 pm

      Pompa minyak, maksudnya pompa bensin yah pak ??? untuk mengetahui pompa bensin masih hidup ato tidak yaitu ketika kunci kontak di on apakah pompa tsb bunyi ato tidak. Cobalah buka jok belakang (bawah) & dengarkan dengan seksama. Kalo pompa bensin tidak bunyi ada 2 kemungkinan relay pompa bensinnya ato pompa bensinnya sendiri sudah mati. Dalam keadaan darurat pompa bensin bisa diakali. Ketika kunci kontak dalam posisi ON, gedor2lah bagian atas tangki (setelah jok dibuka). Hanya saja cara ini gak bisa dilakukan berulang kali / hanya bersifat sementara.
      Untuk permasalahan kedua seharusnya tidak begitu. Apakah oli transmisi sudah diganti dengan yang baru ??? kalo oli transmisinya baru bisa jadi ada yang kurang tepat pemasangannya. Untuk yang satu ini bapak bisa komplain ke bengkel. Biasanya pihak bengkel baik itu resmi atopun non resmi memberi garansi selama 1 bulan ato 1000 km, mana yang dicapai lebih dahulu. Oh ya bisa jadi pemakaian businya kurang cocok. Coba deh pak dicek dulu kode businya, apakah sudah sesuai dengan standar pabrik ato tidak.

      • 498 ade
        13 Maret 2011 pukul 8:48 pm

        sebelumnya terima kasih atas jawabannya ya om…
        iya pompa bensin om..hehehe..
        untuk oli transmisi, oli transmisinya di ganti juga wktu ganti kanpas kopling. kayak nya mekanik kurang ahli om, diliat yang sudah2, main ganti baru semua..kita beli part ny a ke toko lain. nanti klo part yg di beli gk rusak, kan mubazir..hehehe..contoh nya aja waktu ganti kopling kmren, kanfas nya masih tebal ( 75%) tapi ttp disuruh ganti. trus switc extra van katanya rusak, krn extra van nya lgsng idup. dengan sdkit ilmu coba2, saya amplas switc, krna di ujung switc keraknya dah tebal..ternyata extra van nya aktif lagi. indikator suhu sampai 1/2 baru exra van nya nyala. masih normal kah itu om? apa gk kelamaan sampai 1/2 baru exra van nyala.

        dari pengalaman sprti itu, jd mals aja saya komplain sama montir nya mengenai power engine yg jd loyo tadi. nanti disuruh ganti part yg lain dan otak atik yg lain, untung2 masalah nya teratasi..
        rencana nya masalah mobil gk mau idup, saya mau nyari bengkel lain aja om..kalo menurut si om, masalah nya apa ya om? kok tiba2 mobil gk bisa idup gitu??

        o iya..apa maksd ” kalo oli transmisinya baru bisa jadi ada yang kurang tepat pemasangannya “. maksudnya oli tranmisinya ato pemasangan kanfas kopling, dekrup dan laharnya yg kurang tepat om?

        maaf ya om, pertanyaan banyak bgt dan berbelit belit…hehehe…

      • 499 Dodik
        14 Maret 2011 pukul 5:38 am

        coba di tes, jumper E1 dan TE1 ya. nanti bisa ketahuan masalahnya, sambil di on kan

      • 500 ade
        14 Maret 2011 pukul 11:23 pm

        mas dodik..itu buat tes apa mas?? trus buat suhu 1/2 baru idup extra van nya, apa itu masih normal mas? apa gk kelamaan? trims..

      • 501 Dodik
        22 Maret 2011 pukul 11:08 am

        cari kotak yg ada tulisan diagnostics, kemudian jumper E1 dan TE1 dan kunci pada posisi on, nanti ada kode2 yang bisa memberitahukan kerusakannya dibagian mana. untuk kode2 bisa searching milist great corolloa club, tq

      • 22 Maret 2011 pukul 1:46 pm

        Sippp deh infonya bro… :)

  210. 504 bento
    14 Maret 2011 pukul 11:11 am

    teman-teman ada yg tahu dimana letak relay pompa bensin u/ great corolla ? dan busi standar pabriknya type apa ?, kalo pompa bensin yg KW (bukan ori) kuat btahan brapa lama ?, trima kasih atas sharingnya..teman.

  211. 505 bento
    14 Maret 2011 pukul 11:13 am

    sorry tambah dikit lagi nih….., brapa besar kemungkinan injektor great corolla mampet, dan apa tanda-tandanya ?

  212. 507 yudi
    14 Maret 2011 pukul 1:05 pm

    Mhn pencerahannya mas,
    saya baru setahun menggunakan all new corolla, dan baru seminggu ini ada bunyi krek krek pada saat mobil mau belok, apabila jalan lurus bunyi tidak ada, apa bener ada masalah ditierodnya permasalahannya dmn mass, seberapa bahaya itu mas untuk perjalanan sekitar 20 km.

  213. 510 bento
    14 Maret 2011 pukul 2:27 pm

    teman-teman ada yg tahu dimana letak relay pompa bensin u/ great corolla ? dan busi standar pabriknya type apa ?, kalo pompa bensin yg KW (bukan ori) kuat btahan brapa lama ?

  214. 512 alan
    14 Maret 2011 pukul 8:40 pm

    mhon pencerahannya maz, greco sy waktu lewatin lobang jalan pelan2, roda depan kiri kyk bunyi krek gitu, mirip bunyi engsel gk di minyakin, kira2 apanya tuh ya maz? trims atas pencerahannya..

  215. 514 parman
    15 Maret 2011 pukul 8:36 am

    Mas
    As roda yang harus diganti itu as roda luar kan

    Trim

    Salam

  216. 515 Arief Effendy
    15 Maret 2011 pukul 9:09 am

    Salam Kenal,

    Mas Mitra yang baik,

    saya mau tanya,
    1. Apakah Aki greco bisa diganti dengan aki kering ? Standarnya ukurannya berapa amper ?
    2. Kaca greco saya ada baret di kaca depannya, saya liat bekas karet wipper, karet dah di ganti tapi tetep baret, bagaimana cara menghilangkan baret2 tsb ?

    Terima kasih

  217. 519 awe
    15 Maret 2011 pukul 10:27 am

    Salam kenal,…
    mau tanya bengkel utk retractable mirror great corolla di Jakarta tau bogor di mana? trim’s sebelumnya

  218. 521 ade
    15 Maret 2011 pukul 11:02 pm

    om mau naya dan nambah pengalaman lagi…apakah pompa bensin pd greco, kunci kontak posisi “on” tidak terdengar bunyi “berdesis” tanda pompa bensinya bkerja, seperti pad avanza, inova dll..apakah pada greco memang gk ada terdengar bunyi tersebut..atau pompa besnsin nya dah mulai turun kinerjanya? trims ya om

    • 16 Maret 2011 pukul 8:16 am

      Bunyi akan terdengar jika jok bawah belakang dilepas. Kalo dalam kondisi biasa, agak susah mendengarkannya. Pompa bensin mulai turun kinerjanya jika mobil terasa ndut2an karena suplai bahan bakar ke injektor berkurang.

  219. 523 Maftuh M
    17 Maret 2011 pukul 1:09 pm

    Mas, greco saya th 95, untuk tarikan, suspensi dan konsumsi bahan bakarnya sudah oke, tapi kenapa ya kalo kondisi dingin dihidupin mesinnya ada suara klitik2 sekitar 20-30 detik, setelah itu mesin kembali halus, kemudian untuk mencapai suhu mesin normal kok lama, sekitar 10 menit, jadi kalo mau buru-buru malah terasa makin lama, pernah saya coba paksa jalan mesin belum cukup panas, jadinya ndut-ndutan.gimana solusinya ya, thanks banget sebelumnya

    • 17 Maret 2011 pukul 1:19 pm

      Pemakaian oli dengan kekentalan encer seperti 10-40 bisa menimbulkan bunyi klitik2 di awal. Untuk mencapai suhu normal seharusnya gak nyampe 10 menit. Apakah thermostatnya dilepas ??? kalo iya berarti itu penyebabnya, mesin butuh waktu lama untuk mencapai suhu ideal.

  220. 525 Maftuh M
    17 Maret 2011 pukul 1:24 pm

    Saya sebetulnya masih jatuh cinta sama greco saya yang sudah setia sejak th 2004, tidak banyak rewel dan cukup nyaman dipakainya, tapi saya pingin yang lebih muda, kalo Corolla Altis apa perawatan dan ke-bandel-annya kayak greco ya?

  221. 528 chandra
    18 Maret 2011 pukul 4:37 pm

    salam GreCo,

    saya pemake mobil greco 94 , mau nanya kapan waktu nya untuk pergantian minyak rem

    terima kasih sebelumnya

  222. 531 Maftuh M
    19 Maret 2011 pukul 11:04 am

    Makasih ya atas jawabanya, next akan saya coba olie yang lebih kental, selama ini saya pakai yang 10-40, kira-kira nanti pengaruh nggak ke tarikannya? oh ya ponakan saya juga pakai greco, tahunnya 94. katanya kalau mesin dingin dihidupin nggak bisa langsung stabil, rpm nya naik turun sendiri, setelah beberapa saat baru stabil. gimana tu mas?

  223. 533 chandra
    23 Maret 2011 pukul 5:37 pm

    salam GreCo,

    saya sudah ganti engine mounting Rh di dekat timing pake part original toyota , tetapi masih ada terasa getaran di stir.kira-kira apa lagi yach yang bermasalah.
    dan mohon info apakah kualitas shockbreker TRW cukup bagus
    terima kasih atas perhatiannya

  224. 537 dokter
    23 Maret 2011 pukul 7:43 pm

    saya mo nanya ni…kok greco 94 saya kebut2 an ama avanza 1300 cc kalah breco gw.??? ada yg bs jelasin?

  225. 538 chandra
    24 Maret 2011 pukul 12:12 pm

    Dear ALL,

    Mohon bantuannya untuk informasi supplier bedliner , karena saya mau pasang di mobil double cabil greatwall.
    terima kasih sebelumnya

  226. 539 chandra
    24 Maret 2011 pukul 5:41 pm

    Salam GreCo,

    Saya mau bertanya apakah saat mobil di tune up , injector harus di kalibari juga ?
    mohon informasinya

  227. 26 Maret 2011 pukul 3:33 pm

    sy punya great 92, mau tanya kalau porsenelingnya agak keras itu apanya bos,kalau berubah dr gigi selanjutnya itu lo boss.Tks infonya

  228. 543 Dodik
    28 Maret 2011 pukul 3:32 pm

    ketika pakai greco jarak jauh 30 KM, ac, tape nyala, kemudian mesin mati karena salah masuk gigi, pas ngerem. setelah netral dan mau dinyalain lagi, spt ga ada listrik, ditunggu 10-15 detik baru bisa kontak lagi dan nyala, kira2 kenapa ya? TQ

  229. 547 Arief Effendy
    30 Maret 2011 pukul 4:20 pm

    Mas Mitra Yang baik,

    Saya mau tanya

    1. kenapa kl lewat jalan yang rada jelek, greco saya kayak “gerobak” ya. Apakah shock brekernya ada masalah ?
    2. Kalo pas belok ada bunyi2an yang gak enakin didenger telinga dri daerah depan mobil saya

    • 30 Maret 2011 pukul 8:42 pm

      Salam kenal pak :)

      1. Kaki2nya sudah kena pak, coba di cek mulai dari tie rod, ball joint, bushing hingga shockbreaker. Sebaiknya dibawa ke bengkel yang ahli.
      2. Bunyi ketika mobil belok biasanya as roda / cv joint sudah waktunya ganti. Kalo bunyi timbul ketika mobil belok ke kanan berarti as roda kiri yang bermasalah & begitu juga sebaliknya.

  230. 549 arief effendy
    30 Maret 2011 pukul 9:46 pm

    ok, tks mas mitra. Nanti saya cek di bengkel khusus benerin kaki2. Untuk harga as roda kira2 brp ya ?

  231. 551 Maftuh.M
    31 Maret 2011 pukul 2:50 pm

    Thanks mas atas resepnya, kemaren oli mesin saya ganti yang 15-50 merek sama, harganya lebih murah dan hasilnya kalau pagi di start nggak pakai klitik-klitik lagi. Untuk tarikan tetap oke, nggak lebih berat seperti dugaan saya. trims ya…

  232. 553 arief effendy
    4 April 2011 pukul 7:15 pm

    Dear Mas Mitra yg baik :)

    Ada gak bengkel utk khusus kaki2 yg di rekomendasi mas Mitra. Kl ada yg di daerah Depok he 3x.

  233. 556 sonjie
    5 April 2011 pukul 9:13 am

    bos, mo nanya saya py greco 95, buat olie perseneleng pake SAE brp bos?? thxs

  234. 5 April 2011 pukul 2:59 pm

    permisi sy mau nyari greco th.92/93 kondisi msh std pabrik, int+ext msh orisinil. bisa tlp/sms ke 0812-28980000. tks sblmnys

  235. 5 April 2011 pukul 3:01 pm

    permisi sy mau minta tlg carikan Greco 92/93 kondisi msh std pabrik, int+ext original. bisa hub di 0812-28980000, tks sblmnya

  236. 560 Arief Effendy
    6 April 2011 pukul 2:57 pm

    @ MAS DODI : UNTUK URUSAN MESIN, TUNE UP DI DEPOK YANG REKOMENDED DIMANA YA ?

    • 561 Dodik S
      8 April 2011 pukul 9:05 pm

      kalau tune up spesialis bisa di otokos di bambu apus atau di Bumi Perkasa di Cipete, kalau mau canggih di Garden Speed.

      Kalau Depok, cek mesin bisa di Yogya Motor pertigaan arah akses UI dari arah Univ Pancasila atau di Yudira Auto Garage yg punya Abi Kusno

  237. 563 Arief Effendy
    7 April 2011 pukul 9:47 am

    Mas Mitra,

    untuk bengkel spesialis kaki2 dimana yang rekommended ? kmrn di dpk mas mitra gak tau, mungkin di daerah Jakarta Selatan mas mitra py bengkel yang rekommended

  238. 8 April 2011 pukul 12:58 pm

    Mau tanya mas, greco saya air filternya dah racing…saya mau ganti standart lagi…kira2 berapa harganya ya mas, dan dimana carinya?
    Pengennya sih copotan biar agak miriong gitu…hehehe
    makasih sebelumnya mas…
    salam

    • 8 April 2011 pukul 2:20 pm

      Maksudnya yang rumah kotak filter udara itu yah ??? wah harganya saya kurang tahu mas bro. Nyari copotan mungkin di seputaran Pasar Mobil Kemayoran ato ITC Dutamas Fatmawati ada yang jual.

  239. 567 arief effendy
    9 April 2011 pukul 8:35 am

    mas mitra,
    Pagi ini saya cek busi apakah masih bagus ato gak. Pas saya buka eh ternyata ada oli (kayaknya oli mesin) di salah satu businya. lumayan banyaklah olinya. Setau saya khan seharusnya businya kering gak ada rembesan oli. Kira2 apa ada masalah ya ? Dimana n apa yg hrs saya ganti.
    Tks.

  240. 568 arief effendy
    9 April 2011 pukul 8:36 am

    mas mitra,
    Pagi ini saya mo cek busi apakah masih bagus ato gak. Pas saya buka eh ternyata ada rembesan oli (kayaknya seh oli mesin) di salah satu businya. lumayan banyaklah olinya. Setau saya khan seharusnya businya kering gak ada rembesan oli. Kira2 apa ada masalah ya ? Dimana n apa aja yg hrs saya ganti.
    Tks.

  241. 570 arief effendy
    9 April 2011 pukul 12:32 pm

    kl mobil masih di gunakan apakah berbahaya ?

  242. 573 Sutiyoso
    9 April 2011 pukul 4:42 pm

    Pak Mitra yth,
    Saya pake Greco 95 Matic, ada problem kalo mesin belum panas matic tdk jalan , pertanyaan saya :

    1. Apakah karena oli matic hanya saya tap (3 ltr) tapi tdk pernah dikuras total (4 ltr)
    2. AC kalo dipake jalan sejauh 100 km tiba2 tdk dingin..dimatikan 30 menit baru normal lagi..
    3. Kaca depan ngembun…kena kisi AC yang ke kaca..bgmn menghilangkannya

    trims banget jawabannya,..sukses ya pak

    • 10 April 2011 pukul 3:54 pm

      1. Coba dikuras total oli matiknya pak, kemungkinan udah waktunya ganti. Kalo kuras matik biasanya butuh oli sekitar 8 liter.
      2. Freon AC-nya gmn pak ??? udah dicek ??? trus kipas AC-nya berjalan normal tidak ??? kalo kipas AC-nya putarannya lemah bisa biqin AC gak dingin.
      3. Coba atur suhu AC ke agak hangat ato tekan tombol di konsol AC yang hembusan anginnya mengarah ke kaca.

  243. 575 hilman
    12 April 2011 pukul 2:28 pm

    mau tanya nih
    saya punya great tahun 95
    ada sedikit masalah di bagian power stering
    kalau di belokin ke kanan atau kekiri terkdang suka ngeluarin bunyik krekkkk kreekkkkk

    itu apa nya yah yang rusak

  244. 578 arief effendy
    12 April 2011 pukul 6:16 pm

    Mas Mitra, sya jadi sering kunjungin blognya neh he 3x :)

    Mo tya kalo mau Kalibrasi Injektor n Tune Up di Garden Speed brp ya ?

    Tks

  245. 581 chandra
    13 April 2011 pukul 8:48 am

    Selamat pagi dan Salam GreCo,

    ada beberapa pertanyaan yang mau saya ajukan:

    1.Kalau saat pagi hari ada oli menetes sedikit di sebelah kiri, kira-kira apapakh yang bocor.
    2.Waktu mau injak gas terasa berat , kira-kira apapakah saya harus melakukan tune up dan ganti saringan udara.

    mohon bantuannya ,mobil saya GreCo th94

    terima kasih atas perhatiannya.

  246. 585 Ibrahim
    13 April 2011 pukul 2:33 pm

    Siang om, salam kenal, numpang ikutan nanya nih.
    Saya baru beli All New Corolla 97 matic, yang saya tanyakan
    1. Berapa rpm normal, juga ketika AC dinyalakan?
    2. Apakah putaran rpm yang rendah dapat memancing temperatur mesin naik, terutama ketika kondisi macet?
    3. Beberapa waktu lalu, mobilnya sempat mogok. Kondisi saat itu panas dan macet, rpm anjlok ke angka 500rpm kemudian mati. Sesampainya drumah, air radiatornya ternyata berkurang (padahal paginya masih penuh).

    Matur suwun om…

    • 13 April 2011 pukul 6:52 pm

      Salam kenal juga pak
      1. RPM normal sekitar di kisaran 1000.
      2. Gak ada hubungannya pak. Temperatur mesin naik kalo sirkulasi pendingin mesin terganggu.
      3. Air radiator kurang bisa menyebabkan overheat (temperatur mesin naik). Penyebab air radiator kurang karena adanya kebocoran. Bocornya bisa dari radiator, sambungan selang2 ato selang2nya ada yang robek, seal water pump dsb. Sebaiknya di cek ke ahli radiator.

  247. 587 Ibrahim
    14 April 2011 pukul 11:20 am

    Siang om,

    Kemarin sudah saya cek radiator dan daerah sekitarnya di ahli radiator. Tidak ada masalah kata ahlinya. Rpm saya berada di kisaran 900, tapi ketika masuk gigi D rpm turun menjadi kisaran 800 bahkan pernah mencapai 600-700. Apakah saya perlu melakukan tune up?

    Trims atas advicenya

    • 14 April 2011 pukul 9:09 pm

      Rasanya gak mungkin pak, air radiator berkurang pasti ada yang rembes ato bocor. Coba ke tempat bengkel yang lain sebagai second opinion. Sebaiknya tune up pak mulai dari bersihkan filter udara, busi, throttle body hingga filter bensin.

  248. 589 arief effendy
    16 April 2011 pukul 9:09 pm

    bos,

    1. sya py mslh di ac greco. Pas ac nyala bunyi mesin mobil jadi agak berisik. Kira2 apanya ya ? Trus dikaca dpn sering timbul embun. Itu kenapa ya ? Soalnya sangat amat mengganggu pemandangan pas kalo lagi nyupir.
    2. Stir greco sya kenapa kok sering berubah2 posisinya, padahal dah disporing, balancing. Kt montir terot n long terot masih bagus. As roda bru saya ganti.

    Trimakasih.

    • 17 April 2011 pukul 12:34 pm

      1. Bunyi berisik ketika AC nyala bisa dari kipas AC, belt AC ato kompresor AC itu sendiri. Untuk hal ini perlu ditelusuri sumber bunyinya. Bawalah mobil ke bengkel AC terkemuka untuk memastikan sumber bunyi. Kaca depan berembun coba atur suhu AC kemudian tekan tombol hembusan AC yang mengarah ke kaca.
      2. Spooring & balancing udah lama pak ??? kalo barusan coba kembali ke bengkel ban spooring balancing kemungkinan ada setelan yang kurang sesuai. Biasanya pihak bengkel kasih garansi 1 bulan ato 1000 km jika mobil masih kurang terasa nyaman.

      • 591 fevry
        3 Agustus 2011 pukul 3:11 pm

        Mas arieg saya pernah mengalami hal tersebut sampai pusing………posisi stir sering berubah ubah itu karena karet dudukan rack power steering sudah aus coba cek mas…mudahan bermanfaat…..

  249. 592 arief effendy
    17 April 2011 pukul 3:37 pm

    mas, daerah dpk or jaksel ada bengkel ac yg di rekommended oleh mas mitra ?

    Saya sdh balik lagi ke bengkel utk complain, akan tetapi yang dicek hanya dibagian setirnya aja.

  250. 593 arief effendy
    17 April 2011 pukul 3:38 pm

    mas, daerah dpk or jaksel ada bengkel ac yg di rekommended oleh mas mitra ?

    Saya spooringnya bru 1 minggu, Saya sdh balik lagi ke bengkel utk complain, akan tetapi yang dicek hanya dibagian setirnya aja.

  251. 595 arif
    20 April 2011 pukul 9:22 am

    Siang juraagan…ane mau tanya Seputar Toyota Corolla Twincam Liftback gan….makasiiiiiiiiiihh…. (rencana mau beli Twincam liftbac TH 88)

    • 20 April 2011 pukul 9:58 am

      Twincam Liftback itu basisnya sama dengan Corolla Twincam. Komponen mesin sama persis. Populasi Liftback sedikit sehingga suku cadang seperti bumper, bodi, lampu depan, belakang, kaca susah dicari di toko onderdil.

  252. 597 syarif
    20 April 2011 pukul 11:06 pm

    Bos Mitra,

    mau tanya lagi berkaitan dgn problem greco saya. Problemnya adalah, fan radiator saya langsung berputar begitu kontak di-ON-kan, padahal sebelumnya tidak pernah seperti itu. Biasanya akan berputar setelah temperatur sampai 1/2. Apakah ini berarti ada masalah di switch temperaturnya ? kalau memang bermasalah apa seharusnya lebih baik cpt diganti atau gimana ya ?

    Terima kasih,

    • 21 April 2011 pukul 7:18 am

      Fan radiator langsung berputar berarti switch temperatur tidak digunakan karena rusak. Istilahnya di by-pass. Cara ini tidak tepat,sebaiknya switch radiator difungsikan kembali. Berarti bapak harus beli switch radiator baru.

  253. 599 syarif
    21 April 2011 pukul 2:33 pm

    Ternyata setelah tadi di check ke bengkel switchnya masih bagus, bos mitra..hanya relaynya saja yang kendor..tapi setelah dikencangkan kembali switchnya berfungsi dengan normal kembali.

    Terima kasih,

  254. 602 Ibrahim
    21 April 2011 pukul 9:12 pm

    Malam pak,

    Saya yg beberapa lalu menanyakan rpm mesin all new corolla matic 97. Kemarin setelah saya tune up, rpm tetap turun ke kisaran 800, bahkan sekarang masalah baru timbul yaitu mesin berebet2. Seperti yg terjadi pagi ini ketika saya memanaskan mesin, setelah 5 menit mesin berebet2 lalu mati sendiri.

    Kira2 apakah ada masalah di injektornya? Berapa budget yg harus saya sediakan bila harus mengganti injektor?

    Trims atas infonya.

    • 22 April 2011 pukul 9:44 pm

      Masalah mbrebet memang butuh pemeriksaan satu per satu. Berdasarkan keterangan bapak mobil sudah ditune up berarti asumsi saya kondisi busi, koil & throttle body dalam keadaan baik. Selanjutnya yang harus diperiksa adalah filter bensin. Apakah filter bensin dalam keadaan bersih ??? kalo filter bensin kotor bisa menyebabkan suplai bahan bakar terganggu, nah ini bisa jadi penyebab mesin mbrebet. Kemudian pompa bensin, apakah pompa bensin berjalan dengan baik ??? pompa bensin lemah ato kotor juga menyebabkan suplai bahan bakar terganggu. Injektor kotor juga dapat menggangu kinerja pasokan bahan bakar ke ruang bakar mesin. Coba injektor dibersihkan dengan cara melakukan kalibrasi injektor (silakan baca artikel saya http://blognyamitra.wordpress.com/2010/03/07/kalibrasi-injektor-apakah-itu/)

      Semoga membantu…

  255. 605 yo2k
    26 April 2011 pukul 11:40 am

    Salamkenal….
    Sy baru beli greco ’93
    1.body bagian belakang terlihat lebih tinggi di sebelah kiri dan dibagian itu terdengar suara gluduj-gluduk pas lewat jalan agak keriting(shockbreaker tdk bocor)…
    2.Suara mesin berdengung ketika masuk gigi 4/5, tapi normal pas posisi 1/2/3….

    Kira2 apa masalah/solusi nya….*tengkyu mas bro..

    • 27 April 2011 pukul 7:02 pm

      Salam kenal juga…
      1. Kemungkinan per mobil sudah ada yang lemah sehingga tingginya tidak sama.
      2. Coba ganti oli persneling, mungkin sudah waktunya ganti. Pakailah oli persneling rekomendasi pabrik. Kalo gak salah tingkat kekentalannya SAE 90.

  256. 607 dedy hikmah
    27 April 2011 pukul 8:51 am

    mau tanya nich klo kaca spion greco thn 93 sebelah kanan belinya dmn bro?mksh infox

  257. 609 Ibrahim
    29 April 2011 pukul 1:17 pm

    Siang pak, beberapa waktu lalu all new corolla 97 habis di set timmingnya menjadi 5, sebelumnya 0. Kemudian, service advisornya menyarankan untuk dilakukan over head haul apabila saya ingin mendapatkan tenaga lebih. Alternatifnya dia bilang gunakan pertamax plus agar membersihkan mesin. Yang ingin saya tanyakan, apa yang dimaksud dengan set timming? Dan apakah penggunaan pertamax plus bisa menjadi alternatif daripada melakukan overhead haul. Terima kasih sebelumnya atas penjelasannya.

    • 29 April 2011 pukul 3:55 pm

      Set timing maksudnya menyesuaikan waktu pengapian.Hal ini berkaitan dengan BBM yang akan digunakan apakah premium,pertamax ato pertamax plus.Timing yang tidak tepat dapat menyebabkan mesin ngelitik. Overhead houl yang dikatakan service advisor memang bertujuan untuk mendongkrak tenaga misalnya memperhalus saluran masuk&buang,skir klep dsb. Sebenarnya mobil bapak gak perlu sampe pake pertamax plus untuk mendapatkan tenaga lebih. Saran saya agar mobil bapak tetep ngacir yakni pastikan bahwa komponen2 mesin dalam kondisi prima.

  258. 611 bento
    29 April 2011 pukul 3:12 pm

    singkat saja, letak relay fuel pump u/ greco dimana bos ?

  259. 615 Tira Maulana
    2 Mei 2011 pukul 6:02 pm

    Malem Bos.
    Maaf mau tanya, kalo pagi (mesin dingin), Greco 92 saya suara mesinnya tidak rata, bau bensin, bahkan bensin keluar sampai knalpot belakang ? Katanya perlu di skir klep. Kira-kira apa penyebabnya ya Bos. Terimakasih.

    • 2 Mei 2011 pukul 8:34 pm

      Mesin dingin pagi hari yang keluar dari knalpot itu uap air embun. Suara mesin tidak rata bisa jadi karena olinya blom melumasi seluruh bagian mesin (masih dingin). Btw kalo mesin sudah panas bagaimana ??? kalo dijalankan ???

  260. 617 roy jogja
    2 Mei 2011 pukul 10:12 pm

    malam mas mitra,
    mas ak br sebulan punya greco 92..masalah utama yg timbul saat ini bensin boros bgt..dalkot aja 1lt/7km..rpm idle 1000 tp kl ac hidup malah jd 900
    td siang ak bw tune up ke bengkel umum…katanya setelah di cek lewat komputer harus ganti dalko atau apa gitu..karena emng itu barang ga bs diperbaiki..yg harga barunya lebih dr 3 juta, trs ak bw ke bengkel spesialis injeksi buat 2nd opinion katanya delko ga berpengaruh..itu yg pentin g gmn caranya rpm bs jd 800 pd wkt idle..nah kl dia perbaiki dgn cara bongkar kotak yg ada logo toyotanya..yg ada letak sensor2..untuk dibersihkan shg sensor bs kembali normal..masalahnya apa harus dibongkar begitu,mengingat dia bilang ga ada bengkel yg berani buka itu kotak nya..ak jd takut kl asal bongkar ntar kedepannya malah jd ada yg ga normal..
    Kira2 ak harsu gmn mas??
    Mas tau ga bengkel greco atau apalah yg bener2 recomended di jogja..
    Buat temen2 yg lain yg bs bantu jg ak mnt tolong bgt..
    Makasih sblmnya mas mitra..

    • 618 Edwin
      3 Mei 2011 pukul 12:32 pm

      Coba gabung ke komunitas greco Mas di greatcorollaclub.com. Ada alamat2 bengkel disana dan tips triknya..

      Gabung juga di milis great_corolla_club@yahoogroups.com.

    • 3 Mei 2011 pukul 9:52 pm

      RPM terlalu rendah juga gak bagus pak karena pompa oli tidak bisa mensirkulasi oli dengan baik. Istilahnya oli nya gak naik. RPM agak turun ketika AC nyala saya kira wajar karena AC mengambil sebagian tenaga dari mesin. Bongkar kotak yang ada logonya, ECU yah ??? Dulu pernah denger ada cairan yang fungsinya buat membersihkan komponen elektronik (lupa namanya). Nah setau saya cairan ini dipake buat mobil yang pernah kebanjiran. Untuk melakukan membersihkannya memang butuh keahlian. Masalah utama mobil boros 1:7 penyebabnya bisa dari kondisi mesin yang tidak prima, kondisi lalu lintas, cara berkendara yang tidak menerapkan eco driving, tekanan ban kurang, banyaknya muatan hingga penggunaan velg diluar standar pabrikan (velg besar). Bengkel yang bagus di jogja saya tidak tahu pak.

      • 620 roy jogja
        7 Mei 2011 pukul 3:21 pm

        maaf mas br nongol..mas ak udah cb servis ke tempat bengkel yg lain..katanya seh normal2 aja..trs udah tune up..emng ada sedikit aja perubahan..skr menjadi 1:8..cm kok menurutku msh boros ya..pdhl bac2 di internet rata2 greco bs 1:10 dlm kota..pdhl jgj ataupun solo kan jg jalannya ga macet..
        satu lagi mas..kemaren ditengah jalan tiba2 indikator oli nyala ketip2..ak bawa ke bengkel olo buat lgs ganti oli,ternyata oli berkurang…kok bs ya..pdhl kata tmpt bengkel oli mesin kering..kl pg pun asap keluar putih tp cuma bentaran aja,kl panas udah ilang..gmn mas?apa ada gejala mesin jg bermasalah?
        maaf neh nanya nya jd bny..
        mas eco driving itu yg gimana ya?
        nuwun

      • 7 Mei 2011 pukul 7:48 pm

        Kalo mesin kering, coba mas cek ujung knalpot ketika mesin masih dalam keadaan dingin. Colek bagian dalam knalpot pake jari. Perhatikan apakah ada jelaga oli basah di jari ??? kalo ada berarti terjadi masalah di mesin. Biasanya ring piston ato piston sudah aus sehingga oli mesin ikut terbakar & terbuang lewat knalpot. Eco driving itu mengendarai mobil dengan cara economy agar konsumsi bbm irit. Misalnya jangan sering2 melakukan akselerasi mendadak, jangan pula sering mengerem mendadak, pindah gigi di RPM yang tepat, penggunaan gigi yang sesuai dengan kecepatan kendaraan dsb.

      • 622 roy jogja
        8 Mei 2011 pukul 1:36 pm

        udah mas…ujung knalpot kering kok…dulu wktu dptnya item kering..trs ak kerok putih lg..udah 2mingguan ga berubah warna…ttp kering..oya jd inget..kemaren wkt mo servise ke tempt bengkel yg spesialis injeksi dia nyolek di lubang TB ada jelaga hitem gitu ujung tangannya..apa itu yg pengaruh borosnya ya?soalnya katanya itu nyebabkan sensor ga kerja maksimal krn ketutup jelaga item gitu..
        thx sebelumnya atas bny pertanyaanya ya mas

      • 8 Mei 2011 pukul 5:42 pm

        Throttle body kotor emang bisa menyebabkan penurunan performa mesin, salah satunya mesin jadi boros. Oh ya, bagaimana dengan dipstick oli (batangan buat ngecek oli) ??? bisa jadi oli menguap lewat celah2 situ karena dipstick udah tidak dapat menutup dengan sempurna.

  261. 624 ALDO
    3 Mei 2011 pukul 7:46 pm

    Selamat malam,
    Saya punya Gerco thn 95, sekarang lagi turun mesin dan sudah belanja untuk perlengkapan Spare Parts Mesin hampir Rp. 7 Juta. Menurut montir saya, RING PISTON harus diganti dan OVERSIZE (OV) nya antara 25 tapi di bawah 50. Saya sudah cari yang asli di Atrium, tapi tidak ada yang OV nya 25 dan di bawah 50. Adanya yang OV 50, saya disarankan sama penjual spare part di Atrium, supaya pakai yang OV 50 saja, tapi saya harus membeli PISTON juga. Tapi menurut montir saya, tidak usah membeli Piston, dia akan mencarikan Ring Pistonnya, yang artinya kemungkinan besar tidak ASLI dan kemungkinan besar juga dipakai dari Mobil Lain. Yang saya mau tanyakan :
    1. Apakah serumit ini? Apa yang harus saya lakukan?
    2. Apabila pakai Ring Piston yang tidak Asli, kemungkinan apa yang akan terjadi?
    3. Apakah kemungkinan montir saya masih kurang memahami mengenai OV Ring Piston?
    4. Apakah mengganti METAL JALAN, dudukannya harus dibutut, katanya supaya yang baret halus kembali, apakah benar? Kalo memang benar kira kira berapa biaya bubutnya?
    5. Sebaiknya Greco saya pakai Minyak Power Steering apa ya, merk dan type nya?

    Mohon bantuannya, agar kiranya dapat masukan untuk orang awam seperti saya.

    Terima kasih

    • 4 Mei 2011 pukul 8:08 am

      Saya blom pernah ngalamin turun mesin mobil tapi untuk motor pernah. Meskipun begitu akan saya coba bantu toh prinsipnya turun mesin motor dengan mobil hampir sama. Pemakaian ring piston OV sebaiknya diikuti juga oleh piston OV. Kalo tidak gitu nantinya oli mesin tidak bisa masuk di celah2 ring piston. Pemakaian ring piston selain merek Toyota sah2 saja misalnya ngambil dari merek laen asalkan ukurannya sama persis & original. Untuk metal jalan saya kurang tahu persis apakah solusinya bisa dengan cara bubut. Selanjutnya untuk oli power steering bisa pake merek Prestone, STP ato pake yang labelnya Toyota. Buat2 rekan pembaca yang laen, silakan menambahin jika ada yang kurang…

  262. 4 Mei 2011 pukul 7:16 pm

    bos sy mo ty greco thn ’93 spedo meter mati yang

  263. 4 Mei 2011 pukul 7:19 pm

    bos sy mo ty greco thn ’93 spedo meter mati yang diganti apanya

  264. 629 luthfi
    5 Mei 2011 pukul 3:28 pm

    bos mau tanya beli kabel2 mesin yang nyambung ke ecu di mana ya, harga nya brapa?? lagi turun mesin mau sekalian di ganti, udah pada keras dan pecah2.. thx

  265. 630 nono
    6 Mei 2011 pukul 9:07 pm

    boss mau nanya nih…..punyaku all new 96 ….kenapa bila pake ac putarn mesin kok nambah dan jadi berat tarikanya, rpm idle 800 jadi 1000 dan itu akan naik turun terus bila termostat ac hidup mati…. apakah isc nya kotor atau apanya ya boss….mohon pencerahan!

  266. 632 catur
    6 Mei 2011 pukul 11:49 pm

    Mo nanya mas..

    greco saya tahun 95,

    klo setir saya klo dibelokin ke kanan berat, sedangkan klo dipake belok ke kiri ringan sekali. dan ternyata saya cek ada oli PS netes di bawah mobil.
    Kira kira yang rusak apa ya.. ? mohon bantuannya..

    • 7 Mei 2011 pukul 7:42 pm

      Ada oli PS netes itu tandanya ada seal yang bocor. Yang kudu dilakukan adalah overhoul PS. Jangan sampe oli PS habis karena bisa biqin mekanisme power steering jadi rusak.

  267. 634 Wijaya Sudaryanta
    11 Mei 2011 pukul 9:11 am

    Bos..mau nanya, punyaku gretco 95..tarikan masih bagus..AC dingin bahan bakar premium campur pertamak..yang saya tanyakan tiap pagi kok ada oli walapun sangat sedikit dibawah mesin agak depan..itu kira-kira tetesan oli apa Ya..! bahaya nggak…! terima kasih sebelumnya

    • 11 Mei 2011 pukul 1:22 pm

      Paling gampang mencari sumber oli ngerembes kalo mobil diangkat misalnya pas cuci mobil. Tetesan oli bisa dari oli mesin ato oli power steering. Pada umumnya oli netes karena ada packing ato seal yang sudah rusak. Sebaiknya diperbaiki pak karena biasanya pada awal2nya tetesan oli sedikit tapi makin lama makin banyak.

  268. 636 Dismas
    11 Mei 2011 pukul 11:54 am

    Harga second nya untuk yg tahun 1995 kira – kira berapaan ya pak? Matur nuwun.

  269. 638 Dodik S
    12 Mei 2011 pukul 12:42 am

    mobil pas nanjak mau masuk garasi, saya lepas kopling, gas kecil. tiba2 ada suara spt putus, dan mobil tidak jalan. cuma bunyi mesin muter aja. itu kenapa ya?
    kalau dinyalakan masuk gigi, pas lepas kopling, cuma bunyi suara aja, mobil ga jalan, tq

    • 12 Mei 2011 pukul 7:44 am

      Coba di cek timing beltnya pak…takutnya selip ato malah putus…

      • 640 Dodik
        12 Mei 2011 pukul 3:09 pm

        ternyata as roda yg masuk ke gear box copot, pengaitnya copot sehingga ga gigit. kalau yg sebelah kiri berbentuk cincin dan sangat kuat megangnya. tadi sama montirnya di yg kanan ini, gergaji biar agak dalam sehingga pengait bisa mencengkeram lebih kuat. apakah ini aman pak?

  270. 641 uge riyadi
    12 Mei 2011 pukul 1:04 pm

    siang mas…

    baru muncul lagi nih..seperti biasa mau nanya :
    1.Tanda-tanda kalo kampas kopling sudah tipis seperti apa ya? karena pada saat angkatan gigi satu dengan setengah kopling mesinnya agak berat apalagi kalo kondisi jalan naik…
    2.Penggantian timing belt biasanya berapa km? atau berdasarkan waktu..
    3.Untuk tekanan angin ban depan dan belakang utk radial tebal 40 sama 50 apakah sama?

    terima kasih atas pencerahannya…

    salam,
    uge

    • 12 Mei 2011 pukul 2:56 pm

      1. Di gas ampe RPM agak tinggi tapi mobil susah bergerak. Selain itu kalo nanjak suka ngeden, gak kuat.
      2. Idealnya tiap 50rb KM. Kalo ganti timing belt sekalian ganti belt2 yang laen seperti belt power steering, AC, alternator. Maksudnya biar sekalian bongkar.
      3. Beda pak, kalo gak salah yang ukuran 40 tekanannya lebih tinggi dibandingkan dengan yang ukuran 50.

  271. 643 alanis barat
    17 Mei 2011 pukul 12:15 pm

    Mau nanya nih mas….Mobil saya Great SE 1994, RPM nya lagi bermasalah, kalau AC dihidupkan RPM naik sebentar, trus ga terlalu lama langsung drop…… pada saat di check di idle up… pada saat ac hidup, api (+) yang ke idle up kadang ada kadang hilang, jadi buka tutup idle up jadi ga normal…. akhirnya untuk mengatasi sementara idle up dijumper dari relay kompresor ac….. kata mekaniknya arus dari ECU udah ga normal….

    mohon saran mas… apa ECU mobil saya masih bisa diperbaiki atau harus diganti ya….. kalau harga ECU baru atau bekas kira2 berapa ya mas ????

    Terima kasih mas…..

    • 17 Mei 2011 pukul 6:02 pm

      Untuk mengetahui ECU masih bisa diperbaiki ato tidak sebaiknya dibawa ke orang yang ahli masalah ECU. Silakan hubungi Lambda Service u.p. Atak (5419445), Lay Car ECU (5448810), Chiptech Engineering (7306840).

  272. 645 randy
    18 Mei 2011 pukul 7:45 am

    mas, mw nanya nih klo kisaran harga greco thn 92 itu brapa ya klo kondisi yg mulus?

  273. 646 jeki risnaldi
    18 Mei 2011 pukul 9:54 am

    Om..saya punya great corolla ’95. kalo mesih dah panas ada suara mencicit kaya bunyi belt slip,tp bunyi nya kecil.smua belt padahal udah diganti sm yg asli.yang aneh nya.. pada mesin sudah mati setelah 5detik bunyi itu muncul lagi.. tp hanya sbntar..
    bunyi itu sering terjadi klo ac hidup.klo ac mati bunyi juga tapi sesekali..
    setelah dicek ke tukang ac mobil bearing ac sm piston ac nya masih OK.
    kira2 salah nya d mana ya..?
    mohon bantuannya om..

  274. 650 Irsandi
    18 Mei 2011 pukul 11:23 am

    Selamat Siang Pak.

    Saya punya great corolla 93. Yang saya mau tanyakan mesin agak susah dihidupkan, kalau sudah hidup dan diperjalanan terasa ngadat-ngadat dan tiba-tiba mesin mati. Mohon pencerahannya, terima kasih.

    Salam.

    Indy.

    • 18 Mei 2011 pukul 8:34 pm

      Coba di cek businya, busi yang sudah mau mati akan timbul gejala seperti itu. Kabel busi juga diperiksa, sapa tau ada yang longgar ato sudah getas. Kemudian koil juga bisa jadi penyebabnya. Periksalah komponen2 pengapian yang saya sebut tadi.

      • 652 Irsandi
        31 Mei 2011 pukul 11:04 am

        Pak untuk busi sudah diganti sesuai standar untuk greco 93, kabel busi, koil, filter bensin dan komponen pengapian tidak ada masalah (Mobil telah dilakukan pengecekan dengan sistem komputer) Sekarang mobil ane msh di bengkel.Skrg mobil bisa hidup tapi kalau sudah lama hidup (temp mesin panas) mobil akan mati kembali. Apa ya pak penyebabnya? Kalau radiator ada yang buntu apa bisa jd slh satu penyebabnya?
        terima kasih.

        Salam.

      • 31 Mei 2011 pukul 10:20 pm

        Pompa bensin bagaimana pak ??? pompa bensinnya kotor (filternya) ato sudah lemah menyebabkan suplai bahan bakar terganggu. Rekan2 pembaca yang lain mungkin ada pengalaman lain ???

  275. 654 zaky Kupang
    18 Mei 2011 pukul 12:01 pm

    Permisi sy mau nanya juga
    Sy punga Gread Corolla 94…masuk bengkel…nah sy mau nyari
    – Sensor ISCV
    – Sensor Trotle
    – Pengakuan Mesin Tengan Belakang

    Mungkin teman2 yg ngebaca……….help me

    Terimak kasih

  276. 655 M Robert Wilson
    20 Mei 2011 pukul 3:36 pm

    numpang nanya gan, saya baru beli greco 92 msih b 65jt kmhalan gak? trus apa aja sih tips mencek kondisi mobil sehat ato gak? trakhir apa aja tips merawat greco? trim’s gan.

    • 20 Mei 2011 pukul 6:31 pm

      Mahal tidaknya relatif, tergantung kondisi kendaraan. Kalo kondisi mobil ok saya kira wajar2 aja. Kondisi mesin sehat bisa dilihat misalnya tidak ada gejala ngelitik, bensin irit, performa bagus, perpindahan gigi lancar dsb. Tips merawat jangan lupa ganti oli tiap 5000 km kemudian service teratur, jangan ampe telat. Ikuti saja petunjuk buku service greco.

  277. 657 roy jogja
    23 Mei 2011 pukul 9:05 pm

    mas mitra yang baek,
    melanjut lg neh masalah greco yg dicurigai boros..kemaren montir smp bingung ama grecoku krn bilangnya ga ada masalah di mesin..cuma emang ak tes nya isi bensin di strip paling bawah ak isi 50rb kok udah diatas separo strepnya..trs nyampe strep bwh lg sekitar 90km dalkot..jd cm dpt 1lt/8km.trs disaranin suruh isi full tank..trnyat ak pake jgj-pwk + dalkot pwk sekitar 202km ak isi full tank lg hbs 76rb..jd bs 1lt/12km…
    kok bs beda gitu ya mas?apa pentunjuk bensin udah rusak ya?trs kl gitu yg diperbaiki harus apanya?soalnya ak blm sempet balik bengkel lg..makasih sblmnya mas mitra…

    • 24 Mei 2011 pukul 10:09 am

      Utk mencari konsumsi bbm secara tepat emang agak susah, banyak faktor yg menentukan seperti kondisi lingkungan, kondisi mobil, kualitas bbm dsb. Jadi kadang2 hasilnya berbeda. Kalo melihat hasil pengukuran greco bisa dpt 1:8-12 saya kira sudah wajar koq.

  278. 659 Sunu
    24 Mei 2011 pukul 3:54 pm

    Mas,speed sensor buat speedo meter biasanya harganya berapa?

  279. 660 Irsandi
    31 Mei 2011 pukul 11:10 am

    Irsandi
    18 Mei 2011 pukul 11:23 am

    Selamat Siang Pak.

    Saya punya great corolla 93. Yang saya mau tanyakan mesin agak susah dihidupkan, kalau sudah hidup dan diperjalanan terasa ngadat-ngadat dan tiba-tiba mesin mati. Mohon pencerahannya, terima kasih.

    Salam.

    Indy.

    Balas

    *
    613 blognyamitra
    18 Mei 2011 pukul 8:34 pm

    Coba di cek businya, busi yang sudah mau mati akan timbul gejala seperti itu. Kabel busi juga diperiksa, sapa tau ada yang longgar ato sudah getas. Kemudian koil juga bisa jadi penyebabnya. Periksalah komponen2 pengapian yang saya sebut tadi.

    Balas
    o
    614 Irsandi
    31 Mei 2011 pukul 11:04 am

    Pak untuk busi sudah diganti sesuai standar untuk greco 93, kabel busi, koil, filter bensin dan komponen pengapian tidak ada masalah (Mobil telah dilakukan pengecekan dengan sistem komputer) Sekarang mobil ane msh di bengkel.Skrg mobil bisa hidup tapi kalau sudah lama hidup(temp mesin panas) mobil akan mati kembali. Apa ya pak penyebabnya? Kalau radiator ada yang buntu apa bisa jd slh satu penyebabnya?
    Terima kasih.

    Salam.

  280. 661 dino
    31 Mei 2011 pukul 11:38 pm

    ada yang tau tempat bengkel buat kalibrasi di palembang gak???? makasih

  281. 662 Indra
    31 Mei 2011 pukul 11:49 pm

    Selamat malam pak,

    Saya memiliki beberapa masalah pada Greco 93 yg saya punya, dari mulai kaki2 sampai bagian mesin. Masalah ini lumayan membuat saya stres karena sudah beberapa kali dibenerin dan beberapa bengkel didatengin tetep aja beberapa masalahnya ga hilang. Ada beberapa yg ingin saya tanyakan :

    1. Saya sering mengalami kaca depan ber uap, terutama pada saat hujan dan ac nyala, apakah ini ada hubungannya sama distributor assy atau radiator? soalnya kemarin2 saya sudah benerin radiatornya, tapi uap nya masih tetep ada & saya liat di distributor assy nya ada rembesan minyak/oli, apakah saya harus mengganti satu bundle distributor assy yg mahalnya selangit itu atau masih bisa diakalin?

    2. Saya berkeinginan untuk membeli radiator yg orsinil plus motor fan, shroud fan dan fan nya, mengingat punya saya sudah tidak orsinil, kira2 bisa dapetin dimana ya yg bekas tapi masih bagus?

    3. Kalo pengen dapetin absorber depan dan belakang yg orsinil tapi second dimana ya?

    Mohon bantuannya, terima kasih.

    note : untuk teman2 yg tinggal di Bandung dan miliki masalah pada kaki2, bisa dateng ke Marathon Motor di daerah Moh. Toha, karena setelah beberapa kali saya keliling bandung dan datengin bengkel kaki2, sejauh ini Marathon Motor masih yg paling kompeten.

    • 1 Juni 2011 pukul 9:44 pm

      1. Kaca depan beruap ato berembun pak ??? Saya agak bingung…
      2. Nyari bekas tapi kondisi bagus gampang2 susah. Misalnya motor fan, yang harus diperhatikan motornya harus bagus, kalo motor sudah lemah biqin putaran kipas lemah sehingga suhu mesin cepat panas. Begitu juga radiator, harus jeli juga keadaan tutup bagian atas radiator masih baik ato tidak. Kemudian pastikan juga tidak ada kebocoran. Untuk cari barang2 second kudu ke toko junkyard, untuk daerah Bandung saya kurang tahu.
      3. Shockbreaker bekas juga gampang2 susah cari kondisi yang baik. Kebocoran oli bisa biqin bantingan jadi keras.

  282. 664 ca pramana
    2 Juni 2011 pukul 6:42 pm

    askum…
    minta bantuan infox mas.
    saya baru dapat greco 93, ketika saya injak gas dalam dan saya lepas.. rpm naik dan turun perlahan hingga dibawa 1000 dan perlahan naik lagi hingga 1000.
    adakah indikasi masalah dari kasus tersebut???

    trima kasih atas bantuannya

    • 3 Juni 2011 pukul 2:23 pm

      RPM naik turun indikasi sistem injeksi bahan bakar tidak bekerja dengan sempurna. Indikator check enginenya nyala ato tidak ??? kalo nyala bisa jadi ada masalah di sensor2 crankshaft, camshaft, throttle position & MAP. Kemudian Idle Speed Control juga bisa jadi penyebab. Paling enak kalo mobil dibawa ke bengkel yang punya alat engine scanner sehingga penyebabnya bisa diketahui dengan tepat.

      • 666 ca pramana
        7 Juni 2011 pukul 2:38 pm

        trima ksih atas bantuannya…

        oy satu lagi…
        klo ecu trouble,adakah indikasi awal yg bisa kita amati??

        maksud saya, tanpa harus ke engineer ecu, bisakah kita melihat apakah ada trouble pada mobil yg bersumber dari trouble ecu///

  283. 8 Juni 2011 pukul 1:00 am

    minta saranny dooongg!!!
    mobil ane greco 94 kemaren baru ganti paking head (bongkar setengah) gara2nya suka nambah air tiap pagi tapi kenapa sekarang suaranya jadi berisik suara klepnya keras banget padahal mangkuk tiap klepnya ga ada yang ketukar kenapa ya? tolong dong, greco ane jadi kaya mobil disel sekarang

  284. 15 Juni 2011 pukul 6:17 pm

    salam kenal bos, greco saya thn 1994 buil up kaca depan kalau nyalain ac selalu berembun kira kira apanya bos

  285. 669 Triagus Ekotjahyono
    15 Juni 2011 pukul 6:21 pm

    salam kenal bos, greco saya thn 1994 buil up kaca depan kalau nyalain ac untuk suasana malam selalu berembun kira kira apanya bos

  286. 670 RYANKHAQ
    20 Juni 2011 pukul 6:42 pm

    DEAR BAPAK PAKAR GRECO; ANE PUNYA PROBLEM PAGI2 MAU DISTATER SEPERTI KEHABISAN BENSIN,ANE PANGGIL MEKANIK DIVONIS MASALAH PENGAPIAN CDI DAN SPULNYA.DELCO SATU SET KITA GANTI ORI,MOBIL BELUM JUGA MAU HIDUP KEMUDIAN DARI BENGKEL MEMVONIS ECUNYA BERMASALAH. YANG SAYA TANYAKAN;
    – APAKAH BERMASALAHNYA ECU DISEBABKAN DARI PERMASALAHAN PENGAPIAN DARI DELCO ?
    – BERAPA HARGA ECU ORI DAN BERAPA TARIPNYA KLO SERVIS ?
    – BERAPA HARGA DELCO ORI ?
    – TLG BAGI REKOM JUAL & SERVICE ECU & DELCO .
    TKS ATAS SARANYA…….

  287. 672 ilham
    20 Juni 2011 pukul 7:25 pm

    salam kenal boz greco.. mau sdikit konsul nih.. saya punya greco ’93
    ada sedikit problem nih, ko mesin mobl saya cepet panas ya ( bisa di bilang over heat )
    karena jarum petujuk suka kadang2 berada hampir mendekati ‘H’. bnyk yg bilang itu ada
    masalah dengan radiator nya.. apa bener.. mohon saran nya.. nuhuuuunnn pisaaann…

    • 21 Juni 2011 pukul 7:22 am

      Yup bener, mesin cepat panas salah satunya karena ada masalah di radiator seperti radiator bocor, berkerak/tersumbat. Selain itu cek juga kipas radiator, sapa tau sudah lemah. Bawalah mobil ke bengkel ahli radiator untuk penanganannya.

  288. 674 erik
    23 Juni 2011 pukul 4:43 am

    bang greco, salam kenal
    aq baru dapet greco 98 1.6seg, mau tanya nich dimana sich letak filter bensin dan letak filter oli nya greco 98 1.6seg?
    mau coba ganti olie sendiri
    mohon pencerahannya thx ya tolong email ke alamat ini boleh nggak e12eru@yahoo.co.uk

    • 23 Juni 2011 pukul 5:10 pm

      Kalo gak salah letak filter bensinnya di dalam kompartemen mesin dekat2 wiper. Kalo filter oli dibawah tempatnya. Nyopot oli filter ada alatnya tersendiri, kalo gak ada susah nyompotnya.

  289. 676 haarmeini
    24 Juni 2011 pukul 1:58 pm

    bos gua mau tanya greco 94 gua masalahnya pada radiator, kl dah jalan sering air yg di serap radiator dihisap, kira kira permasalahannya apa ya bos. trus ada juga pendingin oli itu fungsinya untuk apa ya………..tks

  290. 678 chandra
    24 Juni 2011 pukul 3:30 pm

    Salam Greco,

    saya mau tanya , kalo mounting Great Corolla ada berapa yach.
    terima kasih sebelumnya

    salam

      • 680 chandra
        9 Agustus 2011 pukul 9:19 am

        terima kasih pak,
        saya sudah ganti ke empat engine mounting(tapi belum saya lakukan spooring balancing), tapi kenapa stir masih terasa getar saat mobil distarter dan kondisi berhenti.mohon bantuannya apa yang harus dicek agar stir tidak terasa getar lagi.terima kasih sebelumnya

      • 9 Agustus 2011 pukul 7:45 pm

        Stir terasa bergetar ketika kondisi berhenti, ada yang bisa bantu ???

      • 682 chandra
        19 September 2011 pukul 10:12 am

        salam greco,

        setelah saya bawa bengkel yg terpercaya ternyata engine mounting sblh kanan( tidak ori(padahal sy beli 400rb an di toko spare part)dan setelah diganti dgn yg ori tidak ada lagi getaran di stir.
        harus hati2 juga kalau membeli spare part ori greco kadang suka di kasih yg imitasi

        trims

  291. 683 Sunu
    28 Juni 2011 pukul 8:16 pm

    saya mau tanya,temperatur mesin saya mentok cmn satu srip dr bawah (jarum bekerja) yg saya tau normalnya hampir setengah,,saya udh ganti thermostat,service radiator masih sama.Pada saat habis jalan saya coba lepas kabel yg ada d thermostat tidak turun jarumnya,kira2 apa permasalahannya?.Trims’sebelumnya.

    • 29 Juni 2011 pukul 11:11 am

      Sensor buat ngecek temperatur mesin mungkin kotor. Kalo sensornya tidak apa2, ada kemungkinan di mekanisme jarum penunjuk di dashboardnya ada yang kurang beres. Bisa mampir ke SACS, Jl. Raya Pondok Gede no.24, Jaktim tlp 8487623. Bengkelnya ahli dashboard/speedometer.

      • 685 Sunu
        2 Juli 2011 pukul 12:51 pm

        letak sensornya apakah bener berada tempat Thermsostat (yg satu kabel),karena saya coba lepas jarum tdk turun,,saya coba ground kan tidak naik..,,pada saat ekstra fan On saya coba lepas kabel tsb malah mati. Jd sebenarnya posisi sensornya ada d mana Mas?,,,Mksih sebelumnya.

  292. 2 Juli 2011 pukul 11:22 am

    saya punya galan V6 paus matic thn 1994, sekarang bikin pusing lampu dalam ruangan ,tape , tiba-tiba mati,dan kalau di on khan tpenya nggak bisa hidup habis itu bila di geser tombol on lampu dalam nggak hidup malahan lampu sent yang hidup dan jampun ikutin mati tapi kalau sering – sering pencet lampu dalam kira – kira 5 menit tiba – tiba normal kembali ..dimana ya kerusakannya nih??mohon pencerahan dari para suhu

  293. 690 Badiyanto
    2 Juli 2011 pukul 12:06 pm

    Mobil saya great 94 SE list kacanya kayak plastik sudah agak sedikit tidak lulus hingga kaca baret, kalau diganti pakai nikel/stenless bisa nggak ya, lalu dimana belinya dan berapa harganya ya..

  294. 2 Juli 2011 pukul 12:14 pm

    Mengulang Mobil saya great th 94 SE 1.6 list kacanya kayak plastik sudah agak sedikit tidak lurus hingga kaca agak baret, kalau diganti pakai nikel/stenless bisa nggak ya, lalu dimana belinya dan berapa harganya ya..?

  295. 2 Juli 2011 pukul 12:43 pm

    saya punya galan V6 paus matic thn 1994, sekarang bikin pusing lampu dalam ruangan ,tape , tiba-tiba mati,dan kalau di on khan tpenya nggak bisa hidup habis itu bila di geser tombol on lampu dalam nggak hidup malahan lampu sent yang hidup d tapi kalau sering – sering pencet lampu dalam kira – kira 5 menit tiba – tiba normal kembali ..namun jam waktu di mobil reset kayak aki dilepas dimana ya kerusakannya nih??mohon pencerahan dari para suhu

  296. 693 wong suroboyo
    2 Juli 2011 pukul 2:53 pm

    bro, numpang tanya, kemaren pas spooring GRECO 94 saya, ternyata ketahuan bahwa pangkon reknya power steering sudah getas/putus, akibatnya rumah power ikut geser jika kemudi di putar, pertanyaannya : apakah bisa cuma beli pangkon power steeringnya saja,
    trims, bantuan infonya,
    salam
    surabaya.

  297. 696 Robs
    5 Juli 2011 pukul 11:27 pm

    Greco saya thn 94,baru ganti engine mounting, tapi kenapa getaran mesin jadi lebih terasa ya..mohon pencerahannya..

  298. 697 Sunu
    10 Juli 2011 pukul 4:41 pm

    Mau tanya greco saya d pada saat kabel busi busi d buka ada olie mesin yg masuk,,kira2 apanya yah? mhn
    pencerahannya

  299. 699 chitato_kid@yahoo.com
    16 Juli 2011 pukul 8:20 am

    boz, numpang nanya dunk.. saya punya greco 95. rencana mo ganti velg dari 14 ke 16 ato 17.. bisa dibantu tuk pcd velg n ukuran ban yang cocok? tks

  300. 18 Juli 2011 pukul 6:37 am

    Gan.. saya mau beli cover mobil greco 92… cocoknya nomor berapa dan kualitas apa gan?
    Kuatir aja salah beli, kebesaran atau malah kekecilan… tolong yang para pendekar greco tentunya lebih tau..
    Maklum newbie nih gan soal ini… hhh

  301. 701 Tigis
    19 Juli 2011 pukul 11:59 pm

    Bos, salam kenal.. Mo nanya nih. Kmarin bokap biz beli greco 95. Pas diliat2 msih bagus msine. Bis dibayar trus dimasukin bengkel buat di cek trnyata batu ketauan klo kipasnya tu ga mo nyala klo ac nya ga dinyalain. Apakah memang sperti itu? Setau saya klo msin nyala, kipas jg otomatis nyala. Bahaya ga boz klo dipake jalan dg kondisi sperti itu? Solusinya bagaimana? Makasih banyak sebelumnya

  302. 702 avianto kurnia adhi
    20 Juli 2011 pukul 9:52 pm

    mo tanya,,Mas…
    aq punya greco ’95 matic…
    klo pagi kudu di panasi lama skitar 30 menit baru mo di ajak jln maju,,klo mo mundur bsa lebih lama lagi..
    trus klo udah jln umpamanya kita parkir n brenti skitar 1 jam-an gtu,,klo mo jln lg kudu nunggu skitar 10 menit..
    kira2 itu penyakitnya apa y,,Mas…???
    coz msh blank nich ma greco…

    mhn pencerahannya,,
    makasih

    • 21 Juli 2011 pukul 7:57 pm

      Sudah pernah kuras oli matik ??? kalo belom segera kuras oli matik (sekitar 8 liter). Oli matik yang sudah jelek, respon mesin kurang bagus. Selain itu kampas kopling juga bisa jadi penyebab.

  303. 704 ad
    22 Juli 2011 pukul 7:23 am

    terima kasih gan blognya sangat membantu..

  304. 706 Bloko
    22 Juli 2011 pukul 2:10 pm

    bos mo tanya greco 95 saya pedal koplingnya sering tidak kembali lagi kalau diinjak terutama kalau jalan menanjak, sehingga apabila transmisi diposisi 1 tidak bisa di netralkan (macet dan mesin mati) atau dengan kata lain tidak bisa main kopling..
    Apakah kalau diganti harus satu set (plat kopling, bearing, matahari) ?

    thx before

  305. 708 sugeng tegal
    22 Juli 2011 pukul 8:43 pm

    kang mitra, saya seneng banget baca blonya njenengan…bener2 bikin pencerahan…
    tolong donk…ulas tentang All new corolla……
    masa greco terus seh?…….
    okok gan

    • 25 Juli 2011 pukul 7:07 pm

      Terima kasih banyak pak atas sanjungannya, saya juga masih dalam tahap belajar, saya disini mencoba sharing semampu saya :)
      Untuk All New Corolla hhhmmm…kayaknya untuk secara spesifik saya masih belum mampu mengingat belum pernah memiliki :) kalo hal2 umum seperti mesin, perawatan dsb akan saya coba jawab jika bapak ada persoalan tentang All New Corolla karena pada dasarnya semua mobil itu basicnya sama / tidak berbeda jauh.

  306. 710 sugeng tegal
    22 Juli 2011 pukul 8:45 pm

    kang mitra, saya seneng banget baca blognya njenengan…bener2 bikin pencerahan…
    tolong donk…ulas tentang All new corolla……
    masa greco terus seh?…….
    okok gan

  307. 711 chandra
    26 Juli 2011 pukul 9:25 am

    trims pak.saya sdh ganti engine mounting kanan dan depan dgn yg original dan sdh saya lakukan spooring dan balancing .tapi masih terasa getar di stir .apa perlu saya ganti engine mounting kiri dan belakang juga.dan saya juga ada problem saat belok kiri / kanan saat lepas stir bunyi suara korokok apa perlu diganti kepala as roda nya.mohon pencerahhannya

    salam

  308. 712 Taufiq R
    27 Juli 2011 pukul 9:47 am

    Salam kenal mas, saya taufiq , punya Greco tahun 1993, mau nanya nih, dimana kita bisa mendapatkan mrek belakang yang bertuliskan 1.6 SEG dan Toyota, di bagasi . karena waktu saya dapat sudah tidak ada lagi, dan saya sudah cari ditempat acecoris2 tidak ada yang menjualnya… mungkin mas punya info dimana kita bisa mendapatkannya.., makasih. sebelumnya

  309. 9 Agustus 2011 pukul 10:27 am

    boz, mau tanya, sy punya corolla twincam 88 1.3, keunggulan dan kelebihannya di banding lx thn 88 jg apa ya ??

    • 9 Agustus 2011 pukul 7:53 pm

      Keunggulannya mesin irit 1300 cc karena basisnya ngambil dari Starlet. Suku cadang juga mudah didapat. Namun kekurangannya tenaga kurang. Beberapa pemakai mengatakan mobilnya kalo dipake muatan penuh tenaganya kedodoran. Yah wajarlah mesinnya kecil namun harus menanggung beban membawa bodi yang ukurannya besar.

  310. 717 Irsandi
    9 Agustus 2011 pukul 11:42 am

    Selamat siang pak,

    Saya punya greco 93. kompressor AC katanya udh tdk maksimal untuk dingin yang lainnya sudah di ganti seperti hose dan kondensor ac, pertanyaannya:

    1. Apa masih bisa di service kompressornya.
    2. Apa tipe kompressor AC untuk greco saya.

    Terima kasih.

    Salam.

    • 9 Agustus 2011 pukul 7:56 pm

      Kompresor bisa sih diservice (tergantung kerusakannya) namun beberapa bengkel AC biasanya menyarankan untuk ganti kompresor. Biasanya mereka menawarkan kompresor limbah ex Singapura yang telah direbuilt. Harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan beli baru yang bisa mencapai jutaan. Tipe kompresor Greco adalah Denso.

      • 719 Irsandi
        10 Agustus 2011 pukul 11:37 am

        Thanks atas jawabannya. Pak Punya lisensi toko dan no tlp yang jual kompressor ex singapura (Kondisi Berapa Persen), Saya tinggal di balikpapan pernah nanya di toko apa ada jual kompressor untuk greco 93 beliau balik tanya ke saya berapa PA (Sy tdk bisa menjawab karna sy tidak tahu). Beliaupun menjawab lagi klu kompressor greco thn 93 itu Denso 10 PA 15. Apa benar ya pak?

        Terima kasih,

        Salam.

      • 12 Agustus 2011 pukul 9:49 pm

        Untuk toko yg jual kompresor ex limbah saya blom punya referensi. Mungkin temen2 ada yang punya ???

  311. 721 supri
    10 Agustus 2011 pukul 9:26 am

    Nanya lagi boz, klo ban depan bunyi klutuk2 pas di jalanan agak kasar itu kenapa ya ??
    apa kaki2nya perlu di ganti ? spare part apa yang perlu di ganti ?
    thx.

  312. 723 supri
    10 Agustus 2011 pukul 10:50 am

    boz, sekalian mau tanya jg.
    klo servis rutin buat twincam 88 apa aja selain ganti oli dan filter nya ??
    servis karburator brp bulan sekali ??

  313. 10 Agustus 2011 pukul 11:15 pm

    laam knal bos…..
    saya pke greco’94 ane mo tnya ne bos ,klo mesin mobil mati gara2 kebesaran gigi kemudian dihidupin kembali susah banget harus nunggu beberapa menit,dan harus mematikan AC ,klo gitu masalahnya kira2 masalahnya dibagian mana bos??
    satu lg bos klo tarikannya kurang kenceng apalagi klo AC sedang hidup??
    mohon jawaban bo…
    thanks b4

    • 12 Agustus 2011 pukul 9:53 pm

      Salam kenal kembali, mesin mobil mati gara2 kebesaran gigi itu maksudnya gimana bro ??? saya kurang ngerti. Kalo mobil susah distarter ketika mesin panas ada kemungkinan problem di dinamo starter. Tarikan kurang kenceng, sudahkah tune up mobil ? Bersihkan filter udara, busi, filter bensin, throttle body , stel klep & cek timing pengapian.

  314. 727 Denny
    11 Agustus 2011 pukul 2:40 pm

    Salam kenal gan..
    Saya pake greco 95. Semuanya oke, kecuali kalo mobil dipake di cuaca keadaan panas, dalam kondisi stop and go, mesin tiba2 seperti ‘hang’ alias gak ada respon.. Gas diinjak, tidak ada respon. Tapi apabila mesin dimatikan beberapa saat, mesin kembali normal. Kira-kira problemnya dimana ya, gan?
    Mohon pencerahannya….

  315. 728 hendra
    11 Agustus 2011 pukul 3:25 pm

    bos saya punya greco 92 seg kl mau jalan gigi 1 knp ada getaran hebat ato pas jalan mundur mobil terasa njut-njutan thanx atas jawabannya

  316. 729 sugeng tegal
    12 Agustus 2011 pukul 10:49 pm

    mas mitra, saya punya all nem corolla 97 injection, untuk penyalaan mesin pertama ( saat langsam) rpmnya 1000, kemudian setelah Ac saya nyalakan ko rpmnya jadi turun ya? ( ini AC tak nyalakan pada saat mobil berhenti, apakah ada kaitannya dengan rem master dan boster rem yang sudah tua ataukah ada gangguan dengan mesinnya…..
    kemudian pada saat mobil jalan ketika mobil belok kanan ada yang bunyi tek tek tek…itu kenapa ya mas..karena saya baru megang mobil neh,.,,,,
    trima kasih mohon pencerahannya…..,

    • 13 Agustus 2011 pukul 11:09 am

      Biasanya kalo AC dinyalain RPM akan turun dikit karena AC memang membebani mesin (puli AC). Jadi gak ada hubungannya dengan piranti rem. Mobil belok trus bunyi timbul kemungkinan as roda (cv joint) udah waktunya ganti. Kalo mobil belok ke kanan timbul bunyi tek…tek…tek… berarti as roda sebelah kiri yang bermasalah. Begitu juga sebaliknya.

  317. 731 DenJaka
    13 Agustus 2011 pukul 1:23 am

    om…sy pakai greco ’94,keluhannya di awal gigi 1 dan masuk k 2 setelah di set stelan gas,ganti oli dan tune up…rpm di bawah 2000 selalu ndut2an atau loncat.kira2 apa yah yg musti di periksa?
    Sebelum di tune up,ganti oli,ganti filter….rpm selalu di atas 1000-1800 tp kadang2 normal.tolong pencerahannya om…ty

    • 13 Agustus 2011 pukul 11:12 am

      Ketika tune up throttle body dibersihkan tidak ??? biasanya dibersihkan dengan semprotan injector cleaner. Throttle body kotor biqin tarikan mesin gak enak karena banyak timbunan kerak disana. Kemudian busi juga diperiksa seperti dibersihkan & pastikan gap (jarak) kerenggangan tepat. Filter bensin juga di bersihkan, kalo kotorannya udah parah sebaiknya diganti. Filter bensin yang terlalu kotor bisa biqin mesin kekurangan suplai bahan bakar sehingga timbul gejala ndut2an.

  318. 733 ricky
    13 Agustus 2011 pukul 4:49 pm

    bos minta rekom dong klu sy dr manado utk bengkel yg bagus di manado apa ya? serta minta jg rekom di bengkel jakarta utk beli s’part yang bs di percaya utk pengirimannya serta no hpnya bo thank”s

  319. 14 Agustus 2011 pukul 10:16 am

    bos,klo ngidupin mobil pagi hari/prtama kali mo panasin mesin pedal gas keras/kaku diinjak?? kira2 problemnya dmn??
    trims..

  320. 14 Agustus 2011 pukul 11:02 am

    slm mas, saya pakek greco 1995..laci dasbord tidak bisa dibuka lagi,,ada kiat nya?terimaksih sebelum nya

  321. 737 Enggar
    15 Agustus 2011 pukul 2:10 pm

    Boss saya mau sedikit bertanya tentang great corolla thn 94 saya :
    1. Ada bunyi kreket2 di pintu mobil sebelah kiri. Sudah saya tanyakan ke pihak bengkel tapi jawabannya hanya
    karena usia. Apakah ada cara untuk menghilangkan suara itu.
    2. Belakangan disekitar bagian supir juga ada suara tersebut (kreket2) tapi ada suara berdecit juga. Setelah
    dicek dibengkel suara kreket2 tersebut katanya berasal dari dasboard, dan sekali lagi tidak ada
    pemecahannya karena faktor usia.

    Mohon pencerahannya mungkin ada yang bisa bantu untuk masalah ini paling tidak cara ngakalinnya agar suara tersebut bisa hilang. Semoga ada jawaban selain faktor usia.

    Terima kasih.

    • 15 Agustus 2011 pukul 7:11 pm

      Untuk mencari sumber bunyi butuh ketelitian & kesabaran. Bunyi kreket2 di pintu sebelah kiri bisa jadi dari door trim yang kurang kencang ato dudukan speaker depan yang ada di pintu yang kurang baik. Coba mas buka door trim-nya & periksa satu per satu. Untuk di sekitar sopir juga hampir sama memeriksanya. Oh ya apakah suara berdecit itu timbul ketika jok didudukin ???

  322. 739 Supandi
    15 Agustus 2011 pukul 5:28 pm

    Salam kenal, mau sharing nih saya punya Greco 92 matic, hal yang terjadi terhadap mobil saya adalah mati mendadak pada kondisi suhu di luar panas mobil dengan kondisi AC hidup dan kondisi jalan macet ± 1jam lalu tiba2 mobil mati, lalu saya stater beberapa kali tidak mau hidup juga, setelah saya bingung mencari-cari bengket tidak juga dapat lalu saya coba kembali stater alhamdulillah mau hidup, sampai pulang pun mobil masih dengan kendaraan sehat kembali. Saya maih bingung ada masalah apakah dengan mobil saya apakah ini salah satu kelemahan Greco 92 matic yang apabila terlalu panas akan mati.

    • 15 Agustus 2011 pukul 7:19 pm

      Ada beberapa kemungkinan mesin tiba2 mati ketika macet
      1. Koil terlalu panas…faktor umur menjadi penyebab
      2. Fuel pump sudah mulai melemah…
      3. Dinamo starter…
      Yang jelas itu bukan kelemahan Greco 92 matic. Sebaiknya bawa ke bengkel terkemuka di kota anda untuk memastikan penyebab mesin mati mendadak.

  323. 741 Enggar
    16 Agustus 2011 pukul 1:23 pm

    Terima Kasih untuk masukannya Boss, besok akan saya coba cek. Untuk bunyi berdecitnya tidak timbul saat jok diduduki boss, tapi pada saat mobil berjalan baru bunyi tersebut timbul. Namun kadang hilang, lalu muncul lagi. Tadinya saya pikir kaki2, tapi kaki-kaki baru saya ganti total belum sampai 2 bulan. Dan pihak bengkel juga menyampaikan bukan kaki2 masalahnya tapi usia…..:(

  324. 742 harry
    16 Agustus 2011 pukul 10:08 pm

    salam mas ..,
    saya baru beli greco th 94. setelah dua hari ini saya pakai semua terasa ok mas, dan nyaman baik dari segi kak-kaki, tarikan mesin, dan power steering nya. cuman saya punya sedikit trouble :

    1. ngidupinya g’ bisa hanya dengan sekali starter.., mesti dua ato tiga kali starter (tanpa di gas) baru mesin nyala. waktu mesin telah menyala rpm nya rendah dibawah 1000 rpm.., setelah beberapa menit dipanaskan rpm nya berangsur naik.

    2. aapakah boleh waktu menstarter sambil menginjak gas, agar bisa hidup sekali starter, ? soalnya saya takut klo sering- sering starternya malah akinya yg jadi soak., padhal akinya baru.

    3. apakah air semprotan wipper boleh diisi dengan sembarang air sabun ato harus pakai cairan khusus ?

    4. klo mobil yg ac dalam keadaan hidup biasanya akan terdengar sesekali mesin bunyinya halus.., lalu mengeras. tapi greco saya kok g’ kyk gitu ya. , mesinya tetap mengeras setelah rpm tadi naik.., dan tidak terdengar seperti suara mobil kebanyakan yg ac nya hidup.

    mohon pencerahanya mas., newbi bnget ni masalah ini.
    terimakasih sebelumnya.

    • 16 Agustus 2011 pukul 10:18 pm

      Salam kenal mas bro…saya coba jawab satu per satu yah…
      1. Kemungkinan dinamo starter ada masalah, biasanya carbon brush sudah mulai habis.
      2. Untuk mobil injeksi gak perlu injak gas, karena sebelum mesin hidup ketika posisi kunci dalam kondisi on sensor akan otomatis bekerja berapa banyak kebutuhan bensin & udara yang perlu disuplai ke mesin.
      3. Jangan pake air sabun. Sebaiknya pake air biasa ato cairan khusus air wiper.
      4. Saya agak bingung dengan sesekali mesin bunyinya halus… suara mengeras bisa berasal dari kipas AC, belt AC ato kompresor AC.

      • 744 harry
        17 Agustus 2011 pukul 3:56 pm

        ma’af mas.., masih ada yang ragu nih ..
        1. ada pengaruh g’ mas rpm rendah pertama hidup tadi dengan susah hidupnya itu. trus klo starternya dua kali terus akan berakibat ke komponen lainya g’ mas , seperti akinya …??

        2. klo diinjak gasnya pas starter bisa merusak komponen lain juga g’ mas..??

        3. setelah saya isi air wippernya dan saya tes.. kok g’ mau keluar airnya ya mas .? kira-kira masalahnya apa ya mas ..?? dan gmna solusinya mas ..??

        sekali lagi ma’ap bnyak nanya mas.., soalnya baru pertama kali.
        terima kasih sebelumnya mas..,
        salam greco. :)

      • 18 Agustus 2011 pukul 7:10 pm

        1. Setelan RPM yang terlalu rendah ketika mesin masih dingin bisa susah hidup. Berhubung starternya sampe 2 kali saya perkirakan carbon brush sudah waktunya ganti. Bisa merembet ke aki.
        2. Tidak
        3. Ada 2 kemungkinan, pertama nosel yang ada di kap mesin mampet. Caranya lubang nosel dibersihkan dengan ditusuk pake jarum ato peniti. Kemungkinan kedua alat buat semburan air sudah rusak (saya lupa namanya).
        Salam kembali, semoga bermanfaat.

  325. 746 Denny
    18 Agustus 2011 pukul 7:56 am

    Salam kenal gan..
    Saya pake greco 95. Semuanya oke, kecuali kalo mobil lama dipake di cuaca keadaan panas, dalam kondisi stop and go, mesin tiba2 seperti ‘hang’ alias gak ada respon.. Gas diinjak, tidak ada respon. Tapi apabila mesin dimatikan beberapa saat, mesin nyala lagi, dan balik lagi seperti gak pernah terjadi apa2.. Kira-kira problemnya dimana ya, gan?
    Mohon pencerahannya….

    • 18 Agustus 2011 pukul 7:12 pm

      Coba diperiksa businya mas. Mungkin kurang cocok (menggunakan tipe busi panas). Saya lupa kode busi untuk Greco, tapi bisa dilihat di buku manual petunjuk. Selain itu koil juga bisa jadi penyebab. Tapi langkah awal periksa dulu businya.

  326. 750 Supandi
    19 Agustus 2011 pukul 7:20 am

    Terima kasih atas jawabannya mas, terus klo koilnya yang bermasalah servicenya mahal ga ya mas.
    Punya referensi tempat bengkel yang khusus nanganin Greco ga ya mas. TQ

  327. 19 Agustus 2011 pukul 8:43 pm

    hallo salam kepada kerabat semua aku punya greco thn 92 masih bilt up dan msh seger semuanya brp thn terakhir sdh jarang saya pakai wrn biru mtlc kira2 kalau ada minat bisa hub.saya di.hp 68783938 jakut

  328. 752 shamid
    21 Agustus 2011 pukul 8:35 pm

    mau tanya juga..
    kemarin mesinq brebet gitu trus nggak lama mati….setelah aq panggil montir ke rumah..katanya koil sma kondensornya..stelah itu diganti yg baru…akhirnya mesinnya hidupn kembali seperti biasanya.
    tetapi stelah selang waktu 3hari mesinnya brebet2 lagi.digas kyak g mau jlan trus lampu engin checknya menyala trus g mati2 kl mesin hidup…itu kira2 kenapa y ?mohon bantuannya

  329. 755 ianzbtm
    24 Agustus 2011 pukul 1:38 am

    slam knl Gan,
    mo nanya neh, Greco 92 ktanya AC nya bukan bawaan pabrik ya trus gk ada otomatisya, bner gak yah?, trus kalo compressor nya rusak ganti pke merk dan type apa aja yg cocok Gan? soalnya Greco sy compressornya udah gk bisa di bnerin lgi…. mohon info dan saranya Gan…. Makasih sebelumya

    • 24 Agustus 2011 pukul 7:37 pm

      Untuk Greco sudah pake otomatis. Merek yang dipake Denso untuk tipenya saya kurang tahu. Kompresor kalo gak bisa dibetulin lagi solusinya agar tidak menguras dompet bisa pake part limbah eks singapore namun harus dipastikan dulu kondisinya masih bagus. Bengkel2 AC terkemuka biasanya menawarkan kompresor limbah namun bergaransi (biasanya 3 bulan).

    • 757 ianzbtm
      26 Agustus 2011 pukul 9:05 am

      mksh Bung Mitra atas infonya…trus satu lagi yg mau saya tanyain apa betul greco 92 , klepnya gak bisa di stel? klo suara klepnya kedengeran mengelitik saat mesin hidup solusinya gimana Gan?…… sory ya Gan klo bnyak tanya jadinya maklum neh mobil dah tua….
      Oh ya… tanks ya Gan atas info2 yg di muat di blognyamitra…

  330. 758 Aldi Purba
    24 Agustus 2011 pukul 10:41 pm

    Met kenal bro, luar biasa pengalaman dan wawasannya *hormat sujud

    1. saya pake greco 95 baru 2bln shock baru ganti kyb excel G tapi kok jadi keras dan lebih tinggi dari sebelumnya, apakah normal?

    2. Apa ada yang jual per 2nd dimari bisa hub saya di aldivais@gmail.com.

    3. Kain dortrim saya ada yg nganga untuk didaerah jakpus ada rekomen gak bro.

    Thx be4

    • 25 Agustus 2011 pukul 7:54 am

      Salam kenal mas bro…waduh2 mas bro bisa aja nih… Saya masih banyak kekurangannya…
      Agar mobil keliatan lebih rendah (ceper) maka per perlu diganti. Per2 aftermarket bisa menurunkan bodi kendaraan hingga 5 cm. Oh ya, Kayaba Excel G apakah sudah dilengkapi adjustable buat naik turunkan ??? Untuk yang ini saya kurang tahu.
      Kemudian untuk doortrim paling simpel dibawa ke toko spesialis jok mobil. Untuk daerah Jakpus bisa mampir ke Pasar Mobil Kemayoran.

  331. 760 supri
    25 Agustus 2011 pukul 1:53 pm

    oiya bang mit,

    mau tanya corolla 88 setelah ganti timing belt kok pas saat pertama kali starter di pagi hari bunyi nya kriiiikkk….

    itu kenapa ya ? padahal timing belt baru.

    apa itu fan belt nya ??

  332. 763 fevrydeka
    25 Agustus 2011 pukul 8:26 pm

    Saya pemakai great corolla 1995…mesinnya halus nyaris tak terdengar bila hidup….akan tetapi setelah mengalami pecah slang radiator bagian atas dan telah kami ganti kenapa mesin menjadi kasar suaranya…perlu mas ketahui bahwa setelah pecah slang radiatornya mobil langsung kami pinggirkan….dan esok harinya kami ganti dengan slang radiator yang baru……setelah kami hidupkan mesinnya suaranya menjadi kasar..MOHON PENCERAHAN GAN…….Mtr Nuwun

    • 26 Agustus 2011 pukul 8:28 am

      Saya menduga beberapa komponen mesin mengalami panas berlebih (memuai di atas batas toleransi). Hal ini menyebabkan suara mesin jadi kasar. Pada umumnya kasus slang radiator pecah menyebabkan temperatur mesin akan tinggi (overheat). Silinder head ada kemungkinan melengkung karena panas berlebih tadi. Periksalah kondisi mesin bapak.

      • 765 denta
        27 Agustus 2011 pukul 4:14 pm

        Tadinya saya juga menduga seperti itu mas…..tapi alhamdulillah ternyata saya punya bengkel punya analisa yang jitu….setelah diganti WATER PUMPnya mesin kembali seperti semula…..jadi bisa mudik nich saya n keluarga……..Matur nuwun semua advisnya mas………

      • 29 Agustus 2011 pukul 11:17 am

        Sama2 pak…selamat mudik & hati2 di jalan…

  333. 767 Syukur Thock Thill
    26 Agustus 2011 pukul 9:25 am

    Slamat Pagi Bung Mitra,..Saya pemakai Corolla Sesaloon 1996. Ada keluhan sedikit ttg mobil saya. Pada saat terlalu belok ke arah kanan, terdengar bunyi dok dok dok …, sepertinya didekat roda depan. Setelah saya tanyakan ke bengkel , katanya tidak berbahaya. Saya takutnya merembet ke sperpat yg lain. mohon penjelasanya, matur nuwun Bung Mitra.

  334. 26 Agustus 2011 pukul 8:21 pm

    bos… numpang tanya… greco saya 92, jarum spedometernya tidak jalan.. cuma km jalan. kalau kecepatan tinggi … jarum pol sampai angka 40… kira2 apanya ya? yang ke dua,.. persnelingnya kalau di oper kurang empuk… padahal koplingnya dah di injak pol

  335. 26 Agustus 2011 pukul 8:24 pm

    bos… numpang tanya… greco saya 92, jarum spedometernya tidak jalan.. tapi KiloMeternya masih jalan. kalau kecepatan tinggi jarum pol sampai angka 40… kira2 apanya ya? yang ke dua,.. persnelingnya kalau di oper kurang empuk… padahal koplingnya dah di injak pol

    • 27 Agustus 2011 pukul 10:56 am

      Ada 2 kemungkinan speed sensornya bermasalah ato mekanisme gigi di dalam konsol speedometernya sudah aus. Langkah awal periksa dulu sensor kecepatannya. Persneling kurang empuk, bisa jadi oli transmisi sudah waktunya ganti. Kapan terakhir ganti oli transmisi ???

      • 5 September 2011 pukul 1:23 am

        thanks..mas jawabannya..
        oya.. oli tranmisinya kira-kira 6 rb km yg lalu..kelamaan ngak, idealnya berapa? terus sekarang muncul problem lagi:
        1. koplingnya terasa agak keras, tapi angkatannya masih agak normal, apa perlu ganti kampas kopling lengkap? saya masih sering main setengah kopling, maklum baru belajar nyetir…sebab kalau kopling sy lepas pas jalan lambat mobil nyendul-nyendul
        2. pada tangki oli powr stiring kebawah (sampai selang2nya) terlihat basah oli, kelihatanya rembes, tapi belum sampai netes. namun stirnya masih terasa enak dan halus tanpa suara. apa perlu saya ganti seal power stiring? perkiraan hrga sparpartnya berapa?
        3. terimakasih sekali atas jawabanya….semoga mas diberi kesehatan, murah rejeki, dan panjang umur sehingga banyak amal kebaikannya…amiin.

      • 5 September 2011 pukul 12:48 pm

        1. Kampas kopling habis tanda2nya ketika di gas mobil tidak segera jalan / melaju. Kemudian kalo jalanan tanjakan, mobil terasa ngeden meski RPM sudah tinggi. Kopling agak keras kemungkinan mataharinya udah waktunya ganti. Untuk memastikannya saran saya ajak ahli montir untuk test drive.
        2. Sealnya sudah waktunya ganti pak. Kalo di bengkel istilahnya overhoul power steering. Saran saya jika overhoul PS, oli PS juga diganti dengan yang baru. Dulu (udah lama) ongkos jasanya Rp500rb belum termasuk spare part.
        3. Amien3x…

      • 1 Oktober 2011 pukul 2:50 pm

        Sorry Mas mau nanya lagi,

        1. se bln yg lalu Pwer steringnya dibetulli sama bengkel katanya seal pompanya dah aus, terus ganti seal…1 hri kemudian masih basah lagi (oli masih netes) terus aku kembalikan..dibongkarlagi pompanya terus sealnya ditambahai lem…sejak itu tidak rembes lagi olinya… dua minggu kemudian…netes lagi…sy cari sumbernya (sy keringkan semua bekas oli) ternya sumbernya di selang oli dari penampungan oli pws kebagian bawah (kyaknya selangnya dah keras) panjang selanya kira-kira 25 cm diameternya sebesar jari telunjuk orang dewasa…(waktu ganti seal dulu, oli ganti baru) apabisa selangnya saya ganti sendiri….terus beli selangnya dimana…bilangnya selang apa..

        2. akhir-akhir ini sternya agak kurang lunak…biasanya setelah belok sternya terus balik sendiri…sekarang baliknya kurang lancar…terkadang tidak mau balik sendiri…kira2 gejala apa itu mas…terus solusinya gimana? bengkel khusus PWS yg bagus namanya apa mas sya di Solo. klau MWpowerstering itu bengkelnya bagus ngak mas?

        3. makasih sekali atas kebaikannya menjawab prtnyaan saya, smoga panjang usia n murah rejeki, amin

      • 1 Oktober 2011 pukul 9:24 pm

        1. Maaf pak, kalo yang ini saya gak sanggup menjawabnya, njelimet soalnya. Mungkin ada rekan2 lain yang bisa bantu ???
        2. Sepertinya sistem rack & pinion-nya bermasalah pak. Kalo bengkel PS di Solo saya kurang tahu pak. Bengkel MW Power Steering di Lebak Bulus itu menjadi tempat rujukan perbaikan power steering.
        3. Amin…..

  336. 776 Sugeng Pristiwo
    28 Agustus 2011 pukul 8:40 am

    Greco saya power steeringnya berat, ada gak informasi yang jual steering pump ori atau KW? soalnya sudah diganti ring tetap saja merembes, dan sekarang dah parah banget. waktu hidupin awal susah banget steernya, dan pasti oil steeringnya dah bocor ..netes ke tanah.

    Oh ya, saya punya kaca kanan greco sebelah kanan, kalo ada yang minat bisa hubungi saya sugeng 085645000678 (malang-surabaya)

  337. 777 ricky
    30 Agustus 2011 pukul 6:24 pm

    bos mo tanya ini soal greco gue thn 93, soal speedometer mati apa yg harus di ganti? dan brp harganya? thank’s bos

  338. 779 cevi
    31 Agustus 2011 pukul 3:17 pm

    Salam Kenal.

    Mau tanya mas Bro..sy baru pake Greco 95 kalo saat idle sampe dipake jln mesin oke2 aja, tp stlh mesin dipake skitar 30mnt terasa ndut-ndutan (kondisi pelan ataupun kenceng). kira2 apanya ya mas Bro…
    Mohon pencerahannya…..thanks

  339. 781 nugie
    1 September 2011 pukul 9:33 am

    mo tanya ni bos..
    kira-kira buat campuran air radiator yang bagus apa ya..
    sama untuk

  340. 782 hendra
    6 September 2011 pukul 12:10 am

    pakde tanya berapa kapasitas oli persneling pada greco mhn dibls pakde sy tanya gak pernah dibls!!!!!!!!!!!!!!!!

  341. 6 September 2011 pukul 11:23 am

    salam mas mitra ..,
    radiator greco saya diisi coolant mas., kemarin saya ceck tanki air radiatornya, ternyata berkurang hingga batas low. pertanyaanya
    1. kira-kira kenapa bisa terjadi demikian mas. ??
    2. jika saya ingin menambahkan coolant kembali, apakah harus dengan merk coolant yang sama, atau boleh dengan merk coolant yang berbeda mas..?? soalnya saya lupa merk coolant yg sebelumnya saya isi.
    warna coolantnya hijau mas.

    • 6 September 2011 pukul 5:44 pm

      1. Ada kemungkinan terjadi kebocoran. Berhubung pake coolant berwarna hijau akan mudah menelusuri letak kebocorannya. Bisa dimulai dari ngecek sambungan selang2, radiator hingga water pump.
      2. Gak ada masalah koq pake coolant beda merek.

  342. 788 andi
    7 September 2011 pukul 6:51 am

    salam mas mitra,
    sudah di bahas sebelumnya, budget 50-60 jt saran agan adalah suzuki baleno, tp saya kurang suka, alter natip lain apa ya gan? tq

  343. 790 Haris
    9 September 2011 pukul 12:37 am

    Malam gan,…..ada yang tahu harga idle speed baru ?

  344. 9 September 2011 pukul 12:16 pm

    mas mitra.., mau nanya lagi nih.. sebelumnya ma’ap bnyak nanyanya mas.
    tadi aki mobil saya (corolla great 94) dipinjem tetangga buat dites dimobilnya. setelah dipasang lagi dimobil saya, rpm mobil langsung idle di 1200.., ini kenapa ya mas.. ?? padahal sebelumnya idle di 900-1000 tanpa ac.
    mohon pencerahanya mas ..
    terimakasih.
    :)

  345. 793 Irsandi
    9 September 2011 pukul 4:28 pm

    Selamat Sore,

    Mengapa kalau lampu senja, dekat atau jauh saya hidupkan gas malah naik klu saya matikan gas malah stabil. Terima kasih atas pencerahannya.

    Salam.

  346. 794 Ibrahim
    10 September 2011 pukul 12:33 pm

    Siang om,

    Mau tanya, all new corolla saya beberapa hari ini indikator mesin menyala meskipun mobil sudah dalam kondisi berjalan. Awalnya saya pikir karena mobil belum dipanaskan, tetapi meskipun sudah saya panasi indikatornya tetap menyala. Pada saat indikator menyala, tarikan mesin jadi berkurang & seperti agak ndut2an. Kira2 apa permasalahannya ya? Terima kasih atas pencerahannya. :D

    • 11 September 2011 pukul 7:17 pm

      Indikator check engine menyala berarti ada problem di mesin. Untuk mengetahuinya kudu dibawa ke bengkel yang punya alat scan diagnostics. Dengan menggunakan alat scanner akan ketahuan penyebabnya apa. Biasanya bengkel resmi punya alatnya.

  347. 796 chandra
    12 September 2011 pukul 5:15 pm

    dearr Greco,

    grco saya th 94, ada masalah minyak power steering selalu berkurang.
    kira-kira apanya yang harus di ganti yach pak.
    terima kasih sebelumnya

    salam hangat

    • 14 September 2011 pukul 12:45 pm

      Biasanya ada kebocoran seal sehingga oli ngerembes keluar.

    • 799 denta
      4 Oktober 2011 pukul 4:34 pm

      Sy barusan menggantinya seal seal di rack power steeringnya mas…..beli yg ORI aja murah kok…..setelah itu oli sdh beberapa bln tdk kurang sama sekali….

    • 800 Mas Ekho
      20 Juni 2013 pukul 9:17 pm

      Sya jg pernah mengalami , sy bwa k bengkel katanya seal power steering aus . trus sy blikan ori 295 rb kmudian sy kashkn bengkelya buat di pasang dan sy tinggal plg krn ktx lama pasangnya. stelah sya datangi lagi ternyata bukan seal nya , cuma slang karet oli power steeringnya yg di aus dan di ganti. harga slangnya cuma 25 rb dan ogkosnya 25 rb. jadi sealnya sy simpan buat cadangan …..

  348. 801 rusli mulyana
    13 September 2011 pukul 1:31 am

    pak maaf mau tanya saya punya greco 93 cuma ada suara pada kakii depan belakang, padahal sockblekernya dah diganti menggunakan monroe dan kalau beli bos sayap dan khususnya kaki2 di daerah mana
    manursuwun